Sudah tahu belum perbedaan SEO lokal dan internasional? Meskipun sama-sama strategi optimasi mesin pencari, rupanya ada bagian yang sangat berbeda dari keduanya.
Tidak hanya bahasa, melainkan persaingan hingga target pengunjung yang ingin dituju juga tentunya berbeda. Namun, secara umum sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa SEO internasional jelas lebih sulit untuk dilakukan karena levelnya sudah global bukan di Indonesia saja.
Sebagai pemilik usaha, penting bagi Anda untuk menentukan strategi promosi yang tepat jika ingin mencoba SEO untuk mendongkrak branding atau meningkatkan potensi visitor yang potensial.
Nah, supaya tidak salah pilih paket layanannya, mari kita lihat perbedaan dari SEO target nasional dan internasional sedikit lebih jauh.
Bedanya SEO Target Nasional dan Internasional, Pebisnis Wajib Paham
Sesuai dengan namanya, SEO target nasional berarti optimasinya hanya untuk wilayah Indonesia saja. Sementara itu, SEO target internasional sistem optimasinya menyeluruh ke semua negara.

Seperti yang kita ketahui, SEO sangat mengandalkan kata kunci jadi bagian inilah yang nantinya berpengaruh besar untuk menentukan di wilayah mesin pencarian mana website Anda akan muncul. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah.
1. Penggunaan Kata Kunci
Perbedaan pertama ada di kata kunci (keyword) yang digunakan. SEO dengan target lokal atau nasional tentu hanya menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, kata kuncinya juga dipilih menyesuaikan dengan tujuannya bisa berupa penjualan atau informatif untuk menambah kenaikan pengunjung.
Kata kunci yang sifatnya penjualan contohnya seperti “Distributor, agen, (nama produk)” atau “Jasa, spesialis, penyedia (nama layanan).”
Contoh kata kunci target lokal:
- Jasa pembangunan rumah di Jakarta
- Distributor mesin pabrik
Sementara itu, untuk kata kunci berupa tips dan informasi biasanya awalannya kata-kata: Cara, tips, langkah-langkah, dan sebagainya.
Bagaimana dengan target internasional? Tentu ada yang berubah. Kata kunci untuk target luar negeri biasanya menggunakan bahasa Inggris.
Alasan mengapa menggunakan bahasa ini karena memang populer dan sudah menjadi standar bahasa internasional yang banyak dipakai orang-orang di seluruh dunia.
Penerapannya universal alias menyeluruh sehingga lebih memudahkan. Misal jika kita ingin membidik konsumen orang Italia, Prancis, dan Jerman kita bisa pakai bahasa Inggris saja untuk optimasi SEO-nya.
Beberapa kata kunci penjualan berbahasa inggris diawali dengan kata “(nama layanan) diikuti kata specialist, experts, professionals, dan sebagainya.
Contoh kata kunci target internasional:
- Swimming pool contractors
- Plumbing experts
Adapun untuk kata kunci penjualannya juga beragam, ada yang berawalan how to, steps-by-step, guide, dan sebagainya.
2. Tingkat Persaingan dengan Kompetitor
Kedua, adalah soal tingkat persaingannya. SEO dengan target nasional secara sederhana tentu lebih memungkinkan dan mudah. Meskipun sebaiknya jangan terlalu menyepelekan strategi optimasi mesin pencari, karena semudah apapun kata kuncinya dunia SEO itu penuh dengan kejutan dan algoritma yang terus berubah.
Di sisi lain SEO target internasional jelas lebih kompleks persaingannya, terutama jika layanan atau produk sudah banyak pesaingnya juga.
Inilah kenapa SEO dengan target luar negeri pasti lebih sulit dan membutuhkan strategi penerapan optimasi yang kompleks.
3. Target Pengunjung
SEO lokal atau nasional tentu targetnya pengunjung dari Indonesia saja. Jika Anda menggunakan Google Search Console atau Google Analytics maka akan perhitungan pengunjung dan asal wilayah akan muncul dan dapat terlihat dengan mudah.
Sementara itu, SEO target internasional tentu bertujuan untuk menjaring visitor luar negeri dari berbagai negara di dunia. Cukup sulit jika kita pilih secara spesifik negara mana saja yang menjadi target utamanya karena konsep dasarnya ada di penggunaan kata kunci.
Ada lebih dari 160 negara yang menggunakan bahasa ini sebagai komunikasi dan penyampaian informasi. Tidak mengherankan jika cakupannya luas sekali.
Baca juga: 4 Cara Mempromosikan Website Supaya Banyak Pengunjung
4. Konten
Konten menjadi salah satu bagian terpenting dalam optimasi mesin pencari. Bagian ini merujuk pada isi website mulai dari tampilan di copywriting homepage hingga artikel blog. Perbedaan antara SEO nasional dan internasional lagi-lagi ada di bahasa konten di dalam web-nya.
Untuk optimasi mesin pencari target lokal tentu cukup pakai bahasa Indonesia saja, sementara itu untuk strategi promosi internasional tentu kita membutuhkan bahasa inggris di setiap bagian konten tersebut.
Perlu usaha yang lebih keras untuk melengkapi website berbahasa inggris dengan konten dan copywriting yang tepat. Inilah kenapa terkadang harga paket SEO target mancanegara lebih mahal dari target lokal dalam negeri.
5. Teknik Promosi di Media Sosial dan Guest Post
Perbedaan yang terakhir ada di bagian SEO off page-nya. Untuk menggunakan teknik SEO target nasional rencana promosi bisa menyasar ke grup-grup di media sosial yang anggotanya orang-orang Indonesia.
Selain itu, saat melakukan guest post atau mencoba menitipkan blog di situs website lain juga merujuk ada web asal Indonesia atau portal berita lokal.
Baca juga: Ini Dia Perbedaan Teknik SEO On Page dan Off Page
Untuk SEO target luar negeri tentu forum dan grupnya juga harus kita sesuaikan lagi. Salah satu caranya yaitu dengan mencari grup media sosial berisikan anggota yang berasal dari mancanegara.
Kemudian, untuk guest post juga perlu merujuk ke website berita atau blog luar negeri dengan kredibilitas yang bagus untuk mendorong optimasi situsnya.
Demikian penjelasan mengenai perbedaan SEO target nasional dan internasional, semoga bermanfaat.
Tertarik untuk mempromosikan produk atau jasa Anda ke mancanegara atau lokal di Indonesia saja? Studio Web menyediakan jasa SEO target luar negeri dan lokal dengan kata kunci dan konten dan teknik optimasi yang disesuaikan. Untuk mendapatkan info lebih lanjut silahkan hubungi kami agar bisa menemukan strategi pemasaran dengan SEO yang pas untuk kebutuhan bisnis.