Peran Penting Digital Marketing di Masa Pandemi

Peran Penting Digital Marketing di Masa Pandemi

Jika Anda bertanya peran penting digital marketing di masa pandemi, mungkin disini Anda akan menemukan jawabannya. Jika 2 tahun lalu, digital marketing belum terlalu populer di Indonesia dan banyak pelaku bisnis menganggap bahwa mereka tidak membutuhkannya. Maka berbeda dengan saat ini, karena digital marketing menjadi ladang subur bagi mereka yang pandai melihat peluang.

Indonesia sendiri masih berperang dengan pandemi Covid apalagi saat ini muncul varian-varian baru, yang membuat kita bertanya-tanya kapan pandemi ini berakhir. 2 tahun ini menjadi tahun-tahun yang mengerikan bagi banyak orang, ada yang kehilangan orang-orang terdekatnya dan juga kehilangan mata pencarian.

Pandemi Covid memang menakutkan tapi bukan berarti kita hanya pasrah bukan? Jika pandemi ini berdampak buruk pada bisnis Anda, maka Anda perlu merubah mindset dan cara pemasaran Anda. Digital marketing menjadi solusi yang efektif untuk mempertahankan bisnis bahkan meningkatkannya.

Anda bisa memanfaatkan internet untuk tetap menjangkau pelanggan lama bahkan calon pelanggan baru. Cara ini dapat membantu bisnis Anda tetap produktif sehingga menghasilkan penjualan. Jika Anda melakukannya dengan strategi yang tepat, maka bisnis Anda lebih cepat berkembang.

Sekedar info bahwa pada bulan Juni 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 212.354.070 juta jiwa dari total penduduk 276,361,783 juta jiwa. Itu artinya lebih dari separuh penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Ini bisa menjadi peluang Anda untuk menjangkau jutaan audiens target melalui pemasaran internet.

Alasan Mengapa Digital Marketing Menjadi Sangat Penting di Masa Pandemi

Hingga saat ini kita tidak tau kapan pandemi Covid berakhir, tapi supaya bisnis tetap jalan dan menghasilkan income maka bisa memanfaatkan internet. Jika Anda peduli dengan keberlangsungan bisnis Anda, maka Anda perlu tau mengapa Anda perlu melibatkan digital marketing di masa pandemi ini.

1. Internet Menjadi Tempat Menghabiskan Waktu

Selama hampir 2 tahun ini kita terpaksa mengurangi kegiatan di luar dan melakukan kerumunan untuk menghindari penularan virus corona. Nah inilah yang menjadi dilema para pelaku bisnis yang belum mengonlinekan bisnisnya. Padahal jika Anda memanfaatkan internet Anda masih bisa mendapatkan pembeli meskipun toko offline tutup.

Alasan utama mengapa Anda harus melibatkan digital marketing di tengah pandemi yaitu kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka menjelajahi internet. Di masa pandemi mereka menghabiskan 8 jam 52 menit waktu mereka untuk berselancar di internet.

Nah ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukan merek Anda kepada audiens target Anda. Saat ini pembelian produk maupun jasa bisa dilakukan melalui online, jadi kenapa Anda tidak menghadirkan merek Anda untuk pelanggan Anda diluar sana?

2. Sangat Membantu Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran

Nah di kondisi seperti saat ini tentu saja memperluas pemasaran secara offline akan sangat sulit. Jangankan memperluas pemasaran, membuka toko offline pun kesulitan. Nah jadi supaya bisnis Anda tetap mendapatkan pelanggan sekaligus memperluas pemasaran, Anda perlu memanfaatkan digital marketing.

Melakukan digital marketing untuk bisnis adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperluas jangkauan pemasaran. Anda bisa menjangkau audiens target di seluruh wilayah Indonesia bahkan luar negeri. Mereka dapat menemukan merek Anda tanpa harus datang langsung ke toko maupun bertatap muka. Inilah salah satu alasan Anda perlu melibatkan digital marketing pada strategi pemasaran Anda.

3. Tetap Mendapatkan Penjualan Meskipun Toko Offline Sepi Pengunjung

Yap digital marketing merupakan strategi yang bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda di masa pandemi. Anda tetap bisa mendapatkan pelanggan meskipun toko offline Anda sepi pengunjung karena adanya PPKM. Jadi menjalankan pemasaran digital di masa pandemi adalah keputusan yang tepat.

Jika Anda menggunakan strategi pemasaran yang efektif dan metodenya benar, maka merek Anda akan lebih mudah di temukan oleh calon pelanggan Anda. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk menarik lebih banyak calon pelanggan ke bisnis Anda.

4. Lebih Hemat Biaya

Tahukah Anda bahwa biaya untuk menjalankan pemasaran digital lebih murah dibandingkan dengan biaya pemasaran tradisional? Jika untuk iklan di TV membutuhkan biaya hingga ratusan juta, masa beda hal dengan promosi melalui media digital.

Membuat website dan mengelolanya tidak membutuhkan biaya yang sangat besar seperti iklan di TV, ini cukup murah jika Anda melakukannya dengan benar. Tidak hanya murah, tapi digital marketing juga dapat menjangkau pasar lebih luas, jadi selain dapat menghemat biaya pemasaran Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Strategi Digital Marketing yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat digital marketing, tentu saja Anda juga ingin tau strategi pemasaran digital yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Nah berikut beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda jalankan:

1. Membuat Website

Mungkin Anda tau bahwa dalam pemasaran online membutuhkan media untuk mempromosikan bisnis Anda. Yap, Anda bisa menggunakan media digital website untuk mempromosikan bisnis Anda. Situs website adalah alat penjualan yang dapat bekerja 24/7 atau sepanjang hari tanpa adanya libur dan istirahat.

Meskipun pemasaran sosial media Anda sukses, tapi Anda perlu memiliki website karena situs web adalah ibarat kantor / toko online Anda. Lagipula dengan memiliki website, bisnis Anda dianggap lebih profesional dan bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.

Pastikan Anda membuat website dengan tampilan yang menarik, responsive, ramah seluler dan SEO friendly. Buat juga situs web Anda dengan tata letak dan navigasi profesional yang tidak menyulitkan pengguna menjelajahi situs web Anda. Jika situs web Anda dibangun dengan desain menunjang akan membuat mesin pencari menyukai situs web Anda.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Setelah Anda memiliki website langkah selanjutnya ialah mengoptimasi SEO pada situs web Anda. Sebagus apapun website yang Anda miliki jika tidak dioptimalkan untuk pengguna dan mesin pencari maka tidak akan menghasilkan apapun. Website Anda hanya akan menjadi tontonan Anda sendiri karena tidak ditemukan oleh audiens target Anda di hasil pencarian mesin pencari.

Search Engine Optimization atau disingkat SEO adalah salah satu strategi digital marketing yang banyak dijalankan oleh pelaku usaha di dunia. Bukan berlebihan, itu memang nyata adanya. SEO membantu meningkatkan peringkat website dan mendatangkan pelanggan potensial melalui pencarian mesin pencari.

Anda perlu menjalankan SEO jika Anda ingin website bisnis Anda menghasilkan banyak pelanggan online. Cara kerja SEO yaitu mengoptimalkan website Anda untuk muncul di halaman 1 mesin pencari dengan keyword relevan. Nah jika merek Anda muncul di halaman depan mesin pencari, maka Anda akan memperoleh banyak prospek berkualitas.

3. Iklan PPC

Jika Anda ingin memperoleh hasil dengan cepat, maka menjalankan PPC adalah pilihan yang tepat. Seperti namanya Pay Per Click (PPC) adalah strategi pemasaran berbayar dengan menggunakan sistem per klik. Yaitu Anda hanya akan membayar kepada pihak ketiga apabila iklan Anda di klik oleh audiens target Anda.

PPC ada banyak jenisnya namun yang paling populer yang banyak di jalankan oleh pelaku usaha Indonesia adalah Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan Youtube Ads. Anda bisa menjalankan iklan PPC untuk memperoleh prospek dengan instan tanpa menunggu lama.

Anda bisa menggunakan Google Ads untuk menarik lebih banyak prospek website dengan proses setting beberapa menit saja. Atau Anda bisa menjalankan iklan Facebook dan Instagram untuk mendapatkan pelanggan dari sosial media.

4. Sosial Media Organik

Keberadaan merek di jejaring sosial media juga penting untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu menghadirkan merek online di sosial media dapat membantu meningkatkan penjualan. Saat ini banyak konsumen melakukan pembelian melalui sosial media dan Anda juga bisa mendapatkan pelanggan dari sosial media.

Anda bisa membuat akun sosial media seperti Facebook, Instagram dan Twitter khusus untuk bisnis Anda. Apabila Anda secara konsisten membuat konten-konten menarik dan bermanfaat bagi audiens target, ini dapat meningkatkan kepercayaan mereka.

Nah itulah peran digital marketing di masa pandemi yang harus Anda ketahui. Jika Anda ingin menggunakan layanan digital marketing profesional, jangan ragu menggunakan jasa Studio Web. Kami adalah perusahaan digital marketing yang menyediakan berbagai jenis layanan digital marketing profesional. Jangan ragu untuk menghubungi kami, konsultasikan semua kebutuhan pemasaran online Anda dengan kami sekarang!

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!