Search Engine Optimization / Optimisasi Mesin Pencari (SEO) merupakan kumpulan teknik yang di terapkan pada website untuk meningkatkan jangkau lebih luas. Jika Anda melakukannya dengan benar maka Anda dapat memperoleh peringkat yang lebih baik dan lalu lintas potensial pun dapat meningkat. Itu mengapa mempelajari strategi SEO dapat membantu Anda mendapatkan keduanya.
Apabila Anda baru mulai mempelajari SEO, Anda perlu tahu pelacakan metrik SEO untuk membantu Anda mengevaluasi strategi mana yang akan berhasil mendatangkan penjualan. Pelacakan SEO menjadi sangat penting jika Anda ingin melakukan SEO pada website Anda, karena ini dapat memastikan investasi Anda sepadan dengan hasil yang akan Anda terima.
Mungkin bagi Anda yang baru mulai mengenal atau mempelajari SEO bertanya-tanya “apa itu pelacakan SEO dan mengapa begitu penting?” Pelacakan SEO adalah mengukur kinerja SEO untuk membantu menciptakan strategi SEO yang lebih baik lagi. Keuntungan terbesar menjalankan pemasaran digital adalah Anda bisa mengukur hampir semua strategi yang Anda jalankan.
Dia artikel ini kami telah menyiapkan beberapa metrik SEO yang sangat penting untuk dilacak. Terus membaca!
Metrik SEO Paling Penting untuk Dilacak
Untuk membantu Anda merencanakan strategi SEO yang berhasil, kami telah menyiapkan beberapa metrik SEO yang dapat Anda gunakan sebagai acuan dalam merencanakan strategi SEO. Berikut beberpa metrik SEO yang paling penting untuk dilacak yang harus Anda ketahui:
1. Lalu Lintas Organik
Lalu lintas sangat penting bagi website, apalagi lalu lintas organik, lalu lintas organik merupakan semua pengunjung yang datang ke situs web Anda atau blog Anda yang bersumber dari mesin pencari. Traffic merupakan salah satu metrik yang sangat penting untuk mengukur hasil SEO. Dengan melihat jumlah lalu lintas, Anda dapat mengetahui gambaran tentang kinerja situs web Anda secara umum dan dapat mengukur langsung strategi SEO Anda.
Tujuan utama dari strategi SEO adalah untuk meningkatkan lalu lintas organik. Itu mengapa metrik lalu lintas sangat penting untuk Anda lacak, karena dengan melacak lalu lintas organik dapat membantu Anda menemukan cara terbaik untuk strategi SEO Anda.
Ketika Anda melacak metrik lalu lintas, Anda dapat mengetahui seberapa baik peringkat Anda di mesin pencari. Jika peringkat Anda baik di mesin pencari, namun tidak memiliki banyak lalu lintas organik yang potensial. Anda dapat merencanakan kembali strategi SEO yang mutakhir untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas.
Untuk melacak metrik lalu lintas organik, Anda bisa menggunakan alat yang di sediakan oleh Google yaitu Google Analytics. Dengan alat ini Anda dapat melihat jumlah lalu lintas organik per bulan, per minggu bahkan per hari. Anda juga dapat mengetahui pengunjung baru, bounce rate dan banyak lagi.
2. Bounce Rate
Metrik SEO yang paling penting di lacak adalah bounce rate, dimana metrik SEO ini dapat menunjukan jumlah sesi kunjungan suatu halaman. Anda bisa melihat berapa banyak orang yang meninggalkan website Anda dengan segera tanpa melakukan keterlibatan lebih lanjut. Misalnya mengunjungi halaman lain di situs web Anda, atau melakukan panggilan.
Jika Anda bertanya “apakah bounce rate buruk untuk website?” Jika rasio bounce rate tinggi tentu saja buruk bagi website Anda. Karena website yang baik memiliki tingkat pentalan yang rendah, itu artinya tingkat kepuasan pengunjung bagus. Jadi tidak heran jika hampir semua spesialis jasa SEO menyarankan pemilik website memiliki konten berkualitas untuk mengurangi tingkat pentalan.
Ketika Anda melacak metrik bounce rate, Anda akan mengetahui halaman web Anda yang memiliki tingkat pentalan tinggi. Dengan demikian Anda dapat memperbaiki halaman tersebut dengan segera. Selain itu juga dengan melacak metrik bounce rate dapat mengetahui apakah kecepatan web Anda sudah maksimal. Karena kecepatan mempengaruhi tingkat pentalan yang tinggi.
3. Kecepatan Halaman
Kecepatan halaman adalah metrik SEO yang penting untuk dilacak, karena kecepatan halaman salah satu penyebab tingkat bounce rate tinggi. Salah satu penyebab website tidak mendapatkan banyak prospek adalah karena halaman web lambat dalam memuat. Bayangkan saja jika Anda mengunjungi situs website yang terlalu lama memuat, pastinya Anda akan bosan menunggu dan lebih memilih mengunjungi website lain.
Nah ketika Anda melacak kecepatan website, ini dapat membantu Anda dalam memaksimalkan kecepatan website Anda. Anda mungkin tahu bahwa waktu pemuatan halaman yang lambat dapat berdampak buruk pada pendapatan lalu lintas. Itu artinya memperhatikan metrik SEO ini adalah tindakan bagus untuk menciptakan strategi SEO yang baik.
4. Lalu Lintas Sosial
Selanjutnya metrik SEO yang penting di lacak adalah lalu lintas sosial. Lalu lintas sosial adalah adalah lalu lintas yang berasal dari media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan masih banyak lagi. Pengunjung yang di arahkan ke website melalui media sosial di sebut sebagai lalu lintas sosial.
Ketika Anda melacak metrik SEO ini, Anda dapat melihat seberapa baik pemasaran media sosial Anda dan apakah ini memberikan keuntungan bagi Anda. Apabila jumlah lalu lintas sosial Anda terus bertambah setiap harinya, ini artinya konten Anda di berhasil mengarahkan pengguna mengklik link pada postingan media sosial Anda.
5. Peringkat Kata Kunci
Salah satu metrik SEO terpenting yang tidak boleh Anda lupakan adalah peringkat kata kunci. Cara terbaik mendatangkan lalu lintas potensial adalah dengan menentukan kata kunci yang memiliki volume pencarian. Percuma saja jika Anda memiliki konten berkualitas tinggi dan mendapatkan peringkat nomor 1 hasil pencarian, namun tidak menggunakan kata kunci yang relevan.
Meskipun Anda mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian, Anda tidak akan menghasilkan lalu lintas potensial, jika Anda menggunakan kata kunci yang tidak ditargetkan untuk audiens target Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena dengan melacak metrik peringkat kata kunci, Anda dapat mengetahui kata kunci mana yang dapat menghasilkan lalu lintas berkualitas.
6. Tautan Balik
Hingga kini backlink masih berpengaruh terhadap peringkat dan lalu lintas website. Jika Anda melacak backlink, ini dapat membantu Anda mengetahui seberapa bagus konten yang Anda miliki. Apabila konten yang Anda buat memiliki kualitas dan keunikan yang tidak dimiliki oleh pesaing, maka akan ada banyak backlink yang mendatangi Anda.
Tautan balik merupakan tautan ke situs website Anda dari situs web lain. Seperti yang telah Anda baca sebelumnya, jika Anda memiliki konten yang berkualitas, maka website orang lain tidak akan sungkan mengarahkan ke halaman web Anda untuk informasi yang lebih lengkap. Perlu Anda tahu bahwa mesin cenderung memberikan penghargaan kepada situs web yang memiliki banyak backlink, apalagi jika backlink tersebut dari dari sumber yang berkualitas.
Membangun backlink berkualitas tidak semudah yang di bayangkan, karena Anda tidak memiliki kendali langsung terhadap website apa yang menautkan ke situs web Anda. Namun Anda dapat menyiasatinya dengan fokus pada pelacakan tautan balik yang ada. Anda juga bisa menggunakan informasi ini untuk membantu Anda dalam membangun strategi konten yang lebih baik lagi.
7. Tingkat Konversi
Hampir semua orang setuju bahwa tingkat konversi merupakan metrik SEO yang terpenting untuk dilacak. Konversi terjadi apabila prospek menyelesaikan tindakan yang Anda inginkan. Konversi tidak hanya melakukan tindakan panggilan, namun konversi juga bisa berupa berlangganan artikel Anda. Namun untuk bisnis, konversi sering di kaitkan dengan pembelian yang di lakukan oleh pengunjung.
Memiliki 10.000 pengunjung per bulan adalah hal yang luar biasa, namun dapat mengubah mereka 20% menjadi pelanggan adalah hal yang wajib Anda fokuskan. Apalagi jika tujuan Anda melakukan SEO untuk mendapatkan penjualan, maka melacak tingkat konversi menjadi sangat penting.
Melacak konversi merupakan salah satu cara bagus untuk mengetahui apakah strategi SEO Anda berhasil. Ketika Anda menemukan hal yang membuat pengunjung tidak mengkonversi, ini akan memudahkan Anda untuk merencanakan strategi SEO yang lebih baik untuk website Anda.