Dalam dunia pemasaran mesin pencari, kata kunci menjadi elemen paling penting. Itu sebabnya memilih kata kunci yang tepat dan relevan untuk situs web Anda menjadi sangat penting dan wajib dilakukan. Karena kata kunci yang relevan adalah penentu keberhasilan bisnis Anda untuk mendapatkan lalu lintas berkualitas ke situs web Anda. Jika Anda melakukan penelitian kata kunci dengan tepat, Anda akan tahu kata kunci mana yang dapat mengarahkan lalu lintas berharga ke situs web Anda.
Setiap bisnis memiliki pesaing, begitupun dengan bisnis Anda, Tapi Anda dapat mengambil manfaat dari pesaing Anda lho? Ya tepat sekali, Anda dapat menemukan kata kunci relevan dari pesaing Anda. Dengan mengetahui kata kunci pesaing dan informasi backlink mereka, ini akan membantu untuk membangun keunggulan kompetitif. Sangat penting untuk mengetahui aktivitas pemasaran pesaing Anda, Anda perlu memantau apa yang mereka kerjakan dan menggunakan kata kunci apa untuk mengarahkan lalu lintas.
Jadi, bagaimana cara untuk menemukan kata kunci pesaing Anda? Kami disini sudah menyiapkan cara sederhana dan praktis untuk menemukan kata kunci pesaing Anda. Tidak perlu waktu lama, langsung saja Anda simak tulisan di bawah dan mulai mengikutinya.
Artikel terkait: Apa itu Riset Kata Kunci dan Bagaimana Melakukannya?
1. Analisis Situs Website Pesaing
Dengan menganalisis situs website pesaing, Anda dapat menemukan berbagai informasi yang Anda butuhkan. Menganalisis situs website pesaing akan sangat bermanfaat untuk memahami strategi promosi mereka. Dengan begitu Anda dapat membuat situs website Anda dioptimalkan ke arah kata kunci yang relevan yang Anda dapatkan dari analisis situs web pesaing.
Anda dapat melihat isi dari situs web pesaing Anda untuk melihat kata kunci yang mereka gunakan untuk menarik lebih banyak lalu lintas ke situs websitenya. Biasanya akan ada banyak konten terbaru yang terdapat di dalam situs website pesaing Anda, dan ketika Anda menemukan kata kunci yang relevan. Anda dapat mengujinya di pencarian organik untuk melihat seberapa banyak volume pencarian dari kata kunci tersebut.
Jika kata kunci tersebut memiliki volume pencarian yang lumayan banyak, Anda dapat menggunakan kata kunci tersebut untuk ide konten Anda. Tapi ingat buatlah judul konten yang tidak sama persisis dengan apa yang di buat oleh pesaing Anda. Anda juga harus membuat isi dari konten Anda lebih menarik dibanding dengan milik pesaing Anda, sehingga mesin pencari dapat memberikan peringkat lebih tinggi untuk konten Anda.
2. Menggunakan Alat Penelitian Kata Kunci dari Google
Sudah tidak asing lagi dengan Google Keyword Planner semua pebisnis menggunakan alat ini untuk menemukan berbagai kata kunci yang terkait dengan industri mereka. Bahkan mungkin Anda juga telah menggunakan alat ini untuk menemukan kata kunci yang di targetkan untuk situs web dan konten Anda. Tapi apakah Anda tahu bahwa Google Keyword Planner bisa untuk melihat kata kunci pesaing Anda?
Begini caranya, Anda masuk ke Google Keyword Planner, lalu lakukan langkah-langkah berikut:
- Setelah Anda masuk ke akun Google Keyword Planner Anda pilih “cari kata kunci baru menggunakan frasa atau kategori”
- Langkah kedua Anda masukan URL pesaing Anda dan klik “Get Results”
- Sekarang Anda dapat melihat kata kunci pesaing Anda, dan Anda dapat memilih kata kunci yang sesuai dengan apa yang akan Anda buat untuk konten Anda
Dengan Menggunakan alat ini akan memudahkan Anda dalam menemukan kata kunci pesaing Anda dan yang lebih keren dari alat ini adalah cukup akurat.
3. Menggunakan Alat Penelitian Kata Kunci SEMrush
SEMrush adalah alat penelitian kata kunci yang mengagumkan, karena alat ini adalah alat yang sempurna untuk analisis kompetitif. Dan yang lebih hebat dari alat ini adalah mengidentifikasi pesaing potensial yang dapat Anda gunakan untuk melihat kata kunci pesaing Anda. Meskipun Anda harus membayar alat ini, tapi alat ini dapat memberi traffic untuk situs web Anda.
SEMrush adalah alat analis pesaing terbaik, karena alat ini menyediakan fasilitas untuk memata-matai pesaing Anda. Anda dapat melihat rincian lengkap seperti pencarian organik, pencarian berbayar bahkan backlink sekalipun dapat Anda temukan di sana. SEMrush adalah alat penelitian kata kunci berbayar, tapi Anda tidak perlu khawatir karena SEMrush memberi Anda akun uji coba selama 14 hari secara gratis.
Cara untuk melihat kata kunci pesaing Anda menggunakan alat ini sebai berikut:
- Kunjungi situs SEMrush lalu masuk ke akun Anda
- Masukkan URL pesaing Anda
- Klik di kata kunci organik teratas
- Lalu Anda akan memiliki daftar kata kunci untuk situs web yang mendapatkan lalu lintas. Di situ Anda dapat mengurutkan volume pencaria, lalu lintas dan tren.
- Anda juga dapat menemukan kata kunci ekor panjang dari daftar.
Dengan menggunakan alat ini Anda dapat melihat data pesaing Anda, dan ini dapat membantu Anda untuk mencari tahu kata kunci dan backlink dari pesaing Anda.
Anda telah melihat cara praktis menemukan kata kunci pesaing, kini Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk menemukan kata kunci pesaing Anda. Jika Anda ingin lebih di atas dari pesaing Anda, Anda harus lebih memahami pentingnya mempelajari tentang kata kunci pesaing Anda lebih lanjut.
Jika Anda kesulitan untuk melakukan ini, Anda dapat meminta bantuan kepada ahlinya. Hubungi saja tim kami untuk melakukan analisis kata kunci dari pesaing Anda. Kami siap untuk melakukan yang terbaik untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.