Apa Itu Digital Marketing? Pengertian & Strateginya

Apa itu Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing? Mengapa seorang pemilik bisnis harus melakukan pemasaran digital? Apakah ini akan berpengaruh terhadap penjualan? Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini akan muncul di benak seseorang yang baru ingin mengenal digital marketing untuk bisnisnya. Jika Anda berencana melakukan pemasaran digital maka Anda harus mengenal dulu apa itu digital marketing. Sehingga Anda bisa dengan bijak menentukan strategi apa yang akan dijalankan untuk bisnis Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa strategi digital marketing sendiri memiliki banyak jenisnya, seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Marketing Media Sosial (MMS), dan masih banyak lagi. Dari beberapa jenis pemasaran digital ini memiliki strateginya masing-masing untuk mendatangkan pelanggan potensial. Jadi jika Anda ingin melakukan pemasaran digital pada bisnis Anda pastikan Anda menggunakan jenis digital marketing yang tepat untuk industri Anda.

Digital marketing merupakan salah satu cara mempromosikan bisnis yang sangat efektif karena mampu menjangkau pasar lebih luas. Bayangkan saja jika bisnis Anda di promosikan kepada khalayak luas, kemungkinan mendapatkan pelanggan lebih banyak terbuka lebar bukan? Di Indonesia sendiri ada jutaan pengguna internet, jika Anda menargetkan setengah dari mereka sebagai pelanggan maka berapa banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan?

Apalagi jika bisnis Anda memiliki target pasar lebih luas misalnya saja dalam negeri dan luar negeri. Maka ada miliaran orang yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan Anda. Ini lah salah satu manfaat digital marketing apabila dilakukan dengan cara yang benar. Untuk lebih memahami apa itu digital marketing, mari pelajari penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Digital Marketing?

Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah proses mempromosikan produk, layanan, bisnis / perusahaan melalui media digital seperti website, sosial media, dan email. Dari beberapa media digital ini di jalankan menggunakan strategi yang berbeda-beda namun satu tujuan yaitu untuk meningkatkan penjualan.

Media digital bermanfaat untuk menyebarluaskan informasi tentang produk, layanan, industri maupun profil perusahaan untuk menarik perhatian konsumen. Dengan media digital Anda akan lebih mudah memberitahukan merek Anda kepada khalayak luas. Lagi pula menggunakan media digital sebagai alat promosi dapat menghemat biaya operasional.

Itu mengapa digital marketing sangat direkomendasikan untuk bisnis yang ingin menghemat biaya namun dapat bersaing dengan perusahaan yang sudah besar. Misalnya saja Anda tidak mengiklankan produk / layanan Anda melalui siaran TV karena terkendala biaya. Sehingga Anda akan kalah saing dengan perusahaan yang berani mengiklankan produk mereka di TV. Namun dengan media digital Anda tetap bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah besar untuk merebutkan audiens target yang sama.

Lalu apa saja media digital yang secara umum digunakan untuk mempromosikan bisnis? Nah berikut beberapa media digital yang sangat umum di gunakan dalam pemasaran digital:

1. Website

Website adalah media digital yang sangat umum dimiliki oleh pebisnis online bahkan wajib dimiliki. Manfaat website yang sangat luar biasa bagi bisnis menjadi salah satu alasan mengapa bisnis harus memiliki situs website. Dengan website Anda dapat memberi tahu berbagai informasi terkait industri Anda kepada audiens target.

Karena website tidak hanya berisi tentang penawaran namun dapat di isi dengan berbagai informasi terkait perusahaan Anda. Untuk menarik perhatian audiens target, Anda dapat membuat konten-konten yang dapat membuat audiens target Anda tertarik membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda juga bisa membuat konten edukasi untuk membuat pengunjung Anda mendapatkan manfaat dari website Anda.

Salah satu syarat yang harus di miliki oleh pemilik bisnis yang ingin menjalankan digital marketing adalah website. Anda dapat meminta bantuan jasa pembuatan website untuk membantu Anda membangun website profesional.

2. Email

Email merupakan jenis media digital yang juga sangat umum digunakan untuk mempromosikan bisnis secara online. Namun sebagian orang menganggap email marketing tidak seefektif pemasaran website atau media sosial. Karena tidak jarang orang yang menerima email tidak langsung membukanya. Tapi bukan berarti email marketing tidak memiliki dampak pada bisnis. Jika dilakukan dengan cara yang tepat maka email marketing juga dapat membantu mendatang pelanggan.

3. Media Sosial

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan media digital yang satu ini bukan? Media sosial merupakan media online untuk bersosialisasi dengan sesama pengguna. Mungkin Anda merupakan salah satu pengguna media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter maupun platform media sosial lain.

Media sosial juga merupakan media digital yang umum digunakan untuk mempromosikan sebuah bisnis. Misalnya saja Facebook, Anda dapat mempromosikan bisnis melalui Facebook dengan membuat fans page. Anda dapat membuat konten-konten yang menarik untuk menarik perhatian audiens target atau menggunakan iklan Facebook.

Hampir semua platform media sosial dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis baik gratis maupun berbayar. Untuk menjalankan pemasaran digital melalui media sosial pastikan Anda memilih platform mana yang tepat untuk industri Anda.

Strategi Digital Marketing Paling Umum

Strategi Digital Marketing

Setelah Anda mengetahui media digital yang paling umum digunakan untuk mempromosikan bisnis secara online, Anda juga harus tahu strategi digital marketing paling umum. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa digital marketing memiliki jenis media digital dan strategi pemasarannya masing-masing. Berikut strategi digital marketing yang paling umum:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Yang pertama adalah Search Engine Optimization atau lebih dikenal SEO merupakan proses meningkatkan peringkat website. Tujuan utama SEO adalah mendatangkan lebih banyak lalu lintas berkualitas dengan cara meningkatkan visibilitas website / halaman web. SEO merupakan strategi digital marketing yang sangat umum digunakan untuk mengoptimasi media digital website.

Strategi SEO merupakan strategi media digital yang sangat hemat biaya karena dapat dilakukan secara gratis. Anda tidak perlu membayar kepada mesin pencari untuk menampilkan website Anda di halaman depan hasil pencarian. Meskipun gratis namun Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian. Itu mengapa banyak perusahaan lebih memilih menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasi Websitenya.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Jika SEO gratis lain hal dengan strategi digital yang satu ini, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi digital yang berbayar. Untuk menampilkan website Anda di halaman satu mesin pencari maka Anda perlu membayar kepada mesin pencari untuk setiap klik yang Anda dapatkan.

Pada umumnya Search Engine Marketing (SEM) menggunakan sistem PPC (Pay Per Click) untuk pembayaran. Dimana iklan yang ditayangkan dikenakan biaya sesuai dengan klik yang diperoleh. Dalam iklan mesin pencari biasanya orang Indonesia menggunakan Google Ads dikarenakan Google merupakan mesin pencari yang paling sering digunakan.

3. Marketing Media Sosial (MMS)

Strategi media digital yang paling umum selanjutnya adalah Marketing Media Sosial (MMS). Marketing Media Sosial tidak kalah populer dari kedua strategi digital marketing di atas. Anda dapat mempromosikan produk atau layanan Anda melalui media sosial dengan membuat akun khusus untuk bisnis Anda. Karena dengan akun bisnis dapat membantu meningkatkan kepercayaan auidens target itu mengapa sangat disarankan membuat akun khusus untuk bisnis Anda.

Platform media sosial yang paling umum untuk mempromosikan bisnis adalah Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter dan Linkedin. Anda dapat mempromosikan bisnis Anda baik secara gratis maupun berbayar. Jika Anda memilih opsi gratis maka Anda perlu membuat konten yang dapat menarik perhatian pengikut Anda. Namun jika Anda memilih opsi berbayar maka Anda perlu menyiapkan anggaran untuk pemasaran media sosial Anda.

Kesimpulan

Digital marketing sangat penting bagi bisnis apapun karena dengan menjalankan pemasaran digital Anda dapat menjangkau pelanggan lebih banyak. Selain itu menjalankan pemasaran digital tidak membutuhkan banyak biaya seperti pemasaran tradisional jadi Anda dapat menghemat biaya Anda.

Apapun bisnis yang sedang Anda jalankan mempromosikannya melalui strategi digital marketing adalah ide yang cemerlang. Karena ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa bisnis Anda dapatkan. Jika Anda membutuhkan bantuan jasa digital marketing agency jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda menemukan dan menjalankan strategi pemasaran digital yang tepat untuk bisnis Anda.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!