7 Cara Jitu Optimasi Konten Supaya Lebih SEO Friendly

Cara mengoptimalkan SEO untuk konten

Berbicara konten website tentunya tidak lepas dari SEO, dimana SEO merupakan cara optimasi konten yang efektif mendatangkan lebih banyak lalu lintas organik. Membuat konten berkualitas adalah upaya yang harus Anda lakukan, namun mengoptimasi konten adalah cara terbaik mendatangkan banyak pengunjung berkualitas.

Karena selain membuat konten berkualitas, hal yang wajib Anda lakukan adalah mengoptimasinya supaya mendapatkan peringkat lebih tinggi yang pada akhirnya menghasilkan lebih banyak pengunjung potensial. Mengoptimasi konten juga dapat mempertahankan peringkat yang secara otomatis mempertahankan traffic.

Ada istilah “Content Is King” atau “Konten Adalah Raja” dimana konten menjadi elemen penting dalam pemasaran internet. Jenis konten sendiri ada banyak mulai dari konten teks, gambar, video, infografis, eBooks, testimonial, sosial media dan banyak lagi.

Tujuan pembuatan konten berkualitas adalah untuk menarik perhatian audiens target untuk menarik mereka menjadi pelanggan yang membeli. Karena menurut penelitian konten berkualitas dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis.

Jadi tidak heran jika para pelaku bisnis memanfaatkan konten sebagai alat promosi bisnis mereka. Karena dengan menyajikan konten-konten menarik, berkualitas dan informatif sangat efektif untuk mensukseskan pemasaran. Tapi seperti yang telah dijelaskan bahwa untuk mempertahankan peringkat di mesin pencari, maka Anda wajib melakukan optimasi pada konten website Anda.

Baca juga: Mengenal Konten Website dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Namun tahukah Anda bahwa konten website harus dibuat SEO friendly? Konten yang SEO friendly akan lebih mudah mendapatkan peringkat lebih tinggi dibandingkan dengan konten yang biasa. Mesin pencari seperti Google menyukai konten yang mudah di pahami dan relevan bagi pengguna, sehingga Google akan memberikan pada konten tersebut.

Mengoptimalkan SEO Pada Konten Website Anda Dengan 7 Langkah Sederhana

Ada banyak cara meningkatkan pelanggan secara online, bisa dengan pemasaran sosial media, pemasaran website dan pemasaran email. Jika Anda memilih pemasaran website berarti Anda harus membuat konten website yang SEO Friendly. Konten yang SEO friendly memungkinkan mesin pencari memberi peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian.

Cara mengoptimasi konten website

Apabila konten Anda tampil di halaman satu hasil pencari mesin pencari maka peluang mendapatkan lebih banyak lalu lintas terbuka lebar. Ini juga membuka peluang dalam meningkatkan penjualan Anda. Nah berikut beberapa cara mengoptimalkan SEO pada konten website.

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Konten Anda

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan Anda, apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, mendatangkan pengunjung berkualitas atau meningkatkan konversi. Semua itu harus Anda tentukan sesuai dengan tujuan Anda sehingga Anda lebih mudah dalam membuat konten.

Dengan menentukan tujuan pembuatan konten, Anda akan lebih fokus mencapai tujuan Anda dan strategi apa yang perlu Anda terapkan. Ini juga memudahkan Anda dalam membuat konten, baik konten teks maupun konten video. Setelah Anda menentukan tujuan yang harus Anda capai, maka Anda bisa dengan mudah memilih kata kunci yang relevan sesuai tujuan Anda.

2. Analisis Semua Data Website Anda

Saat Anda mendapatkan sedikit data mungkin Anda akan kesulitan menentukan strategi apa yang akan Anda terapkan. Namun jika Anda mendapatkan banyak data, Anda bisa menentukan pola yang efektif. Dalam dunia digital marketing sangat penting untuk mengumpulkan banyak data. Tujuannya, yaitu untuk memudahkan dalam membuat strategi yang lebih efektif untuk mencapai tujuan bisnis.

Nah untuk mengoptimalkan SEO pada konten, Anda bisa memanfaatkan beberapa alat yang dirancang khusus untuk menganalisis kinerja situs web Anda. Alat yang biasa digunakan oleh pemilik website ialah Google Search Console dan Google Analitycs. Kedua alat ini cukup efektif untuk menganalisis kinerja website, mulai dari posisi peringkat, jumlah lalu lintas, demografis pengunjung dan banyak lagi.

Dengan memperhatikan data-data yang Anda dapatkan dari kedua alat ini, Anda bisa menentukan strategi apa yang akan Anda lakukan berikutnya. Melihat data sangat penting karena dapat membantu meningkatkan strategi pemasaran di masa mendatang. Anda bisa membuat halaman konten yang lebih baik untuk menarik lebih banyak pengunjung dan membuat mereka mengkonversi.

3. Melakukan Riset Kata Kunci Secara Menyeluruh

Kata kunci adalah elemen penting dalam pembuatan konten, karena konten yang baik adalah konten yang mengandung kata kunci relevan. Nah salah satu cara mendatangkan pengunjung berkualitas adalah dengan menggunakan kata kunci relevan terkait industri Anda.

Bayangkan saja jika Anda menggunakan kata kunci tanpa melakukan riset kata kunci? Mungkin peringkat Anda akan di atas, tapi apakah kata kunci tersebut digunakan oleh audiens target Anda? Jika tidak, maka konten Anda tidak akan mendatangkan orang-orang yang membutuhkan produk atau layanan Anda.

Ini artinya, konten yang Anda buat akan sia-sia karena tidak menghasilkan pengunjung berkualitas meskipun konten berada di peringkat atas. Jadi supaya konten yang Anda buat menghasilkan lalu lintas berkualitas, maka Anda harus melibatkan kata kunci relevan.

Untuk mendapatkan kata kunci relevan ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan alat khusus seperti Ubersuggest dan Google Keyword Planner. Kedua alat penelitian kata kunci ini dapat membantu Anda dalam menemukan kata kunci relevan sesuai dengan industri Anda.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat yaitu sesuai dengan industri dan volume pencarian yang besar, maka dapat membantu mendatangkan pengunjung yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Sehingga konten-konten yang Anda buat dapat bermanfaat dan menarik lebih banyak prospek berkualitas.

4. Buat Konten Panjang Yang Informatif

Setelah Anda menemukan kata kunci relevan, berikutnya adalah membuat konten panjang yang informatif. Menurut penelitian, saat ini konten panjang menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Namun perlu di ketahui bahwa tidak sekedar panjang namun lebih tepatnya informatif.

Konten yang dibuat panjang dan informatif lebih disukai oleh pembaca, karena mereka bisa memperoleh informasi yang mereka butuhkan secara lengkap. Dan jika semua konten Anda dibuat panjang dan informatif, maka waktu kunjungan pengguna lebih lama yang pada akhirnya memberi sinyal kepada Google bahwa konten Anda relevan.

Jika dulu konten 300 kata masih bisa mendapatkan peringkat tinggi, namun SEO kini telah berubah. Konten panjang yang informatif lebih baik dari konten yang hanya 300 kata. Pembuatan konten panjang mulai dari 1000 kata hingga 2000 bahkan 3000 kata tergantung dengan topik yang akan Anda buat untuk konten Anda.

Sebelum Anda membuat konten panjang dengan kata kunci yang telah Anda riset, ada baiknya Anda menganalisis konten lain yang berada di halaman pertama Google. Jika konten pesaing Anda dibuat dengan 1000 kata maka Anda juga harus membuatnya panjang.

Memang artikel panjang bukan patokan, namun ini akan mengirim sinyal pada Google bahwa konten Anda berisi informasi lebih lengkap. Apabila banyak orang menghabiskan waktu lebih lama di halaman konten Anda dan membaca hingga selesai kemungkinan besar halaman konten Anda diberi peringkat lebih tinggi.

5. Optimalkan Untuk SEO Onpage dan Offpage

Cara mengoptimalkan SEO pada konten website adalah dengan menerapkan SEO onpag dan off page. Karena kedua teknik ini sangat efektif untuk membuat konten Anda lebih SEO friendly. SEO onpage memberitahu Anda cara mengoptimalkan website ketika Anda membuat postingan tertentu.

Dengan melibatkan SEO onpage pada saat membuat postingan, Anda akan diarahkan untuk membuat judul, heading, URL, meta deskripsi, teks alt gambar, internal / eksternal link secara relevan. Jika Anda melakukannya dengan tepat maka akan memudahkan mesin pencari merayapi dan mengindeks postingan baru Anda ini.

Selain itu, SEO offpage juga sangat penting dan perlu Anda libatkan untuk mengoptimalkan SEO pada konten Anda. SEO onpage adalah pengoptimalan website dari luar misalnya saja blogging tamu, berbagai ke sosial media, pemasaran influencer dan lain sebagainya. Asalkan diterapkan dengan benar, teknik SEO off page dapat mendorong peringkat lebih tinggi pada postingan Anda.

6. Optimalkan Kecepatan Halaman

Mungkin semua orang lebih suka dengan situs web yang cepat, karena mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk membaca hasil pencarian mereka. Selain itu, website dengan kecepatan maksimal lebih disukai oleh mesin pencari seperti Google.

Mesin pencari raksasa ini, menyukai situs web yang cepat karena Google selalu ingin memberikan pengalaman yang luar biasa kepada penggunanya. Google juga memiliki banyak pesaing, dan Google tidak ingin penggunanya berpaling hanya karena memberikan hasil pencarian tidak seperti yang diharapkan oleh pengguna.

Jadi, untuk mempertahankan pengguna, Google selalu berupaya memberikan hasil pencarian relevan. Yaitu dengan faktor-faktor seperti konten yang relevan, kecepatan memuat dan ramah seluler. Jika halaman web Anda cepat dan informatif maka kemungkinan besarnya diberi peringkat lebih tinggi oleh Google.

Jadi membuat halaman lebih cepat adalah keputusan tepat jika Anda ingin mengoptimalkan konten Anda. Cara mengoptimalkan kecepatan pada halaman konten adalah dengan membuat gambar dengan ukuran yang kecil atau menggunakan plugin tertentu untuk mendorong kecepatan yang lebih maksimal. Ini dapat membantu mempercepat memuat halaman web Anda.

7. Optimalkan Mobile Friendly

Sekarang ini banyak pengguna internet yang menggunakan perangkat seluler untuk menjelajahi internet untuk menemukan berbagai informasi yang mereka butuhkan. Smartphone merupakan alat yang saat ini hampir semua orang punya. Selain mudah dibawa kemana-mana, smartphone juga memudahkan semua orang terhubung dengan internet.

Banyak orang yang mengakses website dari perangkat seluler mereka, jadi tidak heran jika website harus mobile friendly. Bayangkan saja jika website Anda tidak ramah seluler dan pengguna seluler mengakses website Anda dan mereka menemukan tulisan dan gambar yang berantakan? Mungkin hal pertama yang mereka lakukan adalah meninggalkan situs web Anda.

Nah supaya pengguna tidak langsung meninggalkan situs web Anda, pastikan Anda menjadikan website Anda ramah seluler. Selain memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pengguna, website yang ramah seluler juga lebih disukai oleh mesin pencari, sehingga berpeluang diberi peringkat lebih tinggi.

Kesimpulan

Jika Anda mengoptimalkan SEO dengan cara yang tepat memungkinkan konten Anda lebih SEO friendly dan pada akhirnya mendapatkan peringkat lebih tinggi. Anda bisa menerapkan beberapa cara mengoptimalkan SEO di atas untuk konten Anda.

Jika Anda butuh bantuan konsultan internet marketing silahkan langsung menghubungi kami. Studio Web siap menjadi partner bisnis online Anda memberikan layanan dan pelayanan terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp