Bagi seorang yang baru mengenal pemasaran online, mungkin akan bertanya mengapa Google dapat membantu mendatangkan penjualan. Dalam pemasaran digital, Google merupakan platform mesin pencari yang memiliki miliar pengguna di seluruh dunia. Google dikenal sebagai mesin pencari yang selalu berusaha menampilkan hasil pencarian yang paling relevan untuk setiap pencarian bahkan untuk pencarian produk maupun layanan.
Syarat utama yang harus di penuhi oleh Anda untuk meningkatkan penjualan melalui Google adalah dengan memiliki situs website. Situs website adalah aset digital yang wajib dimiliki oleh setiap bisnis, organisasi, instansi dan bahkan individual. Jika website di tujukan untuk bisnis, maka website merupakan alat penjual yang bekerja sepanjang hari. Apabila website di tujukan untuk organisasi maupun instansi, maka website merupakan sumber informasi terkait dengan organisasi atau instansi tersebut.
Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, maka Anda harus memiliki website sebagai alat penjual secara online. Karena dengan website, konsumen Anda dapat dengan mudah menemukan produk atau layanan di Google selama Anda mengoptimasinya. Website yang tampil di halaman depan Google untuk kata kunci yang memiliki volume pencarian terkait industri Anda memiliki peluang lebih besar mendapatkan pelanggan.
Itu mengapa setiap bisnis berlomba-lomba menampilkan website mereka di halaman satu Google. Jika Anda ingin bisnis Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial melalui internet, maka Anda wajib menampilkan website Anda di halaman depan Google menggunakan kata kunci yang terkait dengan pencarian industri Anda. Nah kini Anda sudah mengetahui alasan mengapa Google dapat mendatangkan penjualan, sekarang saatnya Anda mengetahui strategi apa yang dapat mendatangkan pelanggan ke situs web Anda.
Anda Wajib Tahu Strategi Mendatangkan Pelanggan Melalui Google
Untuk menampilkan merek Anda di halaman satu Google, tidak hanya dengan memiliki website saja, melainkan website Anda harus di optimalkan untuk Google dan pengguna. Karena ada ribuan website dari pesaing Anda yang bersaing untuk mendapatkan peringkat di halaman satu Google. Dan jika Anda ingin website Anda berada di halaman satu Google, maka Anda harus mengoptimalkannya untuk Google.
Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menampilkan website Anda di halaman satu Google yaitu dengan teknik SEO dan Iklan Google. Apa itu SEO dan apa itu Iklan Google? Mari baca penjelasannya di bawah ini.
1. Search Engine Optimization (SEO)
Strategi meningkatkan penjualan melalui Google yang pertama adalah dengan Search Engine Optimization atau orang lebih sering menyebutnya dengan istilah SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah proses meningkatkan peringkat situs website di halaman satu Google untuk menghasilkan lalu lintas berkualitas.
SEO merupakan strategi pemasaran online yang wajib di jalankan oleh setiap bisnis, karena dengan SEO merek bisnis Anda akan di tampilkan di halaman satu Google untuk jangka waktu yang lebih lama. Asal terus di optimasi dengan baik dan berpedoman pada algoritma Google terbaru maka peringkat Anda akan kuat.
Ketika Anda melakukan SEO pada situs web, Anda perlu menerapkan 4 jenis SEO untuk mendapatkan hasil peringkat yang di harapkan. Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan penyedia jasa SEO untuk membantu. Penyedia SEO melakukan strategi SEO terbaik untuk menghasilkan peringkat yang lebih tinggi dan lalu lintas yang lebih banyak.
2. Google Ads
Cara kedua yang bisa Anda tempuh untuk meningkatkan penjualan melalui Google adalah dengan Google Ads. Google Ads yang dulu di kenal sebagai Google Adwords merupakan cara menampilkan website secara instan, dimana website dapat di tampilkan di halaman satu Google dalam waktu lebih cepat. Berkat Google Ads dalam hitungan jam website Anda bisa tampil di halaman satu Google untuk kata kunci yang ditargetkan.
Google Ads bertujuan untuk menghasilkan lalu lintas berkualitas lebih cepat. Proses yang cepat ini lah yang menjadikan Google Ads sebagai pilihan para pemilik bisnis untuk menampilkan merek mereka di halaman satu Google. Google Ads menggunakan sistem Pay Per Click (PPC) untuk setiap iklan yang di klik oleh audiens.
Baca Juga: Apa itu Google Ads? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Kesimpulan
SEO dan Google Ads sama-sama strategi yang bertujuan menampilkan website di halaman satu Google. Namun bedanya, jika SEO membutuhkan proses panjang untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Google Ads hanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk menampilkan website di halaman satu Google. Tapi, SEO itu gratis sedangkan Google Ads berbayar.
Kedua strategi ini dapat di jalankan bersamaan untuk menghasilkan hasil yang lebih maksimal. Karena keduanya memiliki kelebihannya masing-masing yang dapat memberi keuntungan untuk bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan layanan SEO dan Google Ads, jangan ragu menghubungi kami. Mari diskusikan dengan kami kebutuhan pemasaran online Anda sekarang!