Pilih Mana Medium Vs WordPress Untuk Platform Blogging Terbaik?

Platform WordPress vs Medium

Masih bingung menentukan Medium Vs WordPress sebagai platform blogging untuk Anda? Jika Anda ingin mempromosikan bisnis anda lebih efektif membuat blog adalah pilihan yang tepat. Blog merupakan salah satu cara terbaik untuk menyebarkan pesan. Blog juga dianggap sebagai sumber informasi terpercaya dan akurat bagi orang yang mencari informasi online.

Mungkin saat ini Anda sedang bertanya-tanya di platform apa blog Anda di jalankan. Sebenarnya Anda dapat menemukan banyak opsi ketika mencari platform blogging. Tetapi untuk memilih platform terbaik, Anda harus membuat keputusan berdasarkan informasi yang akurat. Di artikel ini, kami akan berbicara mengenai dua platform blogging terbaik yaitu WordPress dan Medium. Disini kami akan membahas bagaimana dua platform ini bekerja, sehingga Anda dapat membuat keputusan.

1. WordPress Vs Medium

Apa Itu WordPress?

WordPress.org

WordPress sendiri memiliki dua versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org keduanya memiliki keunggulan nya masing-masing. di bawah ini kami memberikan deskripsi singkat dari dua versi WordPress sersebut.

Ini merupakan keanekaragaman platform, karena terdapat dua versi WordPress yang berbeda. WordPress.com berfokus pada penyediaan platform blog yang sepenuhnya dihosting dengan berbagai opsi harga. Jika Anda menggunakan WordPress.com Anda akan menggunakan subdomain WordPress.com, yang pada dasarnya akan membuat alamat website blog. Contohnya blogku.WordPress.com yang memberi akses yang relatif lebih sederhana ke audiens Anda.

Sedangkan versi kedua yaitu WordPress.org memiliki harga nominal yang mengharukan Anda untuk mendownload file open source dan menyimpanya di server website. Anda harus tahu bahwa platform yang di hosting sendiri jauh lebih dari sekedar tempat untuk blog. Sebenarnya sudah berkembang sebagai sistem konten yang sepenuhnya bisa disesuaikan dan menjalankan beberapa situs website terbesar dan Terpopuler di dunia online.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih dalam perbedaan kedua platform tersebut. Anda dapat melihatnya secara lengkap perbedaan WordPress.com vs WordPress.org disini.

Untuk menentukan platform bloging yang terbaik untuk Anda, disini kita kan lebih fokus pada WordPress.org serta bagaimana membandingkan dengan Platform Medium.

Apa Itu Medium?

Medium

Sedangkan Medium mungkin kurang memiliki keanekaragaman jika dibandingkan dengan WordPress. Medium menggabungkan blogging dan media sosial dengan memperkenalkan kemudahan penggunaan. Menjadikannya sebagai perbaikan cepat bagi siapa saja yang ingin berbagi cerita maupun membuat merek pribadi secara online.

Sejak didirikan pada lima tahun lalu kini telah menikmati pertumbuhan yang luar biasa yaitu dapat mencapai peringkat alexa 382 serta membangun pengikut di berbagai negara.

Kini Medium telah menjadi jaringan media sosial yang cukup digemari untuk membantu penggunanya meletakkan pondasi bagi merek pribadi mereka. Halaman Medium mengklaim bahwa platform mereka merupakan “tempat dimana setiap orang memiliki cerita untuk dibagikan dan terbaik yang di sampaikan kepada Anda”.

Pada dasarnya, kesederhanaan serta desain yang indah Medium yang terus mendorong daya tarik di kalangan blogger. Platform ini membuat mudah bagi blogger untuk berhasil membagikan konten serta membangun pembaca. Karena Medium menggunakan algoritma yang mempelajari analis rasio pembaca dan popularitas pada setiap postingan untuk menentukan konten mana yang mendapatkan manfaat dan visibilitas terbanyak. Disini Anda dapat memeriksa kepopuleran konten Anda melalui antarmuka pengguna Anda. Dan juga dapat membantu Anda membedakan postingan populer dan memahami kunci untuk menarik pembaca.

Baca juga: Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

2. Kemudahan Pengguna

Medium Vs WordPress Jika Anda masih bingung tentang perbedaan antara WordPress.org dan Medium, mari kita dalami lebih dalam tentang ini. Mari kita coba klarifikasi platform blog mana yang tepat untuk Anda, dimulai dengan kemudahan pengguna dan aksesibilitas masing-masing.

Kita semua tahu bahwa pengguna internet setiap tahunnya meningkat dengan pesat, dengan demikian, semakin banyak pengguna internet memanfaatkan internet untuk mendidik diri mereka sendiri. Dengan cara mengikuti perkembangan berita dunia serta berkomunikasi secara bebas menggunakan kata-kata, video maupun suara.

Dapat dikatakan bahwa WordPress.org merupakan evolusi ini, WordPress.org telah merevolusi cara individu dan bisnis kecil membuat konten untuk konsumsi online. Hal ini berlaku di seluruh dunia, karena platform ini memiliki terjemahan total 72 yang tersedia untuk pengguna.

Kini lebih mudah dan murah memiliki situs website untuk bisnis atau pun blog dengan menggunakan WordPress.org. Sekarang ada banyak kesempatan bagi siapa saja untuk membuat situs website bisnis atau blog pribadi. Aksesibilitas platform secara global memungkinkan WordPress.org untuk mendominasi dunia kata-kata yang ditulis secara digital. Ini membuat semua orang mudah untuk membagikan cerita online kepada audiens di seluruh dunia.

Unduh WordPress.org

Untuk dapat mengakses WordPress.org Anda harus mengunduh perangkat lunak open source yang terafiliasi. Namun, untuk mempublikasikan konten akan sedikit memakan waktu apabila Anda memilih untuk mengatur Meta deskripsi dan Tag.

Sedangkan Medium menawarkan platform yang tidak terlalu rumit dan dapat diakses secara instan. Ini juga memungkinkan penulis yang sama untuk membuat dengan cepat dan berbagi dengan mudah di seluruh jaringan pembaca yang terintegrasi.

Medium memungkinkan bagi siapa saja untuk memulai blog pertama mereka dengan cepat dan membagikannya ke seluruh situs. Sementara tag dapat digunakan untuk kategori konten Anda dan membuatnya terlihat oleh orang lain. Sudah banyak orang yang telah menggunakan Medium untuk membangun merek pribadi mereka dan membagikan cerita mereka kepada khalayak luas.

  • Sederhananya: Bahwa WordPress.org merupakan Content Management System yang bisa diakses secara global dan tersedia dalam berbagai bahasa. Walaupun tidak sama dengan WordPress.org, namun Medium jauh lebih mudah digunakan dan memiliki fokus tunggal pada blogging yang dapat menguntungkan bisnis kecil yang hanya ingin membuat kehadiran online.

3. Fitur & Fleksibilitas

Medium Vs WordPress Jika dari segi kemudahan pengguna dan blogging langsung, Medium memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan dengan WordPress.org. Tapi ini tidak serta-merta membuat Medium lebih unggul, karena WordPress.org juga menawarkan berbagai fitur yang jauh lebih lengkap dan berkontribusi terhadap situs website yang bisa disesuaikan, terukur dan mudah dikelola.

Lebih khususnya bahwa WordPress.org mungkin paling baik digambarkan sebagai Content Management System, Sementara itu untuk platform dapat digunakan untuk memberi daya blog sederhana maupun situs web e-commerce yang kompleks. Hal ini tercermin dari statistik terbaru yang menyoroti pengaruh WordPress di sejumlah pasar serta mengonfirmasi bahwa WordPress menyumbang 60% dari pangsa sektor manajemen konten.

Tidak hanya itu WordPress.org juga menawarkan banyak tema bahkan lebih dari ribuan tema dan Template elegan yang tersedia. Serta terdapat ribuan Plugin gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan. Ini menambah keragaman ke situs website Anda dengan menggabungkan elemen perangkat lunak yang tersedia. Ini diartikan ke berbagai fitur penerbitan dan manajemen konten yang memungkinkan Anda dapat menyesuaikan skala situs web Anda dari waktu ke waktu.

  • Sederhananya: Inilah perbedaan besar pada kedua platform ini, jika Medium telah membuat langkah besar dalam meningkatkan integrasi media sosial, analisis website dan juga responsive di berbagai perangkat. Namun Medium memiliki kekurangan dalam fleksibilitas yang mendukung tugas manajemen konten. Bahkan Medium mempertahankan fokus pada sumber daya blogging yang efektif, tetapi tidak memiliki keragaman atau fleksibilitas yang asli.

4. Tujuan Untuk Merek Pribadi atau Bisnis?

Medium Vs WordPress, Apa tujuan Anda meluncurkan blog? Pertanyaan ini harus Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri. Apakah Anda ingin blog anda hanya untuk memberikan cerita atau blog Anda bertujuan untuk menawarkan produk atau layanan. Pada intinya ada dua kata yang dapat membantu Anda memilih WordPress atau medium, yaitu pribadi dan merek.

Saat ini hampir semua orang menggunakan internet untuk menciptakan merek profesional maupun pribadi mereka sendiri. Dengan cara menerapkan kata-kata yang disertakan gambar untuk berbagi cerita yang menarik. Apabila Anda ingin menciptakan merek pribadi atau membagikan cerita Anda dalam bentuk blog, apapun itu topiknya maka Medium adalah tempat yang sangat tepat untuk memulainya. Platform ini cocok untuk pemula, karena kemudahan menggunakannya dan lebih fokus tunggal yang sederhana.

Tetapi, jika Anda adalah seorang pebisnis yang ingin memiliki blog untuk menciptakan merek bisnis Anda. Atau Anda yang ingin memiliki blog untuk melakukan kustomisasi, formulir opt-in, SEO dan toko online, maka WordPress.org adalah satu-satunya pilihan yang tepat. Dan kemudian Anda harus menentukan interasi platform yang Anda ingin akses, tetapi tergantung pada kebutuhan Anda tentunya yang tepat dengan tujuan blogging Anda.

Anda dapat menggunakan Platform Medium untuk:

  1. Memulai blog pertama
  2. Bicara tentang masalah yang penting
  3. Cepat untuk membangun merek pribadi
  4. Membagikan keahlian menulis Anda dengan orang lain

Anda dapat menggunakan Platform WordPress untuk:

  1. Mengembangkan Blog
  2. Membuat situs website untuk bisnis
  3. Untuk menghasilkan uang dari blog
  4. Serius dengan merek bisnis Anda
  5. Menambahkan e-commerce
  • Sederhananya: Perbedaan yang sangat jelas dari WordPress.org dan Medium yaitu menciptakan manfaat variabel di setiap platform tersebut. Sehingga tugas Anda disini adalah untuk menentukan dengan jelas apa kebutuhan Anda sehingga Anda dapat membuat pilihan yang tepat. Jika hanya untuk menciptakan merek pribadi, Anda bisa memanfaatkan Medium untuk pertama memulai. Sedangkan bagi pemilik bisnis akan lebih menikmati manfaat jangka panjang dengan menggunakan WordPress.

5. Harga WordPress Vs Medium

Medium Vs WordPress, Pada akhirnya pilihan akan dijatuhkan tergantung dari harga, Apabila Anda ingin menghosting sendiri situs website WordPress Anda dapat mengunduh versi terbaru dari WordPress.org. Jika Anda sudah mengunduhnya selanjutnya Anda bisa menghostingnya dimanapun Anda suka, memiliki struktur URL sendiri dan mengontrol konten Anda.

Sedangkan Medium menawarkan layanan gratis diseluruh papan. Ini merupakan satu-satunya downside, tidak seperti situs website WordPress self-host, Anda tidak memiliki kendali atas konten Anda maupun struktur URL Anda.

  • Sederhananya: Ketika Anda mempertimbangkan alat dan fitur yang bisa Anda sesuaikan Anda bisa mendapatkan melalui WordPress.org. Apabila Anda membayar untuk platform dan Plugin tambahan ini bergantung pada tujuan Anda. Mungkin Anda pernah mendengar pepatah lama yang mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar. Dan itu benar, jika Anda ingin mendapatkan yang lebih, maka Anda harus membayarnya.

Pada umumnya WordPress dan Medium sering dibandingkan karena kedua platform ini memiliki daya tarik tersendiri bagi komunitas blogging. Anda harus tahu bahwa pada kenyataannya kedua platform ini melayani tujuan yang berbeda. Medium sangat cocok untuk blogger yang mungkin telah memiliki pengikut yang banyak dan kuat di Facebook atau Twitter. Dari Facebook dan Twitter blogger dapat menarik penggemarnya yang sama ke akun Medium nya disitulah mereka mulai membangun reputasi di dalam komunitas medium yang ada.

Sedangkan WordPress sangat ideal untuk bisnis yang ingin meluncurkan blog resminya. WordPress menawarkan fungsionalitas yang luar biasa, ditambah lagi dengan daftar Plugin dan integrasi yang tidak akan pernah ada habisnya untuk menjaga blog tetap segar dan fleksibel.

Baca juga: Cara Update Plugin WordPress Dengan Mudah

Untuk menentukan Platform mana yang cocok untuk Anda, terletak pada diri Anda sendiri, jadi blogger seperti apakah Anda?

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp