Apa saja sih manfaat E-Commerce bagi pelaku UKM? Ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh UKM apabila melakukan Ecommerce dengan benar. Salah satunya yaitu para pelaku UKM yang menjalankan Ecommerce / perdagangan elektronik dapat dengan mudah menjangkau pasar lebih luas.
Di era internet ini semua orang dapat terhubung dengan mudah. Bisnis dapat terhubung dengan konsumen dan konsumen dapat terhubung dengan bisnis. Internet membuat bisnis Anda tidak berjarak dengan konsumen karena Anda dapat mempromosikan bisnis Anda tidak terbatas demografis.
Itu artinya Anda dapat menjangkau konsumen di seluruh dunia, karena internet menghubungkan pengguna dari belahan dunia manapun. Ini adalah era modern dimana internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat.
Jadi tidak heran jika menampilkan merek online adalah keputusan yang tepat bagi bisnis. Karena dengan menghadirkan merek online akan memudahkan konsumen menemukan bisnis Anda. Dan ini juga dapat menarik lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda.
Untuk menarik lebih banyak pelanggan berkualitas ke bisnis, Anda bisa melakukannya dengan menjalankan perdagangan elektronik / E-Commerce melalui internet. Karena Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila Anda melakukannya dengan benar dan tepat.
Manfaat E-Commerce Bagi Para Pelaku UKM
Setiap strategi pemasaran tentunya bertujuan untuk membuat penjualan semakin meningkat, begitupun dengan Ecommerce. Anda bisa melakukan strategi pemasaran yang satu ini untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.
E Commerce atau Perdagangan Elektronik adalah strategi pemasaran, penyebaran, promosi, penjualan, pembelian layanan / barang melalui sistem elektronik. Sistem elektronik sendiri berupa internet, televisi maupun jaringan komputer lainnya.

Nah lalu apa saja manfaat E-Commerce bagi para pelaku UKM? Berikut kami telah menyiapkan penjelasannya untuk Anda.
1. Memperluas Jangkauan Pemasaran
Manfaat Ecommerce yang paling utama adalah membantu memperluas jangkauan pemasaran Anda. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa Ecommerce merupakan pemasaran, penjualan maupun pembelian melalui internet maupun jaringan komputer lainnya.
Dimana internet merupakan alat yang menghubungkan penggunanya dari belahan dunia manapun untuk saling terhubung. Nah apabila bisnis Anda memanfaatkan Ecommerce untuk promosi, maka Anda dapat menjangkau jutaan pengguna internet dan menarik merek menjadi pelanggan Anda.
Ada milyaran pengguna internet di seluruh dunia dan saat ini Indonesia merupakan pengguna internet peringkat ke 6 didunia. Jadi kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan lebih besar, karena Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki pengguna internet terbesar ke 6.
Anda dapat menjangkau jutaan pengguna internet di seluruh wilayah Indonesia, karena internet memang tidak terbatas wilayah. Ini adalah kesempatan Anda untuk memperluas jaringan pemasaran bisnis Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Semakin banyak audienst target yang Anda jangkau semakin banyak pula orang-orang yang dapat mengenal merek Anda. Dengan perdagangan elektronik membantu meningkatkan brand awareness Anda karena semakin banyak orang yang sadar akan merek Anda.
Brand awareness menjadi sangat penting bagi bisnis karena dapat meningkatkan penjualan. Semakin banyak orang yang sadar akan merek Anda semakin meningkat kepercayaan dan penjualan Anda. Nah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek adalah dengan melakukan Ecommerce dengan benar.
Anda bisa melakukannya dengan menampilkan merek online Anda di sosial media maupun di halaman satu hasil pencarian mesin pencari. Ini artinya Anda perlu membuat website profesional untuk menunjang strategi E-Commerce Anda.
Silahkan hubungi jasa pembuatan website untuk membuat situs web profesional dengan desain yang menunjang.
3. Lebih Hemat Biaya
Ecommerce dan internet membantu menghemat biaya promosi Anda. Karena Anda tidak perlu membangun etalase fisik maupun menyewa tepat strategis untuk mempromosikan produk / layanan Anda. Satu-satunya biaya yang Anda keluarkan yaitu untuk pembuatan media promosi seperti toko online, tenaga kerja dan biaya pemasaran / periklanan.
Dibandingkan dengan biaya membuat toko fisik tentunya Ecommerce sangat hemat biaya. Asalkan Anda melakukannya dengan tepat maka Anda dapat mendapatkan lebih banyak penjualan dengan biaya promosi yang lebih sedikit.
Ini mengapa banyak dari UKM yang memanfaatkan internet dan Ecommerce untuk media promosi usaha mereka. Karena selain lebih hemat biaya, orang-orang yang ditargetkan pun lebih tepat sasaran sehingga memungkinkan untuk meningkatkan penjualan.
4. Memudahkan Konsumen Membeli
Saat konsumen membutuhkan produk / layanan, tentunya mereka tidak ingin ribet mendapatkannya. Mereka menginginkan cara yang lebih sederhana untuk membeli apa yang merek butuhkan. Menampilkan merek online adalah cara terbaik untuk memudahkan calon pembeli membeli produk atau layanan Anda.
Dengan Ecommerce, Anda akan lebih memudahkan calon pelanggan menemukan merek Anda. Ketika merek Anda muncul di pencarian mereka, maka memungkinkan mereka membeli di tempat Anda. Karena hampir semua orang menginginkan cara pembelian praktis yang tidak mengganggu waktu utama mereka.
Bisnis yang memudahkan calon pelanggan membeli adalah bisnis yang paling dicari oleh konsumen. Jadi manfaat yang dapat diperoleh oleh UKM dari E-Commerce adalah memudahkan konsumen melakukan pembelian.
5. Mendatangkan Pelanggan Dari Pencarian Mesin Pencari dan Sosial Media
Apabila website Anda di beri peringkat lebih tinggi oleh mesin pencari untuk kata kunci relevan maka memungkinkan Anda mendapatkan pengunjung lebih banyak. Pengunjung yang Anda targetkan ini adalah orang-orang yang memang tertarik dengan produk / layanan Anda.
Nah jika Anda menampilkan banyak halaman web dengan kata kunci relevan maka sumber lalu lintas mesin pencari semakin banyak. Dan ini artinya lalu lintas yang bisa Anda dapatkan akan lebih banyak juga. Peluang mendapatkan prospek berkualitas semakin besar dan penjualan pun meningkat.

Ecommerce tidak hanya mendatangkan pelanggan dari lalu lintas mesin pencari saja, namun juga lalu lintas sosial media. Anda bisa mendatangkan pelanggan dari sosial media dengan membagikan konten website Anda di sosial media. Atau Anda bisa melakukan iklan sosial media untuk mendatangkan pelanggan berkualitas.
6. Pelacakan dan Statistik Pengunjung Lebih Jelas
Manfaat Ecommerce bagi UKM yang selanjutnya adalah membantu Anda lebih mudah melakukan pelacakan dan statistik pengunjung. Anda dapat mengetahui dimana orang-orang menemukan situs web Anda, halaman web mana yang merek kunjungi, perangkat apa yang merek gunakan dan dari kota mana mereka berasal,
Dengan demikian Anda dapat meningkatkan situs web Anda supaya dapat mempertahankan dan mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi. Anda dapat menggunakan alat seperti Google Analytics untuk melihat seberapa banyak pengunjung website Anda setiap hari dan bulan.
Ini akan membuat Anda semakin mudah menganalisis pertumbuhan bisnis Anda dan dapat dengan mudah merencanakan strategi baru yang lebih efektif. Bayangkan saja jika toko fisik, mungkin akan sulit mendapatkan statistik seperti ini bukan?
7. Pelacakan Produk
Anda akan lebih mudah melakukan pelacakan produk. Misalnya Anda bisa lebih mudah mengirim pesanan pelanggan karena mereka melakukan pembelian secara online. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol stock karena Anda dapat mengetahui stock yang tersedia.
Dengan demikian Anda dapat melacak berapa banyak produk yang masih tersisa dan kapan Anda harus menyediakan stock lebih banyak. Tentunya ini akan lebih memudahkan untuk manajemen produk Anda bukan?
8. Promosi Sepanjang Hari
Keuntungan yang dapat di rasakan UKM yang melakukan perdagangan elektronik yaitu promosi berjalan sepanjang hari. Anda dapat membuka bisnis Anda sepanjang hari tanpa libur, tanpa istirahat. Ini artinya bisnis Anda terbuka 24 jam untuk melayani pembelian dari konsumen online Anda.
Bisnis yang buka sepanjang hari memiliki peluang besar didatangi oleh calon pembeli baik siang maupun malam. Calon pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembelian kapanpun bahkan saat toko fisik Anda libur bahkan saat Anda istirahat di malam hari.
Nah itulah ke 8 keuntungan Ecommerce bagi UKM. Jika saat ini Anda belum melakukan pemasaran online, ini lah saatnya Anda memulai. Tampilkan merek Anda tepat di hadapan audiens target Anda dengan Ecommercer.
Baca juga: