10 Cara Sukses Transisi Bisnis Offline Anda ke Sistem Online

Cara Transisi Bisnis Offline Anda ke Sistem Online

Saat seseorang baru memulai mengonlinkan bisnisnya, tentu saja mereka akan berfikir bagaimana cara membuat bisnis online sukses dengan online.

Sangat wajar bagi orang-orang yang baru ingin mulai mengonlinekan usahanya akan sedikit bingung harus memulainya dari mana.

Tapi tenang saja, karena di artikel ini, kami sudah menyiapkan cara mengonlinekan bisnis langkah demi langkah. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak meninggalkan halaman ini sebelum Anda selesai membacanya.

Bukankah pandemi Covid yang terjadi beberapa tahun ini sudah menyadarkan kita semua akan pentingnya internet untuk kehidupan manusia?

Internet menjadi tempat belajar bagi siswa, menjadi tempat menyelesaikan pekerjaan karena tidak datang ke kantor bahkan menjadi tempat pemilik bisnis mempromosikan bisnisnya.

Pandemi Covid merubah kebiasaan konsumen, yang dulunya masih banyak orang melakukan pembelian secara online, maka sekarang ini mulai banyak orang yang beralih ke online.

Jika Anda masih penasaran manfaat mengonlinekan bisnis, silahkan artikel lain kami yang berjudul “Manfaat bisnis offline transisi ke online

Cara Membawa Bisnis Offline Anda ke Online – Langkah Demi Langkah

Jika Anda kaku dalam menanggapi kemajuan teknologi, maka bisnis Anda juga akan stuck di tempat. Salah satu bisnis tetap eksis adalah dengan mengikuti perkembangan zaman sehingga konsumen dapat terus menggunakan layanan atau membeli produk Anda.

Cara Transisi Bisnis Offline Anda ke Sistem Online

Mengonlinekan bisnis termasuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Menurut WASHINGTON DC, iNews.id ada 7,8 miliar jiwa penduduk di dunia dan mungkin setengahnya adalah pengguna internet.

Jadi tidak heran bukan jika mentransfer bisnis offline ke online dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Mari pelajari cara mengalihkan pemasaran offline ke pemasaran online step by step.

1. Menyiapkan Server

Langkah awal menjadikan bisnis offline Anda online ialah dengan memilih server yang tepat. Server adalah tempat bisnis offline Anda di onlinekan, dengan memilih server yang tepat akan sangat membantu meningkatkan situs web Anda.

Website adalah alat atau media yang akan menjadi tempat Anda memamerkan kerja atau produk yang Anda jual kepada konsumen. Oleh karena itu website Anda perlu di tempatkan pada server yang mampu menampung informasi Anda dan menyajikan kepada konsumen tanpa kendala.

Memilih server yang tepat susah-susah gampang, karena ketika Anda mencari penyedia server Anda harus benar-benar teliti. Supaya meringankan pekerjaan Anda dalam memilih server yang tepat, silahkan gunakan beberapa cara ini:

  1. Waktu aktifnya yang menentukan keandalan server web
  2. Harga terjangkau
  3. Fitur dan kompatibilitasnya dengan model bisnis Anda termasuk juga kecepatannya
  4. Dukungan yang di berikan oleh penyedia server

Dalam memilih penyedia server, Anda harus mempertimbangkan pro dan kontranya dengan begitu Anda dapat menemukan penyedia yang tepat.

2. Membeli Domain

Setelah menemukan penyedia server yang tepat untuk kebutuhan online Anda, kini saatnya Anda melangkah ke langkah yang kedua. Yaitu membeli domain yang tepat untuk merek Anda.

Domain adalah nama atau alamat situs web Anda yang mana orang-orang akan mengenal bisnis Anda melalui nama domain yang Anda gunakan.

Karena untuk memberi tahu konsumen jalan menuju ke bisnis adalah dengan alamat, maka menunjukan jalan ke bisnis secara online ialah dengan nama domain.

Nama domain merupakan alamat yang dituju oleh calon pelanggan ketika mereka mencari merek Anda melalui internet khususnya mesin pencari.

Ini merupakan langkah penting untuk menjadikan bisnis offline Anda online. Jadi, pastikan bahwa Anda membeli domain yang sama dengan nama bisnis offline Anda.

Mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa, apakah nama domain itu mahal? Apakah memilih dan membeli domain sulit? Jawabannya tentu saja tidak. Harga domain tidaklah mahal mulai dari Rp. 150.000 – Rp. 300.000 tergantung ekstensi apa yang Anda gunakan.

Anda bisa mengunjungi situs penyedia nama domain untuk mengetahui harga yang mereka tawarkan untuk nama domain yang Anda inginkan.

Untuk membantu Anda menggunakan nama domain yang tepat dengan industri Anda, kami memberikan beberapa tips berikut:

  • Jangan gunakan angka atau tanda hubung
  • Pilih ekstensi yang menumbuhkan kepercayaan konsumen, misalnya .com, .id, .co.id, atau .net
  • Ekstensi terbaik sepanjang masa ialah .com, jika memungkinkan menggunakan .com adalah keputusan yang tepat.
  • Pastikan bahwa domain yang akan Anda gunakan bukan merek dagang atau terdaftar
  • Usahakan nama domain Anda jangan terlalu panjang
  • Pilih nama domain yang mewakili merek Anda
  • Memilih nama domain yang mudah diketik dan mudah diucapkan

3. Pilih Hosting

Setelah memilih nama domain yang akan digunakan, langkah selanjutnya ialah memilih hosting. Dalam membuat website tentu saja Anda membutuhkan hosting untuk menyimpan file Anda.

Hosting bisa di bilang sebagai penyimpanan file atau data website sehingga situs web dapat di akses oleh pengguna internet. Ini sangat penting tentunya karena berpengaruh pada kinerja website Anda ke depannya.

Supaya kinerja website tetap baik sepanjang waktu, maka Anda perlu memilih hosting sesuai dengan jenis website yang akan Anda buat.

Nah jika Anda kesulitan dalam memilih web hosting, kami punya tips untuk Anda bagaimana cara memilih hosting yang tepat untuk situs web Anda:

  1. Keamanan yang tinggi
  2. Performa unggul
  3. Simple User interface
  4. Basis data yang kuat
  5. Dukungan yang efisien

Ada beberapa jenis hosting yang tersedia, Anda bisa memilih sesuai dengan spesifikasi situs web yang akan Anda buat nantinya. Ada 4 hosting yang paling umum di gunakan untuk menyimpan data website seperti:

  • Shared Hosting
  • VPS Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Dan Cloud Hosting

Pilihan ada pada tangan Anda, pastikan bahwa Anda memilih dengan tepat sehingga di kemudian tidak terjadi kesalahan.

4. Pilih Jenis dan Platform Website

Di dunia ini ada banyak sekali jenis dan platform website. Anda perlu memilihnya secara hati-hati supaya situs web yang Anda miliki sesuai dengan industri Anda.

Untuk jenis situs web sendiri ada seperti blog, website company profile, toko online, website berita / media, website sekolah, portofolio dan masih banyak lagi.

Anda harus memilih salah satu jenis situs web tersebut di sesuaikan dengan jenis bisnis Anda tentunya. Jangan salah pilih karena ini dapat berdampak pada bisnis online Anda ke depannya.

Jika Anda menjual produk dengan banyak type, Anda bisa menggunakan situs web jenis toko online. Namun jika industri Anda adalah media berita, Anda bisa menggunakan jenis website berita.

Sedangkan platform website juga tidak kalah banyak, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa platform website yang harus Anda ketahui:

1. CMS (Content Management System)

Content Management System atau di singkat CMS merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang di gunakan untuk membuat, mengedit dan mempublikasikan konten website. Berikut beberapa jenis CMS yang dapat Anda gunakan.

  • WordPress
  • Joomla
  • Drupal
  • Typo3
  • Chamilo
Cara Membawa Bisnis Offline Anda ke Online - Langkah Demi Langkah

Kami sarankan untuk memilih WordPress, karena Anda akan lebih mudah membuat website WordPress dan lagi pula ini adalah salah satu CMS paling populer.

2. Builder

Apabila Anda ingin membuat website dengan cara yang lebih mudah, Anda bisa memilih jenis platform website Builder. Platform Builder merupakan jenis situs web yang dapat membantu Anda membuat website dengan mudah tanpa harus memahami coding bahkan menguasai desain sekalipun.

Builder sangat cocok bagi orang-orang yang ingin membuat situs web dengan waktu yang cepat dan singkat. Anda tidak akan terkendala meskipun Anda tidak memilih keahlian khusus secara teknis. Tidak hanya itu, dengan menggunakan Builder, Anda bisa mendapatkan paket komplit mulai dari nama domain, hosting hingga template.

3. HTML dan CSS

Platform Website yang terakhir adalah HTML dan CSS. Sebelumnya mari kenalan terlebih dahulu dengan HTML (HyperText Markup Language) yang secara efektif adalah teks di dalam teks dan bahasa markup merupakan bahasa yang di pahami oleh komputer yang di rancang untuk mendeskripsikan halaman wab dan membuat teks yang di gunakan lebih interaktif.

Secara umum HTML adalah bahasa untuk menggambarkan struktur halaman Web. HTML memberi penulis sarana untuk:

  • Mempublikasikan dokumen online dengan judul, teks, tabel, foto dan lain sebagainya.
  • Merancang informasi untuk melakukan transaksi secara online seperti memesan produk, melakukan pembayaran, atau melakukan reservasi.
  • Menyertakan aplikasi lain secara langsung pada dokumen

Sedangkan CSS (Cascade Styling Sheets) merupakan bahasa untuk menggambarkan presentasi halaman web termasuk warna, layout dan font. Ini memungkinkan seseorang untuk mengadaptasi presentasi ke berbagai jenis perangkat seperti komputer maupun seluler.

CSS tidak bergantung pada HTML dan dapat di gunakan dengan bahasa markup berbasis XML apapun. Pemisahan HTML dari CSS memudahkan pemeliharaan website, berbagi lembar gaya di seluruh halaman, dan menyesuaikan halaman dengan lingkungan yang berbeda. Ini disebut sebagai pemisahan struktur (atau: isi) dari presentasi.

5. Menyiapkan Situs Web Anda

Setelah memilih server, membeli domain hosting dan memilih platform website, selanjutnya adalah membuat website Anda. Langkah ini awal dari menjadikan bisnis offline Anda menjadi bisnis online yang bisa menjangkau jutaan pengguna internet.

Website merupakan media yang menjadi representasi digital dari seluruh bisnis Anda, jadi tidak boleh bermain-main dalam membangun situs web Anda.

Bagi orang yang tidak memiliki keahlian khusus dalam pembuatan website tentu akan berfikir sulit, tapi sebenarnya tidak juga. Membuat website itu mudah tergantung jenis platform atau CMS yang Anda gunakan.

Membuat website bisa di lakukan sendiri atau Anda bisa meminta bantuan ke ahlinya. Anda bisa menggunakan layanan pembuatan website Studio Web jika Anda ingin memiliki situs web yang siap online.

Dalam membuat website Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Desain responsive terhadap berbagai perangkat (Mobile friendly)
  • Layout menarik namun tidak rumit
  • Kecepatan memuat yang ideal
  • Pemilih font yang indah di baca
  • perpaduan warna yang pas
  • SEO friendly
  • Dan banyak lagi

6. Isi Website Dengan Konten Berkualitas

Supaya website mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian mesin pencari dan menghasilkan lebih banyak traffic organik, maka Anda harus mengisinya dengan konten berkualitas.

Konten adalah salah satu elemen paling penting dalam digital marketing yang mana dapat membantu mendatangkan pelanggan berkualitas.

Oleh karena itu, jika Anda ingin situs web Anda di kunjungi oleh orang-orang yang tertarget, itu berarti Anda harus membuat konten relevan dan di sukai oleh mesin pencari dan pengguna.

Pastikan setiap konten di halaman web Anda SEO friendly dengan informasi yang relevan. Ini akan membantu mesin pencari merayapi dan megindeks situs web sehingga peringkat naik.

Situs web yang konsisten memposting konten dapat memberikan sinyal ke pada Google bahwa ada halaman baru di website Anda sehingga akan di index dan di beri peringkat.

Konten yang berkualitas dapat membantu situs web Anda mudah di temukan oleh pengguna mesin pencari dan ini berpeluang menghasilkan lebih banyak konversi.

7. Libatkan SEO, SEM dan Pemasaran Lainnya

Meskipun Anda sudah memiliki situs web yang hebat, tapi harus tetap di pasarkan loh? Misalnya dengan SEO untuk menghasilkan pengunjung organik, atau dengan SEM untuk mengiklankan halaman web Anda dengan keyword yang di targetkan.

Ada banyak jenis pemasaran online yang sangat bagus untuk mengembangkan situs web Anda. Ada Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan peringkat website dan mendatangkan traffic organik.

Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran online yang di jalankan untuk mengiklankan bisnis Anda seperti Google Ads.

Untuk mendapatkan dua jenis traffic sekaligus Anda bisa menjalankan keduanya. Dengan SEO Anda akan mendapatkan pengunjung traffic, sedangkan Google mendatangkan pengunjung melalui iklan berbayar.

Jika keduanya digabungkan hasilnya akan sangat bagus, sambil menunggu peringkat organik, Anda bisa mendapatkan prospek melalui iklan Google. Keduanya bekerja sama dalam mendatangkan prospek dan konversi jika Anda melakukannya dengan benar.

Anda juga bisa melibatkan sosial media untuk memasarkan situs web Anda dengan membagikan konten-konten website Anda ke platform sosial media. Ini dapat membantu mengarahkan pengguna sosial media ke situs web Anda.

8. Analisis Kinerja Website Anda

Setelah Anda memutuskan menggunakan jenis pemasaran yang Anda anggap efektif mendatangkan prospek dan meningkatkan konversi. Selanjutnya ialah menganalisis kinerja situs web Anda.

Apapun jenis pemasaran online yang Anda jalankan, melakukan analisis kerja adalah keharusan. Dengan analisis kerja, Anda dapat menemukan apa yang harus dipertahankan dan apa yang harus di tingkatkan.

Anda dapat menemukan halaman mana yang menghasilkan banyak pengunjung, prospek dan konversi. Anda juga bisa menemukan halaman mana yang perlu di perbaiki untuk meningkatkan performa halaman tersebut.

Dengan analisis Anda bisa segera memperbaiki apa yang harus di perbaiki tanpa harus menunggu kesalahan strategi semakin melebar.

Alat yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis kinerja website ialah Google Analytic, Google Search Console, Semrush, Ahrefs, Ubersuggest dan banyak lagi.

Menggunakan alat-alat yang kami sebutkan memudahkan Anda dalam melihat kinerja situs web Anda. Alat tersebut bisa di gunakan secara gratis dan juga berbayar. Anda bisa menggunakannya tergantung alat mana yang menurut Anda anggap lebih mudah.

9. Selalu Uptodate Terhadap Trend Pemasaran

Tidak dapat dipungkiri bahwa trend pemasaran online selalu berubah setiap waktu. Itulah mengapa kami menyarankan Anda untuk selalu mengikuti perkembangan trend pemasaran online.

Search Engine Optimization sendiri jenis pemasaran online yang selalu berubah setiap waktu, sehingga orang-orang yang menjalankannya harus tetap uptodate.

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan pemasaran internet, itu artinya Anda tidak boleh berhenti di tengah jalan. Jika Anda berhenti karena merasa pemasaran Anda sudah hebat, itu akan menghancurkan masa depan bisnis online Anda.

Anda harus konsisten dalam menjalankan pemasaran online, jika Anda berhenti mungkin prospek dan konversi akan menurun. Dan Anda tahu sendiri dampak yang akan Anda rasakan jika Anda berhenti dan tidak uptodate tren pemasaran.

Jadi pastikan bahwa Anda selalu update terhadap tren pemasaran online dan konsisten menjalankanya. Jangan berfikir untuk berhenti di tengah jalan jika Anda sudah memutuskan untuk memulainya.

10. Gunakan Sosial Media

Cara membuat bisnis offline Anda sukses dengan online berikutnya ialah dengan memanfaatkan sosial media. Sosial media adalah platform di jaringan internet yang bisa jadi tempat tongkrongan audiens target Anda.

Jadi menampilkan merek Anda di platform-platform sosial media yang menjadi tempat nongkrong audiens target Anda adalah cara terbaik untuk menjadikan mereka pelanggan.

Terdapat banyak platform sosial media di dunia, dan itu tidak harus Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Gunakan beberapa platform dan fokus saja dalam menjalankan promosi Anda. Menggunakan banyak jenis sosial media akan membuat Anda tidak fokus dan bisa saja Social Media Marketing Anda tidak efektif.

Pilih sosial media yang paling efektif dalam mendatangkan prospek dan konversi. Jika audiens target banyak berada di Instagram, Facebook, Youtube, Email atau lainnya, maka fokuslah pada platform tersebut.

Anda bisa melakukan pemasaran media sosial dengan cara organik atau iklan berbayar, tentunya ini tergantung dengan kebutuhan promosi Anda. Atau Anda bisa melakukan keduanya.

Kesimpulan

Cobalah Anda pikirkan lagi mengapa banyak dari pesaing Anda melakukan pemasaran online? Tentu saja untuk menjangkau pasar lebih luas dan menghasilkan prospek serta konversi lebih banyak.

Jika Anda tidak bertindak sejak dini, lalu kapan lagi Anda akan melakukannya? Apakah menunggu pesaing Anda lebih sukses? Itu terlalu lama!

Onlinekan bisnis offline Anda segera dengan cara peralihan bisnis offline Anda ke Sistem Online langkah demi langkah yang sudah kami tulis di Atas.

Namun, jika Anda butuh bantuan kami, perusahaan digital marketing untuk mengonlinakan bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami segera.

Anda akan merasakan sepak terjang kami di bidang pemasaran digital dengan berbagai layanan yang kami tawarkan. Karena kami perusahaan digital marketing yang telah berpengalaman lebih dari 9 tahun sehingga sangat memahami kebutuhan pemasaran Anda.!

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!