Apa itu Iklan Google? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Google AdWords

Google adalah mesin pencari yang memiliki  pengguna terbanyak di dunia, dengan menawarkan banyak keunggulan google mampu menarik hati para penggunanya. Tahukah Anda bahwa google juga menawarkan produk Periklanan untuk sarana pemasaran? Google menawarkan produk Periklanan baru yaitu Google AdWords dimana Google AdWords hingga saat ini masih menjadi pemasukan utama google dibagian Periklanan.

Apa Itu Google AdWords ?

Google AdWords adalah produk Periklanan yang ditawarkan oleh google yang dapat digunakan sebagai metode pemasaran produk atau layanan di mesin pencari google. Google AdWords atau Iklan Google merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan google untuk sarana beriklan yang biasa di kenal sebagai Search Engine Marketing.

Strategi Google AdWords merupakan sistem Periklanan google dimana pengiklan menargetkan kata kunci (keyword) tertentu supaya iklan yang dapat di klik muncul di posisi teratas di hasil pencarian google. misalnya saja Anda menargetkan kata kunci “Cuci Sofa” pada Iklan Google setelah di setting untuk penayangan nantinya iklan akan muncul saat orang mencari informasi dengan memasukkan kata kunci tersebut di hasil pencarian google. Dibawah ini adalah contoh gambar dari iklan google kami, dimana dengan menggunakan kata kunci “Cuci Sofa” menjadikan sebuah situs web menempati peringkat tertinggi di hasil pencarian google.

Tidak seperti platform PPC lain Google AdWords menawarkan kepada pengiklan dengan dua cara dasar dalam menjangkau konsumen yaitu melalui jaringan google dan melalui jaringan display google. Disini secara fungsional memang sangat berbeda keduanya menggunakan sistem penawaran PPC  dimana pengiklan akan melakukan upaya agar iklannya di tampilkan kepada audiens yang relevan atau tertarget. Google memungkinkan pengiklan menampilkan iklan kepada pengguna mesin pencari yang secara aktif atau pengguna mesin pencari yang membutuhkan dengan produk atau layanan yang terhubung dengan kata kunci yang dipilih tadi. Iklan Google memungkinkan Anda untuk menempatkan hasil pencarian situs web Anda berada pada halaman mesin pencari google dengan membayar kepada google. Dengan strategi Google AdWords Anda tidak perlu menunggu situs Anda bekerja secara organik dalam menaikkan peringkat. Karena dengan menggunakan Google AdWords atau pencarian berbayar, Anda dapat melihat langsung hasilnya dan tidaklah terlalu sulit untuk diterapkan untuk iklan bisnis Anda atau semahal yang Anda kira.

Prinsip Dasar Iklan Google              

Pada dasarnya Anda memilih beberapa kata kunci yang paling sering digunakan oleh pencari di google, lalu Anda mulai dengan menyusun strategi Iklan Google dengan membuat iklan yang akan muncul di hasil pencarian google berdasarkan kata kunci yang sudah Anda tentukan.  Walaupun Anda menggunakan strategi ini tentu saja Anda bukanlah Perusahaan satu-satunya yang ingin iklan Anda di tayangkan kepada audiens dengan menggunakan kata kunci pilihan. Karena disini pesaing Anda pun dapat membuat tawaran dengan kata kunci yang sama. Jika Anda semakin banyak membayar per klik maka semakin besar pula kemungkinan iklan Anda akan muncul di hasil pencarian google. Ini sebabnya Iklan Google sering disebut sebagai PPC (Pay Per Click).

Apakah Iklan Google berfungsi Dan Berapa biaya Iklan Google?

Jika Anda bertanya apakah Iklan Google berfungsi? Maka jawabnya adalah bergantung pada daya saing dengan kata kunci Anda dan relevansi kata kunci yang Anda pilih dengan konversi nyata untuk bisnis Anda. Kami telah menemukan bahwa Iklan Google (Google AdWords) sangatlah efektif untuk metode pemasaran berbagai jenis bisnis selama itu tidak membuang-buang uang untuk pemilihan kata kunci yang salah atau untuk pencarian kata kunci yang lemah dan rendah.

Setelah terjawabnya pertanyaan Anda diatas kini Anda pastinya akan bertanya, Berapa Biaya Iklan Google? disini sangat banyak faktor yang dapat mempengaruhi besarannya biaya Iklan Google (Google AdWords) pada bisnis Anda. Anda bisa mempelajari biaya Iklan Google, cara kerjanya dan biaya rata-rata per klik untuk biaya yang ingin Anda tau dalam menggunakan metode Iklan Google  untuk bisnis Anda, berikut ini panduan untuk pengiklan di tempat Kami  Berapa Biaya Iklan Google ?

Haruskah Saya Mencoba Google AdWords?

Memang banyak pilihan platform PPC yang bisa dipilih dalam strategi pemasaran bisnis Anda. banyaknya platform  PPC yang bisa di pilih dalam metode pemasaran seperti platform Iklan Facebook, iklan twitter, instagram dan lain sebagainya. Memang faktanya Google AdWords bukanlah platform satu-satunya iklan mesin pencari masih banyak PPC yang bisa di jadikan pilihan misalnya saja iklan bing maupun iklan pencarian yahoo. Terlepas dari persaingan iklan itu, Google AdWords masih menjadi pilihan terbaik dan menjadi pilihan utama untuk menjangkau audiens tertaget dalam bisnis Anda. Karena Google adalah mesin pencari yang memiliki banyak pengguna dibanding dengan mesin pencari lainnya.

Platform PPC lainnya adalah seperti iklan Facebook, iklan instagram tentunya juga dapat bekerja dengan baik. Karena platform PPC tersebut bisa menjangkau konsumen yang mencari produk, merek dan konten dari bisnis Anda. menggunakan platform PPC media sosial adalah peluang yang luar biasa dan sangat menguntungkan yang tidak bisa Anda remehkan. Karena ini bisa memberi Anda kecerdasan dalam mengambil penjualan yang mudah sebelum pesaing Anda melakukannya.

Bagaimana Cara Kerja Iklan Google?

Berikut ini cara kerja iklan google secara ringkasnya:

  1. Pengiklan membuat kampanye iklan, grup iklan, dan iklan individual
  2. Pengiklan menetapkan opsi penargetannya, seperti kata kunci, lokasi, dan lainnya.
  3. Pengiklan mengajukan penawaran – atau seberapa besar mereka bersedia membayar seseorang untuk mengklik iklan tersebut
  4. Iklan Google menilai iklan pengiklan dan memberikannya Skor Kualitas.
  5. Lelang iklan diluncurkan saat dipicu, seperti oleh pencarian yang menampilkan kata kunci yang ditargetkan.
  6. Google menggunakan tawaran dan Skor Kualitas dari iklan yang memenuhi syarat untuk menentukan pemenang.

Pada dasarnya, posisi sebenarnya dari iklan Anda ditentukan oleh peringkat iklan Anda. Anda membayar Google Ads setiap iklan Anda di klik, dimana harga yang Anda bayarkan untuk setiap klik disebut dengan Biaya Per Klik (BPK). Disini BPK Anda akan ditentukan oleh peringkat iklan dari iklan tertinggi berikutnya di bawah Anda dibagi dengan skor kualitas Anda. aturan ini memiliki pengecualian apabila ketika Anda adalah satu-satunya penawar terendah dalam pelanggan Iklan Google maka disitu Anda membayar tawaran maksimum per klik. Perlu diingat bahwa penawaran AdWords sangat menghukum pengiklan yang mengajukan penawaran dengan skor kualitas rendah. Sebaliknya untuk yang memiliki Skor Kualitas tinggi mendapatkan peringkat iklan yang lebih tinggi dan BPK yang lebih rendah.

Anda juga bisa memilih jumlah tawaran maksimum apabila Anda memilih opsi otomatis google memilih jumlah tawaran untuk Anda sesuai dengan anggara Anda yang secara teoris memberi Anda klik sebanyak mungkin dalam anggaran itu. Anda juga bisa memilih opsi lain yaitu CPM atau yang biasa disebut dengan biaya per tayang, di sinilah Anda membayar google untuk 1.000 kali iklan Anda muncul di SERP, pengguna tidak perlu mengeklik. Anda bisa menentukan kedua metode tersebut untuk iklan google bisnis anda.

Seperti anda tau bahwa iklan google dapat meningkatkan peringkat dan konversi bisnis. Pastinya anda tidak ingin tertinggal oleh pesaing anda yang mungkin selangkah lebih cepat dari anda. Maka dari itu kami Jasa Google AdWords Profesional siap membantu anda untuk meningkatkan peringkat dan konversi bisnis anda dengan layanan profesional dan harga yang bersahabat. Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan harga spesial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp