Cara Situs Web Menghindari Google Penalti

Cara Menghindari Google Penalti

Apa Itu Google Penalty? Dan mengapa Anda harus menghindarinya?

Mungkin Anda pernah mendengar tentang penalti Google yang sangat menakutkan bagi situs website? Bagi pemilik bisnis online yang mengandalkan lalu lintas online untuk mendorong penjualan bisnisnya, tentunya penalti Google sangat ditakuti. Mungkin Anda adalah salah satu pebisnis online yang sangat menghindari situs web Anda mendapat penalti Google. Tapi tenang, karena di artikel ini kami akan membahas cara situs website menghindari penalti Google yang akan sangat membantu Anda terhindar dari penalti Google.

Apa Itu Google Penalty?

Google Penalty adalah penalti yang diberikan oleh Google kepada situs website yang melakukan aktivitas yang melanggar pedoman webmasternya. Atau sederhananya Google penalti adalah dampak negatif pada peringkat dan lalu lintas situs website yang disebabkan oleh perubahan algoritma yang menentukan hasil pencarian atau situs website melanggar hukuman yang disengaja yaitu dengan menggunakan teknik Black hat SEO.

Jika Anda melakukan teknik Black Hat SEO pada situs website Anda. Maka bukan tidak mungkin Google Akan melakukan penalti terhadap situs website Anda. Black Hat SEO adalah serangkaian praktik yang dilakukan untuk meningkat peringkat website di mesin pencari dengan menggunakan cara yang melanggar persyaratan atau yang tidak disetujui oleh mesin pencari. Ini merupakan cara curang, karena memanipulasi backlink untuk mengelabui mesin pencari supaya website Anda mendapatkan peringkat tinggi.

Menggunakan teknik Black hat SEO akan merugikan situs website Anda di masa mendatang. Meskipun pada saat ini mungkin semua halaman konten Anda menempati posisi tertinggi di mesin pencari, cepat atau lambat Google akan mengetahui dan akhirnya memberikan penalti pada situs web Anda. Teknik Backlink ini biasanya disebut sebagai tautan spam dan Google akan memberikan peringatan keras kepada situs web yang menerapkan ini.

Mengapa Situs Mendapat Penalti Google?

Google bukanlah mesin pencari satu-satunya, melainkan memiliki beberapa kompetitor seperti Bing dan Yahoo. Ini menjadikan Google akan memberikan yang terbaik bagi penggunanya supaya mereka tidak menggunakan mesin pencari lain. Maka dari itu Google menyediakan hasil pencarian yang paling relevan dari apa yang di butuhkan oleh penggunanya.

Dengan demikian situs website yang mencoba memanipulasi hasil pencarian akan mendapatkan penalti Google. Karena dinilai tindakan situs web tersebut dapat merusak produk Google dan akan memberikan citra buruk pada Google. Google tidak akan menjadi mesin pencari terbaik jika memberikan hasil yang tidak membantu atau memberikan penggunanya pengalaman yang buruk bukan?

Penalti Google akan berlaku bagi situs website yang melanggar apa yang tidak disetujui oleh Google atau karena perubahan algoritma. Penalti Google sendiri merupakan hasil dari algoritme yang telah berkembang dan terus berubah yang digunakan oleh Google untuk merayapi dan memeriksa situs website. Walaupun ada sejumlah tindakan spesifik yang bisa mengakibatkan hukuman langsung yang dijatuhkan oleh Google, Ada yang tidak diiklankan secara publik. Atau yang dapat mengakibatkan penurunan peringkat dan lalu lintas. Tujuan ini adalah untuk melindungi Google dari situs website yang curang yang mencoba memanipulasi hasil pencarian.

Pemicu Penalti Google

Untuk menghindari situs website Anda terkena penalti Google, pastikan bahwa situs website Anda tidak memiliki beberapa hal seperti berikut:

  1. Tautan tersembunyi
  2. Cloaking, yaitu menampilkan versi halaman website yang berbeda ke robot mesin pencari.
  3. Pengalihan penipu, yaitu website yang membawa pengunjung secara otomatis ke halaman lain padahal pengunjung tidak mengklik apapun.
  4. Halaman website dimuat dengan kata kunci yang tidak relevan
  5. Menggunakan teknik SEO Black Hat.

Sebenarnya penyebab peneliti Google sangat luas. Tetapi cara mudahnya Anda memahami penalti Google yaitu hukuman yang diberikan Google karena disebabkan oleh tindakan yang dilakukan oleh situs website untuk mengelabui Google yang berakibat membahayakan pengalaman pengguna.

Ada beberapa teknik backlink yang dapat memicu terjadinya penalti Google. Teknik backlink ini sering disebut sebagai tautan spam, Sumber umum tautan spam seperti:

1. Komentar Spam

Komentar Spam adalah komentar yang tidak relevan dengan entri blog yang memiliki tujuan mengarahkan link ke situs website komentator. Penggunaan spam komentar dianggap sebagai teknik SEO Black Hat yang digunakan untuk meningkatkan popularitas dan peringkat tautan situs website. Sederhananya adalah spam komentar mengacu pada link yang tersisa di bagian komentar blog dengan tujuan mempromosikan situs website lain.

2. Tautan Berbayar

Mungkin Ini dimasa lalu merupakan praktik yang sangat populer untuk membayar situs dalam tautan URL yaitu upaya untuk mengisi backlink ke situs website yang akan berdampak positif pada hasil pencarian mesin pencari. Tetapi pada perubahan layanan Google terbaru menjelaskan bahwa atribut nofollow sangat penting untuk tautan iklan berbayar agar tidak dianggap spam tautan.

Di masa lalu itu adalah praktik populer untuk membayar situs biaya untuk tautan url dalam upaya untuk mengisi backlink ke situs web Anda dan berdampak positif pada hasil mesin pencari. Perubahan layanan Google terkini menjelaskan bahwa atribut nofollow sangat penting untuk tautan iklan berbayar agar tidak dianggap sebagai spam tautan.

4. Postingan Blog Tamu Besar-Besaran

Anda pernah mendengar blog tamu, atau bahkan Anda pernah melakukannya? Jika tahun-tahun lalu blog tamu dianggap sebagai praktik terpercaya untuk membangun reputasi situs website. Tidak lagi sekarang, Pada pembaharuan algoritma penguin, Google telah menganggap posting blog tamu yang dilakukan secara besar-besaran dianggap teknik Spam.

Pengaruh Penalty Google Terhadap Situs Website

Apabila Anda melanggar apa yang tidak disarankan oleh Google, Maka situs website Anda cepat atau lambat akan mendapatkan hukuman dari Google. Hukuman yang Anda terima yaitu situs website Anda tidak lagi terdaftar di hasil pencarian atau peringkat website Anda untuk kata kunci yang Anda targetkan akan turun secara drastis. Jika situs website Anda terkena penalti Google, maka situs web Anda tidak akan terlihat oleh audiens yang Anda targetkan dan pada akhirnya Anda akan kehilangan lalu lintas potensial yang berakibatkan pendapatan Anda menurun.

Cara Situs Web Menghindari Google Penalti

Ada beberapa cara untuk menghindari situs web terkena penalti Google yang bisa Anda lakukan seperti:

1. Ketahui Aturannya dan Ikuti Mereka

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari Google penalti adalah dengan melakukan persis seperti apa yang diperintahkan Google kepada Anda. Baik Anda suka atau tidak Google membuat aturan, Anda harus tetap mengikutinya.

2. Lakukan Audit Konten

Jika Anda tidak ingin situs website Anda terkena penalti oleh Google, maha hal yang perlu lakukan adalah dengan mengaudit konten Anda. Ini merupakan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah konten yang telah Anda buat setahun lalu sesuai dengan algoritma Google terkini.

Untuk audit konten kini lebih mudah, Anda tidak melakukannya dengan rumit, Anda bisa melakukan ini untuk audit konten Anda:

  1. Mengetahui pedoman Google
  2. Memeriksa setiap halaman situs website Anda untuk memastikan bahwa Anda mengikuti pedoman Google.
  3. Pastikan kualitas konten Anda sesuai dengan apa yang telah disarankan oleh Google.

Apabila situs website Anda sudah memiliki ribuan halaman, kami sarankan untuk menggunakan Google Analytics. Ini dapat membantu Anda untuk menargetkan halaman teratas Anda sesuai dengan jumlah kunjungan. Caranya cukup mudah Anda hanya buka Behavior > Site Content > All Pages.

3. Audit Profil Tautan

Untuk menghadiri penalti manual Anda perlu melakukan audit profil tautan Anda. Anda harus tahu salah satu faktor yang paling yang digunakan oleh Google saat mengindeks situs website adalah kualitas profil tautan. Profil tautan merupakan daftar tautan Anda.

4. Tetap Berada di Atas Pembaruan Algoritma Google

Ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda melanggar peraturan algoritmik yaitu dengan selalu memahami algoritma terbaru. Anda tahu bahwa algoritma Google selalu berubah setiap waktu, maka untuk menghindari terkena penalti dari Google Anda harus mengikuti perkembangan algoritma Google terbaru. Anda dapat bergabung dengan komunitas pencarian, disitu Anda akan mendengar tentang semua perubahan yang di luncurkan oleh Google.

5. Teruslah Membuat Konten yang Berkualitas

Yang paling utama dari situs website, tentunya Anda sudah tahu yaitu konten. Konten merupakan ujung tombak situs website untuk mendapatkan peringkat, lalu lintas dan juga prospek. Membuat konten yang berkualitas juga menjadi salah satu Cara Menghindari Google Penalti. Anda perlu melakukan seperti :

  1. Anda harus membuat konten secara rutin dan konsisten, karena pemasaran konten bukanlah hal yang dilakukan setengah-setengah, namun dibutuhkan kerja harian.
  2. Menghasilkan tulisan yang baik, yang mudah dipahami oleh pengguna.
  3. Untuk lebih menarik, Anda bisa membuat dengan berbagai jenis konten seperti artikel, video dan lain sebagainya. Ini akan sangat membantu Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Baca juga: Strategi SEO Meningkatkan Pengunjung Website

Jika Anda membuat konten dengan kualitas terbaik, orang-orang akan senang mengunjungi situs web Anda, mengklik, mempelajari, membaca, berbagi. Dan akhirnya akan membantu meningkatkan peringkat yang paling utama adalah ini akan menghindari hukuman Google.

Apabila Anda terus mengikuti apa yang telah direkomendasikan oleh mesin pencari Google, maka Anda akan terhindar dari hukuman Google. Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk menghindari penalti Google, kami dapat membantu. Karena Jasa Layanan SEO kami menerapkan teknik SEO yang kami terapkan adalah teknik SEO White SEO yang tentunya aman untuk masa depan situs website Anda.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp