Cara Melakukan Pemasaran Digital Selama Coronavirus

Pemasaran Digital di Zaman Coronavirus

Mungkin Anda sudah bosan dengan berita yang beredar mengenai COVID- 19 atau yang lebih dikenal sebagai virus corona baik itu di televisi, media online dan media informasi lainnya. COVID-19 kini menjadi perhatian dunia karena mengakibatkan kekacauan yang berdampak di berbagi hal. Termasuk pada perekonomian global yang mengakibatkan banyak perusahaan dari semua ukuran merasakan dampaknya buruknya.

Dengan Adanya musibah ini, memberikan dampak terhadap perekonomian global, baik dari sektor perdagangan, investasi maupun pariwisata. Mungkin bahkan saat ini Anda juga merasakan dampak dari tersebarnya virus corona di Indonesia. Tentunya ini mempengaruhi pemasaran online Anda, tapi Anda tidak perlu panik, karena kami disini punya solusi untuk Anda.

Mungkin bagi pemilik usaha atau bahkan Anda sendiri ada kekhawatiran pada bisnis Anda karena masalah ini. Krisis ini membuat perusahaan untuk mengevaluasi lagi aspek-aspek mulai dari rencana keuangan mereka untuk masa yang akan datang. Apalagi bagi para pemilik usaha yang beroperasi di bidang Business to Consumer (B2C). Anda perlu mengevaluasi kembali strategi pemasaran digital pada zaman coronavirus ini.

Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Anda di Zaman Virus Corona?

Mungkin Anda memiliki banyak pertanyaan tentang pengaruh COVID-19 pada bisnis Anda? Bagaimana harus memasarkan bisnis di zaman virus corona dan haruskah saya memasarkan bisnis disaat seperti ini?

Kami telah menyiapkan jawabannya untuk Anda. Mungkin tidak semua bisnis merasakan dampak dari masalah COVID-19 ini, tapi tidak sedikit juga perusahaan yang merasakannya. Disaat seperti ini banyak juga bisnis yang menghentikan pemasaran mereka, mungkin pesaing Anda melakukannya juga. Tapi bagi bisnis cerdas malah akan menggunakannya sebagai kesempatan untuk maju.

Jadi, Ada akan terus maju atau malah menarik diri Anda untuk berhenti memasarkan bisnis Anda? Kami memberikan dua opsi sebagai pilihan Anda bergerak atau mundur. Opsi yang pertama menjadi bisnis yang terkena dampak dari COVID-19, menghentikan semua upaya pemasaran bisnis Anda, maka bersiaplah untuk kalah dari pesaing Anda dan mendapatkan hasil yang lebih sedikit bahkan tidak ada.

Atau Anda memilih opsi kedua yaitu membawa bisnis Anda keluar dan memanfaatkan kesempatan ini untuk maju! Jika Anda ingin bisnis Anda terus maju dalam kondisi ini, tentunya Anda akan memilih opsi kedua. Mungkin Anda akan bertanya, jika saya memanfaatkan kesempatan ini, lalu bagaimana saya melakukannya? bagaimana saya memasarkan bisnis saya disaat seperti ini?

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang menjual masker anti virus, tisu toilet atau pembersih tangan, mungkin tulisan ini tidak bermanfaat untuk Anda. Karena dari ketiga produk tersebut saja kini sudah sulit untuk didapatkan dan tentunya Anda tahu bahwa itu tidak perlu untuk dipasarkan. Jadi, cara pemasaran digital apa yang dapat dimanfaatkan untuk maju dan keluar dari masalah ini? Langsung saja Anda simak di bawah ini.

Strategi Pemasaran Digital Yang Dapat Dilakukan Selama COVID-19

Untuk membuat bisnis Anda tetap berjalan dengan baik, Anda harus tetap melakukan strategi pemasaran digital, meskipun keadaan dunia sedang dikacaukan oleh coranavirus. Berikut beberapa cara yang bisa memanfaatkan pemasaran digital untuk keluar dan tetap tumbuh.

1. Pemasaran Media Sosial

Hari ini mungkin Anda meliburkan karyawan Anda, karena untuk pencegahan penyebaran virus corona. Sehingga saat ini Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda untuk memasarkan bisnis Anda. Karena Selama coronavirus pemerintah telah mengeluarkan peraturan untuk para pekerja untuk bekerja dari rumah dan anak sekolah belajar dirumah.

Pemasaran Sosial Media

Dengan peraturan ini, sekarang orang-orang terpaku pada media sosial dan menghabiskan waktu luang mereka untuk menggunakan berbagai platform media sosial. Jadi, mengapa para pemilik usaha memilih untuk menghentikan upaya pemasaran media sosial mereka? Ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk bergerak maju dan tetap mendapatkan pelanggan. Kini saatnya Anda mulai bergerak dan meletakkan merek Anda didepan audiens target Anda.

2. SEO (Optimasi Mesin Pencari)

Anda telah memiliki situs web yang dirancang dengan biaya yang besar, jadi mengapa harus berhenti untuk melakukan SEO? Mungkin disaat seperti ini banyak calon konsumen Anda mencari produk atau layanan Anda di Google. SEO akan tetap dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda terlihat oleh audiens Anda. Jadi, untuk memunculkan situs website Anda di halaman pertama hasil pencarian Google, Anda dapat melakukan teknik SEO.

Pemasaran Digital

Jika Anda adalah seorang yang terbiasa dengan SEO, maka Anda tahu, bahwa ini adalah proses yang akan memakan waktu dan energi. Kecuali jika pesaing Anda menghentikan upaya SEO pada situs web bisnis mereka. Mungkin banyak dari pesaing Anda yang menghentikan upaya SEO mereka, karena mereka panik. Ini akan menjadi kesempatan Anda untuk melaju lebih cepat untuk mendapatkan peringkat terbaik di Google.

3. Iklan PPC

Kita semua tahu bahwa dari kejadian ini, membuat perekonomian global menurun. Bahkan membuat sebagian dari para pemilik bisnis menghentikan upaya periklanan mereka. Mereka berpikir akan sia-sia terus mengeluarkan banyak uang jika konsumen tidak aktif membeli. Tapi pemikiran itu salah! Anda harus tahu bahwa tidak semua orang memperketat dompet mereka, mereka akan tetap membeli barang atau menggunakan layanan yang mereka butuhkan, meskipun adanya COVID-19 sekalipun.

Pemasaran Iklan PPC

Konsumen Anda akan tetap membutuhkan apa yang di tawarkan oleh Anda dan juga menginginkan kemudahan menemukan bisnis Anda di mesin pencari ataupun di platform media sosial. Konsumen akan menilai bahwa bisnis Anda profesional, karena tetap memberikan yang terbaik untuk mereka dan tetap melayani kebutuhannya.

Dengan memanfaatkan iklan PPC Anda tetap bisa menjangkau konsumen Anda dalam kondisi apapun. Beriklan di Google atau di media sosial akan membuat merek Anda tetap relevan dan berada di depan konsumen yang Anda targetkan. Sehingga ketika konsumen Anda ingin membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan, mereka akan membeli di tempat Anda bukan di pesaing Anda.

Trik Untuk Menjalankan Upaya Pemasaran Selama COVID-19

Kita semua sedang berada di kondisi yang kurang kondusif, dimana kita semua mengambil tindakan untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona. Penting untuk menjaga tingkat sensitivitas pesan Anda dalam memasarkan merek Anda. Anda dapat menujukan empati dalam kondisi ini, ini akan membuat konsumen menyukai dan lebih menghargai merek Anda. Tentunya ini akan memberikan keunggulan lebih pada bisnis Anda dan Anda telah lebih unggulan dari pesaing Anda. Berikut tips yang bisa Anda terapkan pada strategi pemasaran Anda.

Menggunakan Hastag Yang Relevan

Jika Anda menggunakan media sosial untuk memasarkan produk atau layanan Anda, Anda bisa menggunakan tagar yang relevan. Ini dapat membantu Anda menjangkau audiens Anda di media sosial dan juga menggambarkan bisnis Anda yang kredibel. Anda dapat menggunakan tagar yang terkait dengan penghentian penyebaran virus corona, ini juga dapat membantu memperlancar bisnis Anda.

Menyesuaikan strategi Pemasaran dengan Bisnis Anda

Tapi Anda juga harus melihat apa yang bisnis Anda tawarkan terkait dengan masyarakat umum dan kondisi saat ini. Apakah Anda bisa melakukan cara yang berbeda, misalnya saja restoran yang bergantung dengan orang-orang yang datang ke tempat mereka, mereka lebih memilih menutup restoran mereka dibanding dengan memilih opsi pengiriman. Jika mereka memilih opsi pengiriman, maka mereka telah menghadirkan rasa bertanggung jawab kepada publik sambil tetap menghasilkan uang dan tetap memberikan layanan terbaik kepada pelanggan mereka.

Jika Anda juga memberlakukan tim Anda bekerja dari rumah dan Anda menjalankan bisnis Anda seperti biasa dirumah, Anda dapat mengkomunikasikan pesan ini kepada pelanggan potensial Anda. Ini akan membuat pelanggan potensial Anda mengetahui bahwa Anda melakukan bagian untuk pencegahan COVID-19 dan ini juga memberitahukan mereka bahwa Anda masih disini untuk membantu mereka. Pelanggan dan calon konsumen Anda pada akhirnya akan menghargai pesan yang Anda berikan kepada mereka dan juga pengakuan kepada dunia diluar industri Anda.

Apa Saja Manfaat Berkelanjutan dari Upaya Pemasaran Digital di Zaman COVID-19?

Berikut yang dapat Anda harapkan dari upaya pemasaran digital yang Anda lakukan saat kondisi ini.

  1. Lebih Unggul dari Pesaing Anda. Anda telah melakukan apa yang tidak pesaing Anda lakukan, ini akan membuat Anda lebih unggul dari mereka.
  2. Dapat Mempelajari Tentang Audiens Target Lebih Lanjut. Akan sangat bermanfaat jika Anda mempelajari basis pelanggan Anda lebih lanjut. Anda dapat mempelajari perilaku audiens Anda dan memahami di luar demografis mereka. Ini dapat membantu Anda dalam pembuatan konten di situs web Anda dan juga cara mempromosikan produk atau layanan Anda.
  3. Membangun Hubungan Dengan Pelanggan Potensial. Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan potensial dan mengubahnya menjadi pelanggan nyata Anda.
  4. Anda Bisa Memanfaatkan Pelanggan Yang Siap Membeli Produk Atau Layanan Anda Sekarang. Mungkin saat ini banyak bisnis yang menarik tutup karena adanya virus corona. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi yang terbaik dari pesaing Anda, Beri tahu konsumen Anda, bahwa Anda ada disini. Beri tahu mereka bahwa COVID-19 tidak menjadi halangan bagi Anda untuk selalu menyediakan produk atau layanan seperti biasa.
  5. Atur Bisnis Anda Supaya Berhasil. Virus Corona akan berlalu, Anda telah melakukan pemasaran bisnis Anda selama itu berlangsung. Ketika waktunya tiba, dimana kita semua telah aman dari virus corona, perekonomian global pun akan mulai membaik. Maka pesaing Anda pun akan membuka bisnis mereka dan mulai melakukan strategi pemasaran mereka kembali. Tapi karena Anda telah melakukan pemasaran selama adanya COVID-19 ini membuat Anda tidak takut. Jadi, jangan biarkan COVID-19 menghalangi bisnis Anda untuk maju.

Kesimpulan

Pastikan bahwa sekarang Anda tidak menghentikan upaya pemasaran bisnis Anda. Kini saatnya Anda untuk menjadi lebih maju dan strategis dalam memasarkan bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memasarkan bisnis Anda, kami siap membantu. Kami disini hadir untuk selalu memberikan layanan digital marketing terbaik untuk semua klien kami. Jangan takut untuk selalu memasarkan produk atau layanan Anda, karena disini dapat membantu melakukannya. Hubungi kami sekarang untuk mendiskusikan layanan digital marketing yang Anda butuhkan.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!