Pentingnya Menjalankan Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis B2B

Strategi Pemasaran Digital Bisnis B2B

Apakah perusahaan Business-to-Business atau B2B Anda telah melakukan pemasaran yang di harapkan oleh klien? Sudahkah Anda menyadari bahwa kebiasaan pembeli sudah berubah? Apakah saat ini Anda sudah menjalankan pemasaran digital untuk bisnis B2B Anda?

Terjadinya perubahan kebiasaan pembeli menjadikan bisnis apapun yang tidak menjalankan pemasaran digital akan lebih sulit mendapatkan pelanggan (termasuk bisnis B2B Anda). Sejak beberapa tahun terakhir, demografi dan kebiasaan pembeli B2B juga ikut berubah. Tentu saja, ini membuat Anda wajib merubah strategi pemasaran B2B Anda untuk menjangkau pembeli Anda.

Bagi pengusaha B2B yang serius tentang kesuksesan, tentunya tahu betul betapa pentingnya pemasaran digital untuk menghasilkan arahan. Pemasaran digital juga sangat penting bagi bisnis B2B karena dengan menjalankan pemasaran digital akan membantu bisnis Anda lebih mudah di temukan secara online.

Pemasaran digital yang dikembangkan secara efektif dapat membantu bisnis B2B Anda menjangkau klien-klien yang tepat. Menjangkau mereka-mereka pengguna internet dan perangkat smartphone untuk membeli produk atau layanan bisnis B2B Anda.

Strategi Pemasaran Digital Bisnis B2B

Berikut beberapa strategi pemasaran digital yang harus Anda jalankan di dalam pemasaran bisnis B2B Anda:

1. Membuat Situs Website Menarik dan Informatif

Pemasaran Digital B2B

Ketika Anda mulai menjalankan pemasaran digital untuk bisnis B2B, yang pertama kali Anda harus lakukan adalah membuat situs website profesional. Situs website sangat penting dalam pemasaran digital, karena situs website merupakan tempat bagi Anda memberi tahu konsumen bahwa Anda ada.

Anda dapat menjadikan website sebagai tepat sumber informasi tentang perusahaan, produk atau layanan Anda. Dan Anda dapat memanfaatkan situs website sebagai alat penjual 24 jam 7 hari atau sepanjang hari tanpa batas waktu. Sehingga orang-orang yang mencari informasi tentang Anda bisa menemukannya kapanpun tanpa harus di jam kerja.

Jika Anda telah memiliki situs website yang di bangun beberapa tahun yang lalu, pastikan Anda mendesain ulang untuk membuat situs website Anda semakin mutakhir. Anda dapat melakukan desain ulang website dengan meminta batuan kepada ahlinya. Situs website perusahaan B2B Anda harus:

  1. Cocok untuk audiesn target
  2. Responsive dan Mobile Fiendly
  3. SEO Friendly
  4. Fitur lengkap
  5. Memiliki informasi lengkap tentang industri Anda, sehingga pengunjung dapat memutuskan untuk membeli
  6. Update konten secara rutin
  7. Menyertakan testimoni kepuasan klien
  8. Dipromosikan
  9. Di monitoring

2. Menjalankan Optimasi Mesin Pencari

SEO

Setelah Anda membuat situs website atau mendesain ulang situs website, selanjutnya Anda perlu mempromosikan website Anda. Secanggih apapun situs website yang Anda miliki bukan berarti akan membuat orang-orang langsung datang ke situs web Anda.

Anda masih perlu mempromosikan situs website sehingga dapat menghasilkan banyak pengunjung potensial. Untuk mempromosikan website bisnis B2B, Anda bisa melakukannya di mesin pencari. Mempromosikan bisnis B2B di mesin pencari seperti Google akan sangat membantu Anda mendapatkan pelanggan potensial.

Search Engine Optimization (SEO) adalah cara paling efektif untuk membuat situs website B2B Anda menghasilkan lebih banyak pelanggan. Cara kerja SEO adalah membuat situs website Anda menjadi lebih menarik bagi Google sehingga Google akan memberi peringkat lebih tinggi pada situs web Anda di hasil pencarian.

SEO membuat perusahaan B2B Anda mudah ditemukan secara online oleh calon pembeli potensial dengan menempatkan website Anda di halaman depan hasil pencarian mesin pencari. Karena banyak dari pembeli tidak akan melewatkan halaman pertama hasil pencarian.

Melakukan SEO tidak semudah yang Anda bayangkan, SEO membutuhkan kerja keras, waktu dan fokus. Karena teknik SEO selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu dan akan terus berubah. Sangat penting bahwa Anda harus mengikuti strategi dan pembaruan baru untuk menghasilkan hasil terbaik.

SEO harus dijalankan secara konsisten dan harus mengikuti pembaruan dari algoritma Google terbaru sehingga dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

3. Iklan PPC

Iklan PPC

Iklan PPC adalah cara yang tak tergantikan untuk membangun brand awareness, menghasilkan arahan dan mendorong konversi. Jika Anda ingin lebih cepat mendapatkan klien baru, Anda dapat melakukan Iklan PPC pada pemasaran digital bisnis B2B Anda.

Iklan Pay Per Click (PPC ) memungkinkan konten Anda muncul di hadapan pelanggan potensial Anda. Mereka yang tertarik dengan iklan Anda dapat mengklik dan terlibat didalamnya sehingga mereka dapat mengkonversi.

Ada banyak Jenis iklan PPC yang bisa Anda gunakan, tapi yang paling populer dan paling sering digunakan adalah Google Ads. Anda bisa mempromosikan perusahaan B2B Anda menggunakan Google Ads untuk mengiklankan bisnis B2B Anda di mesin pencari Google.

Google Ads bekerja untuk menampilkan situs website Anda di hadapan audiens target Anda dengan proses yang lebih cepat. Bahkan untuk situs website yang baru dibuatpun bisa langsung diiklankan menggunakan Google Ads.

Dengan Google Ads situs website bisnis B2B Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pengunjung potensial dan tentu saja dengan waktu yang lebih cepat. Melakukan Google Ads berarti Anda harus membayar kepada Google ketika iklan Anda di klik oleh audiens target Anda.

4. Media Sosial

Media Sosial

Media sosial bisa Anda manfaatkan untuk memberi tahu pengguna media sosial bahwa bisnis B2B Anda berada disana. Media sosial bisa menjadi bagian dari pemasaran digital untuk bisnis B2B Anda, karena banyak pembeli akan melakukan penelitian di media sosial sebelum mereka melakukan pembelian.

Jadi, media sosial juga sangat penting Anda sertakan untuk pemasaran digital bisnis B2B Anda. Pemasaran media sosial adalah cara efektif untuk menjangkau klien potensial. Anda dapat melakukannya dengan bergabung dengan grup terkait, beriklan untuk demografi yang ditargekan dan mendorong audiens target ke situs website Anda.

Anda harus membuat konten media sosial yang mengandung informasi dan visual yang dapat berinteraksi dengan orang, seperti Kiat bisnis, Poin dan solusi, Fitur keren dari produk atau layanan B2B Anda, Cerita sukses, Testimoni, FAQ dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa strategi pemasaran digital untuk bisnis B2B yang bisa Anda jalankan untuk membuat bisnis B2B Anda mudah ditemukan oleh lebih banyak klien.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pemasaran digital bisnis B2B Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang. Kami melayani jasa pemasaran online seperti desain website, Optimasi Mesin Pencari, Iklan Google dan pemasaran media sosial. Konsultasikan dengan kami layanan apa yang Anda butuhkan hari ini!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp
blank
Pentingnya Menjalankan Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis B2B is highly popular post having 3 LinkedIn shares
Share with your friends
Powered by ESSB