Mari Mengenal Jenis – Jenis Kata Kunci Dalam SEO

jenis kata kunci dalam SEO

Jenis – jenis kata kunci dalam SEO merupakan hal yang tidak boleh Anda lupakan ketika Anda melakukan SEO. Karena dengan mengetahui jenis kata kunci SEO dapat membantu kesuksesan SEO Anda. Pada beberapa hari lalu kami telah membahas tentang jenis optimasi SEO dan pada kesempatan hari ini kami ingin berbagai pengetahuan tentang jenis-jenis kata kunci SEO yang mungkin dapat membantu Anda melakukan SEO lebih baik.

Dalam pemasaran online, kata kunci menjadi sangat penting karena merupakan elemen pendorong prospek. Apalagi bagi SEO, kata kunci merupakan elemen utama yang harus di pikirkan sebelum melakukan optimasi website. Kata kunci merupakan ujung tombak penghasil prospek berkualitas yang pada akhirnya dapat berubah menjadi penjualan.

Ketika Anda melakukan SEO konten, maka Anda harus menggunakan kata kunci relevan untuk mendorong lalu lintas ke situs web Anda. Untuk menemukan kata kunci yang terkait dengan pencarian audiens target menggunakan tools riset keyword adalah ide yang bagus. Karena menggunakan alat penelitian kata kunci dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dengan pencarian dan industri Anda.

Jadi jika tujuan Anda melakukan SEO untuk mendorong lebih banyak prospek dan penjualan maka Anda wajib tahu jenis-jenis kata kunci dalam SEO. Berikut adalah jenis-jenis kata kunci SEO yang wajib Anda ketahui:

1. Short Tail Keyword / Kata Kunci Ekor Pendek

Jenis kata kunci dalam seo yang pertama adalah short tail keywords / kata kunci ekor pendek. Kata kunci jenis ini merupakan frasa yang terdiri dari satu hingga dua kata yang sangat umum. Misalnya saja kata kunci “jam tangan” atau “sepatu futsal”. Ketika pengguna mesin pencari mengetik kata kunci ekor pendek seperti “jam tangan” tidak jelas apa yang mereka inginkan. Kata kunci ekor pendek tidak dapat di tebak, apakah mereka ingin membeli jam tangan, merek jam tangan atau mungkin mencari penjual jam tangan original.

Bagi usaha kecil sangat jarang menang di kata kunci ekor pendek. Karena mendapatkan peringkat di halaman satu hasil pencarian untuk jenis kata kunci ini sangat sulit. Lagi pula tidak masuk akal jika menargetkan kata kunci ekor pendek, meskipun halaman web Anda masuk dalam halaman satu hasil pencarian dan mendapatkan banyak pengunjung, tapi apakah pengunjung Anda benar-benar berkualitas? Kami kira tidak, karena meskipun kata kunci ekor pendek dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas, namun tingkat konversinya lebih rendah.

Jadi apabila Anda ingin menghasilkan prospek yang berkualitas, ada baikya Anda lebih fokus pada jenis kata kunci SEO lain, misalnya saja jenis kata kunci ekor panjang.

2. Long Tail Keyword / Kata Kunci Ekor Panjang

Jenis kata kunci SEO ini menggunakan tiga kata atau lebih yang lebih spesifik. Long tail keyword / kata kunci ekor panjang adalah jenis kata kunci yang sering di gunakan oleh kebanyakan orang, baik pencari maupun pemilik website. Anda dapat menggunakan jenis kata kunci SEO ini untuk konten dengan tujuan menargetkan orang-orang potensial.

Contoh penggunaan kata kunci ekor panjang untuk penjualan seperti “tempat membeli jam tangan orginal” atau “jual jam tangan original”. Jika orang mengetik kata kunci tersebut di mesin pencarian, maka mereka memiliki rencana atau memiliki keinginan membeli jam tangan.

Kata kunci ekor panjang lebih mudah mendapatkan peringkat lebih tinggi dibanding dengan kata kunci ekor pendek. Karena kata kunci ekor panjang memiliki persaingan pencarian organik yang lebih rendah namun sangat menguntungkan untuk bisnis. Anda wajib tahu bahwa long tail keyword mungkin memiliki volume pencarian rendah, namun kemungkinan konversi yang di dapatkan dapat meningkat secara substansial.

3. Kata Kunci Musiman

Kata kunci musiman digunakan ketika adanya tren terbaru atau sesuatu hal yang sedang viral pada periode tertentu. Jenis kata kunci ini merupakan kata kunci yang mendatangkan manfaat jangka pendek, jika tren tersebut sudah hilang maka kata kunci ini pun tidak lagi di gunakan dalam pencarian pengguna.

Namun menggunakan kata kunci musiman dapat membantu meningkatkan pengunjung pada saat itu. Apabila konten Anda muncul di halaman satu Google untuk kata kunci yang sedang viral, maka akan ada banyak lalu lintas yang mengunjungi situs web Anda.

Anda dapat menggunakan kata kunci ini untuk mendorong lalu lintas ke situs web Anda berdasarkan dengan kejadian atau moment tertentu. Misalnya saja “Hadiah jam tangan untuk pacar di hari valentine”

4. Kata kunci Jangka Panjang

Berbeda dengan kata kunci musiman yang hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu, kata kunci jangka panjang akan memungkinkan digunakan dalam pencarian yang lebih lama. Kata kunci jangka panjang mungkin akan berubah dalam hal volume pencarian, namun itu tidak akan mengalami perubahan yang ekstrem.

Ketika Anda menggunakan jenis kata kunci SEO ini untuk pembuatan konten, maka Anda harus membuatnya menarik dari waktu ke waktu untuk membuatnya tetap relevan. Ini bertujuan ketika orang-orang membaca konten Anda di tahun depan konten Anda tetap relevan. Jadi pastikan Anda melakukan edit konten apabila di perlukan.

Anda telah mengetahui jenis-jenis keyword dalam SEO, kini saatnya Anda mulai untuk melakukan riset kata kunci yang tepat untuk industri Anda. Namun jika Anda butuh bantuan untuk melakukan riset kata kunci, silahkan hubungi kami hari ini!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

2 thoughts on “Mari Mengenal Jenis – Jenis Kata Kunci Dalam SEO

Comments are closed.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp
blank
Mari Mengenal Jenis – Jenis Kata Kunci Dalam SEO is highly popular post having 2 WhatsApp shares
Share with your friends
Powered by ESSB