Mengetahui jenis konten media sosial yang menarik perhatian audiens target adalah keharusan untuk menciptakan pemasaran media sosial yang sukses. Mengelola akun media sosial bisnis tidak semudah yang di bayangkan, karena membutuhkan kerja keras dan konsistensi.
Jadi, bagi Anda yang ingin menjalankan pemasaran media sosial harus mengetahui apa saja konten media sosial yang mampu menarik perhatian audiens target Anda. Dengan mengetahui tipe-tipe konten media sosial yang efektif dapat membantu Anda menciptakan strategi pemasaran yang unik dan sukses.
Ketika sebuah merek menciptakan konten-konten yang unik pada media sosialnya, ini dapat membantu meningkatkan engagement seperti followers yang bertambah, like, komentar dan panggilan. Tentu saja ini dapat memberi dampak pada peningkatan konversi bisnis Anda. Maka dari itu Anda membutuhkan strategi konten media sosial yang tepat untuk mewujudkannya.
Namun, sebelum Anda menciptakan strategi konten media sosial yang tepat, Anda harus tahu dulu tipe-tipe konten media sosial yang dapat menarik perhatian audiens target. Karena dengan mengetahui tipe konten media sosial yang efektif dapat memudahkan Anda dalam merencanakan strategi yang unik.
Tipe Konten Media Sosial Yang Dapat Menarik Perhatian Audiens

Mempromosikan produk atau layanan di media sosial sudah menjadi hal umum yang dilakukan oleh pemilik bisnis. Selain meningkatkan kesadaran merek mempromosikan bisnis di media sosial dapat membantu meningkatkan penjualan. Jadi tidak heran jika menampilkan konten yang unik di media sosial menjadi keharusan yang wajib dilakukan oleh setiap bisnis.
Untuk melakukan promosi di media sosial, Anda wajib tahu beberapa konten media sosial yang dapat meningkatkan engagement seperti berikut:
1. Konten Informatif yang Dikemas Dalam Infografis
Tipe konten yang menarik perhatian audiens target yang pertama adalah konten yang informatif namun dikemas dengan gambar infografis. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan minat ingin tahu dari audiens target Anda tentang informasi yang ingin Anda sampaikan. Kebanyakan orang lebih suka terhadap informasi yang di kemas dengan jelas dan ringkas, sehingga mereka akan cepat memahami setelah mereka melihat gambar infografis Anda.
Setelah mereka melihat konten infografis Anda, mereka dapat menyerap dari apa yang Anda sampaikan kepada mereka. Sehingga mereka akan melakukan tindakan yang dapat meningkatkan engagement pada bisnis Anda. Lagi pula konten infografis dapat didistribusikan di berbagai platform media sosial sehingga akan lebih mudah dalam menyampaikan pesan Anda kepada audiens target Anda.
Jadi pastikan Anda membuat konten infografis yang menarik dan unik di media sosial Anda seperti Instagram, Facebook, Twitter Pinterest dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan bantuan seorang profesional untuk membuat konten infografis yang unik dan menarik, Anda bisa menghubungi jasa desain konten media sosial untuk memulai.
2. Konten Edukatif
Cara efektif untuk meningkatkan engagement adalah dengan membuat konten yang mengedukasi terhadap suatu hal, bisa tentang layanan dan produk Anda atau tentang hal yang sedang viral saat ini. Dengan memberikan konten yang mengedukasi di media sosial Anda dapat membuat orang-orang menyukai postingan Anda.
Anda bisa membuat konten media sosial yang mengeduaksi misalnya saja tentang tips atau tutorial yang bermanfaat bagi audiens target Anda. Anda bisa membuatnya dengan gambar yang di desain unik untuk tips dan video untuk tutorial. Dengan menyertakan gambar dan video akan lebih menarik bagi audiens target yang pada akhirnya mereka dapat mendapatkan manfaat dari konten media sosial Anda.
3. Livestreaming Untuk Review Produk Atau Layanan
Anda bisa memanfaatkan fitur livestreaming yang di sediakan oleh beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram dan juga Twitter. Anda bisa melakukan livestreaming untuk mereview produk atau layanan Anda untuk menarik minat dari audiens Anda.
Dengan memanfaatkan livestreaming yang bisa di lakukan di media sosial dapat menghemat biaya, karena Anda bisa melakukannya sendiri hanya cukup menjelaskan tentang produk atau layanan Anda kepada audiens. Dengan livestreaming Anda tidak perlu melakukan editing karena prosesnya secara langsung, jadi pastikan Anda melakukannya dengan benar dan tepat.
4. Menampilkan Testimoni dari Pelanggan
Untuk membangun kepercayaan calon pelanggan terhadap merek Anda, maka Anda bisa melakukannya dengan menampilkan testimoni dari pelanggan di akun media sosial Anda. Menampilkan testimoni kepuasan dari pelanggan atau bukti pembayaran dapat meningkatkan rasa percaya mereka terhadap perusahaan Anda.
Menampilkan testimoni dari pelanggan di media sosial bisa berupa gambar atau video. Semakin banyak testimoni yang Anda tampilkan kepada audiens target, semakin tinggi pula rasa percaya mereka terhadap perusahaan Anda. Selain itu, testimoni juga menandakan bahwa perusahaan Anda memiliki reputasi baik di mata pelanggan dan calon pelanggan.
5. Konten Khusus Untuk Hari-Hari Besar
Anda bisa membuat konten khusus untuk hari-hari besar misalnya saja dengan gambar atau video untuk memperingati atau menghormati hari tersebut. Atau Anda bisa memberikan diskon khusus pada hari itu, karena hampir semua orang suka dengan diskon atau potongan harga begitu pun dengan audiens target Anda. Cara ini cukup efektif untuk mendatangkan pelanggan baru karena tergiur dengan diskon atau potongan harga.
Nah itu dia ke 5 tipe konten media sosial yang dapat menarik minat dan perhatian audiens target. Jika Anda menerapkannya dengan baik dan tepat, tidak menutup kemungkinan pemasaran media sosial Anda akan sukses. Jika Anda membutuhkan bantuan jasa content marketing untuk media sosial atau mesin pencari, jangan ragu untuk menghubungi tim kami!