Setelah memiliki website Anda harus tau cara mengoptimalkan SEO pada website, jika tidak maka situs web Anda tidak akan menghasilkan apa-apa. Apabila website Anda ingin di kunjungi oleh orang-orang yang tepat sasaran itu artinya Anda wajib mengoptimalkannya.
Dalam pemasaran online terdapat banyak platform untuk mempromosikan bisnis, salah satunya adalah website. Dengan website, Anda bisa menjangkau pasar lebih luas, mendatangkan lebih banyak prospek dan tentu saja bisa membantu meningkatkan konversi.
Nah untuk memperoleh peringkat, prospek, konversi dan penjualan maka Anda perlu meningkatkan SEO pada website Anda. SEO adalah proses pengoptimalan website untuk meningkatkan peringkat sehingga situs web menghasilkan lebih banyak lalu lintas.
Lalu bagaimana cara mengoptimalkan website untuk SEO? Mudah saja, cara mengoptimalkan website yang sudah kami tulis ini dapat meningkatkan SEO website Anda. Ini akan membuat situs web Anda lebih di sukai pengguna dan mesin pencari.
Mari pelajari langkah-langkah berikut:
1. Analisis Semua Data Website
Saat seorang melakukan pemasaran tentu saja mereka perlu melakukan analisis semua data. Sama seperti mengoptimalkan website untuk SEO, maka hal yang perlu Anda lakukan ialah menganalisis semua data website Anda. Ini dapat membantu Anda menemukan strategi yang tepat untuk industri Anda.
Untuk menemukan data website, Anda bisa menggunakan alat seperti Google Analytic dan Google Console. Kedua alat ini dapat membantu Anda mendapatkan data yang dibutuhkan. Misalnya saja jumlah lalu lintas, konten mana yang paling banyak mendapatkan traffic, perangkat apa yang di gunakan oleh pengunjung dan banyak lagi.
Dengan mengetahui semua data ini, Anda bisa memperbaiki strategi yang kurang menghasilkan dan meningkatkan konten-konten mana yang menghasilkan banyak pengunjung. Jika Anda memanfaatkan data website, akan sangat bagus untuk perkembangan situs web Anda kedepannya.
2. Riset Kata Kunci
Jika Anda mempelajari SEO tentu saja Anda perlu mempelajari riset keyword. Dalam mengoptimalkan SEO website, maka Anda harus melibatkan kata kunci relevan dengan industri Anda. Jika Anda asal menggunakan keyword, maka lalu lintas yang di peroleh tidak berpengaruh pada jumlah konversi Anda.
Itu mengapa Anda perlu menggunakan keyword yang benar-benar memiliki volume pencarian terkait produk / layanan Anda. Selain mendatangkan lalu lintas potensial, kata kunci juga berfungsi sebagai ujung tombak untuk meningkatkan penjualan.
Untuk menemukan kata kunci relevan Anda bisa melakukan riset keyword dengan menggunakan berbagai alat seperti Google Keyword Planner, Moz, Ubersuggest dan alat lainnya. Dengan bantuan alat ini Anda bisa menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian mesin pencari.
3. Membuat Konten-Konten Relevan & Kaya Nilai
Selain kata kunci, elemen yang juga sangat penting ialah konten. Dalam pengoptimalan website Anda perlu menyajikan konten-konten relevan yang kaya makna. Konten yang disajikan haruslah memberi solusi kepada audiens target Anda.
Libatkan keyword untuk setiap konten yang Anda buat, dengan begitu konten yang Anda buat akan di temukan oleh orang-orang yang Anda targetkan. Ini adalah salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung potensial. Sehingga peluang mendapatkan konversi semakin terbuka lebar.
Konten yang memberikan solusi dari permasalahan audiens target sangat disukai oleh mereka dan bisa membawa mereka untuk mengkonversi. Jadi pastikan Anda membuat konten yang bermanfaat bagi audiens target sehingga mereka lebih menyukai bisnis Anda.
4. Mengoptimalkan SEO Onpage
Mengoptimalkan website berarti mengoptimalkan SEO on-page pada setiap halaman web Anda. SEO onpage merupakan proses pengoptimalan website dari dalam yaitu halaman web. Pengoptimalan SEO on page mencangkup tag judul, subheading, teks alt gambar, description meta dan lain sebagainya.
Dalam mengoptimalkan SEO halaman, Anda perlu melibatkan kata kunci yang di targetkan supaya halaman web Anda ini di kunjungi oleh orang-orang yang tepat sasaran. Selain itu dengan kata kunci relevan membuat situs web Anda di sukai oleh mesin pencari.
Libatkan kata kunci tertarget pada subjudul, meta deskripsi, isi, dan teks alt gambar Anda. Dengan begitu Google dapat memahami apa yang Anda bicarakan. Ini akan mempermudah mesin pencari mengindeks dan memberi peringkat pada halaman web Anda.
5. Mengoptimalkan SEO Off Page
Selain mengoptimalkan SEO onpage, hal lain yang perlu Anda lakukan ialah mengoptimalkan SEO off-page. Teknik SEO ini mengacu pada pengoptimalan website melalui cara eksternal. Misalnya saja blogging tamu, share ke sosial media dan lainnya untuk membantu meningkatkan SEO website Anda.
Salah satu jenis optimasi SEO ini berfungsi untuk mendatangkan lalu lintas dari sumber lain, misalnya saja dari sosial media. Tidak hanya itu SEO off page juga cukup membantu dalam meningkatkan peringkat situs web, asalkan dilakukan dengan teknik yang tepat dan disukai oleh mesin pencari.
6. Jadikan Situs Web Mobile Friendly
Jika Anda tidak ingin kehilangan konversi melalui perangkat seluler, maka menjadikan situs web Anda mobile friendly adalah keputusan yang tepat. Tidak hanya itu karena ini adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi jika situs web Anda di beri peringkat tinggi oleh Google.
Google sendiri telah meluncurkan indeks mobile first yang mana situs web yang mobile friendly memiliki peluang besar untuk di beri peringkat tinggi di hasil pencarian. Jadi selain meningkatkan pengalaman pengguna, situs web yang ramah seluler juga membantu meningkatkan peringkat.
Mengoptimalkan website untuk pengguna seluler sangat mudah yaitu cukup memilih template yang responsive dan premium. Sehingga situs web Anda menjadi ramah seluler, Anda cukup membuat tata letak dan navigasi yang mudah dijelajahi oleh pengguna.
7. Mempercepat Loading Halaman
Bukankah jika Anda mengunjungi website yang membutuhkan waktu lama untuk memuat, mungkin Anda segera meninggalkan situs web tersebut dan mengunjungi situs lain di hasil pencarian? Begitupun dengan audiens target Anda. Mereka akan menekan tombol kembali apabila situs web Anda lama dalam memuat.
Dan jika ini terjadi terus-menerus pada situs web Anda, ini memungkinkan Anda melewatkan konversi. Orang-orang yang mengunjungi situs web Anda pergi sebelum mereka melihat apa yang Anda tawarkan. Jadi untuk menghindari itu terjadi lebih lama, maka Anda perlu melakukan pengoptimalan kecepatan situs web Anda.
Nah itulah 7 cara mengoptimalkan website yang bisa Anda lakukan. Tapi jika Anda terlalu sibuk untuk melakukan sendiri, jangan ragu untuk menggunakan layanan kelola website kami. Tim kami ahli dalam mengoptimalkan situs web Anda sehingga performa situs web Anda meningkat dan memperoleh hasil yang Anda harapkan.