Apa Perbedaan Antara Blog dan Situs Website?

Perbedaan Blog dan situs web

Banyak orang yang beranggapan bahwa blog dan situs web itu sama, tapi tahukah Anda bahwa keduanya itu berbeda? Mungkin blog dan situs website memang memiliki beberapa kemiripan, namun Anda wajib tahu beberapa perbedaan antara mereka.

Ketika Anda mengetahui tentang perbedaan blog dan situs web Anda dapat menggunakan keduanya dengan baik untuk kebutuhan bisnis, mendapatkan penghasilan secara online, pemasaran digital dan lain sebagainya. Jadi pastikan Anda tetap menyimak, karena pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang perbedaan blog dengan situs website. Mari kita mulai!

Apa Itu Blog?

Apa Itu Blog

Blog merupakan bagian dari situs website, dimana blog menyajikan berbagai konten tentang topik tertentu yang di buat dengan urutan kronologis terbalik atau konten yang ditampilkan dari urutan yang terbaru ke yang terlama. Untuk membuat blog Anda mendapatkan peringkat dan mempertahankan peringkat, postingan blog perlu diperbarui dengan mengedit artikel lama atau membuat yang baru. Konten yang terdapat pada blog sering disebut sebagai entri blog, posting blog atau artikel blog.

Posting blog sendiri bisa berisi tentang berbagai informasi seperti tips, tutorial, berita, informasi mengenai manfaat produk dan layanan (jika blog di tujukan untuk bisnis) dan lain sebagainya. Untuk contohnya, Anda dapat melihat blog dari Studio Web, dimana blog Studio Web menjadi bagian dari situs website Studio Web. Seperti yang telah Anda ketahui di atas, bahwa blog merupakan bagian dari situs website atau blog bisa menjadi situs website itu sendiri.

Apa Itu Situs Web?

Apa Itu Situs Web

Situs web adalah kumpulan halaman web dengan berbagai jenis konten yang dapat Anda temukan di internet. Konten yang terdapat di situs web bisa berupa gambar, video, teks dan lain sebagainya. Situs website dapat menyajikan berbagai informasi, namun tidak sesering yang terdapat pada blog. Namun informasi atau konten situs web dapat diperbarui kapan pun jika diperlukan. Situs web dapat diakses melalui browser dengan memasukkan alamat web atau URL seperti www.instagram.com, www.facebook.com, www.wordpress.com, www.studioweb.co.id dan lain sebagainya.

Situs web terdiri dari berbagai halaman seperti beranda, nah di beranda sendiri biasanya menampilkan detail penting dari situs web Anda. Misalnya saja header, footer, opsi menu, bagian posting, tombol dan lain sebagainya. Selain beranda, masih ada sejumlah halaman web lain yang bisa Anda lihat setelah Anda mengklik link yang ingin Anda tuju. Apabila situs web memasukkan blog kedalam bagiannya, maka Anda juga bisa melihat keseluruhan isi blog dengan mengklik link yang di tujukan pada halaman blog.

Apa Perbedaan Antara Blog dan Situs Web Yang Paling Umum?

Anda telah mengetahui perbedaan blog dan situs web dari definisi-nya, nah sekarang Anda perlu tahu perbedaan lain antara blog dan situs website. Blog merupakan salah satu jenis situs website, perbedaan yang sangat menonjol antara blog dan jenis situs web lainnya bahwa blog secara rutin diperbarui dengan mengedit konten lama atau membuat konten baru dengan urutan baru ke urutan lama.

Blog sangat dinamis karena dapat diperbarui kapanpun Anda mau, Anda dapat memperbarui konten secara berkala. Sedangkan situs web bersifat statis dimana konten hanya diatur dalam halaman, itupun tidak sering diperbarui.

Blog bisa menjadi bagian dari situs website, maka tidak heran jika bisnis memiliki blog pada situs web mereka yang secara teratur membuat konten untuk menginformasikan tentang merek mereka kepada pelanggan.

Baca juga: Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Blog?

Untuk lebih memudahkan sebuah bisnis memiliki keduanya yaitu situs web dan blog dalam satu tempat, Anda dapat menggunakan platform WordPress. Sudah banyak bisnis yang menggunakan WordPress untuk membangun situs web dan blog mereka dalam satu tempat. Namun perlu Anda ketahui bahwa semua blog bisa menjadi bagian dari situs web, namun tidak semua website dapat di sebut blog.

Berikut beberapa perbedaan antara blog lainnya yang harus Anda ketahui:

1. Konten

Perbedaan antara blog dan situs website dapat Anda lihat dari kontennya. Konten blog berupa postingan artikel, gambar, video dengan topik tertentu yang buat oleh pemilik blog dengan tujuan memberi kemanfaatan kepada audiensnya. Jika Anda pernah mengikuti blog dari seorang beauty blogger, tentu saja Anda membaca artikel atau melihat gambar tentang pengalaman mereka menggunakan produk kecantikan tertentu yang memungkinkan Anda tertarik menggunakan produk tersebut.

Jika Anda berencana membuat blog, Anda dapat membuatnya dengan konten berbagai tema yang Anda minati. Anda bisa membuat blog fashion, blog kecantikan, blog teknologi atau blog travel. Anda bisa membuat situs web jenis blog dengan bantuan dari seorang ahlinya, Anda bisa menghubungi jasa pembuatan blog profesional.

Sedangkan situs website lebih sering berisi konten yang terkait dengan produk atau layanan. Jenis situs website yang lebih mengutamakan konten yang berkaitan dengan produk atau layanan adalah situs web perusahaan. Dengan situs web perusahaan Anda bisa menyajikan konten yang berisi informasi terkait dengan sejarah perusahaan Anda, produk atau layanan, alamat dan lain sebagainya.

2. Update Konten

Perbedaan lain antara blog dan situs web lainnya adalah waktu update konten. Blog akan memperbarui kontennya secara rutin, biasanya dilakukan setiap hari, dua hari sekali atau 1 bulan 4 kali tergantung dari pemilik blog namun wajib untuk selalu update konten baru atau sekedar mengedit konten lama.

Semakin sering pemilik blog memperbarui kontennya, misalnya setiap hari atau dua hari sekali maka akan semakin bagus untuk perkembangan blognya. Semakin sering pemilik blog update konten, maka semakin banyak audiens yang mengambil manfaat dari blog Anda. Jika Anda membangun blog untuk menghasilkan uang, maka dengan update konten secara rutin dapat membantu meningkatkan pendapatan Anda.

Sedangkan konten situs web lebih tertuju pada informasi tentang produk atau layanan, sehingga tidak membutuhkan update konten yang terlalu sering seperti yang di lakukan pada blog. Update konten pada situs website hanya akan dilakukan apabila terdapat perubahan pada informasi produk dan layanan yang di tawarkan. Ini biasanya terjadi pada situs website perusahaan yang jarang memperbarui kontennya.

Mana yang Lebih Baik Antara Blog atau Situs Web?

Bagi seorang pemula, tentunya Anda akan sangat bingung menentukan antara blog dan situs website untuk memulai. Anda ingin tahu mana yang lebih baik antara blog atau situs web untuk Anda memulai. Sebenarnya untuk pertanyaan ini, jawabannya tergantung pada tujuan Anda dan kebutuhan Anda.

Memiliki situs website sangat penting bagi bisnis, namun untuk meningkatkan kesadaran merek menggabungkan situs web dan blog akan sangat efektif. Di sisi lain, jika bisnis menyadari potensi blog dalam strategi pemasaran dapat meningkatkan prospek dan penjualan. Karena dengan blog Anda bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas potensial ke situs web Anda.

Dengan memiliki blog yang memberikan informasi bermanfaat seputar industri Anda, maka Anda dapat meningkatkan konversi dan mendapatkan lebih banyak prospek. Anda dapat menggunakan blog untuk mendorong lebih banyak lalu lintas melalui kata kunci yang terkait dengan industri Anda. Dengan blog Anda bisa mendapatkan lalu lintas organik dari mesin pencari sehingga dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.

Jika Anda menambahkan blog ke situs website Anda, ini memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan Anda lebih cepat.

Nah itulah perbedaan antara situs web dan blog yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin membuat situs website yang di lengkapi dengan blog jangan ragu untuk menghubungi kami. Karena kami menyediakan layanan jasa pembuatan website profesional yang siap membuat situs web dan blog untuk bisnis Anda.

Bantuan
Hallo, ada yang bisa Kami bantu?
blank
Customer service 1AnimahWhatsApp
blank
Customer service 2Puspa AnggraeniWhatsApp