Sebelum menerapkan teknik pemasaran digital penting bagi Anda untuk mengetahui istilah-istilah penting yang ada di dalamnya. Contohnya saja niche market digital marketing, apakah kalian sendiri pernah mendengar kata yang satu ini?
Kami akan berikan clue, ini merupakan konsep untuk mempermudah pebisnis mengetahui cakupan dan segmen pasar. Istilahnya keberadaan niche membuat Anda lebih mudah untuk menargetkan konsumen-konsumen potensial dalam berbagai aspek, termasuk pemasaran digital.
Apa yang Dimaksud dengan Niche Market?
Niche adalah istilah yang digunakan untuk mengkategorikan segmen pasar secara spesifik dalam suatu bisnis.
Tadinya istilah ini memang terdengar asing hanya karena dia berbahasa inggris, tapi rupanya istilah bahasa Indonesia mungkin masih terbilang asing juga penyebutannya adalah ceruk pasar.
Kita kesampingkan dulu soal istilahnya, dalam dunia digital marketing niche ini punya peranan yang penting. Mengapa bisa demikian? Karena niche nantinya menentukan kategori dan penggolongan konten yang akan kita buat.
Baik itu konten yang ada di dalam website seperti blog/artikel atau postingan sosial media semuanya tanpa disadari ternyata memerlukan penerapan niche yang tepat.
Contoh Niche dalam Bisnis yang Mudah Dipahami
Selanjutnya, mari kita paham lebih jauh penerapan niche dalam suatu sektor bisnis. Misalkan saja untuk perusahaan seperti spesialis kolam renang, niche yang tepat untuk usaha tersebut yaitu pembuatan atau pengerjaan proyek baru, renovasi, dan juga perawatan.
Niche membuat pemilik usaha tahu cakupan dan segmen pasar mereka. Tentu, layanan pembuatan ditujukkan untuk orang yang belum memiliki kolam renang.
Sementara itu, layanan renovasi secara spesifik bertujuan untuk memberi solusi mengubah atau memperbarui konstruksi kolam renang yang sudah usang.
Terakhir, perawatan atau maintenance menargetkan orang yang tidak bisa atau sibuk jarang melakukan perawatan pada kolam renangnya.
Kami yakin sekarang Anda sudah lebih paham dengan penggunaan niche market. Sekarang coba pikirkan lagi bisnis apa yang saat ini sedang Anda kembangkan dan bagaimana cakupan niche-nya.
3 Manfaat Utama Pentingnya Menentukan Niche Market untuk Bisnis
Sudah ketemu niche yang tepat dengan bisnis Anda? Bagus simpan itu untuk penerapannya nanti. Nah, sekarang mari pahami lebih jauh kenapa pemilik usaha sebaiknya mengetahui penerapan niche. Ini poin plusnya yang bisa kalian peroleh jika mampu menguasai niche.

Mengambil Celah Potensial di Tengah Persaingan Bisnis
Semua sektor bisnis persaingannya memang bertambah ketat. Namun, kondisi akan memburuk jika Anda tidak memanfaatkan peluang untuk mendalami konsumen potensial.
Dengan adanya niche market Anda bisa unggul di layanan tertentu, fokus kembangkan di bagian tersebut dan bukan tidak mungkin perusahaan dapat menciptakan value yang berbeda dengan para kompetitor, sehingga menjadi lebih unggul.
Memudahkan Alokasi Budget untuk Promosi
Saat pebisnis mampu fokus pada niche tertentu, maka akan jauh lebih mudah untuk mencapai efisiensi dalam strategi promosi. Anda akan menyadari pentingnya mempromosikan layanan atau produk sekaligus adalah keputusan yang keliru. Lebih baik memaksimalkan potensi yang ada agar pengeluaran untuk promosi juga menjadi lebih terkendali.
Membuat Anda Lebih Dipercaya Konsumen
Apa kaitannya niche market dengan kredibilitas? Sederhananya ketika konsumen bisa mengenali bisnis Anda di niche tertentu dan Anda unggul di bagian tersebut maka ini bisa memberikan rasa trust yang lebih tinggi.
Ini jauh lebih baik daripada menyediakan beberapa layanan yang tidak saling berkaitan dengan yang lain. Misalnya seperti kontraktor kolam renang tiba-tiba melayani juga jasa mebel, ini akan berpengaruh terhadap keyakinan konsumen terhadap keahlian Anda.
Baca juga: Pembuatan Website Kontraktor Kolam Renang Desain Lebih Profesional
Tips Mudah Menentukan Niche Market untuk Usaha Anda, Langsung Coba!
Oke kita sudahi teorinya, sekarang saatnya untuk praktek. Berikut ini panduan sederhana untuk menentukan niche market (berlaku untuk semua jenis bisnis).
- Tentukan minat dan keahlian, cari tahu terlebih dahulu layanan seperti apa yang menjadi bidang keahlian Anda. Hal inilah yang nantinya akan ditawarkan ke calon konsumen
- Lakukan riset, mulailah untuk memahami masalah dari calon konsumen dan bagaimana perusahaan atau layanan Anda mampu menyelesaikan masalah mereka
- Persempit target, niche market bertujuan untuk menentukan segmentasi pasar. Jadi, persempit target konsumen Anda melalui hasil riset sebelumnya. Jangan lupa untuk menentukan banyaknya jumlah permintaan dan profitabilitas-nya
- Uji layanan atau produk, sebelum menerapkan niche lakukan pengujian dapatkan feedback untuk memastikan bahwa niche yang sedang Anda incar memang cukup potensial untuk kita kembangkan ke depannya
Demikian penjelasan mengenai niche dalam bisnis dan digital marketing. Semoga Anda bisa menerapkannya dengan baik untuk pengembangan usaha yang sudah ada atau proses merintisnya.
Butuh bantuan untuk membuat artikel dengan topik niche market yang tepat dengan website Anda? Hubungi admin CV. Studio Web kami siap memberikan paket terbaik jasa penulis artikel untuk kebutuhan konten website Anda.