3 Jenis Iklan PPC Paling Populer Di Indonesia

Jenis jenis iklan PPC

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah PPC atau Pay Per Click, tapi sudah tahukah Anda jenis-jenis iklan PPC? Iklan PPC adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan produk atau layanan, membangun brand awareness, meningkatkan penjualan dan lain sebagainya. Tapi untuk memperoleh hasil yang sesuai harapan, Anda harus memilih platform PPC yang tepat untuk bisnis Anda.

Di tulisan ini kami akan menjelaskan jenis-jenis iklan PPC yang dapat Anda gunakan untuk mengiklankan bisnis Anda. Tapi, sebelum memasuki ke pembahasan jenis-jenis iklan PPC, Anda perlu tahu pengertian iklan PPC dan keuntungan iklan PPC. Silahkan Anda baca tulisan ini hingga akhir, supaya Anda bisa mengambil manfaat yang bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda.

Pengertian Iklan PPC

Iklan PPC adalah jenis pemasaran internet atau online dimana Anda membayar biaya untuk setiap iklan yang di klik oleh audiens target Anda. Pada dasarnya PPC merupakan cara untuk membeli kunjungan ke situs website Anda tanpa harus melakukan optimasi untuk mendatangkan pengunjung organik.

Ada beberapa jenis iklan PPC yang dapat di gunakan untuk mengiklankan bisnis, tapi jenis iklan PPC yang paling umum di gunakan oleh masyarakat Indonesia adalah iklan pencarian berbayar. Jenis iklan ini akan muncul ketika orang mencari di mesin pencari menggunakan istilah yang telah ditargetkan. Terutama mereka yang melakukan pencarian komersial, dimana mereka mencari sesuatu untuk dibeli.

Ketika Anda melakukan iklan PPC, maka Anda hanya akan membayar kepada pihak mesin pencari ketika iklan Anda benar-benar di klik oleh pencari. Bentuk lain dari iklan PPC termasuk iklan bergambar, misalnya saja menanyangkan iklan banner dan lain sebagainya.

Manfaat dan Keuntungan Iklan PPC Untuk Bisnis Anda

Jika Anda sedang mencari jenis iklan yang tidak menghabiskan banyak anggaran, tetapi mampu memberi hasil yang sangat baik, iklan PPC solusinya. PPC adalah pemasaran internet yang cukup terjangkau dan efektif untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web, meningkatkan konversi dan meningkatkan brand awareness. Yang terbaik dari iklan PPC adalah satu-satunya model periklanan dimana biaya yang Anda belanjakan terkait langsung dengan hasil yang akan Anda capai.

Ada beberapa manfaat utama yang bisa Anda nikmati dari iklan PPC dan itu semua bagus untuk bisnis Anda:

1. Anda dapat Menetapkan Anggaran Maksimum untuk Iklan Anda

Mungkin jika menggunakan jenis iklan lain, Anda akan di kenakan dengan tarif tertentu. Namun, dengan PPC Anda dapat melakukan iklan berdasarkan anggaran yang bisa disesuaikan sendiri oleh Anda.

2. Dapat Memenangkan Kompetisi Bahkan Jika Peringkat Situs Web Anda Tidak Tinggi

Iklan PPC adalah pendorong penjualan terbaik, bahkan jika situs website Anda tidak memiliki peringkat lebih tinggi di hasil pencarian. Anda masih bisa mempromosikan perusahaan Anda melalui iklan PPC dan meraih keunggulan dari pesaing Anda. Iklan PPC juga dapat membantu situs website baru untuk mendapatkan lalu lintas potensial.

Itu mengapa iklan PPC sangat diminati oleh para pemilik bisnis baru maupun lama. Karena ini memungkinkan Anda bersaing untuk mendapatkan pelanggan baru dengan mereka perusahaan-perusahaan yang sudah ada sejak beberapa dekade.

3. Anda dapat dengan Mudah Menguji Berbagai Iklan

Manfaat lain dari iklan PPC, Anda bisa dengan mudah menguji iklan Anda. Setiap penyedia iklan PPC seperti Google, Bing, Facebook atau Instagram melacak statistik pada iklan Anda, sehingga Anda dapat memperbaiki strategi pemasaran iklan Anda.

Penyedia iklan PPC melacak statistik dasar yang sama seperti klik dan berapa banyak saldo Anda berkurang serta informasi khusus penyedia. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengganti strategi iklan Anda dan memperbaikinya untuk berjalan sebagaimana mestinya.

PPC memungkinkan Anda mendapatkan pengembalian yang berharga dari investasi Anda. Jika Anda salah strategi Anda dapat dengan mudah mengubahnya dengan hitungan menit.

4. Dapat Meningkatkan Pengakuan Merek

PPC adalah cara cepat mendapatkan pengunjung potensial ke situs website Anda, ini dapat membantu dalam meningkatkan pengakuan merek pada perusahaan Anda. Karena iklan PPC memungkinkan Anda sering muncul, sehingga akan ada banyak orang yang mengenali merek Anda. Ini cara yang cukup efektif untuk membangun reputasi perusahaan Anda secara online.

5. Anda dapat meluncurkan kampanye iklan PPC dalam waktu singkat

Anda bisa menggunakan iklan PPC kapanpun Anda inginkan, Anda dapat mengatur iklan PPC Anda selama Anda memiliki semua rincian yang telah Anda tata, misalnya saja teks iklan dan landing page. Anda juga memiliki kontrol penuh atas iklan Anda, Anda dapat menyesuaikan jam tayang sesuai dengan keinginan Anda.

Jenis Platform Iklan PPC Paling Populer

Anda telah mengetahui pengertian dari iklan PPC dan manfaat iklan PPC, kini saatnya Anda mengetahui jenis-jenis iklan PPC yang paling umum. Ada 3 jenis iklan PPC yang harus Anda ketahui, sehingga Anda dapat memutuskan menggunakan platform iklan PPC mana yang tepat untuk menjalankan iklan bisnis Anda.

1. Google Ads

Google Ads

Kami yakin Anda sudah tidak asing dengan Google Ads, dimana Google Ads menjadi iklan PPC yang paling populer dikalangan pemilik bisnis. Google Ads adalah layanan periklanan milik Google yang bekerja dengan sistem PPC. Google Ads atau iklan Google merupakan cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis Anda di mesin pencari, sehingga Anda dapat memperoleh pengunjung situs website lebih banyak.

Google adalah mesin pencari terbesar, dimana Google memiliki pengguna terbanyak di seluruh dunia. Jadi, tidak heran jika Google Ads menjadi pilihan para pemilik bisnis untuk mengiklankan situs website nya. Karena dengan Google Ads, Anda dapat menjangkau orang yang tepat di waktu yang tepat.

2. Social Media Ads (Facebook/Instagram)

Facebook Ads

Saat ini media sosial menjadi platform iklan yang semakin populer dan semakin diminati. Karena hampir semua pengguna internet memiliki akun media sosial, ini adalah peluang bagus untuk menjangkau mereka dan menargetkan mereka menjadi pelanggan Anda.

Media sosial yang paling sering digunakan untuk mengiklankan sebuah bisnis adalah Facebook Ads dan Instagram Ads. Facebook adalah media sosial yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, Anda dapat menargetkan pengguna Facebook yang tertarik dengan produk atau layanan Anda dengan membuat halaman khusus untuk bisnis Anda.

Instagram adalah media sosial berbagi foto dan video yang dapat Anda gunakan sebagai media promosi bisnis Anda. Anda dapat menggunakan Instagram Ads untuk membantu mempromosikan bisnis Anda dan mendapatkan lebih banyak penjualan.

3. Youtube Ads

Youtube Ads

Youtube merupakan situs web berbagi video, dimana pengguna Youtube dapat melihat atau menonton video secara gratis. Youtube juga bisa Anda gunakan sebagai platform iklan bisnis Anda, Anda bisa menggunakan Youtube Ads untuk iklan yang menjangkau pengguna Youtube.

Nah itulah jenis-jenis iklan PPC yang paling populer yang bisa Anda gunakan untuk iklan PPC Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan iklan PPC, jangan ragu untuk menghubungi kami.!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp