Cara Mempelajari Audies Target dengan Melibatkan Alat Cerdas

Mempelajari audiens target

Jika Anda ingin sukses dalam pemasaran online maka Anda harus memahami bagaimana mengidentifikasi audiens target Anda. Sehingga Anda akan lebih mudah menyesuaikan strategi konten Anda. Ini juga bagus karena dapat membantu Anda mengubah pengunjung menjadi pelanggan yang membeli produk atau layanan Anda.

Bagi pemilik bisnis online menargetkan audiens target adalah keharusan karena audiens target merupakan calon pelanggan potensial. Itu mengapa memahami dan mempelajari audiens target adalah hal yang wajib Anda lakukan. Karena jika Anda mampu mengetahui audiens maka Anda akan lebih mudah merencanakan strategi pemasaran yang lebih baik.

Bayangkan saja jika bisnis Anda salah target pasar? Bagaimana bisa Anda mendapatkan pelanggan potensial? Sedangkan orang yang Anda targetkan saja tidak tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Jangankan membeli produk Anda, menghubungi Anda pun mungkin tidak. Karena mereka memang tidak tertarik dengan layanan / produk yang Anda tawarkan.

Jadi untuk menyiapkan strategi efektif yang mendatangkan pelanggan potensial Anda harus mempelajari audiens Anda. Lalu bagaimana cara untuk mempelajari audiens Anda? Mari pelajari dibawah ini!

Mengapa Memahami Audiens Sangat Penting?

Strategi utama pemasaran online adalah dengan konten dimana konten sangat berpengaruh terhadap penjualan. Konten adalah elemen paling membantu meningkatkan penjualan. Bagaimana tidak karena konten relevan mampu mendatangkan pelanggan potensial ke situs web Anda.

Tujuan dari mempelajari audiens Anda adalah untuk menciptakan konten yang berharga dan relevan untuk mendatangkan pelanggan potensial. Jadi untuk membuat bisnis online Anda sukses, Anda perlu memahami apa yang diminati oleh audiens target Anda. Ini juga bermanfaat untuk menghemat biaya Anda karena Anda bisa membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.

Bayangkan saja jika Anda membuat artikel tanpa memikirkan minat dari audiens target Anda? Mungkin konten Anda mendapatkan peringkat satu di mesin pencari tapi apakah itu dapat mendatangkan pelanggan potensial? Jadi dengan meluangkan waktu untuk memahami audiens Anda misalnya minat, demografis dan reaksi mereka maka akan lebih memudahkan Anda menarik perhatian dan minat mereka.

Cara Efektif Mempelajari Audiens Target Anda

Anda bisa mempelajari audiens Anda dengan berbagai cara karena memang ada banyak cara yang harus Anda coba. Dengan mencoba dengan berbagai cara maka Anda bisa mendapatkan gambaran tentang audiens Anda yang kemudian dapat Anda kembangan pada strategi pemasaran yang lebih efisien. Nah dibawah ini beberapa cara mempelajari audiens yang dapat Anda lakukan.

1. Libatkan Google Analytics

Google Analytics

Pebisnis online tentunya sudah tidak asing dengan Google Analytics, dimana Google Analytics adalah alat canggih yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan banyak wawasan tentang audiens Anda. Dengan alat ini Anda dapat mengetahui banyak hal seperti halaman yang sering dikunjungi, bounce rate, jumlah pengguna, demografi, geografi, perangkat pengguna dan banyak lagi.

Anda dapat mengetahui banyak hal tentang audiens Anda yaitu tentang perangkat dan browser yang mereka gunakan ketika mengunjungi website Anda. Dengan demikian Anda bisa lebih mengoptimalkan situs website Anda menjadi lebih baik. Anda bisa membuat website Anda respons terhadap semua perangkat, membuat konten yang lebih baik dan lain sebagainya.

Dengan melibatkan Google Analytics dalam mempelajari audies akan memudahkan Anda dalam merancang strategi baru yang lebih efektif untuk meningkatkan bisnis Anda. Inilah manfaat mempelajari audiens yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi penting dari pengguna Anda.

2. Analisa Pesaing Anda

Menganalisa pesaing adalah salah satu cara mempelajari audiens secara efektif. Dari hasil analisa yang Anda lakukan pada pesaing, Anda akan mengetahui trik yang di terapkan mereka untuk mendatangkan pelanggan potensial. Dengan begitu Anda dapat membandingkan strategi Anda dengan mereka. Jika strategi mereka lebih efektif Anda dapat mengadopsinya dengan menambahkan taktif untuk membuatnya lebih efektif.

Anda dapat melakukan analisa pada beberapa pesaing berat Anda untuk mengetahui strategi apa yang mereka terapkan. Ketika Anda selesai menganalisa maka selanjutnya adalah menemukan strategi mana yang lebih efektif diterapkan pada bisnis Anda. Cara ini juga menjadikan bisnis Anda bersaing secara kompetitif untuk memenangkan audiens yang sama ditargetkan pesaing Anda.

3. Tingkatkan Konten Anda

Content is king menurut kami istilah itu tidaklah berlebihan karena konten memang lah raja dalam pemasaran online. Konten membantu mendatangkan pelanggan potensial pada setiap industri jadi tidak heran bukan jika konten adalah raja?

Konten yang relevan dan bermanfaat yang paling disukai oleh pembaca karena mereka bisa memperoleh manfaat dari konten Anda. Jadi pastikan Anda membuat konten yang memang relevan dengan industri Anda. Anda juga perlu membuat konten yang menghibur bukan hanya konten penawaran saja. Karena bisnis yang baik adalah bisnis yang menyajikan konten edukasi, konten menghibur dan penawaran.

Meskipun Anda telah menemukan strategi konten yang bekerja dengan baik, namun bukan berarti Anda berhenti untuk menjelajahi atau mencoba cara lain. Anda juga bisa loh bereksperimen dengan konten Anda dengan jenis konten yang berbeda. Misalnya saja dengan konten infografis yang mewakili informasi yang lebih kompleks. Atau Anda bisa membuat podcast yang saat ini cukup efektif menarik audiens target.

Ada banyak jenis konten yang mungkin efektif untuk bisnis misalnya saja postingan blog, video, infografis, podcast dan masih banyak lagi. Anda bisa menerapkan beberapa jenis konten ini kedalam pemasaran online Anda untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly

4. Manfaatkan Alat Riset Kata Kunci

Yang tidak kalah penting dalam mempelajari audiens Anda adalah dengan melibatkan kata kunci terkait industri Anda. Ada berbagai alat penelitian kata kunci yang bisa Anda gunakan baik secara gratis maupun berbayar. Memahami minat audiens memerlukan kata kunci yang mereka ketikan di mesin pencari. Itu mengapa alat riset kata kunci sangat Anda butuhkan untuk menemukan kata kunci yang sering di ketikan oleh audiens Anda.

Google Keyword Planner

Ketika Anda membuat konten dan tidak melibatkan kata kunci bagaimana Anda akan mendatangkan pelanggan potensial? Jadi sangat penting untuk melibatkan alat yang satu ini dalam memahami audiens Anda. Anda bis menggunakan Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci relevan terkait industri Anda.

5. Menciptakan Buyer Persona

Melibatkan buyer pesona dalam memahami audiens adalah ide yang cemerlang. Karena buyer pesona merupakan pengunjung rata-rata situs web Anda sehingga Anda dapat membuat konten website yang disesuaikan dengan minat audiens Anda.

Ketika Anda mempelajari audiens untuk menciptakan buyer pesona ada beberapa yang perlu Anda pelajari seperti lokasi, usia, bahasa, minat, masalah yang di alami audiens, dan solusi pemecah masalah mereka.

Butuh Bantuan Menargetkan Audiens Yang Tepat?

Semua bisnis tentunya ingin mendatangkan pelanggan yang tepat, itu mengapa menargetkan audiens target adalah cara terbaik. Kami dapat membantu Anda dalam mendatangkan pelanggan potensial dengan strategi efektif kami. Kami menyediakan layanan pemasaran online lengkap yang siap membantu meningkatkan prospek dan penjualan Anda.

Hubungi kami sekarang untuk memulai bisnis online yang lebih baik!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp