8 Kesalahan Internet Marketing yang Sering Dilakukan oleh Pemula

Internet Marketing

Peralihan traditional marketing ke internet marketing dapat dirasakan di saat pandemi seperti saat ini. Mungkin Anda juga merasakan bahwa pandemi virus corona ini merubah segalanya. Mulai dari segi cara belajar bagi anak sekolah, kerja dari rumah bahkan pembelian dan penjualan melalui internet.

Perubahan inilah yang memaksa para pelaku bisnis untuk bertransformasi ke pemasaran yang lebih mudah menjangkau orang-orang yang tepat sasaran tanpa harus melakukan kerumunan. Di pandemi ini, internet marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat membantu pelaku bisnis di seluruh dunia. Jadi tidak heran jika sekarang ini banyak orang yang mulai mempelajari internet marketing.

Selain sebagai tempat baru untuk mempromosikan bisnis Anda, internet marketing juga dapat membantu menjangkau pasar lebih luas. Anda bisa menjangkau orang-orang tertarget di seluruh wilayah Indonesia bahkan luar negeri. Internet marketing juga dapat membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan, jadi Anda perlu mempelajari internet marketing dengan tepat.

Nah bagi Anda yang saat ini ingin mempelajari digital marketing, sangat penting untuk menghindari beberapa hal ini. Karena jika Anda salah dalam merencanakan strategi digital marketing, bukan keuntungan yang akan Anda dapatkan, melainkan kerugian waktu dan uang Anda.

Kesalahan Digital / Internet Marketing Yang Harus Pemula Hindari

Sebenarnya tidak hanya bagi pemula saja yang harus menghindari kesalahan ini, karena semua orang juga bisa lupa meskipun mereka sudah ahli. Jadi, supaya Anda tidak melakukan kesalahan dalam melakukan pemasaran internet, pastikan menghindari berbagai hal seperti berikut:

1. Tidak Memiliki Tujuan Yang Jelas

Dalam menjalankan pemasaran digital harus memiliki tujuan yang jelas. Apakah Anda ingin mendatangkan lebih banyak penjualan, meningkatkan brand awareness, atau meningkatkan penjualan. Setelah Anda mengetahui tujuan Anda, maka tahap selanjutnya adalah menentukan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan Anda.

Tahukah Anda bahwa digital marketing mencangkup banyak platform? Ada platform media sosial, mesin pencari, aplikasi dan banyak lagi. Untuk mencapai tujuan bisnis Anda, maka Anda perlu memilih platform mana yang dapat membantu mencapai tujuan Anda.

Misalnya saja jika Anda ingin mendatangkan lebih banyak lalu lalu lintas berkualitas ke situs web Anda, maka Anda bisa memilih strategi pemasaran digital seperti SEO maupun Google Ads. SEO dan Google Ads adalah salah satu strategi digital marketing yang sangat efektif mendatangkan pengunjung berkualitas dengan tujuan meningkatkan penjualan.

2. Salah Target Market & Audiens Target

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemula dalam menjalankan pemasaran online adalah tidak menargetkan market dan audiens yang tepat sasaran. Padahal target pasar dan audiens target adalah elemen paling penting dalam digital marketing. Karena jika Anda salah menargetkan pasar atau audiens maka semua strategi pemasaran Anda akan sia-sia.

Anda perlu menentukan target pasar Anda dengan menentukan umur, karakter dan sifat konsumen Anda berdasarkan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Keuntungan menargetkan pasar yang tepat yaitu memudahkan Anda menentukan strategi mana yang cocok untuk promosi merek Anda dan juga menghemat waktu Anda.

Yang tidak boleh Anda lupakan adalah audiens target Anda, menargetkan audiens target sangat penting karena berpengaruh terhadap jumlah penjualan Anda. Penjualan sangat bergantung pada audiens yang Anda targetkan, apabila Anda salah target maka siapa yang akan membeli produk atau layanan Anda? Jadi sangat penting untuk menentukan target pasar dan audiens yang tepat.

3. Mengabaikan Desain Website

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam pemasaran internet oleh pemula yaitu mengabaikan kualitas websitenya. Padahal untuk menarik lebih banyak pelanggan adalah dengan menyajikan situs web profesional dengan desain menarik.

Saat Anda memulai ke pemasaran internet, Anda perlu membuat situs web yang dirancang untuk mendatangkan pengunjung dan membuatnya mengkonversi. Ini artinya Anda perlu memperhatikan pengalaman pengguna dengan membuat website yang ramah SEO, responsive dan mobile Friendly.

Bayangkan saja jika situs web Anda tidak mengikuti perkembangan zaman, dimana sekarang ini untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dan pengunjung lebih banyak adalah dengan membuat website Anda responsive terhadap berbagai perangkat.

Saat ini mesin pencari seperti Google lebih mengutamakan situs web yang responsive dan mobile friendly ketika mereka menyajikan hasil pencarian. Jadi salah satu cara mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google adalah dengan membuat website Anda responsive dan mobile friendly.

4. Mengabaikan SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang dapat membantu mendatangkan pelanggan berkualitas ke situs web Anda. Jika Anda mengabaikan SEO dalam pemasaran digital Anda, ini adalah tindakan yang salah.

Kesalahan Internet Marketing

Mungkin bagi pemula akan berfikir bahwa SEO mahal, padahal pada kenyataannya SEO merupakan teknik pemasaran yang sangat murah karena dapat dilakukan secara gratis. Asalkan Anda memahami teknik dalam penerapannya maka Anda dapat melakukannya secara gratis. Namun jika Anda sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari SEO, Anda bisa menggunakan jasa SEO.

Teknik SEO mencangkup banyak aspek, seperti riset kata kunci, pembuatan konten, backlink, dan teknis website. Dimana SEO membantu meningkatkan visibilitas website Anda untuk mendapatkan peringkat pertama yang pada akhirnya menarik lebih banyak lalu lintas organik.

SEO juga dikenal sebagai teknik pemasaran yang dapat membantu meningkatkan penjualan, karena dapat mendatangkan orang yang tepat sasaran. Yaitu orang-orang yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan dan memungkinkan mereka melakukan konversi di situs web Anda.

5. Tidak Mengoptimalkan Pencarian Lokal

Tahukah Anda bahwa saat ini banyak orang yang mencari tempat, produk atau layanan yang mereka butuhkan di dekat mereka? Saat mereka ingin membeli produk atau layanan yang dibutuhkan secara online maka mereka akan mengetikan kata kunci di Google dengan menyertakan kata “terdekat” atau menambahkan nama kota. Ini artinya pencarian lokal sangat diminati karena kebanyakan orang akan memilih tempat yang dekat dengan mereka.

Tidak mengoptimalkan pencarian lokal adalah kesalahan besar saat pemula melakukan digital marketing. Karena jika Anda mengoptimalkan pencarian lokal, Anda dapat menarik orang-orang di area Anda sebagai pelanggan. Digital marketing memang dapat menjangkau pasar lebih luas, namun menargetkan konsumen terdekat juga merupakan ide yang bagus.

6. Tidak Berfokus Pada Konten Berkualitas

Bagi pemula harus tahu bahwa “Content is king” dimana konten menjadi elemen penting dalam kesuksesan pemasaran digital Anda. Digital marketing tanpa konten bagaikan perahu tanpa nakhoda, dimana perahu tersebut tidak dapat mencapai tujuannya.

Begitupun dengan digital marketing, jika Anda tidak berfokus pada konten berkualitas maka bisnis online Anda akan sulit mencapai tujuan. Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pemula yaitu tidak fokus pada konten yang berkualitas, padahal konten berkualitas sangat membantu dalam mendatangkan pelanggan berkualitas.

Saat Anda ingin membuat konten untuk website Anda, pastikan Anda memperhatikan kata kunci yang Anda gunakan. Gunakan lah kata kunci yang relevan lalu tempatkan di tempat strategis seperti di judul, heading, meta deskripsi dan teks alt pada gambar.

Anda juga harus memfokuskan perhatian Anda pada kualitas konten dengan membuatnya lebih informatif, mudah dibaca dan memberi manfaat bagi audiens Anda. Jika Anda memiliki konten yang memberi dampak baik pada audiens target maka dapat menarik lebih banyak prospek yang mengkonversi.

7. Mengabaikan Media Sosial

Mengabaikan media sosial merupakan kesalahan internet marketing yang sering dilakukan oleh pemula. Tahukah Anda bahwa media sosial adalah salah satu platform digital marketing yang juga bisa menyumbang banyak penjualan? Jika Anda mengabaikan media sosial dalam pemasaran internet Anda, maka Anda bisa kehilangan banyak kesempatan mendapatkan penjualan.

Manfaat melibatkan media sosial yaitu membantu meningkatkan pengenalan merek kepada pengguna sosial media, menarik lalu lintas ke situs web, dan membantu meningkatkan penjualan. Jadi dengan melibatkan sosial media dalam pemasaran digital, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat sekaligus.

Media sosial yang saat ini banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis adalah Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan Linkedin. Anda bisa memanfaatkan beberapa platform media sosial ini untuk mempromosikan bisnis dan menarik lebih banyak pelanggan.

8. Tidak Melibatkan Alat Analytics

Yang terakhir adalah tidak memantau apa yang telah Anda lakukan dalam pemasaran online Anda. Ini adalah kesalahan yang fatal karena Analytics sangat berperan penting dalam meningkatkan strategi pemasaran Anda. Apabila Anda tidak memantau hasil kampanye pemasaran Anda, lalu bagaimana Anda bisa mengetahui strategi mana yang efektif untuk bisnis Anda?

Tapi jika Anda selalu memanfaatkan alat Analytics seperti Google Analytics, ini akan sangat bermanfaat bagi jangka panjang strategi pemasaran Anda. Anda dapat mengetahui hal-hal yang dapat membantu meningkatkan pemasaran Anda. Misalnya saja halaman mana yang menghasilkan lebih banyak pengunjung, umur pengunjung, perangkat apa yang mereka gunakan dan banyak lagi.

Kesimpulan

Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif meningkatkan penjualan, selain dapat menjangkau pasar lebih luas, digital marketing juga dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan berkualitas. Namun untuk mencapai kesuksesan, Anda wajib menghindari kesalahan-kesalahan yang kami jelaskan diatas.

Jika Anda membutuhkan jasa konsultan internet marketing untuk membantu pemasaran internet Anda, langsung saja hubungi kami. Kami siap membantu meningkatkan pemasaran digital Anda.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp