Tips Mengurangi Tingkat Pentalan / Bounce Rate Pada Situs Website Secara Signifikan

Tips Mengurangi Tingkat Pentalan Pada Situs Website Secara Signifikan

Apakah Anda yakin bahwa situs website Anda telah memberi pengalaman yang lebih baik untuk pengguna sehingga bounce rate website Anda tetap terjaga dengan baik? Penting bahwa Anda harus mengetahui bagaimana situs website Anda telah menjadi yang terbaik untuk audiens target Anda. Website yang mampu memberi pengalaman yang lebih baik, sehingga pengunjung kembali mengunjungi situs web Anda.

Ketika sebuah bisnis memutuskan untuk menjalankan pemasaran online, maka mereka harus siap menghadirkan kehadiran online yang kuat. Pemasaran online tanpa kehadiran online yang kuat tidak akan memberi keuntungan yang lebih baik pada pertumbuhan bisnis Anda. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memiliki kehadiran online yang akan membuat Anda mendapatkan banyak pelanggan potensial.

Untuk memperkuat kehadiran online, Anda perlu memiliki situs website yang lebih menarik dan strategi pemasaran online yang tepat untuk membuat audiens target Anda mengkonversi di situs website Anda. Nah jika Anda tertarik dan perlu menjadikan situs website Anda menjadi lebih baik untuk mengurangi bounce rate. Terus baca artikel ini! Karena kami telah menyiapkan tips, cara dan strategi mengurangi bounce rate pada situs website secara siginifikan.

Apa Saja Yang Bisa Membuat Website Menarik Bagi Audiens Target?

Yang membuat bisnis online tidak berjalan dengan baik adalah karena mereka tidak mampu menghadirkan kehadiran online yang menyenangkan bagi pengguna. Mungkin mereka telah memiliki situs website, namun kebanyakan dari mereka lupa bahwa situs website yang akan mendapatkan banyak pengunjung adalah situs website yang memberi pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.

Jika situs website Anda tidak mampu memberi apa yang audiens target Anda mau. Maka mereka hanya sekedar masuk dan segera pergi tanpa banyak berinteraksi dan lebih memilih mengkonversi pada pesaing Anda. Mereka tidak melakukan keterlibatan apapun, seperti mengabaikan panggilan untuk bertindak, tidak mengklik tautan konten apalagi meninggalkan data pribadi.

Jika situs website Anda memiliki rasio pentalan yang tinggi, mungkin ini adalah pertanda bahwa Anda harus mendesain ulang situs website dan merubah strategi pembuatan konten Anda. Pada aturan pemasaran digital, bounce rate situs website yang rendah merupakan yang terbaik. Maka Anda harus mengetahui elemen apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja situs web Anda sehingga dapat mengurangi rasio pentalan pada website Anda.

Ketika situs website Anda mengalami pentalan yang tinggi, Anda harus memperhatikan beberapa aspek penting di bawah ini:

1. Responsive dan Mobile Friendly

Salah satu yang membuat rasio pentalan meningkat tinggi dikarenakan situs website Anda tidak mampu diakses di berbagai perangkat pengguna. Penting bahwa situs website Anda harus responsive dan mobile friendly sehingga dapat dengan mudah di akses di berbagai perangkat seperti seluler, desktop dan lain sebagainya.

Situs website yang responsive memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengguna, karena situs website responsive akan secara otomatis mengikuti bentuk layar perangkat pengguna.

2. Kecepatan Memuat Halaman

Tidak ada orang yang suka menunggu apalagi menunggu halaman web terbuka, ini adalah kegiatan yang membosankan bagi audiens target Anda. Perlu Anda ketahui bahwa halaman website yang terlalu banyak elemen dapat mengakibatkan kecepatan memuat melambat dan pada akhirnya mengakibatkan pentalan.

Idealnya kecepatan memuat sebuah halaman web kurang dari 3 detik dan jika situs website Anda lebih 1 detik saja sudah dianggap sebagai situs web yang lambat. Untuk mengurangi permasalahan ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mengompres gambar yang di gunakan pada halaman web tersebut atau Anda bisa menggunakan plugin tertentu (jika situs web Anda WordPress).

3. Navigasi dan CTA

Tujuan utama Anda membuat situs website adalah untuk meningkatkan penjualan. Jadi jika situs website Anda tidak dilengkapi dengan navigasi dan CTA yang tepat maka Anda akan kehilangan prospek. Penting bahwa situs website Anda di rancang dengan arsitektur yang memudahkan pengunjung untuk mengkonversi.

Jika Anda menyajikan navigasi yang membuat pengunjung pusing dan bingung ketika mereka ingin bertindak, maka kemungkinan pentalan akan semakin meningkat tinggi. Anda haru membuat CTA Anda mudah digunakan dengan meletakkannya di posisi kunci untuk mengarahkan pengguna melakukan keterlibatan.

4. Nilai Konten

Situs website yang memberikan informasi yang bermanfaat dan relevan pada audiens target adalah cara terbaik dalam hal rasio pentalan. Untuk mengujinya Posisikan diri Anda sebagai pengunjung situs website yang memberi Anda informasi yang relevan. Kami yakin Anda enggan meninggalkan dan ingin terus membaca.

Dengan menggabungkan strategi pemasaran digital yang tepat dan didukung oleh desain dan pengembangan situs website profesional dapat membantu meningkatkan pendapatan prospek yang berkualitas.

Bagaimana Cara Mengurangi Bounce Rate Pada Website Anda?

rasio pentalan

Bounce rate atau Rasio pentalan adalah ancaman bagi pemilik bisnis online, karena dapat mengurangi pendapatan. Untuk menurunkan rasio pentalan atau bounce rate, Anda perlu mengatasi masalah yang menyebabkan terjadinya pentalan dengan mendeteksi 4 fitur yang telah kami sebutkan diatas. Untuk menjaga rasio pentalan tetap rendah, Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut:

1. Prioritaskan Pemformatan

Situs website adalah media digital yang digunakan untuk berkomunikasi antara Anda dengan audiens target Anda. Atau lebih tepatnya situs website Adalah media mengirim pesan tentang merek Anda kepada audiens target Anda.

Anda harus membuat konten teks yang mudah dimengerti oleh pembaca dan enak di baca. Anda dapat melakukannya dengan mempermudah teks dan paragraf mudah di baca dengan menggunakan spasi, tajuk serta poin-poin yang memudahkan pembaca mencerna konten teks Anda.

2. Membuat Konten Teks Panjang

Cara mengurangi rasio pentalan adalah dengan membuat konten teks panjang. Anda dapat membuat pembaca terhubung melalui cerita Anda. Pembaca akan senang membaca konten teks panjang yang memberi mereka informasi bermanfaat bagi mereka.

Dengan memberi konten teks yang panjang dan bermanfaat akan membuat pembaca menghabiskan waktu lebih lama di dalam situs website Anda dan memungkinkan mereka melakukan keterlibatan.

3. Update Konten Secara Rutin

Untuk mendapatkan daya tarik dari pengunjung Anda perlu melakukan update konten secara rutin. Ketika situs website memberikan konten yang segar setiap harinya akan membuat pengunjung Anda mengerti bahwa Anda masih ada di industri Anda.

Ketika Anda merencanakan melakukan update konten secara rutin, pastikan Anda melakukannya secara strategis. Anda harus memberikan konten teks yang dapat memberi mereka penyelesaian masalah dan memilih Anda sebagai tempat penyelesaian masalah dari masalah mereka.

4. Mengoptimalkan Kata Kunci Yang Relevan

Dengan memberi konten segar dan bernilai tinggi itu artinya Anda perduli dengan pelanggan Anda. Menoptimalkan artikel dengan menggunakan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan visibilitas mesin pencari Anda. Kata kunci merupakan elemen yang sangat penting untuk mendapatkan pelanggan potensial ke situs website Anda.

Ketika Anda membuat konten pastikan Anda mempertimbangkan 4 aspek yaitu nilai lalu lintas. nilai pesona, nilai merek dan nilai konversi. Untuk membantu menemukan kata kunci yang tepat Anda bisa menggunakan alat seperti Google Keyword Planner yang sudah terkenal sebagai alat penelitian kata kunci.

5. Menggunakan Landing Page Untuk Kata Kunci yang Bernilai Tinggi

Yang membuat Bounce rate semakin tinggi adalah bahwa pengunjung mengunjungi halaman beranda yang membuat mereka tidak langsung menemukan tujuan mereka. Tapi tenang karena Anda masih bisa menyelesaikan masalah ini dengan membuat landing page untuk menargetkan kata kunci yang bernilai tinggi untuk niche Anda.

Mengarahkan kata kunci bernilai tinggi pada landing page tidak hanya mengurangi Bounce rate namun juga meningkatkan tingkat konversi. Nah inilah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bounce rate pada situs website Anda.

6. Meningkatkan Desain Website Yang Ideal

Pembuatan navigasi yang tepat dapat membantu mengurangi bounce rate, karena pengunjung Anda akan lebih mudah menemukan apa yang mereka mau. Situs website yang memiliki navigasi yang rumit akan membuat pengunjung kesulitan menuju halaman tujuan yang memiliki jawaban atas masalah mereka.

Baca juga: Kesalahan Desain Website yang Harus Dihindari

Sehingga ini akan membuat pengunjung cepat meninggalkan situs website karena mereka tidak dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan. Jika Anda dapat membuat struktur yang tertata dan menavigasi ke halaman yang memiliki jawaban atas kebutuhan pengunjung, maka bounce rate akan turun dan potensi konversi akan naik.

7. Membuat Situs Website Anda Respons Seluler

Tentunya Anda tahu bahwa saat ini tidak semua orang akan menggunakan desktop untuk mengakses internet. Mereka dapat melakukannya cukup dengan smartphone yang mereka miliki. Nah dan jika situs website Anda tidak responsive terhadap seluler maka pengguna smartphone akan kesulitan dalam mengakses situs website Anda.

Jadi, pastikan bahwa situs website Anda responsive dan mobile friendly sehingga dapat dimuat dengan rapih dan cepat di perangkat seluler. Sehingga ini dapat memberikan pengunjung pengalaman yang lebih baik dan pada akhirnya dapat menjaga tingkat pentalan.

8. Menggunakan Internal Link

Untuk tetap menjaga bounce rate tetap rendah, Anda bisa menyertakan internal link pada setiap konten Anda, tapi pastikan jangan berlebihan. Internal link dapat membantu pembaca membuka halaman baru yang terkait dengan konten teks utama Anda. Sehingga mereka akan lebih lama menghabiskan waktu mereka di situs website Anda.

Mungkin ini adalah cara yang umum, tapi ini akan sangat membantu dalam hal mempertahankan bounce rate tetap rendah. Ini adalah cara yang tidak bisa Anda tinggalkan begitu saja karena internal link merupakan elemen yang penting dan wajib Anda terapkan pada setiap artikel Anda.

Kesimpulan

bounce rate yang tinggi adalah penghalang untuk menarik lebih banyak arahan berkualitas untuk konversi. Namun masalah bounce rate pada situs website dapat diatasi dan diperbaiki dengan beberapa cara di atas yang bisa Anda terapkan.

Jika Anda membutuhkan bantuan jasa konsultan digital marketing terpercaya, jangan ragu untuk menghubungi kami hari ini. Karena Anda dapat mengkonsultasikan secara gratis dengan tim ahli kami!

Silahkan chat
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp