Setiap kali kami menerima panggilan dari calon klien kami, pertanyaan pertama yang sering mereka tanyakan adalah berapa lama SEO dibutuhkan untuk bekerja dan mulai berpengaruh pada hasil pencarian. Mereka ingin tahu kapan mereka mendapatkan peringkat terbaik di Google untuk kata kunci yang di targetkan. Mereka ingin memastikan bahwa SEO dapat bekerja pada peningkatan penjualan bisnisnya.
Jadi, berapa lama SEO dibutuhkan untuk bekerja dan mulai berpengaruh pada hasil pencarian? Sebenarnya tidak bisa dipastikan waktu yang di butuhkan untuk mulai berpengaruh di hasil pencarian. Tapi biasanya kata kunci tertentu akan mulai terlihat di hasil pencarian mesin pencari setelah 1 sampai 2 bulan optimasi.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal itu tergantung dari persaingan industri Anda. Untuk pertanyaan ini, sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti, karena setiap bidang usaha itu berbeda-beda dan memiliki tingkat persaingan dan kesulitannya masing-masing. Jika di industri A hanya membutuhkan waktu 1 bulan, belum tentu di industri B , mungkin akan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk melihat hasilnya. Karena ada banyak variabel yang mempengaruhi waktu memperoleh hasil.
Variabel Yang Dapat Mempengaruhi Waktu Kampanye SEO
Pada dasarnya SEO adalah serangkaian proses untuk menarik orang yang menginginkan atau membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan ke situs website Anda. Yang tadinya menjadi pengunjung situs website bisa berubah menjadi pelanggan Anda. Sederhananya, keberhasilan SEO adalah menghasilkan lebih banyak penjualan, SEO adalah tentang menarik pengunjung yang benar-benar mengkonversi menjadi pelanggan nyata Anda.
Jadi, apa saja variabel yang mempengaruhi waktu kampanye SEO pada hasil pencarian? Langsung saja Anda simak dibawah ini:
1. Persaingan
Semakin banyak pesaing Anda yang melakukan SEO maka semakin sulit dan lama pula untuk bisnis Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian. Pesaing Anda juga ingin berada di peringkat yang sama seperti Anda inginkan, jadi akan ada persaingan yang kuat untuk mendapatkan peringkat tersebut. Itu artinya Anda harus realistis tentang hasil pencarian Anda untuk kata kunci Anda.
2. Kata Kunci
Semua pesaing Anda ingin mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari dari berbagai kata kunci yang sama seperti Anda targetkan. Untuk memudahkan Anda menjangkau audiens Anda, kami merekomendasikan Anda menggunakan kata kunci berekor panjang. Ini akan memudahkan Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari dan juga akan ada banyak pengunjung yang mengeklik situs web Anda.
3. Kandungan di Dalam Konten
Google adalah mesin pencari terbaik yang memiliki banyak pengguna, Google akan memberikan jawaban atas pertanyaan apa saja yang Anda cari disana. Tapi perlu di ingat bahwa kebanyakan orang tidak akan melawati halaman pertama. Jadi, jika bisnis Anda ingin di temukan oleh calon pelanggan Anda, pastikan bahwa bisnis Anda muncul di halaman pertama mesin pencari.
Salah satu cara terbaik untuk bisnis Anda muncul di halaman pertama mesin pencari, selain menggunakan kata kunci ekor panjang adalah dengan membuat konten yang hebat dan di optimalkan dengan baik. Ini akan membantu memberikan peringkat dan memposisikan Anda sebagai pemimpin dalam industri Anda.
Konten yang telah di buat dengan kata kunci yang relevan, harus terus Anda optimalkan dengan baik untuk tetap mempertahankan peringkat Anda. SEO merupakan strategi pemasaran yang berkelanjutan, ini mengharuskan Anda mengoptimalkan konten Anda dan memastikan tetap mutakhir dan relevan.
4. Aksesibilitas
Pengalaman pengguna juga perlu Anda perhatikan jika Anda ingin berada di puncak mesin pencari. Apakah situs web Anda memuat dengan cepat dan mudah di akses, memudahkan pengunjung untuk mengkonversi dan lain sebagainya. Google adalah mesin pencari yang berusaha selalu memberikan pengalaman yang hebat pada penggunanya. Maka dari itu jika Anda ingin Google merekomendasikan Anda kepada pencari, situs web Anda juga harus memberikan pengalaman yang hebat pula. Jika tidak, itu akan membuat peringkat Anda jauh dari yang di harapkan.
5. Tautan
Menerapkan tautan berkualitas akan membantu menentukan peringkat situs website Anda. Tapi menerapkan tautan tidak semudah yang di bayangkan, Anda perlu hati-hati dalam membangun tautan pada situs web Anda.Jika Anda memiliki tautan yang mengarah kembali ke situs website Anda, ini akan memberitahu Google bahwa konten Anda berharga.
Apakah Anda Masih Berfikir Bahwa SEO Bekerja Semalam?
Tidak ada hasil yang instan di dunia ini, semua hal perlu upaya dan proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal begitu pula dengan SEO. Anda ingin hasil sekarang, begitupun juga kami, tapi jika itu mudah maka semua orang akan melakukannya. Keseriusan dan kesabaran adalah yang harus Anda terapkan pada diri Anda dalam melakukan SEO. Selain harus membuat situs web yang SEO friendly Anda juga harus menunggu Google merayapi situs web Anda untuk menentukan peringkat untuk Anda.
Setelah Anda melakukan berbagai upaya untuk menjadikan situs web Anda hebat, bukan berarti peringkat Anda akan langsung naik. Melainkan masih membutuhkan waktu bagi Google untuk menggali dan mengenali bisnis Anda sebagai sumber informasi yang berharga bagi para pencarinya.
Untuk membantu Anda melakukan SEO pada situs web, Anda dapat menyewa konsultan SEO yang dapat mengarahkan Anda melakukan SEO dengan tepat. Seorang ahli SEO akan membantu Anda dalam menetapkan tujuan yang realistis dan merencanakan strategi yang akan di terapkan untuk membuat bisnis Anda mudah di temukan oleh pelanggan Anda di mesin pencari.
Dengan batuan seorang ahli SEO Anda dapat melakukan SEO berdasarkan dengan pedoman Google terbaru. Seorang ahli SEO akan mengarahkan Anda ke praktik SEO terbaik dan sesuai dengan bisnis Anda. Untuk meminta bantuan perusahaan jasa SEO, hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis!