Mau Belajar SEO? Kenali Dulu Jenis-Jenis Optimasinya

Jenis jenis SEO

Mari mengenal lebih dekat tentang SEO dan jenis-jenis optimasinya. Istilah SEO (Search Engine Optimization) sudah tidak asing lagi di dunia online, apalagi bagi mereka yang terjun dalam pemasaran online. SEO adalah partner terbaik pengusaha online karena mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi pertumbuhan bisnisnya.

SEO adalah proses meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas situs website dengan menerapkan beberapa jenis SEO supaya mesin pencari memberi peringkat yang lebih baik untuk website. Peringkat mesin pencari sangat penting bagi pemilik website, karena semakin tinggi peringkat situs web mereka, semakin besar peluang untuk mendapatkan lalu lintas lebih banyak.

Bagi pemilik website atau pengusaha online, SEO adalah salah satu strategi pemasaran online yang wajib masuk list dalam daftar pemasaran mereka. Dan jika Anda ingin mempelajari SEO lebih dalam, Anda perlu memahami terlebih dahulu jenis-jenis optimasinya. Karena dengan mengetahui jenis-jenis SEO akan lebih memudahkan Anda mempelajari SEO. Lalu apa saja jenis SEO? Simak penjelasannya di bawah ini!

Jenis-Jenis SEO Yang Harus Anda Ketahui

Ketika Anda ingin mempelajari SEO, ada baiknya Anda mengetahui dulu pengertian SEO (Search Engine Optimization) dan jenis-jenis optimasinya. Mengetahui jenis SEO tidak hanya penting bagi seseorang yang ingin mempelajarinya, namun juga penting bagi pemilik bisnis. Karena dengan memahami jenis-jenis SEO, Anda bisa tahu alur kerja SEO. Berikut jenis-jenis SEO yang harus Anda ketahui:

1. SEO Teknis

SEO Teknis / Technical SEO merupakan proses mengoptimalkan situs website supaya berjalan dengan baik dan meningkatkan peringkat situs website. Tujuan utama dari SEO teknis adalah untuk memastikan crawler mesin pencari dapat dengan mudah merayapi dan mengindeks website / halaman web tanpa masalah.

Situs website yang mudah di rayapi dan di indeks oleh mesin pencari akan lebih mudah mendapatkan peringkat dari pada situs website yang sulit di indeks. Peringkat sangat penting karena dapat menghasilkan lalu lintas yang lebih banyak. Itu mengapa jenis SEO sangat penting dan wajib di terapkan pada situs website Anda.

Salah satu aspek dari SEO teknis adalah kecepatan memuat halaman. Situs website yang cepat dalam memuat halaman memiliki tingkat bounce rate yang lebih rendah dan itu bagus untuk pertumbuhan bisnis Anda. Banyak kerugian yang akan Anda terima jika situs website Anda lambat, salah satunya menghambat datangnya prospek. Jadi, jika Anda ingin memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, pastikan halaman web Anda dimuat dengan cepat.

Berikut beberapa pedoman SEO teknis yang penting dan harus Anda terapkan:

  1. Optimalkan robot.txt
  2. Verifikasi Google Search Console
  3. Buat Peta Situs XML
  4. Optimalkan struktur situs web dan struktur URL
  5. Respon seluler
  6. Mempercepat kecepatan memuat
  7. Desain SEO friendly

2. SEO Onpage

Salah satu jenis SEO yang paling populer di kalangan pebisnis online adalah SEO on page, dimana SEO onpage berkaitan dengan perubahan yang Anda buat di website Anda untuk membuatnya lebih bersahabat dengan mesin pencari dan pengguna. Ini penting untuk Anda, meskipun mesin pencari melihat keseluruhan situs website, namun dalam memberikan peringkat dilakukan berdasarkan tingkat halaman. Jadi sangat penting untuk mengoptimalkan setiap halaman di situs website Anda.

Pedoman SEO onpage yang paling penting dan harus Anda ketahui:

1. Kata Kunci

Kata kunci kami ibaratkan sebagai tenaga pembangkit listrik SEO, dimana kata kunci lah yang menghidupkan SEO. Tanpa kata kunci yang relevan, SEO tidak akan menghasilkan lalu lintas yang relevan. Ketika seseorang melakukan pencarian, mereka menggunakan kata kunci untuk menemukan hasil pencarian yang relevan. Itu mengapa kata kunci menjadi sangat penting, karena kata kunci merupakan elemen yang mendatangkan prospek berkualitas.

2. Pengoptimalan Judul Halaman

Mengoptimalkan judul halaman adalah keharusan, karena judul halaman adalah faktor penting dalam SEO. Yang nantinya di tampilkan di hasil pencarian adalah judul halaman, maka dari itu Anda harus membuatnya lebih menarik untuk membuat audiens target mengklik dang mengunjungi halaman web Anda.

3. Mengoptimalkan Tag H1

Jika judul halaman di tampilkan di hasil pencarian, sedangkan tag H1 merupakan suatu yang ditampilkan sebagai judul atas halaman. Halaman web yang di optimalkan hanya akan memiliki satu tag H1 dan itu memiliki nilai yang sama dengan judul halaman.

4. Mengoptimalkan Heading

Ada beberapa Heading dalam mengoptimalkan halaman web, yaitu H1 yang dijelaskan diatas dan H2, H3 dan seterusnya. Halaman web Anda harus memiliki sub judul untuk membuat pembaca lebih mudah untuk memahami maksud Anda. Apalagi untuk konten yang bentuk panjang, dengan adanya subpos akan membuat halaman web Anda mudah dipahami oleh pembaca dan mudah dipindai oleh crawler.

5. Pengoptimalan Gambar SEO

Untuk mempercantik halaman web biasanya di sertakan gambar yang terkait dengan topik terkait. Nah untuk setiap gambar yang Anda gunakan pada halaman web, Anda harus mengoptimalkanya dengan tepat. Jika Anda tidak mengoptimalkanya dengan tepat maka mesin pencari tidak akan memahami apa yang Anda maksud. Anda perlu mengoptimalkan ukuran file, teks ALT dan nama file pada gambar Anda.

6. Meta Description

Hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah meta Description yang mana ini akan ditampilkan di hasil pencarian tepat dibawah judul. Meta description adalah penjelasan singkat dari isi halaman web Anda yang dimuat dalam 150-160 karakter.

3. SEO Content

SEO konten merupakan bagian dari SEO on page yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian. Konten yang berkualitas itu sangat penting karena berpengaruh pada peringkat Anda. Situs website yang memiliki konten yang relevan dan berkualitas akan di beri peringkat lebih tinggi oleh mesin pencari. Itu Mengapa Anda perlu membuatnya sebaik mungkin.

Membuat konten relevan yang disukai pengguna dan mesin pencari merupakan gabungan yang selaras. Sehingga konten Anda dapat memberi manfaat bagi pengguna bahkan juga dapat memberi keuntungan bagi Anda. Untuk membuat konten yang disukai pengguna dan mesin pencari, Anda perlu memperhatikan hal-hal seperti kata kunci, internal link / eksternal link, Heading dan lain sebagainya.

Jika situs website Anda menggunakan WordPress, Anda dapat memanfaatkan plugin Yoast SEO. Dengan Yoast SEO Anda dapat mengetahui bagaimana tampilan SEO di halaman web Anda.

4. SEO Off Page

SEO off page adalah proses mengoptimalkan situs website dari luar atau proses mempromosikan website di internet. Tujuan SEO off page dilakukan untuk membuat situs website lebih populer, karena situs web yang populer berpeluang besar mendapatkan peringkat lebih tinggi.

Jika Anda selama ini sering membagikan konten-konten situs web Anda di media sosial itu termasuk ke dalam SEO off page. Membagikan konten ke sosial media memberi pengaruh besar pada situs website Anda, karena Anda mengarahkan pengguna media sosial untuk mengunjungi situs web Anda.

Itulah jenis-jenis SEO yang harus Anda ketahui. Jenis SEO ini dapat membantu mengoptimalkan situs web Anda sehingga dapat mendapatkan peringkat lebih baik di halaman depan hasil pencarian mesin pencari.

Jika Anda membutuhkan bantuan dari ahli SEO yang berpengalaman, jangan ragu untuk menghubungi kami hari ini!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp
blank
Mau Belajar SEO? Kenali Dulu Jenis-Jenis Optimasinya is highly popular post having 2 LinkedIn shares
Share with your friends
Powered by ESSB