Cara Jitu Meningkatkan Usaha Catering Dengan Pemasaran Online

Usaha Catering

Ada banyak jenis usaha catering di Indonesia misalnya saja usaha catering makanan, catering rumahan, catering pernikahan, katering kantoran dan banyak lagi. Dari semua jenis bisnis catering ini tentunya pemilik bisnis ingin meningkatkan bisnis kateringnya bukan?

Usaha catering adalah usaha yang cukup mudah dijalankan apalagi bagi orang-orang yang hobi memasak. Selain menuangkan hobi memasak bisnis yang satu ini juga dapat menghasilkan pendapatan yang sangat menggiurkan. Jadi tidak heran jika bisnis ini sangat diminati karena dapat dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar namun memberikan keuntungan yang luar biasa.

Bagi pemula biasanya akan lebih memilih menjalankan usaha catering rumahan. Selain tidak membutuhkan modal yang besar usaha catering rumahan lebih efektif untuk memulai bisnis catering. Jika usaha catering rumahan sudah berjalan maka dapat ditingkatkan pada level yang lebih tinggi yaitu catering kantor dan pernikahan.

Baik usaha katering rumahan, kantor maupun pernikahan tentunya semua membutuhkan strategi promosi yang efektif bukan? Nah jika Anda adalah seorang pebisnis catering, kami memiliki tips / cara jitu meningkatkan bisnis katering yang Anda jalankan.

Di artikel ini kami telah menyiapkan pembahasan terkait cara memulai usaha catering dan strategi pemasarannya. Karena usaha katering merupakan bisnis yang cukup menjanjikan jadi tidak heran jika bisnis yang satu ini menjadi salah satu ide menjalankan bisnis.

Cara Memulai Usaha Catering

Jika saat ini Anda ingin menjalankan bisnis catering, cara memulai usaha catering ini mungkin dapat membantu Anda. Memulai bisnis catering tidak bisa sembarangan di lakukan karena perlu strategi. Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Sehingga bisnis catering Anda dapat berjalan dengan baik dan semakin meningkat.

Usaha Catering Pernikahan

Nah berikut beberapa cara memulai bisnis catering yang dapat Anda terapkan:

1. Menentukan Jenis Catering Yang Ingin Anda Jalankan

Hal yang pertama Anda lakukan adalah dengan menentukan jenis catering apa yang akan menjadi fokus Anda. Seperti yang sudah Anda baca diatas bahwa ada banyak jenis usaha catering. Jadi ada baiknya Anda menentukan jenis catering yang ingin Anda jalankan sebelum memulai bisnis catering.

Manfaat dari menentukan jenis catering akan memudahkan Anda dalam menargetkan pasar. Ini penting karena Anda perlu menargetkan audiens yang tepat dalam bisnis Anda. Jika salah target tidak hanya membuat bisnis Anda merugi namun akan membuang banyak waktu Anda. Jadi menentukan jenis katering adalah cara tepat memulai bisnis catering Anda.

2. Persiapkan Modal Berupa Uang, Mental dan Tenaga

Setelah menentukan jenis catering yang akan Anda jalankan selanjutnya adalah mempersiapkan modal berupa uang, mental dan tenaga. Bisnis apapun pastinya membutuhkan ketiga modal ini bukan? Nah begitupun dengan usaha catering ini.

Anda wajib mempersiapkan modal uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis Anda. Ada yang perlu Anda persiapkan seperti perabotan memasak, bahan baku makanan dan lain sebagainya. Ini penting untuk menunjang bisnis catering yang lebih sukses.

Selain modal berupa uang, Anda juga perlu memiliki modal mental dan tenaga. Apapun bisnis yang dijalankan tentunya dibutuhkan mental dan tenaga ekstra bukan? Persiapkan mental dan tenaga Anda dalam menjalankan bisnis ini. Sehingga Anda dapat mengatur strategi dengan baik untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

3. Persiapkan Perabotan Yang Dibutuhkan

Dalam memulai bisnis katering tentunya Anda membutuhkan alat memasak bukan? Jika Anda menjalankan usaha cetering rumahan mungkin Anda tidak membutuhkan banyak perabotan karena bisa menggunakan perabotan yang sudah Anda miliki.

Namun jika Anda memilih usaha catering untuk kantor dan sekolah maka Anda perlu memiliki perabotan yang cukup lengkap. Biasanya catering kantor dan sekolah di pesan untuk banyak orang jadi kapasitas memasak Anda akan lebih banyak jadi Anda perlu memiliki perabotan yang memadai.

Apabila Anda memilih menjadi pengusaha catering pernikahan maka Anda membutuhkan modal cukup besar untuk membeli perabotan. Karena perabotan yang di butuhkan oleh usaha catering pernikahan sangat banyak. Mulai dai alat memasak, prasmanan dan tempat makan.

4. Buat Nama Brand Anda

Brand / merek sangat penting dalam menjalankan bisnis itu mengapa Anda perlu membuat brand bisnis catering Anda. Anda perlu memilih nama untuk bisnis Anda lalu membuat identitas merek. Identitas merek bisa berupa logo yang mewakili bisnis catering Anda. Selain membuat logo Anda juga perlu membuat website untuk mempromosikan bisnis Anda secara online.

Dengan membuat merek sesuai dengan industri bisnis Anda akan memudahkan konsumen mengenal bisnis Anda. Brand adalah cara orang mengenali sebuah bisnis yang ingin mereka beli atau gunakan. Jadi penting sekali untuk membuat merek yang sesuai dengan bisnis Anda.

5. Menemukan Supplier Yang Tepat

Untuk memudahkan Anda dalam pengadaan bahan baku makanan tentunya Anda membutuhkan supplier. Pastikan Anda memilih supplier yang tepat karena pemilihan supplier berdampak pada kualitas masakan Anda. Pilihlan supplier yang memberikan bahan baku makanan berkualitas namun dengan harga yang terjangkau.

Ketika Anda bekerjasama dengan supplier bahan baku makanan yang tepat akan memudahkan Anda berbagai hal. Anda bisa menghemat waktu dan biaya Anda karena Anda tidak perlu pergi ke pasar langsung. Jika Anda memilih supplier yang berkualitas dan harga terjangkau maka Anda dapat menghemat uang Anda.

6. Mengasah Keahlian Memasak Anda

Untuk membuat masakan semakin di sukai oleh konsumen jangan berhenti mengasah keahlian memasak Anda. Semakin di tingkatkan keahlian memasak semakin banyak ide baru yang bisa Anda terapkan pada bisnis katering Anda.

Ide-ide baru ini dapat Anda masukan kedalam strategi produk Anda. Ini dapat membantu Anda memiliki banyak variasi makanan yang di pasarkan pada konsumen Anda. Ketika Anda menyajikan banyak pilihan makanan maka dapat meningkatkan minat audiens target Anda.

7. Merekrut Karyawan Yang Tepat

Bisnis katering tidak bisa di lakukan sendiri karena ada banyak yang harus dikerjakan. Jadi Anda perlu merekrut karyawan yang tepat. Untuk membantu Anda memasak dan melakukan tugas lain Anda harus mencari karyawan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda perlu mencari karyawan yang bisa memasak berbagai jenis masakan, melakukan pakcing, melakukan pengiriman, berhubungan baik dengan supplier dan konsumen. Jika Anda mempunyai karyawan yang tepat dan loyal terhadap bisnis Anda maka bisnis Anda akan lebih mudah berkembang.

8. Utamakan Kualitas Makanan Anda

Bisnis yang yang berkembang adalah bisnis yang selalu memberikan produk, layanan dan pelayanan berkualitas. Untuk meningkatkan citra merek maka Anda harus bin wajib mengutamakan kualitas makanan dan pelayanan catering Anda. Dengan memberikan kualitas terbaik maka dapat meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis catering Anda.

Buatlah makanan dari bahan-bahan berkualitas untuk menghasilkan makanan yang enak dan segar. Jika Anda memberikan kualitas terbaik dan mempertahankannya maka akan lebih mudah di mendapatkan kepercayaan oleh konsumen Anda.

Cara Efektif Memasarkan Bisnis Catering

Untuk mendatangkan pelanggan maka usaha katering Anda harus di pasarkan. Anda bisa menjalankan strategi pemasaran online untuk mendatangkan pelanggan potensial. Berikut cara memasarkan bisnis catering yang bisa Anda terapkan:

1. Buat Logo dan Website

Dalam pemasaran online sangat diperlukan identitas merek. Jika Anda tidak memiliki identitas merek lalu bagaimana konsumen dapat menemukan bisnis Anda? Oleh karena itu Anda harus memiliki identitas merek yang mudah di temukan dan diingat oleh konsumen Anda.

Ini adalah salah satu logo yang kami buat untuk klien kami. Logo yang di buat di Studio Web di pastikan menjadi hak cipta Anda dan dapat di terapkan pada berbagai media.

Anda perlu membuat logo dan website untuk bisnis catering Anda. Logo dan website saling terkait satu sama lain karena logo perlu di pasang pada website Anda. Sedangkan website adalah media online yang membantu mempromosikan bisnis Anda.

Untuk membuat logo dan website profesional Anda bisa menggunakan jasa desain grafis dari Studio Web. Layanan kami siap membantu mensukseskan bisnis catering Anda dengan logo profesional dan website yang menunjang.

2. Terapkan Strategi SEO / Iklan Google

Cara pemasaran bisnis catering

Setelah memiliki website tahap selanjutnya adalah dengan menampilkan merek catering Anda kepada calon pelanggan Anda. Cara menampilkan merek Anda kepada konsumen adalah dengan menampilkan website Anda di hasil pencarian mesin pencari.

Karena website yang muncul di halaman depan pencarian mesin pencari dengan kata kunci tertarget dapat mendatangkan pelanggan potensial. Jadi sangat disarankan untuk membuat website Anda muncul di halaman satu mesin pencari jika Anda ingin meningkatkan penjualan.

Anda bisa menggunakan strategi SEO maupun iklan Google untuk menampilkan website Anda di hasil pencarian Google. Karena kedua strategi ini sangat efektif untuk menampilkan merek Anda di hasil pencarian mesin pencari.

Strategi SEO bisa Anda gunakan untuk mendatangkan lalu lintas organik sedangkan Google Ads / iklan Google untuk mendatangkan lalu lintas website dengan waktu yang lebih cepat.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang SEO dan iklan Google silahkan Anda baca artikel lain kami terkait Perbedaan Iklan Google dan SEO

3. Libatkan Sosial Media

Cara memasarkan bisnis catering

Sudah menjadi rahasia umum jika sosial media adalah ladang untuk meningkatkan bisnis. Anda bisa melibatkan media sosial untuk meningkatkan pengenalan merek catering Anda. Sosial media adalah cara efektif untuk memperkenalkan merek Anda kepada audiens target.

Anda bisa membuat akun sosial media khusus untuk usaha catering Anda. Untuk mempromosikan bisnis catering, Anda bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Pinterest dan lainnya. Setelah Anda membuat akun tahap selanjutnya adalah membuat konten yang menarik audiens target.

Jika Anda butuhkan layanan kami untuk membuat konten sosial media langsung saja hubungi Studio Web. Kami melayani desain konten sosial media yang dapat membantu meningkatkan brand awareness.

Kesimpulan

Anda perlu menjalankan langkah demi langkah untuk memulai bisnis catering Anda. Lalu Anda bisa mempersiapkan dan menerapkan strategi efektif untuk memasarkannya. Itulah yang harus Anda lakukan ketika Anda akan memulai usaha catering.

Setiap bisnis yang akan dijalankan memerlukan cara memulainya dan cara mempromosikan-nya. Begitupun dengan usaha catering, Anda harus menyiapkan beberapa hal untuk membuat bisnis Anda sukses. Karena bisnis yang tanpa perencanaan akan lebih sulit mencapai tujuan.

Oleh karena itu kami membuat artikel ini dengan harapan informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk Anda. Kami harap setelah Anda membaca artikel ini akan lebih mudah memulai bisnis catering Anda.

Jika Anda butuh bantuan seputar layanan internet marketing jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu usaha katering Anda untuk maju!

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp