Setelah kita mengetahui manfaat loyalty program dan betapa penting perannya dalam sebuah perusahaan, maka untuk selanjutnya kita bahas contoh program loyalitas.
Dalam menjalankan sebuah bisnis, perlu bagi Anda untuk memperhatikan kepuasan pelanggan. Karena hal ini berkaitan dengan keberlangsungan dan perkembangan perusahaan agar lebih maju.
Gambarannya seperti ini. Misalkan pelanggan Anda merasa puas dengan apa yang kita berikan, mulai dari harga, kualitas produk atau jasa, pelayanan, dan sebagainya. Apalagi jika kita memberikan benefit lebih, maka mereka akan terus menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan.
Jadi selain kebutuhannya terpenuhi, mereka juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Jadi hal tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual.
Namun untuk mendapatkan customer yang loyal perlu adanya strategi khusus. Salah satunya ya dengan menerapkan program loyalitas pelanggan ini. Tetapi perlu Anda ketahui ada beberapa macam program loyalitas yang bisa digunakan. Maka dari itu, pilih dengan tepat dan yang sesuai kebutuhan bisnis Anda.
4 Contoh Loyalty Program Untuk Anda Coba
Dalam penerapannya, memang ada berbagai macam cara efektif untuk memanjakan para customer melalui program loyalitas. Berikut di bawah ini sudah Kami rangkum beberapa contoh dari program loyalitas pelanggan yang bisa Anda coba.
1. Loyalty Point
Point loyalitas menjadi salah satu program yang sudah banyak dilakukan pada berbagai perusahaan. Caranya juga cukup sederhana, pelanggan yang membeli produk atau menggunakan jasa Anda akan mendapatkan poin dalam jumlah transaksi tertentu.
Kemudian customer bisa mengumpulkan poin tersebut. Jika sudah mencukupi jumlah yang sudah ditentukan oleh perusahaan sebelumnya, maka mereka bisa menukarnya dengan hadiah yang sudah disediakan.
Misalnya saja dengan pemberian produk, potongan harga, dan lain sebagainya. Tergantung kebijakan perusahaan dan tentunya tetap menguntungkan untuk kedua belah pihak.
2. Kemitraan
Contoh program loyalitas yang kedua adalah dalam bentuk kemitraan. Dimana pelanggan loyal mempunyai kesempatan untuk menjadi partner atau mitra kerja pada perusahaan tersebut. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan harga produk yang spesial dan tentunya lebih murah.
Program yang satu ini biasa disebut dengan sistem endorsement terhadap customer yang mempunyai keberadaan kuat di sosial media. Jadi nantinya pelanggan harus menyebarluaskan dan memasarkan produk perusahaan melalui akun media sosial punya mereka. Kemudian pelanggan berhak mendapatkan produknya secara gratis dengan tambahan hadiah lainnya atau sesuai perjanjian.
3. Event Terbatas
Anda bisa memberikan program loyalitas pelanggan event terbatas ini secara umum maupun individu. Untuk umum, Anda bisa memberikannya pada event-event musiman atau tahunan. Misal pada Hari Raya Idul Fitri, Hari Belanja Nasional, dan sebagainya. Jadi saat momen tersebut Anda bisa memberikan keuntungan atau benefit lebih kepada pelanggan. Bisa dengan potongan harga (diskon), pemberian cashback, atau lainnya.
Sedangkan event terbatas untuk pribadi Anda bisa memberikan keuntungan pada klien pada hari spesial. Misalnya dengan memberikan promo khusus, beli satu dapat satu ketika konsumen sedang berulang tahun.
Pada dasarnya, sebagai seorang pemilik perusahaan Anda harus memberikan perhatian lebih untuk pelanggan saat momen spesial mereka. Jadi pembeli secara emosional dapat mendekatkan dirinya pada bisnis Anda.
4. Program Value Brand
Contoh program loyalitas pelanggan yang satu ini bertujuan untuk menguntungkan customer sekaligus dapat memperkuat value dari sebuah brand. Misalkan dengan potongan harga atau cashback untuk mendapatkan perhatian konsumen agar mau membelinya secara terus-menerus.
Untuk semakin membuat pelanggan tertarik, Anda bisa memberi batasan atau jumlah terhadap kupon ini. Sebagai contohnya bisa dengan memberikan kupon terbatas cuma untuk 30 orang pertama yang bertransaksi atau berlaku hanya selama 24 jam saja.
Nah, itulah contoh program loyalitas yang bisa Anda terapkan pada bisnis. Memang untuk membuat pelanggan setia atau loyal membutuhkan strategi yang khusus. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mewujudkannya. Maka dari itu, Anda bisa mencoba cara diatas untuk diterapkan pada bisnis Anda untuk mencapainya.
Mau mengaplikasikan program tersebut pada toko online Anda tapi tidak bisa? Bingung caranya? Pengen membuat toko online yang menerapkan program loyalitas untuk pelanggan? Jangan khawatir, percayakan saja pada tim Studioweb. Kami siap membantu Anda untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Jadi tunggu apalagi? Hubungi dan konsultasikan dengan tim kami sekarang juga melalui kontak resmi yang sudah tersedia di situs Studioweb.co.id sekarang juga!