Apa Sih Perbedaan Marketing dan Branding? Cari Tahu Disini!

perbedaan branding dan marketing

Apakah Anda masih bingung dengan perbedaan marketing dan branding? Jika jawabannya iya, tepat sekali karena di artikel ini kami akan membahas tentang perbedaan keduanya.

Apabila bisnis Anda ingin sukses melakukan pemasaran dan branding adalah hal yang wajib untuk di jalankan. Branding sama pentingnya dengan marketing karena keduanya bekerjasama untuk menjadikan bisnis Anda sukses.

Menggabungkan marketing dan branding dalam mengembangkan bisnis merupakan cara terbaik untuk meraih kesuksesan lebih cepat.

Karena branding tanpa di dorong strategi pemasaran yang efektif tidak akan menghasilkan hasil yang optimal. Itu mengapa menggabungkan keduanya adalah ide yang cemerlang.

Kami yakin datangnya Anda ke halaman ini karena penasaran dengan perbedaan marketing dan branding bukan?

Jika Anda beranggapan bahwa marketing dan branding itu sama, kami beritahu Anda bahwa keduanya memiliki perbedaan. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, kami telah menyiapkan jawabannya untuk Anda, jadi pastikan Anda baca tulisan ini sampai selesai.

Untuk menemukan perbedaan antara marketing dan branding, ada baiknya Anda mengetahui pengertian marketing dan pengertian branding terlebih dahulu.

Apa itu Marketing?

Pengertian marketing menurut Wikipedia adalah proses menciptakan, menyampaikan, mempertukarkan dan mengkomunikasikan tawaran yang bernilai bagi audiens target.

Sederhananya pemasaran merupakan kegiatan mempromosikan bisnis, produk atau layanan kepada audiens target dengan memberikan solusi kepada mereka.

Atau marketing adalah proses mendapatkan klien atau pelanggan potensial yang tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dalam hal ini melibatkan penelitian, promosi, pendistribusian dan penjualan produk atau layanan Anda.

Jadi, pemasaran mencangkup riset pasar, riset pesaing, promosi dan penjualan. Sekarang ini pemasaran merupakan kegiatan yang harus di terapkan jika bisnis Anda ingin mendapatkan banyak pelanggan. Pemasaran bisa di lakukan secara tradisional maupun online.

Apa Itu Branding?

Branding merupakan proses menciptakan persepsi positif yang kuat tentang produk, layanan, bisnis, organisasi maupun perusahaan di benak pelanggan. Dalam branding biasanya menggabungkan berbagai elemen seperti logo, desain grafis, misi serta tema yang konsisten di gunakan pada semua media promosi.

Branding itu penting untuk bisnis karena dapat memberi manfaat pada perusahaan Anda. Dengan branding membuat orang memandang merek Anda berbeda dari yang lain sehingga dapat meningkatkan nilai merek Anda.

Dengan membranding merek Anda tidak hanya meningkatkan nilai merek Anda, namun juga membedakan merek Anda dengan merek orang lain.

Merek yang di kenal dan memiliki nilai lebih di pilih oleh calon pembeli di banding merek yang tidak mereka kenal. Itu mengapa melakukan branding terhadap bisnis Anda adalah keputusan yang tepat.

Supaya branding Anda tidak sia-sia penting bahwa Anda harus merancang strategi branding yang efektif dengan menggabungkan elemen-elemen penting dalam alat promosi Anda.

Branding logo bisa di lakukan dengan menampilkan identitas merek seperti logo di berbagai alat promosi seperti situs web, brosur, katalog, seragam, kartu nama dan toko / office.

Artikel Terkait: Manfaat branding bagi bisnis

Perbedaan Branding dan Marketing

Anda sudah tahu pengertian branding dan marketing, kini saatnya Anda cari tahu apa sih perbedaan branding dan marketing. Tenang saja karena kami sudah menyiapkan jawabannya khusus untuk Anda di bawah ini. Mari simak penjelasannya.

bedanya branding dabedanya branding dan marketingn marketing

Branding – Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa branding merupakan proses menciptakan citra merek dengan mendefinisikan bisnis Anda. Karena mendefinisikan merek sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam pemasaran bisnis Anda secara umum.

Marketing – Sedangkan marketing adalah kegiatan atau proses yang di lakukan untuk mempromosikan produk maupun layanan Anda. Tujuan utama dari pemasaran ialah untuk menggugah minat audiens target terhadap produk atau layanan Anda. Pada intinya marketing merupakan serangkaian tindakan yang di rancang untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Lihat Perbandingan Branding VS Marketing

Untuk lebih jelasnya silahkan baca grafik perbanding di bawah ini:

Dasar PerbandinganBrandingPemasaran
DefinisiBranding merupakan kegiatan membangun citra merek pada suatu produk atau layanan untuk membantu konsumen mengenali dan mengidentifikasi perusahaan Anda.Pemasaran adalah kegiatan yang di lakukan untuk mendatangkan pembeli sehingga meningkatkan penjualan.
FungsiMembangun loyalitas pelanggan.Mendapatkan pelanggan dan meningkatkan penjualan.
MenampilkanMinatManfaat
Ditujukan untuk siapa?Untuk pelangganuntuk bisnis
NilaiMemperkuat nilai merekMempromosikan nilai merek
PengaruhKeputusan pembelian yang meninggalkan dampak positif di benak pelanggan.Keputusan pelanggan untuk langsung membeli.
StrategiMenarik minatMendorong untuk membeli
MenciptakanHubunganKebutuhan
TujuanAudiens targetEmosi
DriveReputasi abadiBerjualan berkala
  1. Branding adalah proses membangun citra merek pada suatu produk yang membantu masyarakat mengenali dan mengidentifikasi perusahaan yang memproduksinya. Sedangkan marketing merupakan serangkaian kegiatan yang di jalankan oleh perusahaan untuk menampilkan produk mereka kepada audiens target.
  2. Branding di tujukan untuk pelanggan sedangkan pemasaran untuk bisnis.
  3. Branding di gunakan untuk membangun loyalitas dan kepercayaan pelanggan atas merek Anda. Sedangkan marketing di gunakan untuk mendatangkan pelanggan potensial.
  4. Branding mempengaruhi keputusan pembelian dengan menanamkan dampak positif di benak konsumen. Berbeda dengan pemasaran yang mempengaruhi pelanggan untuk langsung membeli.
  5. Branding menampilkan minat sedangkan marketing mengungkapkan manfaat produk atau layanan yang di tawarkan.
  6. Berbicara tentang nila, branding menciptakan nilai sedangkan pemasaran mempromosikan nilai produk atau layanan Anda.
  7. Strategi keduanya, branding adalah tarikan sedangkan marketing adalah dorongan pembelian.
  8. Hasil yang di capai ialah branding menciptakan reputasi yang abadi, dan pemasaran menghasilkan penjualan.
  9. Tujuan branding adalah untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan sedangkan pemasaran menciptakan kebutuhan pelanggan.
  10. Branding berbicara dengan perasaan atau emosi, sebaliknya marketing yang bicara langsung dengan audiens target.

Nah itu dia perbedaan branding dan marketing. Jika Anda ingin memperkuat merek Anda, silahkan gunakan jasa konsultan branding dari Studio Web. Hubungi tim admin kami untuk konsultasi gratis!

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!