Cara Mengoptimalkan Posting Blog Untuk SEO

cara agar postingan muncul di pencarian google

Apabila Anda memiliki blog, tentunya Anda sudah tahu pentingnya blog untuk bisnis. Tapi apakah Anda sudah mengetahui cara mengoptimalkan postingan blog supaya lebih ramah mesin pencari atau lebih tepatnya cara agar postingan blog muncul di google?

Sekarang ini blog menjadi sangat penting karena jika di jalankan dengan benar dapat menghasilkan pendapatan yang menguntungkan. Apalagi bagi pemilik bisnis online, menyertakan blog dalam mempromosikan bisnis mereka dapat membantu meningkatkan penjualan.

Mengoptimalkan postingan blog untuk SEO sangat penting karena membantu Anda secara konsisten mendapatkan lebih banyak lalu lintas berkualitas ke situs web Anda. Terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam mengoptimalkan postingan blog untuk SEO. Di bawah ini kami akan menjelaskan cara mengoptimalkan postingan blog untuk SEO agar potingan blog Anda muncul di Google.

Cara Mengoptimalkan Postingan Blog Untuk SEO Agar Muncul di Google

Untuk membuat postingan blog muncul di Google, maka Anda harus memiliki cara atau teknik yang tepat untuk membuatnya lebih ramah mesin pencari. Nah di artikel ini kami akan berbagi tips SEO blog efektif untuk membantu Anda mengoptimalkan postingan blog supaya lebih mudah muncul di Google. Mari kita mulai!

1. Mulai dengan Merencanakan Postingan Blog Anda dengan Riset Kata Kunci yang Tepat

Cara agar postingan blog muncul di google yang tidak boleh Anda lupakan adalah merencanakan postingan blog dengan riset kata kunci yang tepat. Kata kunci sangat penting dalam pembuatan postingan blog, karena kata kunci lah yang yang membuat postingan blog Anda menghasilkan lebih banyak Pengunjung berkualitas.

Dalam menentukan kata kunci yang tepat, tidak hanya mengandalkan tebakan, namun Anda bisa menggunakan alat riset kata kunci yang bisa Anda gunakan. Riset kata kunci merupakan salah satu hal yang di lakukan oleh spesialis jasa SEO untuk memilih kata kunci yang tepat sebelum membuat konten / postingan blog.

Dengan riset kata kunci menggunakan alat seperti Google Keyword Planner, ubersuggest maupun SEMrush dapat membantu Anda dalam menemukan topik yang diminati oleh pengguna berdasarkan data pencarian mesin pencari.

Ketika Anda sudah menemukan kata kunci terkait industri Anda, selanjutnya Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut untuk pembuatan konten berharga Anda. Dengan menggunakan kata kunci yang didapatkan dari riset kata kunci, memastikan Anda menulis postingan blog tentang topik yang benar-benar di cari oleh audiens target Anda.

Selain membantu menghasilkan pengunjung yang tepat, riset kata kunci juga membuat Anda memiliki banyak ide untuk postingan blog baru. Jadi Anda tidak akan kehabisan ide ketika Anda membuat postingan blog secara konsisten.

2. Menempatkan Kata Kunci Pada Tempat yang Strategis

Setelah Anda memilih kata kunci yang yang berharga dan relevan, cara menampilkan postingan blog di google berikutnya adalah dengan menempatkan kata kunci tersebut pada tempat yang strategis. Anda dapat menempatkannya di tempat yang berdampak pada crawler mesin pencari yang mengindeks konten Anda.

Memasukkan kata kunci di tempat-tempat tertentu, selain membantu mempermudah mesin pencari mengindeks juga memudahkan pengunjung membaca dengan nyaman. Jadi cobalah Anda memasukkan kata kunci di area berikut:

  1. Judul
  2. Tag judul dan subpos
  3. Paragraf pertama
  4. Paragraf penutup
  5. Deskripsi meta
  6. File Gambar

Meskipun kata kunci penting untuk postingan blog, tapi bukan berarti Anda boleh mengisi konten Anda dengan begitu banyak kata kunci yang pada akhirnya sulit untuk di baca. Menempatkan terlalu banyak kata kunci pada postingan blog tidak hanya mengganggu pembaca, namun juga dapat menghambat mesin pencari memberi peringkat.

Jika dulu cara itu efektif untuk meningkatkan peringkat, namun sekarang cara tersebut di larang oleh Google. Google tidak merekomendasikan postingan blog yang mengandung terlalu banyak kata kunci. Namun dengan menempatkan beberapa kata kunci di tempat yang strategis dapat membantu meningkatkan peringkat Anda.

Selain penempatan kata kunci pada tempat yang strategis, Anda juga perlu mengoptimalkan gambar Anda pada setiap gambar yang Anda unggah di blog Anda. Anda harus memasukkan kata kunci pada file gambar dan mengisinya di teks Alt dengan menyertakan deskripsi singkat yang di sertai kata kunci terkait.

3. Merekomendasikan Pembaca ke Halaman Lain Yang Relevan (Internal dan Eksternal Link)

Untuk membuat pembaca lebih lama di situs web Anda, Anda perlu memberikan internal link yang relevan dengan topik yang sedang Anda bahas. Internal link merupakan cara efektif untuk mengarahkan pembaca mengunjungi halaman lain di situs web Anda. Selain itu internal link adalah cara terbaik untuk menghubungkan postingan baru dengan postingan lama yang relevan.

Tidak hanya internal link yang penting, namun juga eksternal link. Eksternal link di gunakan ketika Anda membahas topik tertentu dan membutuhkan pengertian lebih detail, Anda bisa mengarahkan pada postingan orang lain yang memberikan penjelasan lebih detail. Namun jika Anda membuat postingan untuk kebutuhan bisnis, pastikan Anda tidak mengarahkan atau membuat eksternal link ke postingan blog pesaing Anda.

4. Mengajak Pembaca Berlangganan Blog Anda

Mengajak pengunjung untuk berlangganan blog Anda adalah ide yang bagus. Anda dapat menyertakan ajakan berlangganan blog berupa tombol berlangganan artikel yang bisa Anda letakan di bawah postingan blog Anda. Mereka dapat memasukkan nama mereka beserta akun email pada tombol berlangganan.

Apabila Anda memberi mereka kesempatan untuk berlangganan, maka mereka akan mendapatkan notifikasi apabila Anda memposting artikel baru. Sehingga mereka tidak perlu memeriksa konten baru di situs web Anda secara berkala, karena mereka akan mengetahui dengan otomatis melalui pemberitahuan melalui email mereka.

5. Perluas Jangkauan Postingan Blog Anda dengan Sosial Media

Ini adalah salah satu cara membuat postingan blog muncul di Google. Selain menjangkau pengguna media sosial, memanfaatkan media sosial juga memberikan dampak positif pada peringkat postigan blog Anda. Satu sisi Anda akan mendapatkan lalu lintas ke situs web Anda, satu sisi peringkat postingan blog Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Semakin banyak pengguna media sosial yang mengunjungi blog Anda, ini memberikan sinyal kepada Google bahwa postingan blog Anda menarik. Sehingga Google dapat memberi peringkat pada postingan blog Anda di hasil pencarian. Jika Anda melakukannya dengan tepat, maka ini akan menguntungkan untuk postingan blog Anda. Anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus dalam waktu yang bersamaan, yaitu peringkat dan lalu lintas.

Jika Anda butuh bantuan seorang ahli, silahkan langsung hubungi kami hari ini!

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!