Mengenal Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page

Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah SEO. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui pengertian SEO on page dan SEO off page? SEO on-page dan SEO off*page memiliki definisi dan cara pengerjaan yang berbeda yang haru Anda ketahui. Kedua teknik SEO ini memiliki peran penting untuk meningkatkan peringkat dan lalu lintas pada website. Sehingga SEO onpage dan SEO off page tidak dapat dianggap sepele.

Bagi Anda yang baru terjun ke pemasaran digital, mungkin belum terlalu familiar dengan SEO on-page dan SEO off-page. Tapi tenang, jangan panik, karena di tulisan ini kami akan membahas apa itu SEO on page dan SEO off page. Di pemasaran mesin pencari SEO onpage dan SEO-off sangat penting dan wajib diterapkan pada website. Karena kedua teknik ini dapat mempengaruhi hasil lalu lintas situs website Anda.

Keberhasilan sebuah situs website bergantung pada penerapan teknik SEO on page dan SEO off page. Jika Anda menerapkan teknik SEO on-page dan SEO off-page dengan benar dan tepat, maka dapat menghasilkan hasil yang bagus untuk perkembangan website Anda. Situs website Anda bisa mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google yang pada akhirnya dapat mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs website Anda.

Jasa SEO yang baik adalah mereka yang menerapkan 3 jenis optimasi, yaitu SEO teknis, SEO on page dan SEO off page. SEO teknik sangat penting untuk situs website terindeks oleh meisn pencari, SEO on-page menjadikan situs website Anda lebih menarik dan disukai oleh mesin pencari, sedangkan SEO off-page menjadikan peringkat situs website semakin kuat dan mendatangkan lalu lintas dari sember lain.

Jadi, apa itu SEO on page dan SEO off page? Bagaimana mereka bekerja dalam meningkatkan peringkat dan lalu lintas? Mari, kita bahas sekarang, biasakan membaca hingga akhir supaya mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan bermanfaat!

Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page?

SEO On Page

SEO On Page adalah kegiatan atau tindakan pengoptimalan di berbagai bagian situs website dengan tujuan mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Pada intinya SEO onpage adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat situs website Anda memiliki peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Jadi, semakin banyak Anda melakukan SEO on-page pada situs website Anda, maka semakin banyak halaman web yang nantinya terindeks oleh mesin pencari dan di beri peringkat lebih tinggi. Sehingga dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas yang potensial dan dapat di konversi. SEO on page tidak hanya meningkatkan peringkat situs website Anda saja namun juga meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas situs web Anda.

Ada beberapa faktor atau aspek yang harus Anda optimalkan dengan SEO on page seperti:

1. Tag Judul

Setelah Anda memilih kata kunci yang relevan, Anda dapat memasukkan kata kunci tersebut di tag judul pada artikel yang akan Anda buat. Pastikan Anda membuat tag judul yang menarik dan dapat mendorong rasa penasaran audiens target Anda untuk membacanya. Dalam menerapkan tag judul ada beberapa praktik yang harus Anda perhatikan seperti berikut.

  1. Anda harus membuat tag judul yang pas, idealnya 50-60 karakter termasuk dengan spasi
  2. Letakan kata kunci lebih dekat dengan awal judul
  3. Anda dapat menyertakan merek Anda di akhir tag judul dengan memisahkan dengan tanda (|)

2. Judul

Judul adalah judul yang terdapat pada konten Anda, judul ditandai dengan kata-kata yang memiliki ukuran terbesar pada halaman web Anda (Format Heading 1). Anda dapat membuat judul menggunakan kata kunci yang Anda tergetkan, tapi pastikan bahwa itu secara akurat mencerminkan konten Anda. Namun penggunakan format H1 tidak diperbolehkan sebanyak mungkin, Anda juga perlu menggunakan H2, H3 dan H4.

3. Struktur URL

Struktur URL sangat berpengaruh dalam pemberian peringkat mesin pencari ke halaman web Anda. Maka dari itu Anda dapat memasukkan kata kunci ke dalam URL Anda. Apabila Anda ingin mengedit halaman konten Anda dengan tag judul yang berbeda, Anda tidak boleh untuk mengubah URL-nya terkecuali apabila Anda ingin mengarahkan URL lama ke URL yang baru. Apabila Anda ingin melakukan ini Anda dapat melakukan konsultasi dengan konsultan SEO yang dapat memberikan Anda panduan yang tepat.

4. Alt Teks untuk Gambar

Setiap Anda membangun halaman website, pastikan Anda menyertakan gambar yang di berikan teks alt yang disesuai kan dengan kata kunci atau judul konten Anda. Memberi gambar pada konten akan memberikan pemandangan yang menyegarkan, karena pembaca tidak hanya disajikan dengan banyaknya tulisan. Pemberian teks alt dengan kata kunci pada gambar dapat membantu gambar yang ada pada halaman web Anda mudah untuk terindeks. Gambar yang telah terindeks oleh mesin pencari akan ditampilkan di hasil pencarian gambar di mesin pencari.

5. Kecepatan Memuat Halaman

Idealnya kecepatan memuat halaman adalah kurang dari 3 detik, apabila kecepatan halaman Anda adalah 4 detik, maka sudah dikategorikan lambat. Mesin pencari seperti Google ingin membuat penggunaannya senang dan tidak beralih ke mesin pencari lainnya. Oleh karena itu Google akan menampilkan situs website yang memiliki kecepatan memuat lebih cepat di halaman satu hasil pencarian.

Jadi, pastikan Anda mengoptimalkan kecepatan memuat halaman Anda untuk membantu meningkatkan peringkat situs website Anda lebih tinggi di hasil pencarian. Untuk membantu Anda mengetahui kecepatan memuat halaman web Anda, Anda dapat memanfaatkan alat yang disediakan Google untuk mengukur kecepatan memuat Anda. Alat tersebut bernama PageSpeed ​​Insights yang dapat menganalisis kecepatan memuat situs website Anda di seluler dan desktop.

Dengan menggunakan alat ini Anda akan mendapatkan saran untuk mengoptimalkan kecepatan halaman web Anda. Selain itu juga Anda dapat mengetahui cara untuk memperbaiki halaman Anda dan menghilangkan apapun yang membuat halaman web Anda lambat memuat.

6. Pembuatan Konten Yang Unik dan Bermanfaat

Ketika Anda membuat konten seperti artikel, pastikan Anda membuatnya unik dan bermanfaat bagi orang lain. Anda dapat membuat konten dengan menggunakan kata kunci yang Anda targetkan, sehingga jika audiens target Anda mengetikan kata kunci tersebut, halaman konten Anda dapat muncul di hasil pencarian. Maka dari itu konten yang Anda buat harus mudah di pahami, mudah di baca dan mengerti oleh pembaca Anda.

Supaya konten Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi, Anda harus mengikuti pedoman dari Google. Google menyarankan konten yang di buat harus memiliki panjang minimal 1000 kata, konten harus unik artinya tidak menyalin konten milik orang lain dan memasukan kata kunci di dekat awal judul.

Konten pada halaman Anda harus bermanfaat bagi orang. Jika mereka mencari sesuatu yang terlalu spesifik untuk menemukan halaman Anda, mereka harus dapat menemukan apa yang mereka cari. Itu harus mudah dibaca dan memberikan nilai kepada pengguna akhir. Google memiliki berbagai cara untuk mengukur apakah konten Anda bermanfaat.

7. Menghubungkan Internal Link

Saat Anda membuat konten, pastikan Anda juga menghubungkan internal link ke halaman lain di situs website Anda. Ini akan sangat berguna ketika pengunjung Anda ingin mengunjungi halaman lain yang terkait dengan konten yang sedang mereka baca. Selain itu juga menghubungkan internal link dapat membuat pengunjung Anda berlama-lama di situs website Anda, sehingga rasio pentalan akan sedikit.

Melakukan teknik SEO on page pada situs website Anda berarti Anda telah berupaya membuat situs website Anda dapat di baca oleh pelanggan bahkan oleh calon pelanggan dan robot mesin pencari. Apabila Anda menerapkan teknik SEO on page yang tepat, maka akan memudahkan mesin pencari untuk mengindeks dan memberi peringkat. Jika Anda membuat konten dengan panjang minimal 1000 kata, Anda dapat memasukkan 2- 3 internal link yang terkait.

Apa itu SEO Off Page?

SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya atau tindakan yang dilakukan di luar situs website yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kredibilitas sosial dan otoritas industri situs website. SEO Off-page dilakukan seperti melalui pemasaran media sosial, pemasaran influencer atau melalui tautan dari situs website yang memiliki alexa yang bagus.

SEO off page juga penting bagi pertumbuhan situs website bisnis Anda, karena SEO off page mampu meningkatkan peringkat dan mendatangkan lalu lintas ke situs website Anda dengan membangun backlink yang berkualitas. Pastikan Anda membangun backlink yang berkualitas bukan hanya mengedepankan kuantitas.

Karena faktor SEO off page yang terpenting adalah kualitas bukan kuantitas backlink. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun tautan ke situs website Anda.

  1. Tautan balik ke situs web Anda
  2. Membagikan konten situs website Anda ke media sosial
  3. Blogging tamu

Nah itulah pengertian dari apa itu SEO on page dan SEO off page dan faktor-faktor yang perlu Anda optimalkan SEO pada situs website Anda. Apabila Anda membutuhkan jasa SEO on page atau seo off page yang telah berpengalaman, kami adalah pilihan terbaik. Jangan ragu untuk menghubungi kami hari ini, karena dengan menghubungi kami hari ini Anda bisa mendapatkan konsultasi gratis!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp