Berbicara tentang strategi digital marketing mungkin tidak akan ada habisnya, apalagi untuk eCommerce. Menjalankan pemasaran online tentunya butuh rencana yang efektif untuk mendatangkan pelanggan online lebih banyak. Dengan begitu bisnis online Anda dapat bertahan lama dan tentu saja mampu memenangkan kompetisi.
Tahukah Anda bahwa 82% konsumen melakukan pembelian barang atau jasa melalui online? Apalagi di kondisi pandemi seperti saat ini yang membuat meningkatnya pengguna internet secara signifikan. Karena semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk membeli produk atau layanan yang mereka butuhkan, Anda harus memanfaatkan peluang ini!
Strategi pemasaran E-commerce yang efektif dapat membantu menjangkau pasar lebih luas dan orang-orang yang tepat di waktu yang tepat. Tapi mungkin bagi pemula akan kesulitan mulai membuat rencana pemasaran untuk bisnisnya. Tapi tenang karena kami sudah menyiapkan 6 langkah untuk menyiapkan rencana pemasaran digital marketing untuk eCommerce.
Langkah-Langkah Menyiapkan Rencana Pemasaran E-Commecer
Jika Anda pandai melihat peluang, sudah barang tentu Anda akan melibatkan internet sebagai tempat mempromosikan bisnis Anda. Saat ini internet menjadi ladang subur untuk menghasilkan uang dan itu bisa di lakukan oleh siapa saja.
Untuk memperluas jaringan pemasaran dan mendatangkan lebih banyak calon pembeli, Anda bisa memanfaatkan internet. Melakukan pemasaran eCommerce adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis.
Nah lalu bagaimana cara menyiapkan rencana pemasaran digital marketing untuk E-commerce? Pelajari di bawah ini:
1. Tetapkan Tujuan Pemasaran Ecommerce Anda Anda
Langkah awal yang perlu Anda lakukan ketika memulai menjalankan pemasaran digital untuk Ecommerce ialah menentukan tujuan Anda. Karena pada dasarnya seorang pemilik bisnis tidak dapat menjalankan kampanye yang sukses tanpa menentukan tujuan mereka.
Tujuan Anda lah yang akan membantu memandu usaha pemasaran untuk mencapainya kesana. Seperti halnya seorang yang menaiki kapal, sudah tentu ia telah menentukan tempat tujuan sebelum dia melakukan perjalanan. Begitupun dengan orang yang melakukan pemasaran online, mereka harus menentukan apa yang harus mereka capai dari pemasaran yang di lakukan.
Anda bisa menentukan beberapa jenis tujuan pemasaran seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan prospek, meningkatkan penjualan serta meningkatkan jumlah pelanggan setia. Apabila Anda sudah menentukan tujuan Anda, ini akan membuat Anda tetap fokus pada pencapaian tujuan sehingga bisnis Anda berkembang.
Selain menentukan tujuan yang harus di capai, Anda juga perlu menetapkan alat pemasaran untuk membantu mencapai tujuan bisnis online Anda. Misalnya, apabila Anda ingin menghasilkan lebih banyak prospek dengan waktu yang lebih cepat, Anda bisa melakukan iklan PPC.
2. Menentukan Audiens Target
Langkah selanjutnya Anda perlu menentukan siapa yang Anda targetkan. Karena pemasaran online tidak akan berhasil apabila Anda tidak tau siapa yang harus Anda targetkan. Jika Anda tahu siapa yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda, ini akan memudahkan Anda menentukan alat strategi pemasaran.
Supaya Anda tidak salah target market dan audiens target, Anda bisa melihat basis pelanggan Anda seperti, gender, usia, pekerjaan, lokasi, penghasilan, hobi dan kebiasaan berbelanja. Anda bisa menggunakan informasi ini untuk membentuk persona pembeli. Persona pembeli merupakan representasi fiktif dari pelanggan sebenarnya yang bisa di gunakan untuk menargetkan orang-orang yang tepat dengan alat pemasaran Anda.
Jika Anda sudah menentukan audiens target, ini artinya Anda bisa menjangkau orang-orang yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Orang-orang yang datang ke bisnis online Anda ialah mereka yang kemungkinan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda.
3. Identifikasi pesaing Anda
Anda tau bahwa yang menjual produk atau menyediakan layanan seperti milik Anda bukan hanya Anda saja, melainkan ada ratusan bahkan ribuan pesaing. Nah supaya Anda dapat memenangkan kompetisi di industri Anda secara online, maka Anda perlu mengidentifikasi pesaing Anda.
Ketika Anda memutuskan untuk membuat rencana pemasaran ecommerce, itu berarti Anda harus tau siapa pesaing online Anda. Anda perlu melakukan analisa pesaing untuk membuat strategi pemasaran yang lebih baik dan mengungguli mereka.
Nah lalu bagaimana cara melakukan analisis pesaing?
Mudah saja, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google. Ketikan saja frasa atau kata kunci terkait industri Anda, lalu perhatikan 10 situs web yang di tampilkan oleh Google. Ketikan banyak kata kunci relevan terkait industri Anda, jika ada perusahaan yang selalu muncul di hasil pencarian Anda, maka mereka bersaing dengan bisnis Anda.
Jika Anda sudah mengidentifikasi pesaing hal yang perlu Anda lakukan ialah melihat strategi yang mereka gunakan. Setelah Anda mendapatkan info strategi seperti yang mereka jalankan, Anda bisa membuat rencana pemasaran yang lebih efektif untuk mengalahkan mereka.
4. Tentukan Jenis Pemasaran Yang Ingin Anda Gunakan
Mungkin Anda tau bahwa ada banyak jenis pemasaran online di dunia ini. Anda tidak akan bisa membuat rencana pemasaran internet untuk Ecommerce apabila Anda tidak mengetahui jenis strategi seperti apa yang akan Anda gunakan. jadi Anda perlu membuat rencana pemasaran internet untuk E-Commerce
Seperti yang sudah kami sebutkan bahwa ada banyak strategi yang dapat membantu Anda menjangkau prospek online, misalnya saja:
- SEO (Search Enggine Optimization)
- PPC (Pay Per Click)
- Email Marketing
- Content Marketing
- Video Marketing
- Social Media Markteing
- Iklan Sosial Media
- Dan Banyak Lagi
Dari beberapa jenis strategi pemasaran online yang kami sebutkan ini, Anda bisa menggunakannya untuk membantu bisnis menjangkau prospek berkualitas. Anda bisa mengkombinasi dari jenis strategi SEO dengan PPC bahkan pemasaran sosial media.
5. Temukan Hal Apa Yang Membuat Merek Anda Menonjol
Selain merencanakan alat pemasaran digital yang akan di gunakan, Anda juga perlu menentukan hal apa yang membuat bisnis Anda menonjol. Anda perlu memberikan produk atau layanan yang berbeda dari pesaing-pesaing Anda di luar sana.
Meskipun strategi pemasaran Anda bagus, tapi akan lebih baik jika apa yang Anda tawarkan juga memiliki kualitas terbaik dan memiliki nilai plus di banding dengan pesaing. Misalnya saja bahwa bisnis Anda adalah satu-satunya perusahaan yang menjual sayu organik. Nah inilah nilai plus produk yang Anda berikan kepada calon pembeli.
Anda bisa mengatakan kepada mereka bahwa bisnis Anda berkomitmen memberikan makanan sehat yang berbahan organik. Ini akan membuat bisnis Anda memiliki nilai plus dan mengesankan bagi konsumen.
6. Ukur Keberhasilan Strategi Anda
Enaknya menjalankan pemasaran internet adalah Anda bisa mengukur hasil strategi pemasaran yang Anda jalankan. Anda sudah bekerja keras untuk merencanakan strategi dan menjalankan kampanye untuk mendatangkan prospek berkualitas. Tapi ingat, saat Anda merencanakan pemasaran pastikan Anda memilih metrik apa yang Anda gunakan untuk mengukur keberhasilan strategi yang di jalankan.
Tentu saja metrik bervariasi tergantung dengan strategi yang Anda jalankan . Nah berikut beberapa metrik yang perlu Anda ketahui:
- Lalu lintas organik
- Lalu lintas dari sumber lain (berbayar dan sosial media)
- Clickthrough rate (CTR)
- Cost per click (CPC)
- Bounce rate
- Conversion rate
Semua hasil metrik ini bisa Anda lihat di alat analytic seperti Google Analytic atau Google Search Console. Dengan melihat data ini, Anda bisa mengetahui apakah kampanye Anda memberi dampak pada bisnis Anda atau tidak. Data ini bisa Anda gunakan meningkatkan strategi pemasaran bisnis Anda.
Nah itu di 6 langkah menyiapkan rencana pemasaran online untuk ecommerce. Anda bisa mempelajarinya dan terapkan pada perencanaan pemasaran Anda. Tapi jika Anda butuh konsultan internet marketing jangan ragu untuk menghubungi kami. Studio Web adalah perusahaan digital marketing profesional yang ahli mempromosikan bisnis melalui pemasaran online.