6 Manfaat Beriklan di Google dan Cara Sukses Menjalankannya

Beriklan di Google

Penasaran dengan manfaat beriklan di Google atau menjalankan Google Ads untuk mendatangkan prospek berkualitas? Bagi orang-orang yang menjalankan pemasaran online mungkin sudah banyak menggunakan Iklan Google untuk mendatangkan pembeli.

Google Ads adalah sebuah layanan periklanan yang di sediakan oleh mesin pencari Google untuk membantu pemasar mempromosikan bisnisnya. Iklan Google termasuk kedalam SEM (Search Engine Marketing) yang merupakan jenis pemasaran mesin pencari berbayar.

Berbeda dengan SEO yang membutuhkan waktu 1 hingga 3 bulan dalam menampilkan merek Anda di mesin pencarian. Iklan Google prosesnya lebih cepat dalam menampilkan merek Anda di hasil pencarian Google. Cukup membutuhkan beberapa menit saja iklan langsung tayang dan bisa mendatangkan calon pembeli.

Apabila Anda belum pernah menggunakan iklan Google untuk mempromosikan bisnis, tentu saja Anda ingin mengetahui manfaatnya bukan? Karena setiap orang akan mencari tahu terlebih dulu apa saja manfaat dari strategi pemasaran yang akan mereka gunakan.

Nah untuk menjawab rasa penasaran Anda tentang manfaat beriklan di Google, kami sudah menyiapkan jawabannya untuk Anda. Pastikan Anda membaca tulisan ini hingga selesai!

Apa Saja Manfaat Beriklan Dengan Google Ads?

Setiap strategi pemasaran tentu saja memberi manfaat bagi yang menjalankannya, begitupun dengan beriklan dengan Google Ads. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh orang-orang yang menjalankannya.

Pastikan Anda menjalankan iklan Google dengan benar sehingga memberikan hasil yang luar biasa pada bisnis Anda. Berikut manfaat beriklan di Google:

1. Google Ads Bekerja Lebih Cepat Daripada SEO

Jika Anda ingin menghasilkan prospek lebih cepat, mungkin iklan Google adalah solusinya. Manfaat paling utama Google Ada adalah dapat bekerja lebih cepat dibanding dengan SEO. SEO membutuhkan waktu 1 hingga 3 bulan untuk tampil di halaman depan Google, tapi Google Ads hanya butuh beberapa menit saja.

Meskipun SEO maupun Iklan Google merupakan strategi pemasaran mesin pencari penghasil lebih banyak traffic dan prospek. Namun, kampanye Google Ads yang di jalankan dengan baik bisa bekerja lebih cepat dalam mendapatkan posisi pertama yang mudah di temukan oleh pencari.

Mengapa Anda perlu beriklan dengan Google Ads? Berikut penjelasanya:

  • Lebih fokus pada beberapa keyword sekaligus.
  • Waktu penayangan iklan fleksibel, Anda bisa menonaktifan kampanye kapanpun Anda mau.
  • Iklan yang tampil di halaman depan Google apalagi dibagian atas mendapatkan visibilitas lansung.

Meskipun Google Ads memberikan hasil lebih cepat, tapi bukan berarti Anda harus mengabaikan sumber organik. Anda tetap perlu menjalankan SEO untuk mendapatkan manfaat jangka panjang.

2. Meningkatkan Kesadaran Merek / Brand Awareness

Selain meningkatkan traffic, prospek dan konversi, Google Ads juga sangat efisien dalam memberi tahu orang-orang tentang merek Anda. Orang-orang yang sedang mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan dapat melihat merek Anda di tempat dan waktu yang tepat.

Terkadang untuk memenangkan pencarian organik dengan keyword high cukup sulit. Itu mengapa menggunakan iklan berbayar untuk menargetkan keyword high adalah keputusan yang tepat. Ini dapat membantu meningkatkan brand awareness Anda.

3. Proses Cepat

Seperti yang sudah kami bilang sebelumnya, bahwa iklan Google membutuhkan waktu yang lebih cepat dalam menampilkan merek Anda di halaman 1 Google. Dengan Google Ads merek Anda bisa muncul di halaman satu hasil pencarian hanya membutuhkan beberapa menit saja.

Anda tidak perlu menunggu lama untuk menampilkan bisnis Anda dihadapan audiens target. Inilah mengapa banyak orang juga menjalankan iklan Google meskipun mereka sudah menjalankan optimasi SEO pada websitenya.

4. Terhubung Kembali dengan Pengunjung Website Anda

Salah satu manfaat paling keren dari Google Ads ialah dapat terhubung kembali dengan traffic website Anda. Misalnya ada orang-orang yang telah mengunjungi halaman di situs web Anda namun mereka belum mengambil tindakan apapun.

Nah Anda bisa mengingatkan mereka tentang merek Anda dengan memasukkan kampanye pemasaran ulang display dan RLSA. Pemasaran ulang di jaringan display sangat membantu Anda menargetkan pengunjung di berbagai website yang didukung iklan menggunakan spanduk. Anda cukup membuat daftar pemasaran ulang yang bisa di atur pada settingan iklan.

Pemasaran ulang di jaringan pencarian RLSA (Remarketing Lists for Search Ads) adalah kampanye pemasaran ulang di jaringan pencarian. Untuk menjalankannya Anda perlu menambahkan keyword dalam kampanye Anda. Dengan begitu iklan Google dapat mencocokan kueri pencarian pengguna dengan keyword dan daftar pemasaran ulang.

5. Ukur Kinerja Iklan Secara Konsisten

Tahukah Anda bahwa mengukur hasil iklan tradisional seperti penyebaran brosur, media cetak, radio, televisi dan papan reklame sangat sulit? Tidak hanya sulit dalam mengukur hasil kinerjanya, iklan tradisional juga cukup mahal di bandingkan dengan Google Ads.

Dengan iklan di Google, Anda dapat mengontrol anggaran dan pembelanjaan untuk iklan Anda sendiri. Selain itu, Google Ads dapat memberi tahu Anda kinerja kampanye yang sedang di jalankan seperti:

  • Siapa yang mengklik iklan Anda
  • Banyak prospek yang di hasilkan
  • Seberapa banyak traffic website yang di dapatkan dari iklan Google
  • Kata kunci mana yang menghasilkan traffic dan prospek
  • Biaya per lead

Dengan adanya data seperti ini dapat membantu Anda memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak menghasilkan. Tidak hanya itu karena dengan data ini, Anda bisa mengubah kampanye menjadi lebih baik untuk hasil yang optimal.

6. Atasi Pesaing dengan Lebih Baik

Mungkin hampir semua pesaing Anda sudah online dan salah satu mengatasi persaingan adalah dengan melakukan iklan Google. Coba bayangkan ketika audiens target mencari informasi terkait dengan produk atau layanan Anda di mesin pencari Google. Apabila Anda tidak menjalankan iklan, tapi pesaing Anda menjalankannya, itu artinya Anda kalah dari pesaing Anda. Ini membuat Anda kehilangan kesempatan mendapatkan pelanggan.

Dengan menjalankan iklan Google, Anda dapat bersaing dengan pesaing dan meraih peluang untuk mendapatkan audiens target yang di targetkan oleh pesaing Anda. Jadi memutuskan melakukan iklan di Google adalah keputusan yang tepat.

Mungkin Anda juga penasaran dengan cara beriklan di Google Ads, mari cari tahu bagaimana cara beriklan di Google yang menghasilkan.

1. Tetapkan Tujuan Anda

Yang pertama kali harus Anda persiapkan adalah menetapkan tujuan, Anda harus tau apa yang ingin Anda capai. Sebelum memulai menyiapkan kampanye, Anda perlu menetapkan sasaran untuk kampanye Anda.

Apakah Anda beriklan untuk meningkatkan brand awareness atau ingin mendapatkan konversi. Anda harus memiliki tujuan yang wajib Anda capai. Karena menetapkan tujuan atau sasaran dapat membantu Anda dalam membuat kampanye yang lebih maksimal.

2. Pilih Keyword Anda untuk Google Ads

Keyword berperan penting dalam iklan Google. Jika Anda ingin beriklan dan mendapatkan hasil yang maksimal, maka melakukan riset keyword adalah hal yang harus Anda lakukan. Keyword tertarget dapat menempatkan iklan Anda pada pencarian relevan.

3. Tetapkan Anggaran dan Tawaran Maksimum Anda

Setelah menemukan kata kunci yang ingin di targetkan dalam iklan Google, Anda perlu menentukan keuangan kampanye Anda, karena komponen yang juga sangat penting adalah anggaran. Anda perlu menentukan berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan untuk mendapatkan lead.

4. Buat Landing Page untuk Kampanye Google Ads Anda

Dalam menjalankan Google Ads, Anda perlu menyiapkan landing page yang mengagumkan supaya audiens Anda melakukan tindakan lanjutan. Tujuan menggunakan landing page dalam iklan Google ialah untuk membuat pengeklik fokus pada minat mereka.

5. Luncurkan dan pantau kampanye Google Ads Anda

Setelah Anda melewati beberapa tahap di atas, saatnya Anda meluncurkan iklan Anda untuk meraih banyak konversi. Untuk memastikan iklan berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan, Anda perlu memantau kampanye iklan Anda.

6. Menggunakan Jasa Google Ads Profesional

Jika Anda tidak ingin repot melakukan settingan iklan, Anda bisa menggunakan jasa Google Ads profesional dari Studio Web. Kami melayani iklan Google dengan budget ditentukan oleh klien. Studio Web bisa menjadi referensi Anda untuk mengiklankan bisnis Anda di Google.

Untuk menggunakan layanan jasa Google Ads, silahkan hubungi tim admin kami untuk pembicaraan lebih lanjut.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!