7 Cara Jitu Membuat Strategi Content Marketing Langkah Demi Langkah

Strategi konten marketing

Bagi pelaku usaha sudah pasti memiliki strategi content marketing adalah keharusan, karena tujuan utama mereka adalah untuk meningkatkan penjualan.

Dan mungkin Anda tahu bahwa salah satu manfaat menjalankan strategi konten marketing dengan benar dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Jadi, tidak heran jika banyak orang yang membuat strategi konten untuk memasarkan produk atau layanan mereka sehingga menghasilkan keuntungan.

Apalagi bagi Anda yang menjalankan pemasaran online, sudah barang tentu merencanakan pemasaran konten yang efektif adalah kewajiban.

Content marketing sangat penting karena konten merupakan salah satu elemen paling penting dalam jenis pemasaran apapun. Baik pemasaran tradisional maupun digital sudah pasti Anda membutuhkan konten untuk menarik konsumen membeli produk / layanan Anda.

Nah di artikel ini kami menulis tentang tujuan dari content marketing dan cara membuat strategi konten marketing langkah demi langkah. Jadi, jika Anda ingin menjalankan pemasaran konten yang efektif, Anda bisa mempelajarinya di artikel ini.

Tujuan Dari Content Marketing

Sebelum mempelajari pembuatan strategi konten marketing, tentu Anda juga ingin tau tujuan dari content marketing bukan? Nah kami akan menjelaskan bagaimana konten marketing berperan penting bagi bisnis Anda.

1. Pemasaran Konten benar-benar seni berkomunikasi Untuk Memikat Calon Pembeli

Ada banyak orang sudah malas duluan ketika didatangi oleh sales yang menjual sesuatu sebelum sales tersebut menjelaskan produk atau layanannya. Ini salah satu alasan mengapa pemasaran konten adalah seni komunikasi yang efektif memikat konsumen.

Di era internet ini, kita sebagai pemilik bisnis harus tahu bahwa pembeli sangat cerdas dalam menemukan barang atau layanan yang ingin mereka beli.

Lebih dari 81% konsumen melakukan penelitian secara online sebelum mereka menghubungi penyedia produk atau layanan yang mereka butuhkan. Tentu saja ini menghadirkan peluang besar untuk Anda menyajikan komunikasi yang memikat mereka.

Anda dapat menyampaikan pesan melalui pemasaran konten Anda untuk membantu prospek mengapa mereka perlu memilih Anda dan menghubungi Anda.

2. Mendatangkan Prospek Berkualitas

Pemasaran konten digunakan untuk menarik dan mengembangkan audiens target tertentu dengan tujuan akhir menciptakan keterlibatan pelanggan yang sebenarnya.

Dengan menggunakan pemasaran konten, Anda harus berusaha untuk mengubah dan meningkatkan perilaku pelanggan Anda terhadap perusahaan Anda dengan cara yang positif.

Jika Anda secara konsisten memberikan informasi berharga kepada pelanggan Anda, Anda akan dapat memperoleh kepercayaan dan menjadikan mereka pelanggan setia.

Pemasaran konten yang di rancang dengan baik akan memberikan Anda keuntungan seperti mendatangkan prospek berkualitas.

3. Meningkatkan Brand Awareness, Konversi dan Penjualan

Mungkin hampir semua pelaku bisnis bertujuan memiliki brand awareness yang baik, pelanggan yang banyak dan juga penjualan yang meningkat setiap waktunya. Dan perlu Anda ketahui semua itu bisa di tempuh dengan menjalankan pemasaran konten.

Apabila Anda melakukan content marketing dengan strategi yang tepat, maka semua hal yang kami sebutkan tadi bisa Anda dapatkan.

Dengan menyajikan konten yang memikat kepada audiens target dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. Tidak hanya itu, karena konten juga dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan konversi pada bisnis Anda.

Jika banyak konsumen yang melakukan konversi dan transaksi, tentu saja ini dapat meningkatkan penjualan Anda bukan? Itulah tujuan dari konten marketing yang sesungguhnya.

Strategi Content Marketing dalam 7 Langkah

Strategi content marketing

Untuk membantu Anda memulai meningkatkan upaya konten Anda, berikut adalah ikhtisar dari masing-masing dari tujuh langkah untuk membuat strategi pemasaran konten Anda:

1. Tentukan Tujuan Pemasaran Konten Anda

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan mengapa Anda melakukan pemasaran online. Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing, dan mungkin Anda juga memiliki tujuan yang berbeda dari pelaku bisnis lainnya.

Memiliki tujuan sangat penting karena dengan tujuan yang jelas akan memudahkan Anda memiliki cara untuk mencapainya.

Bayangkan jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas bagaimana bisa Anda mencapainya jika Anda saja Anda masih bingung menentukan apa yang harus Anda capai.

Nah untuk menentukan tujuan yang jelas, coba tanyakan kepada diri Anda sendiri apa yang ingin Anda capai Apakah menghasilkan lebih banyak lalu lintas berkualitas? Mengoptimalan konversi, Mengelola prospek atau menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Dengan menentukan tujuan yang harus di capai, semuanya dapat ditingkatkan dengan penggunaan konten dan pemasaran konten yang lebih baik.

Untuk mencapai tujuan Anda bisa dengan cara berikut:

  • Secara spesifik tentukan dengan tepat apa yang ingin Anda capai
  • Menentukan metrik untuk sukses
  • Mencari hasil yang hasil yang menantang tetapi dapat di capai
  • Pastikan sasaran yang mendukung strategi pemasaran Anda
  • Berapa lama Anda akan mencapainya

2. Customer Persona

Strategi content marketing berikutnya ialah memahami audiens Anda. Karena dengan begitu Anda bisa merancang strategi seperti apa yang cocok untuk memikat mereka.

Persona pelanggan adalah karakter fiksi yang dikembangkan berdasarkan atribut yang berbeda untuk peran atau segmen. Ini dapat mencakup demografi seperti:

  • Tujuan dan sasaran
  • Pengaruh pada keputusan pembelian
  • Persyaratan solusi
  • Poin yang menjadi permasalahan
  • Peran dan tanggung jawab

Yang terpenting, berusahalah untuk mengungkap wawasan unik tentang pelanggan target Anda yang diabaikan atau kurang dihargai oleh pesaing. Seringkali, ini akan berfungsi sebagai katalis kreatif untuk strategi konten atau arah kampanye yang sukses.

3. Riset Pasar

Bukankah Anda ingin menargetkan orang-orang yang tepat? Maka dari itu Anda membutuhkan data dan riset pasar. Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa memahami kondisi pasar saat ini serta ke mana arahnya.

Riset pasar dapat memberikan wawasan tentang apa yang telah di lakukan pesaing Anda untuk meningkatkan strategi Anda nantinya. Karena belajar tentang pasar juga termasuk belajar tentang pesaing Anda.

Apabila Anda mengetahui konten seperti apa yang di sajikan oleh pesaing Anda kepada pelanggan dan prospek mereka, Anda dapat mengadopsi untuk strategi pemasaran konten Anda.

Konten yang di bagikan kepada audiens akan menghasilkan data dan wawasan yang dapat membantu Anda menyempurnakan strategi konten Anda.

Anda dapat menganalisis apa yang di lakukan oleh pesaing Anda untuk memikat pelanggannya, bagaimana mereka mengoptimalkan konten dan meningkatkan konversi.

Dengan riset pasar dan data Anda dapat memahami bagaimana prospek dan pelanggan mendiskusikan produk atau layanan Anda secara online. Tentunya wawasan yang Anda dapatkan akan sangat membantu Anda meningkatkan konten dan mendapatkan keunggulan.

4. Pemilihan Platform dan Jenis Konten

Setelah selesai menganalisis pasar, langkah selanjutnya ialah memilih platform dan jenis konten yang akan Anda gunakan.

Pemilihan platform digital sangat penting karena ini penentu kesuksesan strategi konten Anda. Jika Anda salah memilih alat atau media promosi, ini dapat berdampak buruk pada bisnis online Anda ke depannya.

Kesalahan yang sering tidak di sadari oleh pelaku bisnis online ialah memilih media promosi yang bukan tempat nongkrong audiens targetnya.

Misalnya saja memilih media sosial yang sama sekali tidak di gunakan oleh orang-orang yang Anda targetkan, tentu saja ini adalah kesalahan fatal.

Anda tidak akan mendapatkan prospek dari media yang bukan menjadi tempat audiens target Anda berada, jadi buat apa Anda membuang energi dan waktu Anda?

Jadi, pilihlah platform yang memang menjadi tempat audiens target Anda berada dan mereka dapat melakukan keterlibatan di dalamnya.

Selain platform, Anda juga perlu memilih konten yang akan Anda gunakan untuk menarik minat audiens target terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Ada banyak sekali jenis konten dan mungkin tidak semuanya cocok dengan industri Anda, jadi memiliki jenis konten yang di butuhkan konsumen adalah keputusan yang cerdas.

Jenis konten yang umum di gunakan biasanya seperti:

  • Postingan blog
  • Infografis
  • e-Book
  • Gambar / Video
  • Podcast

Anda perlu memilih jenis konten mana yang dapat memikat audiens target yang tentunya harus di sesuaikan dengan platform yang Anda pilih juga.

5. Buat Konten Anda

Langkah berikutnya adalah membuat konten yang akan Anda distribusikan untuk mendatangkan prospek yang menghasilkan konversi.

Anda harus membuat konten yang menarik dan relevan dengan apa yang di butuhkan oleh konsumen Anda. Jika Anda menggunakan konten artikel itu artinya Anda harus melakukan riset keyword untuk mendatangkan prospek berkualitas.

Kata kunci dalam pemasaran konten sangat penting, karena keyword merupakan ujung tombak dalam mendatangkan orang-orang yang tepat sasaran.

Tanpa kata kunci relevan, Anda akan kesulitan mendapatkan prospek berkualitas, itu mengapa melibatkan kata kunci dalam pembuatan konten sangat penting.

Apabila Anda menggunakan konten video, gambar atau info grafis, Anda harus membuatnya menarik dan bila perlu harus viral sehingga memudahkan Anda meningkatkan brand awareness.

Membuat konten harus kreatif tapi juga harus sesuai dengan tren pemasaran online yang sedang berlaku. Contohnya seperti konten artikel yang harus sesuai dengan algoritma mesin pencari terbaru.

6. Mendistribusikan Konten dengan SEO, SEM, SEA, PPC dan Lainnya

Setelah konten telah di buat, langkah selanjutnya adalah mendistribusikan ke audeins target Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam mendistribusikan konten seperti SEO, SEM, PPC, SMM dan pemasaran lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan traffic organik pada situs web Anda, maka Anda perlu melakukan Search Engine Optimization (SEO). Cara ini dapat membantu meningkatkan peringkat konten Anda sehingga akan lebih mudah di temukan oleh calon pelanggan.

SEM (Search Engine Marketing) adalah jenis pemasaran online berbayar yang dapat Anda jalankan untuk menampilkan konten Anda tepat di hadapan audiens target Anda.

Sedangkan SMM adalah pemasaran media sosial yang artinya konten Anda di tampilkan di platform media sosial untuk mendapatkan keuntungan dari sana.

Pay Per Click (PPC) adalah jenis pemasaran yang menggunakan sistem pembayaran per klik yang mana iklan di kenakan biaya apabila iklan Anda di klik. Ini juga cara bagus dalam mendistribusikan konten Anda sehingga dapat mendapatkan prospek yang mungkin menjadi pembeli.

7. Analisis Hasil

Jika konten sudah di distribusikan sudah pasti akan mendapatkan hasil bukan? Anda bisa melihat data yang di hasilkan oleh konten yang sudah Anda bagikan kepada audiens Anda melalui alat yang tersedia untuk masing-masing platform yang Anda gunakan.

Dengan data yang akurat, Anda dapat melihat dan menyimpulkan apakan konten Anda berhasil memikat konsumen atau belum maksimal. Data ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan strategi konten Anda ke depannya.

Jadi jangan remehkan data analisis hasil kerja konten, karena ini bisa menjadi amunisi Anda dalam mengembangkan pemasaran konten Anda.

Menggunakan alat yang tersedia untuk menganalisis pendistribusian konten membantu Anda melihat seberapa banyak orang yang Anda jangkau, konten seperti apa yang menghasilkan, dan banyak lagi.

Lakukan Sekarang!

Jangan tunda lagi untuk menjalankan pemasaran konten jika Anda ingin meningkatkan prospek dan pendapatan. Content marketing sangat membantu meningkatkan penjualan apabila di lakukan dengan tepat.

Anda bisa memulainya sekarang, tapi jika Anda masih bingung Anda bisa menggunakan jasa konsultan internet marketing untuk membantu Anda menjalankan pemasaran konten dengan tepat.

7 cara membuat strategi content marketing yang kami tulis ini semoga bisa membantu Anda dalam merencanakan pemasaran konten yang efektif menghasilkan keuntungan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!