WordPress.com VS WordPress.org Apakah Bedanya?

WordPress.com vs WordPress.org

Mungkin saat ini Anda sedang mencari informasi mengenai WordPress. WordPress memiliki dua versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org di artikel ini Anda dapat menemukan jawaban mengenai perbedaan WordPress.com vs WordPress.org, langsung saja Anda simak artikel ini hingga selesai.

Jika Anda saat ini tidak dapat memutuskan platform WordPress mana yang akan di pilih, mungkin artikel ini dapat membantu. Karena di artikel ini kami akan membahas semua yang mungkin ingin Anda ketahui. Yang paling utama kami bahas adalah perbedaan WordPress.com vs WordPress.org. Yang pertama kami akan memberikan pengertian singkat dari WordPress dan yang terpenting adalah untuk memahami kedua versi platform WordPress yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Yang kedua adalah pengertian dari kedua versi WordPress tersebut. Ketiga, perbedaan antara kedua versi WordPress, dalam poin ini juga termasuk pro dan kontra dari kedua versi WordPress. Dan yang keempat kami juga akan membahas platform mana yang lebih cocok untuk Anda, antara WordPress.com dan WordPress.org. Jadi bacalah artikel ini hingga akhir sehingga Anda dapat memulai situs website dengan menggunakan platform yang tepat.

Apa Itu WordPress?

Apa itu WordPress

WordPress merupakan perangkat lunak sumber terbuka berbasis PHP dan MySQL. WordPress merupakan Content Management System (CMS) gratis yang bisa digunakan untuk membuat blog atau pun situs website. Untuk mengaksesnya Anda dapat mengunduh perangkat lunak secara gratis, menginstall, menggunakan serta juga dapat memodifikasi sebagaimana perangkat lunak terbuka.

WordPress saat ini banyak digunakan untuk berbagai jenis situs website non blogging termasuk situs website E-Commerce. Tetapi WordPress juga didukung sebagai platform blogging. Sehingga saat ini tidak diragukan lagi bahwa WordPress merupakan raja pasar CMS, terbukti dengan menggerakkan lebih dari 35,7% situs website online. Jadi jika ingin membuat situs website berbasis WordPress Anda memiliki dua opsi untuk Anda pilih yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Mungkin ini sedikit membingungkan, banyak orang gagal membuat perbedaan yang sangat jelas diantara kedua versi WordPress ini. Jadi, Mari kita menuju ke pembahasan masing-masing versi WordPress dibawah ini.

Apa itu WordPress.com?

WordPress.com

Kami akan memberikan pengertian yang sederhana supaya mudah dipahami. WordPress.com merupakan platform online tempat Anda bisa memulai blog atau pun membangun situs website secara gratis. Platform ini cukup mirip seperti Blogger atau Tumblr, di platform ini Anda bisa membuat blog Anda sendiri dan Anda bisa mempublikasikan konten Anda.

Anda harus tahu bahwa WordPress.com merupakan platform yang cukup lengkap yang didukung oleh perusahaan bernama Automattic. Automattic menggunakan perangkat lunak WordPress untuk memperkuat WordPress.com. Jika Anda menggunakan WordPress.com dipastikan hosting situs website Anda berkualitas tinggi, bebas dari spam serta aman selamanya bebas biaya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menemukan penyedia hosting apabila Anda menggunakan WordPress.com.

Ini juga menjaga keamanan situs website Anda, pemeliharaan, cadangan serta pembaruan perangkat lunak. Satu lagi yang menarik dari WordPress.com, Anda tidak perlu mengunduh dan menginstall perangkat lunak atau membayar hosting dan nama domain. Jadi bisa dikatakan bahwa WordPress.com yang di hosting gratis merupakan platform termudah untuk membangun situs website berbasis WordPress. Tapi perlu diketahui bahwa itu ada beberapa batasan.

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org

Sedangkan WordPress.org merupakan tempat bagi perangkat lunak sumber terbuka WordPress. Jika di WordPress.com Anda tidak harus mengunduh dan menginstall, lain hal dengan WordPress.org, karena Anda dapat mengunduh dan menginstall perangkat lunak WordPress pada host website apapun untuk Anda membuat situs website.

WordPress.org merupakan platform WordPress yang di host sendiri yang berarti Anda harus menggunakan hosting sendiri dan Anda dapat menggunakan nama domain sendiri. Jika Anda menggunakan WordPress.org kinerja situs website, keamanan dan semua aspek situs website Anda merupakan semua tanggung jawab Anda yang sebagian besar bergantung pada kualitas hosting Website yang digunakan. Disini Anda akan memiliki cukup kebebasan serta kemungkinan penyesuaian di platform WordPress.org.

Sebenarnya Perangkat lunak WordPress itu gratis tapi disini Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli hosting. Apabila Anda ingin membuat situs website berbasis WordPress, di platform WordPress.org Anda harus terlebih dahulu untuk menguduh dan menginstall perangkat lunak, menggunakan hosting yang menuntut waktu dan uang. Jadi, memilih platform WordPress.org berarti Anda harus menghost sendiri. Ketika banyak orang mengatakan “WordPress” sebenarnya mereka berniat untuk mengatakan “WordPress.org” bukan “WordPress.com”.

Perbedaan WordPress.com VS WordPress.org

Memang sama-sama WordPress, tetapi pada dasarnya kedua versi ini sangat berbeda. Perbedaan yang paling utama dari kedua platform WordPress.com vs WordPress.org ini adalah terletak pada hosting atau menghost situs website Anda. WordPress.com merupakan Platform yang sepenuhnya di hosting sedangkan WordPress.org merupakan platform yang di host sendiri dan juga memungkinkan Anda untuk menginstall WordPress di server Anda sendiri.

Perbedaan lainnya terletak di kemampuan penyesuaian, pemeliharaan dan keamanannya. Untuk lebih jelasnya dalam menemukan semua perbedaan Anda dapat membacanya dibawah ini.

WordPress.com

  1. Platform yang sepenuhnya dihosting, Anda tidak perlu khawatir untuk menemukan penyedia hosting, karena sudah ada penyedia hosting nya sendiri. Jadi WordPress.com menghosting blog Anda secara gratis dan Anda memiliki ruang situs website yang dibatasi hingga 3GB.
  2. Subdomain WordPress.com, di platform ini Anda akan mendapatkan subdomain gratis. URL situs website Anda akan terlihat seperti blogku.wordpress.com. Jika Anda ingin nama domain khusus Anda dapat meningkatkan ke paket premium.
  3. Keamanan Dasar, Cadangan dan Pemeliharaan, di tangani semuanya oleh WordPress.com dengan beberapa Plugin WordPress bawaan.
  4. Tema Gratis, disini Anda dapat menggunakan tema lebih dari 100 tema gratis dan 200 tema premium di WordPress.com. Tapi perlu diingat bahwa Anda tidak dapat menggunakan tema khusus.
  5. Kustom Desain, dengan Platform WordPress.com Anda bisa membuat kustomisasi dasar dalam desain situs website Anda. Tapi jika Anda ingin desain situs website yang lebih khusus, Anda perlu meningkatkan ke versi berbayar.
  6. Plugin Bawaan Terbatas, WordPress.com untuk Plugin bawaannya sendiri terbatas, ada beberapa plugin bawaan secara default untuk fitur seperti berbagi, statistik, komentar dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fungsi, Anda tidak bisa menginstal plugin dari pihak ketiga.
  7. Tidak Terdapat Iklan, Perlu diingat bahwa Anda tidak bisa menambahkan iklan Anda sendiri situs website gratisan. Tetapi WordPress.com akan menampilkan iklanya di situs website Anda. Namun jika Anda ingin dapat menampilkan iklan situs website Anda, Anda bisa meningkatkan ke paket premium. Dengan paket premium memungkinkan Anda bisa menambahkan iklan Anda sendiri menggunakan WordAds.

WordPress.org

  1. Platform self-host, Anda harus mencari perusahaan hosting web sendiri dan harus membayar untuk hosting. Ruang dari situs website sendiri tergantung pada jenis hosting yang Anda beli.
  2. Domain Khusus, Domain kustom Anda harus mendapatkannya sendiri. Jika Anda menggunakan nama domain yang tidak tersedia, memungkinkan Anda untuk membayar uang tambahan, tapi ini tergantung dari penyedia hosting itu sendiri.
  3. Keamanan, Pencadangan, dan Pemeliharaan, disini aspek-aspek ini Anda harus mengurusnya sendiri. Anda bisa meminta bantuan pihak ke tiga untuk layanan keamanan dan anda bebas untuk menginstall Plugin keamanan apapun.
  4. Tema Tidak Terbatas, Anda dapat menginstall tema khusus di WordPress.org atau dari penyedia tema pihak ketiga. Terdapat lebih dari 4000 tema WordPress gratis di WordPress.org.
  5. Kustomisasi Desain Tidak Terbatas, Anda dapat memilih desain apapun pada situs website Anda. Anda dapat menginstall tema apa saja dan dapat menyesuaikan dengan cara apapun sesuai dengan Anda inginkan atau membangun tema Anda sendiri dengan menggunakan PHP dan CSS.
  6. Plugin Tanpa Batas, disini pasang plugin WordPress gratis dan premium yang Anda suka serta perluas fungsionalitas situs website sebanyak Anda suka.
  7. Dapat Beriklan dan menghasilkan uang, Anda dapat menampilkan iklan Anda sebanyak mungkin sesuai dengan jaringan iklan yang dapat menghasilkan uang. Anda dapat menggunakan pihak ketiga untuk beriklan seperti Google Adwords. Anda tidak akan terganggu dengan iklan default seperti di WordPress.com dan tentunya tidak akan ada orang lain yang bisa menambahkan iklan apapun tanpa persetujuan Anda.

Dari penjelasan di atas, sudah sangat jelas bukan perbedaan utama antara WordPress.com dan WordPress.org? Perbedaannya yaitu terletak pada hosting, keamanan dan pemeliharaan, serta desain dan kustomisasi dan kemampuan monetisasi situs web.

WordPress.com VS WordPress.org Mana Lebih Cocok Untuk Anda?

Baik itu WordPress.com atau WordPress.org keduanya merupakan platform terbaik atau paling tepat untuk Anda tergantung dengan kebutuhan dan sumber daya Anda. Keduanya memiliki perbedaan yang tentunya sudah Anda baca diatas. Tetapi jika Anda bertanya mana yang lebih cocok untuk Anda, mari kita bahas dibawah ini.

Mengapa memilih WordPress.com?

Jika Anda adalah seorang pemula membuat situs website pertama Anda, maka WordPress.com sangat cocok untuk Anda. Membuat situs website dengan platform WordPress.com sangat mudah dan sangat cepat. Anda tidak harus repot-repot untuk instalasi, hosting, keamanan, pemeliharaan dan juga cadangan WordPress. Karena Anda akan mendapatkan semuanya secara gratis.

Tapi perlu Anda ingat bahwa situs website gratis di WordPress.com hadir dengan keterbatasan, seperti keterbatasan berikut.

  1. Anda tidak akan mendapatkan domain khusus dan ruang situs website yang terbatas.
  2. Anda juga tidak bisa membuat perubahan desain khusus, Anda harus menerima apa yang telah diberikan oleh WordPress.com.
  3. Tidak dapat menambahkan iklan dan menghasilkan uang, sebaiknya Anda harus mentolir iklan WordPress.com yang ditampikan secara Default.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih, Anda dapat memilih paket berbayar di WordPress.com untuk memberikan lebih banyak kebebasan serta kendali atas istus website Anda, tapi perlu diingat ini tidak sebanyak di WordPress.org. Jadi kini Anda sudah tahu bahwa WordPress.com adalah platform untuk pemula, blogger yang fokus pada konten, siapa pun dengan sedikit waktu dan untuk siapapun yang mau bekerja lebih sedikit.

Baca juga: Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Mengapa memilih WordPress.org?

Apabila Anda ingin meluncurkan situs website sendiri yang unik dan menonjol, WordPress.org adalah platform yang sangat tepat untuk Anda. Anda cukup menemukan paket hosting yang sesuai, Install WordPress.org, lalu pilih tema yang indah dan mulailah membangun situs website yang unik. Jika Anda masih belum memahami WordPress dan cara kerja situs website, memulai dengan platform WordPress.org mungkin proses ini terdengar cukup sulit, tapi ketahuilah yang diperlukan hanyalah sedikit waktu.

Yang paling penting dari semuanya adalah platform WordPress.org menawarkan kebebasan penuh, seperti kemungkinan penyesuaian dan opsi menetisasi. Tapi harus Anda ingat bahwa dengan kebebasan yang besar tanggung jawabnya pun besar. Berikut kondisi atau batasan dari platform WordPress.org:

  1. Harus mendapatkan domain dan membeli hosting, ingat ini tidak gratis.
  2. Anda bertanggung jawab atas semuanya seperti keamanan, pemeliharaan, cadangan serta pembaharuan. Anda harus punya cukup waktu dan sumber daya untuk menjaga situs web Anda tetap berjalan.

Tapi perlu diingat, walaupun Anda mendapatkan kebebasan penuh dan kontrol penuh di WordPress.org Anda juga haru bertanggung jawab. Jadi, platform WordPress.org adalah platform yang lebih baik bagi siapapun yang ingin membuat situs website yang unik dan juga membangun identitas online yang kuat dan untuk mendapatkan uang, baik itu pemula maupun ahli.

Kami berharap di artikel ini Anda dapat memahami perbedaan WordPress.com Vs WordPress.org dengan jelas. Apabila Anda memutuskan untuk membuat situs website dengan platform WordPress.org, kami CV. Studio Web siap untuk membantu Anda. Kami menyediakan layanan pembuatan website Custom profesional yang dapat Anda andalkan. Untuk memulai Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi pembuatan situs website Anda.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp