Ingin tahu cara praktis mencari / menemukan kata kunci (keyword) untuk membuat artikel website? Dalam pembuatan artikel atau konten website di perlukan kata kunci relevan terkait dengan apa yang Anda tawarkan. Sehingga pengunjung website Anda adalah orang-orang tertarget. Manfaat utama dari kata kunci adalah untuk mendatangkan orang-orang yang tepat sasaran, ini mengapa kata kunci sangat penting dalam pembuatan konten website.
Karena percuma saja jika konten Anda mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian namun tidak menggunakan kata kunci relevan. Meskipun Anda mendapatkan banyak pengunjung mungkin itu tidak berarti bagi penjualan Anda. Jadi jika Anda membangun website dengan tujuan meningkatkan penjualan maka Anda wajib membuat konten yang mengandung kata kunci relevan terkait industri Anda.
Kata kunci berpengaruh besar dan meningkatkan SEO pada website Anda. Karena konten yang mendung kata kunci relevan akan lebih mudah di baca oleh mesin pencari sehingga konten dapat di tampilkan di hasil pencarian. Jadi ketika Anda membuat konten website pastikan Anda menggunakan kata kunci yang memiliki pencarian terkait dengan industri Anda.
Nah di tulisan ini kami telah menyiapkan cara mencari / menemukan kata kunci untuk ide membuat konten website. Mari pelajari dibawah ini!
Cara Mencari / Menemukan Kata Kunci Untuk Ide Konten Website
Apabila tujuan Anda membuat konten untuk mendatangkan pengunjung potensial maka wajib mengandung kata kunci relevan dengan industri Anda. Kata kunci di gunakan pada judul konten, heading, meta description dan pada isi konten. Ini berfungsi untuk memudahkan mesin pencari membaca maksud dari konten Anda sehingga mereka mudah dalam merayapi dan mengindeks halaman konten yang telah Anda buat. Berikut cara menemukan Kata Kunci untuk ide membuat konten pada website / blog.
1. Menggunakan Tools Riset Keyword
Cara menemukan kata kunci yang pertama yaitu menggunakan keyword research tool. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan cara ini yaitu menemukan kata kunci melalui alat penelitian kata kunci. Ada banyak alat yang bisa Anda gunakan untuk menemukan kata kunci untuk ide judul konten Anda. Pada umumnya alat penelitian kata kunci yang sering digunakan adalah Google Keywod Planner. Alat penelitian kata kunci dari Google ini cukup efektif karena menunjukan data yang lengkap mulai dari hasil keyword, average monthly searches, Competition dan banyak lagi.
Cara menggunakan alat penelitian kata kunci dari Google cukup mudah, Anda kunjungi situs resmi dari Google Keyword Planner. Jika Anda belum mendaftar, Anda bisa mendaftarkan akun Google Anda sesuai dengan arahan dari Google Keywod Planner. Setelah terdaftar Anda bisa langsung mencari kata kunci sesuai dengan industri Anda.
Untuk contoh Anda bisa melihat gambar di bawah ini, kami menggunakan ide kata kunci “internet marketing”.

Jika Anda telah mendaftarkan akun Google Anda maka Anda akan memasuki halaman seperti gambar diatas. Anda dapat mengklik icon yang kami tandai seperti di atas untuk menemukan kata kunci yang kemudian muncul halaman seperti dibawah ini.

Di halaman ini Anda bisa mengetikan ide kata kunci yang ingin Anda temukan. Disini kami menggunakan ide kata kunci “internet marketing” lalu di klik icon “Get Results” untuk menampilkan hasil.

Setelah itu Anda akan mendapatkan hasil seperti di atas. Anda dapat melihat hasil keyword dan jumlah rata-rata pencarian per bulan dan kompetisi. Dari hasil kata kunci ini Anda dapat menggunakan sebagai ide pembuatan konten Anda.
2. Google Autocomplete
Cara lain yang lebih praktis untuk menemukan kata kunci sebagai ide konten adalah dengan Google Autocomplete. Dimana Anda cukup mengetikan ide kata kunci pada kolom pencarian Google lalu Google akan secara otomatis melengkapi kata kunci yang Anda ketikan. Contohnya Anda bisa melihat pada gambar di bawah ini.

Anda bisa mengetikan kata kunci berdasarkan dengan industri Anda. Kata kunci yang dihasilkan oleh Google Autocomplete ini merupakan kata-kata yang cukup sering di ketikan oleh pengguna Google, jadi dapat di pastikan kata kunci tersebut adalah kata kunci yang memiliki peluang untuk diketikan oleh audiens target Anda.
3. Google Related Search
Cara mencari kata kunci yang terakhir adalah dengan Google Related Search. Cara ini pun sangat mudah karena Anda bisa menemukan ide kata kunci tepat di bawah hasil pencarian Google. Jika Google Autocomplete dapat Anda lihat di bagian atas ketika Anda mengetikan kata kunci sedangkan Google Related Search terdapat pada bagian bawah hasil pencarian.

Kata kunci Google Related Search terletak pada bagian bawah hasil pencarian. Anda bisa menggunakan ide kata kunci ini untuk membuat konten pada website Anda. Kata kunci ini cukup efektif karena merupakan kata kunci yang juga sering di kertikan oleh pengguna Google.
Nah dari ke tiga cara menemukan kata kunci ini bisa Anda lakukan dengan sangat mudah dan praktis. Jika Anda membutuhkan bantuan jasa bikin konten website jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membuat konten website yang muncul di hasil pencarian Google untuk menghasilkan pengunjung berkualitas.