Apa itu Black Hat SEO? Teknik Berisiko yang Harus Dihindari

Black Hat SEO

Sudah sering mendengar istilah SEO, tapi sudahkah Anda mengetahui Black Hat SEO? Jika Anda ingin menerapkan teknik SEO maka Anda harus tahu apa itu Black Hat SEO supaya Anda terhindar dari Google penalti akibat salah penerapan strategi. Pada beberapa hari lalu kami telah menjelaskan apa itu White Hat SEO, dan pada postingan ini kami telah menyiapkan pengertian Black Hat SEO, resiko dan beberapa teknik SEO yang harus dihindari. Jadi jika Anda ingin memahami lebih jauh tentang Black Hat SEO pastikan Anda membaca postingan ini hingga selesai.

Ketika kita mempelajari SEO sudah barang tentu juga harus mempelajari semua aspek tentang SEO. Mulai dari teknik SEO yang aman untuk peringkat website dan juga teknik SEO yang dilarang oleh mesin pencari. Dengan mempelajari itu semua dapat membantu Anda menghindari hukuman dari mesin pencari. Karena apabila situs web terkena hukuman mesin pencari maka peringkat akan turun yang pada akhirnya mempengaruhi penjualan.

Oleh karena itu mengetahui macam-macam teknik SEO adalah tindakan yang tepat. Ini akan membuat Anda mengetahui teknik SEO mana yang aman dan tepat untuk situs website Anda. Selain itu dengan mempelajari lebih banyak tentang SEO membantu Anda dalam menerapkan strategi SEO yang benar yang sesuai dengan algoritma mesin terbaru. Lalu apa yang di maksud Black Hat SEO? Penjelasannya dibawah ini!

Apa Itu Black Hat SEO?

Black Hat SEO adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan peringkat namun teknik ini melanggar pedoman mesin pencari. Cara kerja dari teknik Black Hat SEO yaitu mencoba memanipulasi mesin pencari untuk mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian. Hampir semua mesin pencari tidak merekomendasikan teknik Black Hat SEO karena dianggap curang dalam mendapatkan peringkat.

Hal ini juga sudah dijelaskan jika situs web yang di optimasi dengan teknik Black Hat SEO melanggar pedoman mesin pencari. Apabila website di optimasi menggunakan teknik yang melanggar, cepat atau lambat akan dikenakan hukuman. Google penalti adalah salah satu hukuman yang paling umum dikenakan pada website yang menggunakan teknik Black Hat SEO.

Hukuman yang diberikan Google kepada website yang melanggar berupa penurunan peringkat bahkan hilangnya peringkat dari hasil pencarian. Website yang mendapatkan hukuman Google berdampak buruk pada penjualan karena hilangnya peringkat berpengaruh terhadap lalu lintas organik. Ini artinya jika peringkat Anda turun atau hilang maka lalu lintas website pun akan hilang sehingga berdampak pada penjualan Anda.

3 Alasan Kuat Mengapa Black Hat SEO Sangat Berisiko

Teknik Black Hat SEO

Anda wajib tahu bahwa penggunaan teknik Black Hat SEO untuk menaikkan peringkat memiliki resiko terhadap kelangsungan situs web. Memang biasanya teknik ini cepat menampakkan hasil yaitu peringkat cepat naik. Namun akan langsung berdampak buruk jika mesin pencari telah memberikan hukuman.

Jadi tidak heran jika penyedia SEO yang baik akan menghindari teknik ini untuk mengoptimasi websitenya maupun website kliennya. Berikut beberapa alasan mengapa teknik Black Hat SEO berisiko untuk website Anda:

1. Berdampak Pada Peringkat, Visibilitas dan Lalu Lintas

Yang paling berisiko dari teknik Black Hat SEO yaitu penurunan peringkat, visibilitas dan juga lalu lintas. Apabila situs website secara drastis kehilangan peringkat dan lalu lintas maka ini berdampak pula pada konversi dan penjualan yang menurun.

Jika ini terjadi pada website Anda maka akan sulit mendapatkan penjualan secara online karena lalu lintas yang di hasilkan menurun. Peringkat yang di dapatkan dari teknik ini akan cepat hilang dari hasil pencarian yang mengakibatkan kehilangan lalu lintas yang drastis. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik Black Hat SEO berdampak buruk pada kinerja situs website karena hukuman dari mesin pencari.

2. Bukan Investasi Jangka Panjang

Hampir semua pemasar menginginkan investasi jangka panjang untuk bisnis mereka. Itu mengapa menghindari menggunakan teknik Black Hat SEO adalah ide yang bagus. Karena menerapkan teknik Black Hat SEO tidak akan memperoleh hasil jangka panjang, sangat jarang hasil dari manipulatif dapat bertahan lama.

Meskipun mesin pencari membutuhkan waktu untuk menentukan situs web yang menggunakan teknik Black Hat SEO, namun cepat atau lambat akan dikenakan hukuman. Sehingga akan terjadi hilangnya lalu lintas yang drastis karena peringkat website menghilang dari hasil pencarian.

Menampilkan situs web di halaman satu Google dengan strategi SEO membutuhkan waktu dan kerja keras. Namun itu akan terbayar dengan hasil yang dapatkan. Tapi jika Anda menggunakan teknik yang melanggar mungkin itu akan menghasilkan menaikkan cepat namun juga penurunan yang cepat pula. Bisnis Anda berharga dan perlu di bangun dengan kerja keras, jadi jangan rusak dengan teknik yang tidak perlu Anda terapkan pada strategi pemasaran Anda.

3. Memberikan Pengalaman Pengguna Lebih Buruk

Halaman web Anda memang berada di halaman satu hasil pencarian. Namun tidak semua halaman web dengan menggunakan teknik curang tampil di halaman satu hasil pencarian itu relevan. Halaman web yang tidak relevan dengan apa yang pengguna cari akan memperburuk pengalaman mereka. Karena website Anda menyajikan informasi yang tidak sesuai dengan apa yang mereka cari. Ini akan membuat mereka enggan berkunjung kembali ke situs website Anda, karena Anda dianggap sebagai bisnis yang tidak relevan.

Karena pada dasarnya salah satu cara terbaik mendatangkan pelanggan adalah dengan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Tidak hanya menaikkan peringkat saja namun juga perlu memfokuskan pada pengalaman dan kepuasan pengguna. Jadi bisa di simpulkan bahwa teknik curang tidak akan memberikan pengalaman dan kepuasan pengguna meskipun peringkat website lebih tinggi.

Lalu Teknik Black Hat SEO Seperti Apa yang Harus Dihindari?

Bagi pemula mungkin akan kesulitan mengetahui teknik-teknik SEO yang yang aman untuk mereka terapkan. Tenang saja karena di bawah ini kami telah menyiapkan teknik Black Hat SEO yang perlu Anda hindari untuk terhindar dari hukuman mesin pencari. Nah berikut beberapa teknik Black Hat SEO yang perlu Anda hindari:

1. Keyword Stuffing

Teknik Black Hat SEO yang harus Anda hindari pertama adalah Keyword Stuffing. Dimana teknik ini merupakan tindakan memasukkan kata kunci utama dengan jumlah yang berlebihan. Teknik curang ini memasukkan kata kunci dengan jumlah yang berlebihan pada seluruh halaman web. Sehingga ini dianggap sebagai tindakan manipulatif mesin pencari.

Mungkin teknik ini dulu direkomendasikan dalam menaikkan peringkat, namun seiring berjalannya waktu teknik ini sudah tidak lagi relevan. Karena akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Jika Anda tidak ingin situs web mendapatkan peringatan dari mesin pencari. Maka Anda perlu menghindari memasukkan kata kunci berlebihan pada halaman web Anda.

2. Duplicate Content

Duplicate Content merupakan teknik Black Hat SEO yang paling tidak direkomendasikan oleh mesin pencari. Karena Duplicate Content akan membingungkan mesin pencari dalam menentukan peringkat. Lagi pula jika situs website memiliki Duplicate Content dengan konten milik orang lain bahkan milik sendiri. Ini akan mempengaruhi peringkat dan kredibilitas konten Anda.

Bagi pengguna yang menemukan konten Anda sama dengan konten milik orang lain akan berfikir Anda perusahaan yang tidak kreatif karena hanya bisa mengcopy karya orang lain. Ini tentunya berpengaruh terhadap kepercayaan pengguna yang pada akhirnya tidak memberikan loyalitas terhadap bisnis Anda.

Mesin pencari dan pengguna menyukai konten yang unik dan bermanfaat sesuai dengan kata kunci yang di targetkan. Itu mengapa meluangkan waktu untuk membuat konten yang lebih ramah SEO adalah ide yang cemerlang. Karena dapat mendatangkan lalu lintas potensial dan menaikkan peringkat website Anda.

3. Hidden Text

Apakah Anda pernah mengunjungi halaman web yang teksnya memiliki warna yang sama dengan background / latar belakang yang diletakkan pada luar layar atau belakang gambar? Jika iya, itu memungkinkan pemilik website menggunakan teknik Hidden Text. Hidden Text merupakan tindakan Black Hat SEO yang menyembunyikan teks berupa kata kunci dari pengguna dengan memperkecil ukuran font, warna yang sama dengan latar belakang bahkan menggunakan CSS.

Saat ini perayap mesin pencari lebih canggih dari apa yang kita ketahui, jadi menggunakan teknik ini untuk mengelabui mesin pencari bukan cara yang efektif. Karena mesin pencari dapat mengetahui meskipun Anda menyembunyikan kata kunci dari pengguna sekalipun.

4. Cloaking

Teknik ini merupakan tindakan mengelabui pengguna dan mesin pencari dengan menyajikan konten atau URL yang berbeda dengan tujuan memberikan pengalaman yang berbeda pada masing-masing. Ini merupakan praktik curang yang tidak disukai oleh mesin pencari dan pengguna karena memberikan hasil yang berbeda.

Untuk membuat website Anda tetap relevan bagi pengguna dan mesin pencari penting bahwa untuk fokus pada pengalaman pengguna. Ketika Anda membuat konten yang ramah SEO yang di sesuaikan dengan industri Anda maka Anda telah memberikan pengalaman dan kepuasan pengguna yang lebih baik.

Kesimpulan

Nah itu dia pengertian dari apa itu Black Hat SEO dan teknik yang harus Anda hindari. Menerapkan teknik SEO yang sesuai dengan algoritma Google terbaru adalah ide yang cemerlang. Karena dengan menggunakan strategi SEO yang sesuai dengan pedoman mesin pencari akan lebih aman untuk jangka panjang.

Jika Anda membutuhkan bantuan jasa SEO onpage yang menerapkan strategi White Hat SEO yang aman untuk jangka panjang. Langsung saja Anda hubungi tim kami. Anda juga bisa langsung konsultasi dengan tim spesialis SEO kami secara gratis!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp