Cara Mengelola Bisnis Secara Efektif Ditengah Krisis COVID-19

Mengelola Bisnis ditengah pandemi COVID-19

Beberapa hari yang lalu kami telah menulis ide usaha di tengah pandemi corona yang dapat Anda jadikan sebagai ide bisnis Anda. Pada hari ini kami ingin membahas cara mengelola bisnis ditengah pandemi COVID-19. Meskipun kita semua sedang menghadapi pandemi, jangan jadikan kondisi ini menjadi penghalang bagi Anda untuk tetap berbisnis. Perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menghentikan pemasaran Anda bahkan jika toko offline Anda sementara ditutup.

Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keunggulan kompetitif saat pesaing Anda sedang berhibernasi atau menghentikan upaya pemasaran mereka. Jadi, bagaimana cara untuk tetap berbisnis di tengah pandemi corona? Mari, Anda simak perubahan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga operasional bisnis Anda.

Cara Mengelola Bisnis Selama Krisis Corona

Selama beberapa bulan terakhir menjadi momen yang tidak diharapkan oleh semua orang, karena mengharuskan mereka untuk tetap dirumah. Menghentikan berbagai aktivitas seperti pergi bekerja, sekolah bahkan harus menghentikan bisnis mereka. Untuk mengatasi jarak sosial supaya bisnis Anda tetap berjualan berarti Anda harus menyesuaikan proses untuk menjaga operasional bisnis Anda selama pandemi corona. Berikut berbapa cara mengelola bisnis yang harus Anda pertimbangkan supaya bisnis Anda tetap bertahan dan berjualan.

1. Fokus Pada Apa Yang Dapat Anda Kontrol

Pandemi Corona mengubah cara kita hidup seperti bekerja dan menggunakan teknologi. Para pemilik bisnis harus memikirkan kembali strategi untuk tetap bertahan dari krisis pandemi ini. Dengan ketidakpastian ini para pemilik bisnis dapat merespons krisis ini dengan cara seperti berikut.

  1. Mengatur ulang rencana bisnis Anda seperti asumsi pertumbuhan, pendapatan dan pengeluaran.
  2. Fokus pada kebutuhan pelanggan seperti kualitas produk atau layanan dan orientasi nilai.
  3. Mempertahankan modal, pastikan bahwa Anda mengeluarkan biaya untuk tujuan yang penting. Misalnya untuk upaya pemasaran online, supaya Anda tetap melakukan penjualan.
  4. Fokus pada strategi pemasaran bisnis Anda, jika Anda belum mengonlinekan bisnis Anda, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

2. Transisi Ke Cara Kerja Baru

Saat ini semua aktivitas yang membutuhkan interaksi fisik telah dilarang, jadi bagaimana sebuah bisnis dapat bertahan di tengah pandemi ini? Para pemilik bisnis tidak perlu terlalu panik karena teknologi semakin canggih yang dapat Anda manfaatkan untuk mempertahankan bisnis Anda. Jika selama ini Anda tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi, kini saatnya Anda transisi ke cara kerja baru.

Jika bisnis Anda adalah menyediakan layanan yang mengharuskan sales Anda mendatangi calon konsumen, maka sekarang Anda dapat memanfaatkan teknologi. Dengan mengirimkan email atau memberikan kemudahan pada calon konsumen Anda dengan berbagai informasi tentang layanan Anda menggunakan media website. Mereka dapat mengakses layanan Anda melalui website yang telah Anda bangun dengan baik.

3. Beralih Ke Pemasaran Digital

Yang selanjutnya adalah beralih dari metode pemasaran tradisional ke pemasaran digital. Jika Anda memasarkan bisnis Anda secara online, maka ini adalah pilihan yang bagus. Contoh paling sederhana adalah ketika orang-orang tidak bisa keluar dari rumah untuk pergi ke minimarket atau supermarket karena diimbau untuk tetap dirumah. Perusahaan seperti Unilever meluncurkan situs website delivery order untuk tetap melakukan penjualan produk-produk mereka.

Artikel terkait: Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

Sehingga mereka tetap bisa menjangkau konsumen nya meskipun semua orang tidak bisa keluar rumah. Ini bisa menjadi contoh bagi Anda, Anda masih bisa menjangkau konsumen Anda dengan melakukan pemasaran digital. Anda dapat mempromosikan produk Anda kepada konsumen melalui online, sehingga mereka tidak harus datang ke toko Anda. Dan jika membeli produk Anda, Anda dapat mengirimkan produk Anda melalui jasa pengiriman.

Anda dapat membuat situs website untuk mempromosikan bisnis Anda dan juga untuk membangun kehadiran online bisnis Anda. Dengan website juga Anda dapat membangun brand awareness dan mendapatkan pengakuan merek. Sehingga setelah pandemi ini berakhir bisnis Anda sudah memiliki kehadiran online dan Anda akan lebih mudah untuk memasarkan bisnis Anda secara online.

4. Ambil Tindakan Hari Ini

Ada baiknya Anda segera mengambil tindakan, jangan hanya menunggu pandemi ini berakhir. Hanya menunggu tanpa melakukan upaya hanya akan membuat bisnis Anda semakin tertinggal. Saat ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mendorong bisnis Anda lebih maju dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Dengan bertindak sejak dini akan membuat bisnis Anda berada di depan dari pesaing Anda yang terhenti atau mundur.

Butuh Bantuan Pemasaran Digital?

Jika Anda membutuhkan jasa marketing digital, kami dapat membantu. Kami menyediakan berbagai layanan pemasaran digital, seperti pembuatan website, layanan SEO, Iklan Google dan masih banyak lagi layanan yang kami sediakan. Untuk mengetahui tentang layanan pemasaran digital kami, Anda dapat menghubungi kami sekarang.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp