Ini 3 Cara Jitu untuk Memasarkan Produk dan Jasa Ke Luar Negeri

cara memasarkan produk ke luar negeri

Belum tahu cara jitu untuk memasarkan produk ke luar negeri? Sepertinya panduan ini bisa Anda baca sembari duduk santai dan menyeruput kopi.

Saat ini semua orang bisa jualan produk atau jasa ke berbagai tempat, tidak hanya di Indonesia tetapi meluas sampai ke mancanegara.

Mungkin beberapa dari pembaca ada yang sudah tahu, produk yang murah di Indonesia bisa laku dengan harga  berkali-lipat lebih mahal di luar negeri.

Ini bukan hal yang asing, alasan kenapa terkadang produk kita laris manis dengan harga yang fantastis di luar negara karena mungkin barang/produk tersebut belum begitu banyak yang menjualnya.

Butuh contoh? Misalnya saja tempe makanan asli Indonesia yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat karena rasanya yang unik dan gurih. Di tanah air, harga tempe ini murah sekali mulai dari Rp16.000 – Rp17.000 per kg.

Sementara itu, di negara-negara eropa harga produk kedelai ini bisa mencapai Rp25.000 – Rp45.000 per kg-nya. Bayangkan saja dulu, misal Anda berhasil menjadi eksportir tempe sudah berapa banyak keuntungan per bulannya?

Namun, ada satu kendala yang membuat banyak penjual kesulitan memanfaatkan peluang ini. Tantangan terbesarnya ada di promosi, banyak yang masih kebingungan dengan strategi memasarkan produk ke luar negeri.

Jarak lokasinya sangat jauh, bagaimana caranya agar para bule di sana bisa tahu produk atau jasa yang kita jual? Kami akan jelaskan semuanya di bawah.

Persiapan Sebelum Promosi Produk ke Luar Negeri

Untuk mempromosikan produk atau layanan Anda dari jauh, maka kita perlu memanfaatkan media online dengan maksimal. Kamu perlu memperhatikan media promosi yang efektif untuk promosi.

Ini sudah eranya globalisasi, semestinya para pemilik bisnis tidak lagi ragu untuk mulai serius mengembangkan teknik pemasaran melalui online.

Sekarang coba jawab pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa siap Anda bersaing di market global:

  1. Sudah punya sosial media untuk promosi?
  2. Apakah sudah memiliki website?

Jika dua hal di atas belum Anda penuhi, maka tandanya masih ada hal yang perlu diperbaiki untuk mempromosikan produk ke tingkat global.

Mengapa demikian?

Pertama, akun sosial media menjadi tempat promosi yang termudah untuk dicoba. Anda bisa memulainya tanpa harus mengeluarkan biaya. Anda bisa membuat halaman bisnis, menciptakan konten yang unik, dan membagikannya ke berbagai jaringan sosial media

Baca juga: 5 Cara Memilih Platform Media Sosial Terbaik untuk Promosi Bisnis Anda

Kedua, website menjadi media untuk mempermudah calon konsumen Anda mengetahui info produk, layanan jasa dengan lebih mudah dan terlihat profesional. Anda perlu mengupdate konten artikel website berkala, memperhatikan kerapian tampilan web-nya agar calon customer merasa tertarik.

Website dan akun sosial media bisnis adalah kedua modal penting untuk mempromosikan produk ke luar negeri. Namun apakah dengan membuat akun sosmed dan website saja sudah cukup?

Tentu saja belum, itu baru permulaan kita belum bicara teknik mempromosikannya.

3. Teknik Pemasaran Global yang Wajib Dicoba Tahun Ini

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya. Jika Anda melakukan strategi pemasaran berikut dengan tepat, maka bisnis kalian mungkin akan lebih berkembang daripada sebelumnya.

Lantas, apa saja cara memasarkan agar produk atau jasa bisa dikenal oleh konsumen luar negeri?

1. Memberanikan Diri untuk Mencoba Iklan Berbayar

Pertama, Anda bisa menjalankan kampanye iklan berbayar di platform tertentu. Saat ini kebanyakan pemilik bisnis mengandalkan dua promosi berbayar yaitu di Google Ads dan Facebook Ads.

Keduanya merupakan alat promosi jitu yang bisa mempermudah jangkauan bisnis ke mancanegara baik itu penjualan produk atau layanan jasa.

Mesin pencari seperti Google digunakan oleh miliaran orang di berbagai belahan dunia. Dengan penargetan yang tepat, kata kunci yang pas, Anda bisa memperkenalkan bisnis di platform tersebut dengan bantuan Google Ads.

Gambar: Contoh iklan google di mesin penelusuran

Begitu juga dengan Facebook menjadi sosial media lainnya dengan pengguna aktif bulanan terbanyak di dunia. Contoh, di Amerika Serikat ada sekitar 70% orang yang menggunakan sosial media ini.

Iklan berbayar bisa digunakan untuk memasarkan produk seperti pakaian, aksesoris, souvenir. Selain itu, untuk jasa kebanyakan orang luar negeri banyak yang mencari paket wisata, kursus online, dan sebagainya.

2. Menerapkan Strategi Promosi Jangka Panjang dengan SEO

Strategi promosi berikutnya yang bisa mendukung jangkauan pasar global yaitu SEO (Search Engine Optimization). Teknik promosi ini mengandalkan kata kunci agar bisa muncul di halaman pencarian Google. Utamanya berusaha agar bisa tampil di page one dengan harapan orang-orang bisa semakin mudah untuk mengetahui bisnis yang Anda miliki.

Metode pemasaran ini memang cenderung membutuhkan keahlian teknis. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk mempelajarinya, konsistensi dan keinginan untuk terus belajar sangatlah penting.

Adapun bagian penting yang perlu Anda perhatikan seperti, memastikan tampilan website bisa diakses dengan cepat dan tampilannya rapi. Selain itu, pembuatan konten secara berkala sesuai dengan cakupan temanya, hingga mempromosikannya ke media sosial.

Namun, apabila kalian berhasil menerapkannya maka ini bisa menjadi keuntungan yang luar biasa untuk jangka panjang. Budget iklan berbayar menjadi lebih hemat berkat adanya teknik pemasaran SEO.

3. Mencari Mitra Bisnis yang Bisa Dipercaya

Terakhir, Anda bisa mencari mitra bisnis untuk diajak bekerja sama. Pada awalnya cara ini mungkin terdengar mustahil, tetapi sebenarnya tidak. Untuk menemukan mitra usaha di luar negeri, terlebih dahulu kalian harus membuktikan bahwa bisnis Anda kredibel dan memang siap untuk bersaing secara global.

Namun, sebelum itu mulailah dari memperhatikan cara berkomunikasi. Anda bisa belajar bahasa inggris atau memanfaatkan fitur translate yang sekarang sudah bisa kita akses dengan mudah di HP atau komputer.

Terlebih dahulu pastikan untuk menjamin kualitas. Jika memasarkan produk maka perhatikan mutu dan juga bahan produksinya. Orang luar negeri sangat memperhitungkan hal ini, mereka rela bayar mahal asalkan bisa mendapatkan produk yang memuaskan.

Sementara itu, untuk layanan jasa maka pengalaman pengguna, keramahan komunikasi, berusaha untuk fast respons, dan memberikan layanan terbaik sesuai dengan bidang bisnis yang Anda kelola.

Anda bisa menjumpai mitra bisnis online di grup-grup sosial media, forum, dan sebagainya. Tentukan terlebih dahulu negara mana yang menjadi target pasar, untuk mempermudah proses pencariannya.

Baca juga: Cara Moncer Memasarkan Produk Makanan yang Efektif

Promosikan Bisnis Anda Sampai ke Luar Negeri dengan Bantuan Studio Web

Ingin produk atau jasa bisa menyasar customer-customer dari luar negeri? Anda bisa mencoba menggunakan layanan dari Studio Web. Kami menyediakan layanan iklan Google dan juga jasa SEO. Kami juga menyedikan pembuatan website, landingpage, iklan meta/ig.

Tim kami telah berpengalaman melakukan setting iklan untuk menargetkan customer dari luar negeri. Anda bisa memilih sendiri negara mana yang akan menjadi target promosi misalnya seperti : Amerika Serikat, Australia, Inggris, Prancis, dan sebagainya.

Untuk kata kunci juga akan menyesuaikan menggunakan bahasa yang sesuai dengan negara tujuan. Sementara itu, untuk teknik pemasaran SEO lebih berfokus ke kata kunci berbahasa inggris dengan volume penelusuran tinggi (banyak orang-orang mencarinya).

Nantinya tim kami juga akan bantu riset kata kunci tersebut sesuai dengan bisnis yang Anda punya. Tunggu apalagi? Ini saatnya untuk go internasional, bersiaplah untuk memasarkan produk ke luar negeri dengan mudah dan praktis melalui bantuan Studio Web, dapatkan penawaran terbaru untuk pasang Google Ads dan memulai SEO target pelanggan global.

Rate this post
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!