Tahukah Anda bahwa digital marketing memiliki banyak manfaat yang sangat berpengaruh bagi perusahaan maupun bisnis Anda? Bisnis yang menjalankan pemasaran digital mampu menjangkau pasar lebih luas dan tentu saja target audiens lebih banyak.
Seiring berkembangnya zaman, jual beli bisa dilakukan secara online. Dimana orang-orang dapat membeli produk Anda tanpa harus datang langsung ke toko Anda. Konsumen Anda cukup menghubungi Anda via online untuk mendapatkan produk / layanan yang mereka butuhkan.
Tidak hanya bermanfaat bagi konsumen saja karena mereka tidak perlu beranjak dari tempat duduknya untuk mendapatkan barang yang ingin di beli. Mereka dapat melakukan pembelian kapanpun dan dimanapun tanpa harus datang ke toko. Namun ini juga sangat menguntungkan bagi para pemilik bisnis.
Dengan digital marketing Anda bisa mempromosikan produk / layanan kepada jutaan pengguna internet di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan kami mengatakan jutaan pengguna internet di seluruh dunia, karena memang internet menghubungkan manusia di seluruh dunia.
Digital marketing atau pemasaran digital merupakan serangkaian kegiatan mempromosikan sebuah layanan, produk, perusahaan / bisnis. Alat yang digunakan dalam kegiatan pemasaran ini adalah berbagai media digital yang dapat menjangkau pasar lebih luas dan jutaan calon pembeli. Media digital yang biasa di gunakan karena sangat efektif menjangkau lebih banyak konsumen adalah situs web dan sosial media.
Dengan media atau alat ini lah Anda bisa mempromosikan bisnis Anda dan menarik lebih banyak calon pembeli. Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan secara online, Anda harus merancang strategi digital marketing yang efektif.
Keuntungan Digital Marketing Untuk Promosi

Seperti judul artikel ini yaitu “keuntungan dan manfaat digital marketing untuk bisnis” Tentu saja digital marketing memiliki keuntungan bagi bisnis yang menjalankannya. Jika tidak ada keuntungan yang di dapatkan, tidaklah mungkin banyak bisnis / perusahaan menjalankannya bukan?
Tujuan utama menjalankan digital marketing bagi bisnis yaitu untuk menampilkan merek Anda tepat di hadapan audiens target secara online. Jika Anda menggunakan strategi digital marketing yang tepat maka Anda akan mendatangkan prospek berkualitas yang pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda.
Keuntungan dari menjalankan pemasaran digital untuk bisnis adalah Anda bisa menargetkan orang yang tepat sasaran. Selain itu Anda bisa lebih hemat waktu dan biaya Anda karena digital marketing merupakan strategi pemasaran yang hemat biaya.
Dengan digital marketing Anda bisa menjalankan promosi sepanjang hari tanpa libur. Anda bisa memanfaatkan media digital seperti situs web dalam pemasaran online Anda. Ini dapat membantu mempromosikan bisnis Anda 24 jam non stop. Bayangkan jika bisnis buka 24 jam tanpa libur? Tentunya peluang mendatangkan pelanggan berkualitas lebih besar bukan?
Manfaat Digital Marketing
Seperti halnya pemasaran tradisional yang juga memberikan dampak pada peningkatan bisnis Anda. Digital marketing pun dapat memberikan banyak manfaat jika dijalankan dengan strategi yang tepat. Kunci sukses dari pemasaran digital yaitu terletak pada strategi yang di gunakan. Apabila Anda menjalankan pemasaran digital dengan strategi yang tepat maka dapat membantu meningkatkan brand awareness, pelanggan dan penjualan.

Nah lalu apa saja manfaat lain dari digital marketing bagi bisnis? Sabar, Anda bisa simak penjelasannya dibawah ini:
1. Meningkatkan Target Pemasaran
Manfaat utama dari digital marketing yaitu dapat menjangkau pasar lebih luas yang artinya meningkatkan target pemasaran Anda. Dengan strategi digital marketing efektif membantu menjangkau lebih banyak pelanggan dengan cepat dan tepat.
Menghadirkan bisnis secara online sangat membantu konsumen lebih mudah menemukan merek Anda secara online. Apalagi jika Anda memperkuat merek online Anda di berbagai platform seperti mesin pencari dan media sosial. Maka konsumen Anda dapat menemukan Anda disana.
Pada tahun tahun 2019 Indonesia menjadi negara pengguna internet terbesar nomer 6 didunia dengan jumlah pengguna internet 143,26 juta / maret 2019. Sedangkan pada tahun 2020 pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan pesat yaitu mencapai 175,4 juta pengguna. Informasi ini diambil berdasarkan laporan terbaru dari We Are Social di tahun 2020.
Jadi dapat disimpulkan bahwa mengonlinekan bisnis adalah upaya terbaik untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan. Karena Anda bisa menjangkau 175,4 juta pengguna internet di Indonesia dan ini bisa terus meningkat.
2. Menargetkan Orang yang Tepat Sasaran
Digital marketing adalah cara terbaik menargetkan orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk / layanan yang Anda tawarkan. Asalkan Anda menerapkan strategi pemasaran digital yang tepat maka Anda akan mendatangkan pelanggan yang membeli.
Riset kata kunci adalah salah satu upaya terbaik untuk menargetkan orang yang tepat. Anda bisa menggunakan alat penelitian kata kunci seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest atau bisa dengan menggunakan Google Autocomplete.
Anda bisa membaca artikel terkait: Mengenal Jenis – Jenis Kata Kunci Dalam SEO
3. Membangun Brand Awareness
Salah satu manfaat terbesar digital marketing bagi bisnis adalah membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Kesadaran merek sangat penting bagi bisnis karena semakin banyak orang sadar akan merek Anda akan sangat membantu meningkatkan prospek.
Orang-orang yang sadar akan merek Anda akan lebih memilih merek Anda dibandingkan dengan pesaing Anda. Karena mereka mengingat merek Anda ketika mereka akan membeli produk atau layanan yang sama seperti Anda tawarkan.
4. Menjangkau Pengguna Seluler
Saat ini tidak dipungkiri pengguna mobile (smartphone) sangatlah banyak. Ada jutaan orang yang mencari informasi tentang produk / layanan Anda melalui perangkat seluler. Mereka dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari di internet menggunakan perangkat smartphone mereka.
Nah menjalankan pemasaran digital marketing untuk bisnis adalah salah satu upaya menargetkan jutaan pengguna perangkat seluler yang memungkinkan membutuhkan produk atau layanan Anda. Ini akan memudahkan konsumen menjangkau merek Anda melalui perangkat komunikasi yang langsung terhubung dengan kontak Anda.
Jika Anda berencana menggunakan situs web untuk alat promosi, maka Anda harus membuat situs web yang responsive dan ramah seluler. Ini akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna Anda.
5. Memudahkan Konsumen Untuk Terhubung Dengan Bisnis Anda
Pemasaran digital adalah pendekatan terbaik untuk terhubung langsung dengan konsumen Anda. Anda bisa memanfaatkan digital marketing untuk memudahkan konsumen terhubung dengan bisnis Anda secara cepat. Cara ini akan sangat memudahkan konsumen berinteraksi langsung dengan bisnis Anda yang pada akhirnya dapat diarahkan untuk membeli.
Menghadirkan merek online akan membuat bisnis Anda lebih mudah mendapatkan pelanggan karena konsumen dapat langsung menghubungi Anda apabila mereka membutuhkan produk / layanan Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi pesan singkat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk terhubung dengan bisnis Anda. Hubungkan alat promosi Anda dengan aplikasi pesan singkat untuk lebih mudah berinteraksi.
6. Menjaga Eksistensi Bisnis Atau Perusahaan
Bisnis yang Anda bangun pastinya memiliki kompetitor, tidaklah mungkin suatu bisnis atau usaha tidak memiliki kompetitor bukan? Nah cara untuk tetap menonjol di industri Anda adalah dengan menjalankan strategi pemasaran yang lebih modern. Anda perlu mengikuti perkembangan zaman untuk terus menonjolkan merek Anda di persaingan.
Strategi digital marketing yang efektif akan sangat membantu bisnis Anda tetap eksis untuk mendatangkan pelanggan baik secara online maupun offline.
Platform Digital Yang Paling Sering Digunakan Untuk Meningkatkan Bisnis
Lalu apa saja platform digital yang paling umum digunakan untuk meningkatkan bisnis? Nah berikut beberapa platform digital yang bisa Anda gunakan dalam strategi pemasaran online Anda.
- Website
Website menjadi pilihan paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk media sumber informasi, tempat jual beli, media promosi dan lain sebagainya. Langkah pertama adalah dengan membuat website di penyedia jasa pembuatan website yang tepat.
Dengan menggunakan Jasa Pembuatan Website Anda tidak akan repot untuk membuatnya sendiri. Karena pembuatan website tidak bisa di buat oleh sembarang orang apalagi website untuk bisnis. Dengan menggunakan jasa website hasilnya pun akan lebih profesional dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pembuatan website, karena pembuatan website murah.
2. Sosial Media
Saat ini siapa yang tidak memiliki akun sosial media? Satu orang saja bisa memiliki sosial media lebih dari tiga. Media untuk menjalin komunikasi antar teman, pembeli dan penjual yang saling terhubung dalam satu sosial media tersebut. Salah satu sosial media yang menawarkan fitur iklan adalah Facebook Ads, Anda bisa beriklan di Facebook Ads atau bisa menggunakan jasa pasang iklan facebook dari penyedia jasa terpercaya.
3. SEO (Search Engine Optimization)
SEO (Search Engine Optimization) Adalah proses untuk membantu situs website menempati halaman pertama mesin pencarian google. Dengan optimasi yang tepat akan menaikkan Traffic pada sebuah website sehingga website memiliki kualitas bagus dan berpeluang mendatang pengunjung tertarget. Untuk itu pilih penyedia Jasa SEO yang memberikan garansi agar tidak akan merugikan dalam mengoptimasi website Anda.
4. Google Ads
Google Ads adalah strategi pemasaran Periklanan yang menggunakan mesin pencarian google sebagai sarana beriklan. Dengan menggunakan keyword yang ditargetkan supaya selalu muncul di halaman satu google.
Untuk kebutuhan pemasaran digital Anda, Jangan ragu untuk membicarakannya kepada Kami sekarang. Kami siap untuk memasarkan produk atau layanan Anda dengan pemasaran digital Profesional.