Apa Itu Search Engine Marketing (SEM) & Mengapa Penting Untuk Bisnis?

Search Engine Marketing

Selain SEO Anda juga bisa melakukan Search Engine Marketing (SEM) yang juga merupakan salah satu cara untuk menampilkan situs website Anda di halaman satu mesin pencari. Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO) memiliki tujuan yang sama, yaitu menampilkan situs website Anda di posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari. Namun tentu saja keduanya memiliki perbedaan yang harus Anda pahami, terus membaca untuk mengetahuinya!

Mungkin selama ini Anda sudah sangat akrab dengan istilah SEO, dimana SEO merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang banyak digunakan oleh pengusaha online di seluruh dunia. Namun ada salah satu strategi pemasaran digital yang tidak kalah populer dengan SEO, iya yaitu SEM (Search Engine Marketing).

Search Engine Marketing juga cukup populer dikalangan pengusaha online. Banyak pengusaha online yang menjalankan strategi Search Engine Marketing yang di barengi SEO untuk menghasilkan pengunjung berkualitas. Jadi, jika Search Engine Marketing (SEM) berbeda dengan SEO, lalu apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)?

Apa itu Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau SEM merupakan praktik pemasaran yang mencangkup semua alat, teknik dan strategi untuk menampilkan situs website Anda di halaman satu mesin pencari dengan iklan berbayar. SEM merupakan sebuah cara mengoptimalkan visibilitas situs web dan halaman web di mesin pencari seperti Google, Yahoo maupun Bing dengan menggunakan iklan berbayar untuk membuat situs web Anda muncul di halaman 1 hasil pencarian.

Ketika Anda melakukan Search Engine Marketing (SEM) untuk mempromosikan bisnis Anda. Maka Anda perlu menawar pada kata kunci tertentu untuk menampilkan iklan Anda di hasil pencarian untuk kata kunci tersebut. Iklan PPC seperti Google Ads termasuk ke dalam Search Engine Marketing (SEM), dimana upaya yang dilakukan untuk menampilkan situs website di mesin pencari menggunakan iklan berbayar per klik.

Keuntungan terbesar dari Search Engine Marketing (SEM) adalah memberikan kesempatan kepada Anda untuk menampilkan iklan Anda kepada audiens target Anda yang siap membeli pada waktu yang tepat ketika mereka siap untuk melakukan pembelian produk atau layanan Anda. Bisa dibilang tidak ada media periklanan yang bisa melakukan ini selain Search Engine Marketing. Itu mengapa Search Engine Marketing merupakan cara yang sangat efektif dan ampuh untuk meningkatkan bisnis Anda.

SEM (Search Engine Marketing) merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kehadiran merek Anda di mesin pencari yang bertujuan untuk menarik lebih banyak lalu lintas berkualitas ke situs website Anda. Jika Anda ingin melipatgandakan visibilitas merek Anda untuk mencapai hasil pemasaran yang lebih cepat, Anda dapat berinvestasi pada Search Engine Marketing.

Apa Bedanya SEM VS SEO?

Perbedaan SEO dan SEM

Meskipun sama-sama memiliki tujuan yang sama, yaitu menampilkan situs website di halaman satu mesin pencari untuk menghasilkan lalu lintas. Namun SEM dan SEO itu berbeda.

Pada umumnya Search Engine Marketing atau SEM merupakan strategi pemasaran pencarian berbayar. Dimana pemilik bisnis harus membayar kepada mesin pencari seperti Google untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian. Jenis pemasaran mesin pencari berbayar yang paling populer adalah Google Ads, dimana Google Ads berada dibawah naungan mesin pencari terbesar didunia yaitu Google.

Sedangkan Search Engine Optimization atau SEO berbeda dengan SEM karena Anda tidak perlu membayar kepada Google untuk setiap lalu lintas dan klik yang Anda dapatkan. Dengan SEO Anda bisa mendapatkan klik dan lalu lintas dengan gratis asalkan Anda mampu menampilkan konten yang paling relevan untuk pencarian kata kunci tertentu.

Perlu di ingat bahwa keduanya sama-sama penting dalam pemasaran digital Anda. Baik SEO dan SEM wajib menjadi bagian paling penting dari strategi pemasaran digital Anda. SEO merupakan metode ampuh untuk terus mengarahkan lalu lintas organik ke situs website Anda, sementara iklan mesin pencari seperti Google Ads untuk mendorong konversi yang lebih cepat.

Nilai Plus dari SEM (Search Engine Marketing) untuk Bisnis Anda

Setiap strategi pemasaran memiliki tujuan masing-masing yang dapat memberi keuntungan bagi yang menjalankannya. Begitu pun dengan Search Engine Marketing, yang memberi manfaat seperti berikut:

1. Menghasilkan Traffic yang Sangat Berkualitas

Dengan melakukan Pemasaran Mesin Pencar seperti Google Ads dapat membantu Anda menghasilkan traffic berkualitas dalam waktu yang relatif cepat. Search Engine Marketing atau Pemasaran Mesin Pencari dapat mempercepat bisnis Anda mendapatkan pelanggan. SEM bekerja dengan menampilkan iklan Anda ketika audiens target Anda mencari menggunakan kata kunci tertentu yang terkait dengan industri Anda.

2. Menciptakan Visibilitas

Meskipun iklan Anda tidak di klik oleh audiens target, namun jika merek Anda muncul di posisi teratas mesin pencari seperti Google dapat membuat merek Anda lebih dikenal.

3. Menghasilkan Konversi Lebih Cepat

Tujuan utama dari SEO dan SEM sama, yaitu bertujuan untuk menghasilkan konversi. Namun dengan Google Ads, Anda bisa lebih cepat meningkat konversi bisnis Anda. Biasanya untuk melakukan ini Anda perlu mengoptimalkan landing page dengan menempatkan audiens target ke jalur menuju konversi.

4. Mendapatkan Hasil Yang lebih Maksimal Dari Anggaran yang Anda Persiapkan

Yang lebih menguntungkan dari Search Engine Marketing adalah ini merupakan solusi yang sangat cocok untuk meningkatkan bisnis dari semua ukuran. Mau itu perusahaan besar maupun UKM bisa melakukan pemasaran mesin pencari seperti Google Ads. Iklan Google atau Google Ads merupakan investasi minimum yang cukup terjangkau.

Jika merek Anda sudah mulai berkembang, maka Anda dapat meningkatkan investasi dan kompleksitas kampanye untuk terus berkembang. Selain itu Google Ads adalah periklanan yang membayar per klik, jadi Anda bisa memastikan anggaran Anda digunakan dengan semaksimal mungkin.

5. Mendapatkan Hasil Yang Terukur

Melakukan pemasaran mesin pencari seperti Google Ads akan membuat Anda mengetahui apa yang terjadi di setiap saat. Anda bisa mendapatkan hasil terukur dengan melihat metrik kampanye Anda. Jika cara yang Anda lakukan kurang maksimal Anda bisa langsung memperbaikinya untuk menghasilkan kampanye yang lebih maksimal.

Kesimpulan

Search Engine Marketing (SEM) memiliki pengaruh besar dalam bisnis untuk mencapai tujuan dengan cara yang lebih cepat dan terukur. Jika Anda menerapkan Search Engine Marketing (SEM) yang dibarengi dengan SEO akan sangat meningkatkan perkembangan bisnis Anda di masa kini dan masa mendatang. Untuk melakukannya, idealnya Anda perlu menggunakan seorang profesional yang memiliki pengelaman dalam memposisikan merek Anda di mesin pencari.

Jika Anda berencana melakukan pemasaran mesin pencari seperti Google Ads dan dibarengi dengan SEO. Silahkan hubungi kami, karena kami adalah Jasa Konsultan Digital Branding yang sudah berpengalaman dalam memposisikan merek di mesin pencari seperti Google.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp