8 Bagian Penting Google My Business Yang Perlu Anda Ketahui

Bagian Peting Dari Google My Business

Google My Business merupakan salah satu alat gratis dari Google yang dapat di manfaatkan bagi pelaku bisnis online untuk mengelola bisnis mereka supaya muncul di pencarian Google dan Google Maps.

Dengan Google bisnisku, Anda dapat menampilkan bisnis Anda untuk pencarian lokal sehingga konsumen dapat menemukan informasi perusahaan Anda.

Ketika perusahaan Anda hadir secara online dan tepat di hadapan audiens target, tentu saja akan memberi keuntungan bagi bisnis Anda. Dan pastinya merek Anda akan lebih mudah di kenal oleh konsumen Anda.

Selain itu, Anda dapat menyajikan informasi lengkap berupa kontak, alamat, gambar produk / layanan dan juga Maps. Dengan begitu bisnis Anda akan lebih di percaya oleh calon pelanggan Anda.

Yang lebih istimewa dari Google My Business ialah Anda tidak perlu membayar pihak Google karena ini gratis! Cukup dengan mendaftarkan bisnis Anda lalu mengoptimalkannya supaya menghasilkan banyak pengunjung.

Nah supaya Google My Business dapat memberikan hasil yang maksimal, Anda perlu mengetahui bagian terpenting dari Google bisnisku. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Bagian Peting Dari Google My Business

Salah satu cara menghasilkan keuntungan dari GMB (Google My Business) adalah dengan mengoptimalkannya. Tapi sebelum Anda mengoptimalkannya alangkah lebih baik jika Anda memfokuskan bagian penting ini:

1. Cantumkan Nama Jelas

Tentu saja Anda harus mencantumkan nama bisnis Anda dengan sejelas-jelasnya, karena sebelum orang melakukan pembelian tentu saja mereka akan melihat nama bisnis Anda.

Saat mendaftarkan bisnis Anda di Google bisnisku itu artinya Anda harus mencantumkan nama yang akurat dengan bisnis Anda. Yaitu sesuai dengan nama yang yang tercetak di kartu nama, situs web, papan nama dan bahkan sesuai dengan nama yang Anda di daftarkan di badan hukum.

2. Alamat Jelas

Bukankah Anda juga membutuhkan alamat jelas ketika Anda ingin membeli produk melalui pencarian lokal? Nah begitupun dengan konsumen Anda, mereka juga memerlukan alamat jelas perusahaan Anda, sehingga ketika mereka ingin berkunjung ke kantor / toko Anda akan lebih mudah.

Alamat menjadi salah satu elemen atau bagian terpenting dalam menjalankan pemasaran lokal yang berarti sangat penting dalam mengoptimalkan Google bisnisku.

Jadi, pastikan bahwa Anda mencantumkan alamat yang akurat sesuai dengan tempat bisnis Anda sehingga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.

3. Nomer Telepon

Nomer telepon adalah bagian yang tidak boleh Anda lupakan dalam mencantumkan bisnis Anda pada Google My Business. Karena hal yang pertama di lakukan konsumen ketika mereka akan membeli adalah dengan menghubungi Anda.

Coba bayangkan saja jika bisnis tidak mencantumkan nomer telepon pada media promosi? Lalu bagaimana konsumen dapat menghubungi Anda? Itu mengapa Anda harus mencantumkan nomer telepon pada Google My Business.

4. Kategori Bisnis Yang Tepat

Salah satu bagian terpenting dari Google bisnisku SEO ialah memilih kategori bisnis yang tepat. Anda wajib menggunakan kategori yang tepat dengan bisnis Anda karena ini berpengaruh pada hasil pencarian.

Kategori yang tepat memiliki bobot paling besar dalam algoritma dan akan menentukan fitur apa yang dapat diakses oleh bisnis Anda, jadi pastikan pilihlah dengan tepat.

Menurut para pakar SEO, kategori Google My Business utama merupakan faktor peringkat paket lokal nomer 1. Kategori utama Anda yang akan terlihat di cantuman bisnis Anda, sedangkan subkategori akan menginformasikan apakan cantuman Anda muncul untuk query lokal atau tidak. Jadi tidak hanya kategori utama saja yang penting melainkan juga subkategori pun sangat penting.

Memilih kategori mungkin terkesan mudah, tetapi dengan begitu banyaknya pilihan akan memungkinkan Anda kesulitan dalam memilih yang tepat. Untuk memudahkan Anda, kami sarankan untuk memeriksa kategori dari pesaing Anda.

5. Deskripsi Bisnis Yang Jelas

Google memberi Anda opsi untuk menambahkan deskripsi 750 karakter di bagian “Deskripsi Bisnis” di listingan Anda. Disini Anda bisa memberi tahu kepada pelanggan potensial apa yang membuat bisnis Anda lebih baik dari pada pesaing.

Perlu Anda ketahui bahwa Google hanya akan menampilkan deskripsi 244 karakter pertama dan akan memotong sisanya. Jadi pastikan bahwa Anda memuat informasi terpenting di bisnis Anda.

Deskripsi bisnis merupakan tempat yang sangat tepat untuk menunjukkan kepribadian merek Anda, jadi Anda harus mempertimbangkan deskripsi yang dapat menarik bagi audiens target. Dan jangan lupakan dengan identitas merek Anda serta pertimbangkan bagaimana bisnis Anda bisa menonjol dari pesaing Anda.

6. Unggah Foto yang Menakjubkan

Tahukah Anda bahwa konten visual 2 kali lipat lebih efektif untuk menarik minat beli konsumen? Karena orang-orang ingin melihat apa yang akan merek beli sebelum membuat keputusan pembelian.

Nah untuk menarik minat pembeli, tentu saja Anda harus menampilkan foto berkualitas tinggi untuk menunjukan kepada mereka apa yang dapat mereka harapkan dari bisnis Anda, membuat bisnis Anda lebih menari serta meningkatkan kredibilitas merek Anda secara keseluruhan.

Tidak hanya itu karena foto yang Anda unggah dapat membantu mendorong lebih banyak konversi. Jadi pastikan bahwa menampilkan foto-foto yang berkualitas tinggi.

7. Hasilkan Reviews dan Pastikan Anda Menanggapinya

Tahukah Anda bahwa semakin banyak reviews akan semakin meningkatkan peringkat pencarian lokal Anda? Ini kutipan langsung dari Google. Jadi penting bagi Anda untuk menjalankannya jika ingin peringkat lokal Anda meningkat.

Reviews merupakan faktor peringkat yang cukup berpengaruh terhadap minat beli konsumen, ini tentunya reviews yang positif dari pelanggan Anda sebelumnya.

Supaya konsumen semakin percaya terhadap bisnis, sangat penting bahwa Anda harus menampilkan reviews positif dan pastikan Anda menanggapinya.

8. Gunakan Google Posts untuk Meningkatkan Konversi dan Memamerkan Bisnis Anda

Setiap bisnis kecuali hotel dapat menggunakan Google postingan untuk memberitahu konsumen tentang acara, diskon bahkan obral. Ya meskipun ini tidak berpengaruh terhadap peringkat, namun setidaknya memberikan dampak positif terhadap bisnis Anda.

Anda tetap harus menggunakan Google Post, karena pada dasarnya ini merupakan iklan gratis yang mana profil yang menarik dan sering diperbarui akan selalu lebih baik dari milik pesaing Anda.

Anggap saja Google Post sebagai pembaruan media sosial dalam profil Google Bisnisku milik Anda. Ini tidak akan sia-sia karena jika di lakukan dengan baik dapat memberikan manfaat untuk bisnis Anda.

Kesimpulan

Sebagai pemilik bisnis lokal, tentu saja Anda ingin mendapatkan pelanggan dari sekitar Anda, dan salah satunya adalah dengan Google My Business.

Anda harus memahami pentingnya peringkat di tiga posisi teratas paket peta lokal. Apabila Anda mengoptimalkan Google My Business Anda dengan tepat, maka peringkat tersebut dapat Anda raih.

Apabila semuanya tampak sulit dan memakan waktu jika di tangani sendiri, Anda bisa meminta bantuan ahlinya. Anda bisa menggunakan jasa optimasi Google bisnisku dari Studio Web.

Tim kami tidak hanya menangani tugas pengoptimalan, namun kami bekerja untuk mendapatkan peringkat daftar Anda dalam paket lokal dan di depan pengguna yang mencari layanan / produk Anda.

Hubungi kami untuk bicara!

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!