6 Tips untuk Optimasi Gambar SEO Yang Harus Anda Ketahui

Optimasi Gambar SEO

Jika Anda fokus pada peningkatan peringkat dan lalu lintas situs web jangan pernah lupakan untuk mengoptimalkan gambar Anda untuk SEO. Dengan mengoptimalkan gambar untuk SEO, secara tidak langsung Anda telah membantu mesin pencari untuk lebih memahami situs web dan dan konten Anda. Selain itu juga Anda dapat memperoleh lebih banyak paparan di hasil pencarian gambar. Tentunya ini sangat berharga, karena dapat membangkitkan minat pada produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Kita semua setuju bahwa SEO memiliki peran penting untuk pemasaran digital yang sukses. Selain membuat konten teks yang mendorong minat calon pembeli, masih ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat kampanye Anda sukses. Salah satu hal yang penting dalam SEO adalah pengoptimalan gambar pada situs web atau halaman web Anda.

Menjalankan SEO yang strategis tidak hanya fokus pada konten teks saja, namun Anda juga harus memiliki rencana strategis untuk mengkurasi gambar yang beresonasi dengan audiens target Anda dengan tetap relevan dengan isi konten Anda. Mesin pencari terbesar Google pun telah mengakui bahwa pengoptimalan gambar sangat penting untuk meningkatkan situs web.

Tips Optimasi Gambar / Image SEO

Anda perlu tahu bahwa SEO tidak hanya menerapkan tag judul, heading, internal link dan eksternal link saja, melainkan juga mengoptimalkan gambar untuk SEO. Pengoptimalan image SEO memang membutuhkan pengetahuan, namun Anda tidak perlu khawatir karena menyiapkan gambar / image untuk mesin pencari cukup mudah.

Optimalisasi image SEO merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan posisi Anda di hasil pencarian mesin pencari yang pada akhirnya Anda mengarahkan pengunjung ke situs web Anda. Di postingan ini kami ingin berbagi tips untuk optimasi image SEO untuk memastikan Anda mengoptimalkan gambar dengan benar. Gunakan beberapa tips ini untuk memudahkan situs web Anda ditemukan di hasil pencarian.

1. Gunakan Gambar Unik yang Relevan

Salah satu minat audiens untuk membaca adalah karena mereka melihat gambar yang unik dan relevan dengan halaman web Anda. Sudah menjadi sifat manusia, bahwa kita akan lebih memusatkan perhatian kita kepada gambar. Jadi pastikan bahwa Anda memberikan gambar yang menarik yang terhubung dengan topik Anda dengan cara menginspirasi pembaca untuk meninggalkan kesan.

Anda dapat mencari gambar di mesin pencari terkait dengan topik Anda, lalu edit sedikit untuk menambah kesan unik. Akan lebih baik jika Anda membuat gambar sendiri, misalnya dengan gambar produk Anda sendiri atau bisa membuat gambar dengan bantuan jasa desain grafis untuk gambar layanan Anda.

2. Ketahui Kata Kunci Sesuai dengan Topik Anda

Yang tidak boleh Anda lupakan ketika Anda mengoptimalkan gambar pada situs web atau halaman web Anda adalah dengan mengetahui kata kunci yang sesuai. Anda perlu melakukan riset kata kunci, sama seperti Anda mengoptimalkan halaman web Anda. Ketika Anda mengetahui kata kunci yang di gunakan orang untuk menemukan Anda secara online, ini akan sangat membantu Anda. Anda dapat menggunakan kata kunci tersebut untuk melakukan optimasi image SEO Anda.

Anda bisa melakukan penelitian kata kunci / riset keyword untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan topik Anda. Anda bisa menggunakan alat riset kata kunci untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan, kata kunci yang digunakan oleh audiesn Anda yang berkaitan dengan bisnis Anda. Jika Anda telah menemukan kata kunci terbaik, setelah itu Anda siap untuk optimasi image SEO dengan tepat.

3. Memberi Nama Gambar untuk SEO

Sebelum Anda mengunggah gambar ke situs website, jangan lupa untuk melakukan rename pada gambar yang akan Anda unggah. Ini berfungsi untuk memudahkan mesin pencari memahami konten Anda. Anda wajib tahu bahwa mesin pencari sebenarnya menganalisis nama file yang mendeskripsikan konten Anda secara akurat.

Ketika Anda membuat konten teks tentunya Anda menggunakan gambar untuk mempercantik konten Anda. Nah Anda bisa menggunakan kata kunci sesuai dengan topik Anda ke dalam nama file gambar Anda. Cobalah untuk menghindari nama file misalnya “image.jpg” karena ini tidak ideal. Anda perlu memberi nama yang sesuai dengan topik Anda untuk membuat gambar Anda lebih relevan.

4. Gunakan Format yang Tepat

Pastikan sebelum Anda mulai menambahkan gambar di situs web, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah memilih format gambar yang tepat. Mesin pencari lebih menyukai gambar dengan resolusi yang baik dengan konten teks yang berkualitas tinggi.

Bayangkan saja jika Anda menggunakan gambar yang memiliki resolusi rendah atau format gambar yang tidak tepat. Maka akan membuat situs web atau halaman web Anda terkesan tidak profesional. Jadi pastikan Anda menyajikan konten pada audiens target Anda dengan menggunakan gambar yang berkualitas rendah.

Ada banyak format gambar yang bisa Anda pilih, namun yang paling umum digunakan untuk situs website adalah PNG dan JPEG. PNG adalah jenis format gambar yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik, namun dengan ukuran file yang lebih besar. Sedangkan JPEG memang tidak sebaik PNG yang memberi kualitas gambar super tinggi, namun Anda bisa menyesuaikan level kualitas untuk menemukan keseimbangan yang lebih baik.

5. Kompres Gambar

Setelah Anda memilih format gambar, tentu saja Anda akan menemukan gambar dengan ukuran file yang lebih tinggi dan itu perlu Anda kompres untuk menghasilkan ukuran yang lebih kecil. Ukuran file gambar yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi kecepatan memuat dan jika situs web Anda lambat dalam muat maka dapat berpengaruh terhadap peringkat Anda.

Salah satu faktor situs web di beri peringkat lebih tinggi oleh mesin pencari adalah kecepatan memuat. Jika situs web Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memuat, maka pengguna akan merasa frustasi seblum mereka melihat isi konten Anda. Ini juga dapat meningkatkan rasio bounce rate yang tinggi. Untuk membuat halaman web Anda di beri peringkat yang tinggi di hasil pencarian, jadi pastikan Anda mengkompres gambar Anda terlebih dahulu sebelum di unggah di website.

Lagi pula mesin pencari kini lebih memprioritaskan pengguna perangkat seluler. Itu artinya Anda perlu lebih memperhatikan gambar Anda untuk perangkat seluler. Anda dapat memperkecil ukuran gambar yang terlalu besar, sehingga Anda dapat meningkatkan kecepatan halaman dan meningkatkan pengalaman untuk perangkat seluler.

Untuk mengkompres gambar untuk situs web Anda, Anda bisa menggunakan alat seperti iloveimg.com. Ini dapat membantu dalam memperkecil ukuran file gambar yang terlalu besar.

6. Menggunakan Teks Alt yang SEO-Friendly

Jika Anda mengabaikan teks Alt atau teks alternatif, maka Anda dapat kehilangan kesempatan berharga, karena pengguna tidak dapat mengakses gambar berdasarkan dengan deskripsi konten gambar Anda. Alt tag merupakan teks alternatif yang dapat membantu mesin pencari lebih memahami apa yang sedang digambarkan.

Jadi, pastikan semua gambar yang ada di situs web Anda memiliki Alt tag yang unik yang menjelaskan singkat tentang topik Anda dengan menyertakan kata kunci yang relevan. Dengan konsisten memberi teks Alt yang SEO friendly itu sangat bermanfaat untuk keseluruhan strategi SEO di halaman. Ini juga dapat membantu situs web Anda mencapai peringkat yang lebih baik di mesin pencari terkait dengan kata kunci dengan gambar Anda.

Kesimpulan

Mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian bisa jadi merupakan kerja keras. Namun usaha yang Anda lakukan tidak akan sia-sia karena sepadan saat Anda mulai melihat hasil dalam hal lalu lintas organik yang di hasilkan situs web Anda.

Supaya upaya pemasaran digital Anda berhasil, Anda perlu melakukan semua yang Anda bisa untuk menghasilkan peringkat yang lebih baik untuk situs web Anda. Salah satunya Adalah dengan mengoptimalakan gambar yang perlu mendapatkan perhatian ekstra untuk mengungguli pesaing Anda. Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk memastikan gambar Anda dioptimalkan untuk pengalaman pengguna dan pencarian.

Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jika butuh bantuan Jasa SEO Digital jangan ragu untuk menghubungi kami hari ini!

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, info promo terbaru dari Studio Web

Terima kasih, Anda telah berlangganan artikel gratis dan info promo Studio Web

Something went wrong.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp