Dalam menjalankan bisnis tentu saja setiap pelaku bisnis ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan apalagi pelanggan setia. Dan salah satu cara yang bisa di lakukan ialah dengan menjalankan pemasaran online. Di era digital ini tersedia banyak jenis pemasaran online yang bisa Anda jalankan untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Saat ini internet menjadi tempat paling efektif yang digunakan oleh pelaku usaha untuk menarik lebih banyak konsumen ke bisnisnya. Bukan tanpa alasan mengapa menghadirkan merek online sangat penting. Karena memang saat ini 82% konsumen mencari informasi produk / layanan di internet sebelum mereka melakukan pembelian.
Mereka bisa mencari info melalui berbagai platform digital baik itu sosial media maupun situs web. Apabila Anda menghadirkan merek online dan menampilkan tempat di hadapan mereka, maka memungkinkan mereka menjadi pelanggan Anda.
Jadi jangan biarkan konsumen Anda di rebut pesaing hanya karena Anda enggan menghadirkan merek Anda di internet. Ini adalah cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan. Jadi jangan tunda lagi untuk merancang dan menjalankan strategi pemasaran online yang lebih baik.
Nah di artikel ini kami akan berbagi tips dan cara menggaet lebih banyak pelanggan. Jadi, pastikan Anda terus membaca tulisan ini hingga selesai.
Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Dalam Meningkatkan Penjualan
Sebelum menuju pada inti artikel ini, ada baiknya Anda mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam peningkatan penjualan online. Karena dengan mempelajari faktor yang berpengaruh pada cara meningkatkan penjualan dapat membantu Anda merencanakan strategi yang lebih efektif.
- Media Promosi
Dalam menjalankan digital marketing tentu saja Anda akan membutuhkan media atau alat untuk mempromosikan bisnis Anda. Ada banyak jenis alat penjualan yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis. Tapi hal yang wajib Anda miliki adalah situs web.
Mungkin Anda bisa sukses dengan menggunakan sosial media, tapi bisnis Anda juga perlu berdiri sendiri. Anda perlu memiliki tempat bagi konsumen saat mereka membutuhkan banyak info tentang bisnis Anda. Dan website adalah tempat yang tepat untuk menyajikan informasi-informasi tentang bisnis Anda.
Mempromosikan bisnis melalui sosial media memang ide yang cemerlang, tapi jangan lupakan situs website, karena Anda perlu memilikinya. Dengan website Anda bisa menjangkau jutaan pengguna mesin pencari, dan tentu saja Anda tau bahwa pengguna mesin pencari sangat banyak.
Media promosi seperti website dan platform sosial media adalah faktor penting dalam meningkatkan penjualan online. Jadi pastikan Anda memiliki media promosi yang efektif untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan online.
2. Jenis Pemasaran Online
Mungkin Anda tau bahwa ada banyak sekali jenis pemasaran online di dunia ini. Faktor yang berpengaruh pada peningkatan penjualan online ialah jenis pemasaran yang Anda jalankan. Apabila Anda menjalankan jenis pemasaran online yang tepat maka Anda bisa menjangkau audiens target. Tapi jika tidak, sebaik apapun strategi pemasaran Anda namun tidak menyesuaikan dengan jenis media yang di gunakan audiens target untuk menemukan merek Anda, maka itu akan percuma.
Supaya merek Anda ditemukan oleh audiens target maka Anda perlu riset pasar sehingga Anda bisa menemukan jenis pemasaran yang cocok untuk menggaet mereka. Anda bisa merencanakan strategi yang efektif dengan jenis pemasaran yang tepat untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan online.
Strategi Digital Marketing Meningkatkan Penjualan
Setiap pengusaha ingin mendapatkan banyak penjualan, itu mengapa mereka melakukan pemasaran online. Karena pemasaran online dapat memperluas jaringan pemasaran yang ini artinya audiens target yang di jangkau semakin banyak. Berikut strategi digital marketing yang memungkinkan penjualan bisnis Anda meningkat.
1. Hadirkan Merek di Tempat Pelanggan Anda Berada
Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya pada faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Nah untuk membuat strategi pemasaran digital yang efektif, Anda harus berada di tempat pelanggan Anda. Pilih media promosi Anda secara strategis untuk mengarahkan pelanggan ke bisnis Anda.
Supaya bisnis Anda mudah di temukan oleh audiens target, Anda harus memastikan bahwa merek Anda berada di tempat yang tepat. Selain memastikan merek Anda mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari, merek Anda juga harus muncul di sosial media.
Anda harus memiliki situs web untuk menampilkan merek Anda di hasil pencarian mesin pencari, dan Anda juga harus menghadirkan merek online di sosial media. Manfaat menghadirkan merek di hasil pencarian mesin pencari ialah untuk menarik lebih banyak pengguna mesin pencari ke bisnis Anda. Sedangkan sosial media adalah komponen kunci dari strategi pemasaran digital Anda.
Untuk menempatkan merek Anda di tempat pelanggan berada, berarti Anda harus membuat situs web dan akun sosial media untuk bisnis Anda. Apabila Anda menggabungkan kedua platform digital ini, maka Anda bisa mendapatkan pelanggan dari sumber berbeda sekaligus.
Sosial media yang memungkinkan disukai pelanggan potensial Anda yaitu Facebook dan Instagram, jadi pastikan Anda melibatkan kedua platform sosial media dalam pemasaran online Anda. Anda bisa melakukan pemasaran sosial media ini dengan gratis maupun berbayar.
2. Optimalkan Website dengan SEO
Setelah Anda memiliki website sebagai media promosi, langkah selanjutnya ialah mengoptimalkanya untuk mesin pencari dan pengguna. Ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat dan jumlah traffic website Anda. Untuk meningkatkan peringkat website dan mendatangkan lalu lintas organik, Anda bisa menerapkan teknik SEO pada website Anda.
SEO merupakan serangkaian proses mengoptimasi website supaya peringkat naik sehingga menghasilkan lebih banyak pengunjung. Tujuan utama menjalankan SEO tentu saja untuk meningkatkan pelanggan online dan penjualan. Karena website yang tidak di optimasi akan sulit ditemukan oleh calon pelanggan. Jadi ada baiknya setelah website selesai di buat harus segera di optimasi dengan teknik SEO.
Dalam penerapan SEO, Anda harus mengikuti algoritma mesin pencari terbaru dan menghindari teknik-teknik SEO yang di benci Google. Supaya situs web Anda terhindar dari Google penalti yang akan merugikan Anda untuk jangka waktu yang lama.
Tapi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan teknik SEO sendiri, Anda bisa menggunakan layanan SEO dari ahlinya. Dengan menggunakan jasa SEO, situs web Anda dioptimasi dengan teknik yang tepat sehingga peringkat tinggi akan Anda dapatkan dengan waktu yang lebih cepat.
3. Jalankan Iklan PPC
PPC atau Pay Per Click salah satu jenis pemasaran online yang juga cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa menjalankan jenis pemasaran yang satu ini. Dengan iklan PPC Anda bisa mendapatkan prospek dengan waktu yang lebih cepat dan instan.
Ada banyak jenis iklan PPC di dunia ini, Anda bisa menjalankan iklan PPC sesuai dengan pelanggan Anda berada. Misalnya ada banyak pelanggan di Instagram, maka Anda bisa menggunakan Instagram Ads. Atau Anda bisa menggunakan Google Ads untuk menarik lebih banyak prospek melalui pemasaran mesin pencari.
Seperti namanya PPC adalah jenis pemasaran berbayar yang menggunakan sistem Pay Per Click. Yaitu iklan Anda hanya akan di kenakan biaya apabila iklan Anda di klik. Ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan karena hemat biaya dan dapat menargetkan orang yang tepat sasaran.
4. Manfaatkan Sosial Media
Selain menghadirkan merek di hasil pencarian mesin pencari, merek Anda juga harus ada di sosial media. Di era digital ini sosial media sudah menjadi tempat atau ladang subur bagi pelaku bisnis online. Sosial media bisa di jadikan sebagai tempat meningkatkan brand awareness dan mendatangkan prospek berkualitas.
Sebenarnya setiap pemasaran online itu saling terkait satu sama lain. Misalnya saja pemasaran SEO akan lebih baik jika melibatkan sosial media didalamnya. Apabila Anda melibatkan media sosial, Anda bisa mengarahkan pengguna sosial media ke situs web Anda untuk mengkonversi disana.
Atau Anda bisa menggunakan iklan PPC untuk pemasaran sosial media Anda. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa ada banyak jenis iklan PPC. Dan sosial media juga bisa di jalankan dengan metode Pay Per Click seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.
Jadi jangan lupakan memasukkan sosial media pada list strategi pemasaran online Anda. Karena ini dapat membantu menempatkan merek dimana pelanggan Anda berada.
Nah itulah faktor dan strategi digital marketing yang dapat Anda jalankan untuk meningkatkan penjualan. Jika Anda butuh bantuan jasa digital marketing jangan ragu untuk menggunakan layanan kami. Kami siap menjadi partner bisnis online Anda dengan memberikan layanan dan pelayanan berkualitas.