Ini Dia 4 Tipe Konsumen & Cara Terbaik Memikatnya

Tipe konsumen

Para pelaku bisnis wajib tahu 5 tipe konsumen dan cara terbaik meyakinkan mereka bahwa merek Anda yang terbaik. Selain merancang strategi pemasaran online yang tepat, Anda juga perlu mengetahui tipe-tipe konsumen dan cara memikatnya. Dengan mengetahui karakteristik konsumen, Anda bisa merancang strategi yang cocok untuk masing-masing tipe konsumen, sehingga Anda akan lebih mudah menjadikan mereka pelanggan setia. Selain itu mengetahui karakter konsumen dapat membantu bisnis Anda semakin laku di pasaran.

Nah di artikel ini, kami akan berbagi informasi dan tips tentang karakteristik konsumen dan bagaimana cara tepat untuk membuat mereka tertarik dengan merek Anda. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Tipe Konsumen Setia

Memiliki konsumen yang setia adalah harapan setiap bisnis, karena konsumen yang setia tidak akan pergi meskipun harga produk atau layanan dinaikkan. Konsumen setia akan tetap menggunakan layanan atau membeli produk Anda selama Anda memberikan service yang terbaik untuk mereka.

Jadi bagaimana cara memikat pelanggan setia? Caranya cukup mudah, buat mereka puas dengan layanan atau produk Anda. Anda juga harus menjaga kepercayaan mereka dan kunci paling utamanya adalah dengan menghargai mereka. Berikan mereka perhatian, misalnya saja dengan menanyakan apa yang perlu di perbaiki dari pelayanan perusahaan Anda untuk membuat mereka lebih puas.

Dengan begitu pelanggan setia Anda tidak akan berpaling ke pesaing Anda. Memberi perhatian kepada pelanggan dapat membuat mereka merasa bahwa Anda perduli terhadap mereka. Cara ini bisa Anda terapkan untuk membuat pelanggan Anda melakukan pembelian terus menerus.

2. Tipe Konsumen Yang Cerewet

Semua orang setuju bahwa tidak semua pelanggan setia dan loyal, tipe konsumen lainnya adalah mereka yang cerewet ketika membeli atau menggunakan produk maupun layanan Anda. Tentu saja Anda pernah menjumpai jenis atau tipe pelanggan yang cerewet, kebanyakan mereka akan senang Ngobrol sebelum mereka memutuskan pembelian.

Cara yang tepat untuk memikat pelanggan yang cerewet adalah dengan menjawab setiap pertanyaan mereka. Karena jika sekali saja Anda tidak menjawab pertanyaan yang mereka ajukan atau mengacuhkan mereka, maka ini dapat berdampak buruk. Jika mereka sudah merasa kecewa maka mereka tidak segan untuk mengatakan kepada orang lain bahwa pelayanan Anda buruk.

3. Tipe Konsumen Yang Tidak Sabaran

Tentu saja Anda juga memiliki konsumen yang tidak sabaran, mereka akan meminta pelayanan yang cepat dan tentu saja dengan hasil yang sempurna. Misalnya saja Anda menawarkan layanan, maka mereka akan meminta Anda untuk mengerjakannya dengan cepat dan dengan hasil yang maksimal.

Jika Anda menemui tipe konsumen ini, Anda bisa memberikan estimasi pengerjaan atau pengiriman produk yang lebih cepat. Pastikan juga itu tepat waktu, karena jika tidak sesuai estimasi maka mereka akan kecewa dan tidak akan memilih perusahaan Anda lagi untuk membeli produk atau layanan yang sama.

4. Tipe Konsumen Pemburu Harga Murah

Selanjutnya adalah tipe konsumen pemburu harga murah, dimana mereka akan membeli produk atau layanan yang menawarkan harga murah atau yang diskon. Kami yakin Anda sudah tidak kaget dengan tipe konsumen ini yang akan tertarik jika Anda memberikan harga murah atau harga diskon.

Untuk menarik minat mereka, Anda harus lebih kreatif dalam mempromosikan merek Anda. Cara terbaik adalah dengan memberikan mereka harga diskon atau potongan harga.

Nah itulah 4 tipe konsumen yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui ke 4 tipe konsumen ini Anda bisa membuat strategi pemasaran yang di sesuaikan dengan masing-masing konsumen Anda.

Baca juga artikel kami yang lain:

  1. 3 Langkah Moncer Menarik Pelanggan Melalui Pemasaran Media Sosial
  2. Strategi Pemasaran Produk dan Layanan UKM / UMKM Secara Online
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!