Mari Mengenal Apa Itu E-Commerce, Manfaat dan Jenisnya

Apa Itu Ecommerce

Jika Anda sedang mencari tahu tentang apa itu Ecommerce, manfaat, dan jenisnya, mungkin artikel ini bermanfaat bagi Anda. Karena di artikel ini kami telah menyiapkan pembahasan apa arti E-Commerce, manfaat dan jenis-jenisnya. Di era digital ini, Ecommerce sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan oleh banyak orang. Baik bagi pemilik bisnis maupun oleh konsumen, E-Commerce sangat membantu mereka dalam melakukan jual beli secara online.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menciptakan E-Commerce yang efektif bagi semua orang. Internet telah mengubah banyak hal termasuk dunia bisnis. Dimana pemilik bisnis dapat dengan mudah menjangkau jutaan konsumen dengan memanfaatkan internet. Internet menghubungkan miliaran orang di seluruh dunia dalam satu jaringan.

Apabila Anda memanfaatkan internet untuk promosi maka bisnis Anda dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia. Internet adalah media terbaik untuk mendatangkan pelanggan potensial. Itu mengapa ada istilah pemasaran internet, dimana kegiatan promosi dilakukan melalui jaringan internet.

Internet membantu memudahkan Anda menjual produk / layanan secara online melalui E-Commerce. Dengan Ecommerce Anda akan lebih mudah menjangkau pasar lebih luas dan menargetkan orang-orang yang tepat. Ecommerce tidak hanya menargetkan orang-orang terdekat dengan toko fisik Anda saja melainkan secara global. Ini artinya Anda dapat menargetkan khalayak luas di seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

Apa itu E-Commerce?

E-Commerce (Perdagangan Elektronik) merupakan kegiatan yang mengacu pada semua transaksi yang dilakukan melalui internet, ini melibatkan pembelian dan penjualan produk maupun layanan secara online. Misalnya saja seseorang membeli produk atau layanan secara online, dan perusahaan menjual produk atau layanan secara online. Maka ini termasuk kedalam kegiatan jual beli online atau bisa disebut sebagai Ecommerce.

Tahukah Anda bahwa E-Commerce dapat membantu meningkatkan brand awareness bahkan penjualan? Karena penjualan dilakukan secara online dan penjualan online dapat menjangkau khalayak luas maka cara ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan penjualan Anda.

Ecommerce

Jika Anda ingin memulai bisnis Ecommerce maka Anda wajib memiliki media atau alat yang digunakan untuk promosi bisnis Anda, alat itu yaitu website. Situs website adalah media digital yang berfungsi mempromosikan bisnis tanpa batas waktu. Ini artinya Anda bisa mempromosikan bisnis Anda sepanjang hari tanpa libur.

Bayangkan saja jika bisnis buka 24 jam untuk melayani pembelian maka kemungkinan mendapatkan pelanggan lebih banyak. Orang-orang bisa kapanpun dan dimanapun membeli produk / layanan Anda. Dan ketika toko fisik Anda buka Anda bisa segera mengirimkan produk atau memproses layanan yang di pesan oleh konsumen Anda. Tentunya ini akan sangat menguntungkan Anda bukan?

Manfaat E Commerce Bagi Perusahaan

Ada banyak sekali manfaat E-Commerce dalam dunia bisnis yang wajib Anda ketahui. Apalagi jika Anda adalah seorang pemilik bisnis maka mengetahui segudang manfaat Ecommerce adalah keharusan. Ecommerce menjadi sangat penting bagi pemilik bisnis yang ingin mengembangkan bisnis. Karena ini merupakan cara efektif yang dapat di tempuh oleh siapa saja dan dapat di lakukan dengan biaya lebih rendah.

Jika biasanya pemasaran tradisional membutuhkan biaya besar dalam menjangkau khalayak luas namun tidak dengan Perdagangan Elektronik. E-Commerce merupakan cara murah yang dapat Anda lakukan dalam menjangkau pasar lebih luas. Biaya yang Anda keluarkan untuk bisnis E-Commerce tidak seperti Anda membayar iklan di TV atau pasang papan reklame yang membutuhkan biaya besar.

Manfaat Ecommerce

E-Commerce membuat Anda lebih hemat biaya dan waktu karena tidak harus membayar staf untuk menjaga toko Anda 24 jam. Penjualan online melalui website dapat dilakukan 24 jam non stop tanpa harus membayar staf Anda. Inilah salah satu keuntungan dari Ecommerce, Anda akan lebih menghemat bisa dan tentu saja waktu Anda.

Selain menghemat biaya dan waktu, masih ada banyak sekali manfaat E Commerce yang wajib Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lain dari Ecommerce:

  • Menjangkau pasar lebih luas – Karena internet di gunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia jadi tidak mengada-ngada jika E-Commerce mampu menjangkau pasar lebih luas. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda tanpa ada batasan geografis.
  • Bisnis buka sepanjang hari / 24 jam non stop – Ecommerce membantu Anda membuka bisnis sepanjang hari tanpa harus membayar staf. Anda bisa promosi bisnis selama 24 jam, sepanjang hari tanpa libur.
  • Menargetkan orang-orang yang tepat – Manfaat dari Ecommerce yaitu Anda bisa menargetkan audiens yang tepat sasaran. Anda bisa menggunakan kata kunci relevan untuk mendatangkan prospek berkualitas.
  • Hemat waktu dan biaya – Anda bisa menghemat waktu Anda karena penjualan online tidak harus di pantau setiap menit. Selain itu Anda juga dapat menghemat biaya promosi karena Anda bisa promosi 24 jam tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.
  • Meningkatkan brand awareness – Kesadaran merek juga sangat penting bagi perusahaan. Anda bisa memanfaatkan Perdagangan Elektronik untuk meningkatkan brand awareness Anda.

Jenis Bisnis E Commerce

Setelah Anda mengetahui Apa itu E Commerce dan manfaatnya kini Anda wajib tahu jenis-jenis bisnis E-Commerce. Apapun bisnis yang Anda jalankan baik menjual produk langsung ke konsumen atau menjual ke perusahaan lain. Anda dapat menjualnya secara online melalui E-Commerce. Jadi sebelum Anda membuat website untuk media promosi, ada baiknya Anda mencari tahu tentang jenis bisnis Ecommerce.

  1. Business to Customer (B2C)

Jenis bisnis E Commerce yang pertama adalah Business to Customer atau biasa di sebut sebagai B2C. Seperti namanya bahwa B2C merupakan jenis Ecommerce yang merepresentasikan transaksi jual beli antara bisnis dengan konsumen secara langsung. Jenis bisnis Ecommerce yang satu ini merupakan jenis bisnis yang paling umum atau sering kita temui.

2. Business to Business (B2B)

Yang selanjutnya adalah Business to Business atau yang sering di sebut sebagai B2B adalah jenis bisnis Ecommerce yang menjual produk dari bisnis ke bisnis lain.

3. Customer to Customer (C2C)

Jenis bisnis E-commerce yang terakhir adalah Customer to Customer (C2C) dimana jenis bisnis Ecommerce ini konsumen yang sebelumnya membeli akan menjualnya kembali kepada konsumen lain.

Kesimpulan

E-Commerce merupakan cara efektif untuk mengembangkan bisnis. Jadi tidak heran jika bisnis Ecommerce sangat diminati di era internet ini. Apabila Anda ingin menjalankan bisnis Perdagangan Elektronik tentunya Anda akan membutuhkan jasa marketing online. Penyedia layanan pemasaran online dapat membantu Anda untuk membuat website dan merancang strategi pemasaran yang efektif.

Hubungi kami untuk memulai bisnis Ecommerce Anda, kami siap menempatkan merek Anda diatas pesaing Anda. Konsultasi gratis sekarang!

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp