Apa Saja Jenis Pemasaran Online & Manfaatnya Untuk Bisnis?

Jenis Pemasaran Online

Anda wajib tahu jenis pemasaran online atau internet marketing yang efektif meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Di era digital ini, pemasaran online sudah menjadi hal umum dalam bisnis, hampir semua pemilik bisnis melakukan strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan.

Bagi pemula mungkin menjalankan pemasaran online atau pemasaran internet sedikit membingungkan karena terdapat banyak pilihan media atau jenis pemasaran online di dunia ini. Meskipun terdapat banyak jenis pemasaran online, namun Anda tidak harus menjalankan semuanya, Anda bisa menggunakan beberapa jenis pemasaran online untuk membantu meningkatkan prospek dan penjualan Anda.

Untuk membuat Anda lebih mudah menentukan jenis pemasaran internet mana yang akan Anda jalankan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis pemasaran online / internet marketing seperti berikut:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau lebih akrab di sebut SEO adalah jenis pemasaran online yang bekerja untuk menampilkan situs web / halaman web / blog di halaman satu mesin pencari. Tujuan dari SEO adalah untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung website berkualitas yang berpeluang mengkonversi.

Meskipun Anda telah memiliki situs website yang dirancang dengan teknologi terkini, bukan berarti website Anda dapat menghasilkan prospek tanpa upaya lain. Salah satu cara efektif mendatangkan prospek dan konversi yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengoptimasi website Anda dengan SEO.

SEO adalah satu-satunya strategi pemasaran online yang di lakukan melalui mesin pencari secara gratis. Anda tidak perlu membayar kepada pihak lain seperti mesin pencari untuk menampilkan website Anda di halaman depan hasil pencarian mesin pencari. Namun untuk menampilkan website Anda di halaman satu hasil pencarian mesin pencari, Anda perlu melakukannya dengan kerja keras.

Anda perlu memahami tentang strategi SEO dan selalu mengikuti perkembangan SEO terbaru, karena SEO adalah strategi pemasaran online yang akan terus berubah sepanjang waktu. Alasan inilah yang membuat kebanyakan pemilik bisnis lebih memilih menggunakan SEO service Indonesia untuk membantu mereka melakukannya.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Hampir sama seperti SEO, Search Engine Marketing atau SEM adalah pemasaran online melalui mesin pencari dengan tujuan mendatangkan prospek dan konversi lebih banyak. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, namun cara kerjanya sangat berbeda dan memiliki kelebihannya masing-masing.

Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran online melalui mesin pencari dengan cara berbayar. Untuk menampilkan situs web Anda di halaman satu hasil pencarian, Anda perlu melakukan iklan berbayar seperti Google Ads. Dengan Google Ads, situs web Anda ditampilkan di halaman satu Google kepada orang-orang yang tepat di waktu yang tepat.

SEM juga menjadikan situs web Anda cepat tampil di halaman satu mesin pencari tanpa harus menunggu waktu yang lebih lama. Dengan SEM, website Anda bisa tampil di hasil pencarian dalam waktu 1 hari. Namun perlu Anda ingat bahwa SEM hanya akan menampilkan website Anda jika Anda membayar kepada pihak mesin pencari.

Pada umumnya SEM menggunakan sistem PPC (Pay Per Click), dimana iklan Anda ditampilkan di halaman satu mesin pencari untuk menghasilkan pengunjung berkualitas. Jika iklan Anda mendapatkan klik maka secara otomatis anggaran iklan Anda berkurang.

3. Social Media Marketing

Jenis pemasaran online yang berikutnya adalah social media marketing. Kini media sosial tidak hanya tempat menemukan teman, namun bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis. Melakukan social media marketing sudah menjadi sangat umum di dunia bisnis dan Anda juga perlu melakukannya.

Anda dapat menjalankan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Beberapa platform media sosial ini memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, jadi akan sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda disana. Dengan menjalankan pemasaran media sosial yang benar dapat menjangkau lebih banyak orang setiap harinya.

Social media marketing atau pemasaran media sosial memiliki dua opsi, yaitu pemasaran media sosial secara manual dan secara berbayar. Cara pemasaran media sosial secara manual atau gratis dapat Anda lakukan dengan memposting konten-konten bermanfaat dan unik untuk menarik perhatian audiens. Sedangkan cara pemasaran media sosial berbayar, Anda dapat melakukannya dengan mengiklankan produk atau layanan Anda melalui Facebook Ads atau Instagram Ads.

Menjalankan pemasaran media sosial berarti Anda harus meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian Anda pada strategi yang akan di terapkan. Namun jika Anda terlalu sibuk dan tidak sempat melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan kepada jasa social media marketing. Dengan bantuan seorang profesional dapat membantu Anda menjalankan pemasaran media sosial yang sukses.

4. Email Marketing

Email marketing juga termasuk kedalam jenis pemasaran online yang saat ini populer di kalangan pebisnis online. Jenis pemasaran online ini memanfaatkan media email untuk mempromosikan atau menyampaikan pesan tentang produk atau layanan kepada audiens target.

Pemasaran email tidak hanya di gunakan untuk menarik perhatian pelanggan lama untuk melakukan pembelian lagi, namun juga dapat digunakan untuk menarik minat pelanggan baru. Biasanya email marketing dilakukan untuk menyampaikan pesan kepada pelanggan lama dan baru tentang produk baru maupun potongan harga.

Manfaat dari email marketing sendiri dapat membangun koneksi antara Anda dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda. Jika Anda melakukannya dengan baik, kemungkinan besarnya Anda dapat mengikat calon pelanggan Anda menjadi pelanggan setia Anda.

5. Content Marketing

Konten adalah raja, dimana konten merupakan ujung tombak dari pemasaran online dalam mendatangkan prospek. Bayangkan saja jika situs website Anda tidak memiliki konten atau akun media sosial Anda tidak pernah update konten, bagaimana calon pelanggan Anda tertarik dengan produk atau layanan Anda?

Content marketing sangat penting bagi bisnis apapun, Anda dapat menarik perhatian audiens target Anda dengan konten yang dikemas dengan menarik, unik dan memiliki nilai manfaat. Konten dapat berupa gambar, teks, video dan lain sebagainya yang di buat dengan tujuan untuk menyampaikan pesan tentang produk maupun layanan.

Kesimpulan

Menjalankan pemasaran online sangat penting bagi bisnis, karena dengan pemasaran online akan memudahkan Anda mendapatkan konversi dengan cepat. Menjalankan beberapa jenis pemasaran online seperti yang telah di jelaskan di atas adalah ide yang bagus. Misalnya saja Anda dapat menggabungkan strategi SEO dengan pemasaran konten, SEO dengan SEM atau SEO dengan pemasaran media sosial dan lain sebagainya.

Semua keputusan ada di tangan Anda, jika Anda ingin menghasilkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menjalankan beberapa jenis pemasaran online dalam waktu yang bersamaan. Dan apabila Anda membutuhkan bantuan dari perusahaan pemasaran online berpengalaman, jangan ragu untuk menghubungi kami!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp