Ini Dia Perbedaan Teknik SEO On Page dan Off Page

Perbedaan SEO on page dan SEO off page

Ketika berbicara tentang SEO tentunya tidak lepas dari teknik SEO On Page dan Off Page, karena keduanya saling berkaitan. Tapi apa sih perbedaan antara keduanya? Jika Anda penasaran dengan perbedaan SEO On Page dan Off Page, langsung saja Anda simak penjelasannya di bawah ini.

Bagi pemilik bisnis online yang menggunakan media digital seperti website, blog, dan toko online tentunya sudah tidak asing dengan kedua teknik SEO ini. Dimana teknik pemasaran ini mencangkup dari teknik SEO yang bermanfaat untuk meningkatkan peringkat dan traffic berkualitas.

SEO adalah strategi pemasaran online yang dapat membantu menaikkan peringkat dengan tujuan utama mendatangkan pengunjung berkualitas pada website. Ketika pebisnis online membuat website itu artinya mereka juga harus melakukan optimasi SEO pada websitenya.

Apabila Anda menerapkan SEO pada website dengan strategi yang tepat maka dapat meningkatkan bisnis Anda. Baik dari segi peringkat website, peningkatan pengunjung, prospek berkualitas hingga meningkatkan penjualan. Jadi tidak heran jika pemilik bisnis online membutuhkan jasa SEO, karena penyedia layanan SEO dapat membantu meningkatkan bisnis mereka.

Baca juga:

  1. Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page
  2. Jenis optimasi SEO

Perbedaan SEO On Page dan Off Page

Meskipun sama-sama teknik SEO yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan peringkat dan lalu lintas namun keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Jika kedua teknik SEO ini di terapkan dengan tepat maka akan memberikan kesuksesan pada kampanye mesin pencari Anda.

Nah lalu apa perbedaan SEO On Page dan Off Page? Sebenarnya perbedaan dari keduanya terletak pada cara penerapannya. Seperti namanya onpage dan offpage yaitu optimasi halaman dalam dan luar website. Untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.

  • Teknik SEO Onpage: Teknik SEO ini merupakan serangkaian proses pengoptimalan halaman web seperti pembuatan konten.
  • Teknik SEO Off Page: Sedangkan teknik off page adalah serangkaian proses pengoptimalan website dari luar website misalnya membangun backlink berkualitas dan share sosiak media.

Elemen-Elemen Pada SEO Onpage

SEO On page

Saat melakukan optimasi SEO onpage sudah barang tentu ada elemen-elemen penting yang harus Anda ketahui. Elemen-elemen ini lah yang akan membantu meningkatkan peringkat halaman web Anda. Jadi sudah menjadi kewajiban yang harus Anda terapkan pada halaman konten Anda untuk membuatnya lebih ramah mesin pencari. Berikut ini elemen-elemen penting dalam optimasi SEO onpage:

1. Judul / Headings

Hal pertama kali yang harus Anda perhatikan ketika mengoptimaasi halaman web adalah Headings atau judul. Heading sangat penting ketika pembuatan konten, karena konten teks membutuhkan judul supaya Google dapat memahami isi konten Anda.

Dalam pembuatan konten website diperlukan judul yang mengandung kata kunci untuk memudahkan halaman konten tersebut mendapatkan peringkat tinggi. Judul juga bisa menarik perhatian audiens target untuk mengklik halaman web Anda.

Biasanya dalam pembuatan konten teks akan menggunakan beberapa Headings didalamnya. Ada beberapa Heading yang tersedia yaitu H1 (Judul 1), H2 (Judul 2), H3 (Judul 3) H4 (Judul 4), H5 (Judul 5) dan H6 (Judul 6).

H1 digunakan untuk judul konten dimana H1 ini yang nantinya tampil di hasil pencarian untuk menarik perhatian audiens target untuk mengkklik. Sedangkan Heading lainnya digunakan sebagai sub judul.

2. Struktur URL

Tahukah Anda bahwa elemen penting yang juga mempengaruhi halaman web di beri peringkat lebih tinggi adalah URL. URL merupakan alamat dari halaman konten yang di publis. Jika Anda membuat konten website untuk mendatangkan pengunjung berkualitas maka Anda wajib menggunakan kata kunci didalamnya.

Penggunaan URL sesuai dengan kata kunci dapat membantu mesin pencari memahami halaman konten Anda dan jika itu relevan maka akan diberi peringkat tinggi. Jika Anda terlanjur mepublis konten Anda dan ingin mengedit dengan H1 yang berbeda, pastikan Anda tidak mengubah alamat URL yang lama kecuali jika Anda ingin mengarahkan alamat URL lama ke URL baru.

3. Alt Text untuk Gambar

Untuk mempercantik halaman konten teks tentunya dibutuhkan gambar bukan? Selain mempercantik halaman konten supaya menarik bagi pembaca, gambar adalah elemen penting yang berpengaruh terhadap peringkat pencarian gambar.

Itu mengapa saat Anda membuat konten teks sangat penting memperhatikan Teks Alt untuk gambar Anda. Anda perlu membuat teks Alt yang SEO friendly untuk memudahkan mesin pencari memahami gambar yang ada di konten Anda.

4. Kecepatan Memuat Halaman

Elemen SEO onpage yang tidak kalah penting di optimalkan adalah kecepatan memuat halaman. Website yang cepat dalam memuat lebih disukai oleh pengunjung dibanding situs web yang membutuhkan waktu lama membuka halaman mereka.

Bayangkan saja jika Anda ingin mengunjungi sebuah halaman web namun membutuhkan waktu lebih lama dalam memuat? Apakah Anda akan tetap menunggu atau lebih memilih beralih pada website lain yang lebih cepat? Jika Anda memilih opsi kedua, itu lah yang dilakukan oleh pengunjung website Anda.

Mereka akan memilih situs web yang cepat karena mereka benci dengan situs web yang lambat. Lagi pula mesin pencari seperti Google juga akan menampilkan website yang cepat karena Google tidak ingin mengecewakan penggunanya. Google tidak ingin kehilangan pengguna itu mengapa Google berupaya sebaik mungkin dengan menampilkan halaman web yang cepat dalam memuat.

5. Pembuatan Konten Bermanfaat Bagi Pembaca

SEO onpage mencangkup pembuatan konten dimana Anda dituntut membuat konten yang bermanfaat bagi pembaca dan memberikan solusi bagi mereka. Ketika Anda membuat konten pada website Anda dituntut tidak hanya membuatnya ramah mesin pencari saja namun juga ramah pengguna.

Pastikan Anda membuat konten yang informatif untuk membuat pembaca tidak bingung. Anda bisa menjelaskan secara rinci tentang topik yang Anda bahas dengan bahasa yang mudah dipahami. Anda bisa membuat konten teks panjang yang informatif dan detail sehingga pembaca dapat mendapatkan manfaat dari konten Anda.

Anda tidak boleh lupa dengan internal link dan eksternal link ketika Anda membuat konten teks pada website Anda. Internal link berfungsi mengarahkan pembaca pada halaman lain di website Anda. Ini berfungsi untuk membuat pengunjung lebih lama di situs web Anda dan membantu mereka mendapatkan informasi lain yang masih terkait dengan halaman awal Anda kunjungi.

Sedangkan eksternal link adalah link yang menuju halaman web milik orang lain. Namun ketika menyertakan eksternal link pada konten, Anda perlu berhati-hati dalam menerapkannya. Karena Anda harus menyertakan internal link pada situs web yang relevan dan memiliki kualitas lebih baik.

7. Mobile Friendly

Teknik SEO onpage juga mencangkup keramahan seluler. Dimana website harus dioptimalkan untuk perangkat seluler. Kini pengguna internet dapat menggunakan smartphone mereka untuk mengakses website tanpa melakukan pengaturan manual.

Ini artinya website dibuat dengan desain mobile friendly untuk memudahkan pengguna seluler mengakses dan menjelajah website Anda. Nah ini juga berlaku ketika Anda membuat konten pada website Anda. Pastikan Anda membuat konten yang ramah seluler dimana gambar dan tulisan Anda disesuaikan dengan perangkat mobile.

Elemen-Elemen Pada SEO Off Page

SEO Off page

Saat Anda melakukan SEO off page ini artinya Anda harus mengetahui elemen SEO off page. Dengan mengetahui elemen-elemen penting ini Anda bisa menjalankan SEO off page pada website Anda dengan benar. Mari pelajari elemen penting pada SEO off page di bawah ini.

Salah satu elemen SEO off page yang paling utama adalah backlink dimana backlink sangat berpengaruh pada peningkatan peringkat website Anda. Apabila Anda membangun backlink berkualitas untuk website Anda maka akan membantu menaikkan peringkat dan mendatangkan lalu lintas.

Backlink adalah tautan / link yang diarahkan ke website Anda untuk membantu meningkatkan visibilitas website. Anda bisa membangun backlink berkualitas untuk memudahkan lalu lintas menuju website Anda atau untuk meningkatkan visibilitas website Anda di mata mesin pencari.

2. Media Sosial

Mungkin hampir semua pengguna internet memiliki akun sosial media, baik untuk media memperbanyak pertemanan atau bahkan untuk promosi. Saat ini media sosial sudah banyak dimanfaatkan untuk strategi SEO off page yang efektif. Anda juga bisa memanfaatkan platfom media sosial untuk menjalankan SEO off page Anda.

Cara menjalankan SEO Offpage yang satu ini cukup mudah, Anda hanya perlu membagikan link di situs web Anda dengan copywriting yang menarik. Bagikan link yang Anda di website Anda di platform sosial media Anda, lakukan dengan konsisten dan dengan copywriting yang menarik pengguna mengunjungi situs web Anda.

Selain mendatangkan lalu lintas dari sosial media, ini juga sekaligus meningkatkan brand awareness Anda. Anda dapat memperkenalkan merek Anda kepada pengguna sosial media dan mengajak mereka untuk mengunjungi website.

1. Local SEO

Elemen SEO off page berikutnya adalah local SEO. Dengan local SEO, Anda bisa menargetkan orang-orang yang mencari produk / layanan Anda dengan pencarian lokal. Misalnya saja “jasa pembuatan website Jogja” dimana kata kunci ini akan diketikan oleh orang-orang yang berada dekat di kota jogja.

Bisa juga dengan menambahkan kata “terdekat” dimana banyak dari pengguna smartphone mengetikan kata kunci dengan menambahkan kata “terdekat”. Ini artinya mereka mencari produk / layanan yang ada di dekat mereka. Ini cukup efektif untuk mendatangkan pelanggan lokal Anda.

Nah itulah penjelasan perbedaan SEO onpage dan SEO off page, semoga penjelasan dia atas dapat dipahami dan bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp
blank
Ini Dia Perbedaan Teknik SEO On Page dan Off Page is highly popular post having 2 LinkedIn shares
Share with your friends
Powered by ESSB