4 Cara Memilih Kata Kunci (Keyword) yang Tepat Untuk Strategi SEO

Cara memilih keyword yang tepat

Jika Anda bertanya apakah ada cara atau langkah mudah memilih kata kunci (keyword) yang tepat untuk strategi SEO, maka di sinilah Anda akan menemukan jawabannya. Karena salah satu kunci sukses strategi SEO adalah melibatkan kata kunci yang relevan dengan industri Anda.

Tanpa melibatkan keyword relevan dan memiliki volume pencarian, maka sebaik apapun strategi pemasaran Anda tidak akan mendatangkan pelanggan online. Karena keyword merupakan ujung tombak dalam meningkatkan penjualan, jadi Anda harus benar-benar memilihnya dengan tepat.

Karena menggunakan kata kunci tidak boleh asal-asalan, maka Anda perlu tau nih cara memilih keyword yang tepat untuk meningkatkan strategi SEO Anda. Dengan mengetahui langkah-langkah memilih kata kunci yang tepat pemasaran online And akan sukses.

Tapi sebelum kita sampai pada pembahasan cara memilih keyword, ada baiknya Anda tau dulu faktor yang menjadikan kata kunci berkualitas. Jika Anda memilih kata kunci yang berkualitas untuk strategi pemasaran Anda, ini bagus untuk penjualan Anda.

Apa yang Membuat Kata Kunci Berkualitas Tinggi?

Dalam pemilihan kata kunci haruslah benar-benar sesuai dengan audiens target Anda, jika tidak sesuai, sebanyak apapun pengunjung yang Anda dapatkan tidak akan menghasilkan konversi. Nah untuk itu Anda harus mengetahui dulu apa saja yang membuat kata kunci berkualitas.

Jadi apa saja yang membuat kata kunci itu berkualitas tinggi dan memberikan hasil? Ada tiga tipe maksud pencarian yang perlu Anda pertimbangkan dalam menggunakan kata kunci yang tepat dengan yang akan di targetkan. Yaitu navigational, informational, dan commercial / transactional.

  • Navigation – Ini adalah tipe kata kunci yang digunakan untuk menemukan halaman web tertentu misalnya StudioWeb, inilah yang dimaksud kata kunci navigasi. Terarah langsung pada nama merek atau nama domain.
  • Informational – Jika Anda pernah mengetikan kata kunci misalnya “apa merek televisi terbaik” atau kata kunci pertanyaan, itu adalah tipe kata kunci informasi.
  • Commercial – Tipe kata kunci ini digunakan oleh pencari untuk mempelajari lebih lanjut tentang satu atau lebih produk maupun layanan tertentu untuk membandingkan pilihan mereka. Misalnya saja antara Samsung vs Polytron

Selain itu, kata kunci yang hebat juga ditentukan dengan relevansi. otoritas dan volume. Itu mengapa Anda harus memilih kata kunci yang relevan terkait industri Anda sekaligus yang memiliki volume pencarian. Artinya kata kunci yang di sering diketikan oleh audiens target Anda.

Dengan menggunakan kata kunci yang bervolume sesuai dengan industri Anda, ini dapat membantu mendatangkan pengunjung yang tepat. Orang-orang yang mengunjungi adalah mereka yang memang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Hal-Hal yang Perlu Anda Lakukan Ketika Melakukan Penelitian Kata Kunci

Anda harus tau bahwa ada 3 aspek kualitas keyword yang berbeda yang perlu Anda pertimbangkan. Apa saja itu? Langsung saja simak deh dibawah ini:

  1. Relenvasi – Keyword relevansi adalah kata kunci yang memenuhi kebutuhan pencari. Ini artinya kata kunci yang digunakan oleh pengguna untuk menemukan info yang mereka butuhkan. Jika Anda menggunakan kata kunci yang spesifik, konten Anda akan di beri peringkat lebih tinggi oleh mesin pencari. Konten web yang menjawab pertanyaan audiens target dapat menjadi salah satu sumber daya terbaik untuk menghasilkan lebih banyak traffic berkualitas.
  2. Otoritas – Apabila Anda ingin memposisikan merek Anda sebagai otoritas di industri Anda, maka Anda perlu meningkatkan otoritas Anda dengan menyajikan konten yang informatif dan bermanfaat dengan mempromosikan konten-konten Anda di jaringan sosial media.
  3. Volume – Berada di halaman satu hasil pencarian mesin pencari untuk query tertentu itu bagus, namun jika query tersebut tidak di cari orang itu akan percuma. Karena tidak ada manfaat nyata untuk mendapatkan pengunjung berkualitas. Maka dari itu ketika Anda memilih kata kunci, pilihlah keyword yang memiliki volume pencarian sehingga konten Anda dapat menghasilkan prospek.

Cara Mudah Memilih Keyword Yang Tepat Dalam Strategi SEO Terbaik

Jika Anda ingin situs web Anda menghasilkan peringkat dan pengunjung potensial, maka Anda perlu melibatkan keyword berkualitas untuk pembuatan konten web. Supaya konten yang Anda buat mendatangkan prospek berkualitas, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut.

1. Menentukan Tujuan Spesifikasi

Saat pertama kali Anda menjalankan pemasaran online tentu saja Anda sudah menentukan tujuan Anda melakukannya bukan? Dan ketika Anda melakukan SEO pada website tentu saja Anda memiliki tujuan utama yang harus di wujudkan bukan?

Nah lalu apa tujuan utama Anda? Apakah peningkatan traffic yang meningkatkan penjualan? Atau Anda memiliki tujuan lain untuk situs web Anda? Apapun tujuan Anda, tentu saja Anda perlu menjadi sespesifik mungkin pada saat menentukan tujuan utama Anda.

Anda perlu menentukan target pasar, target audiens atau semen pelanggan yang ingin Anda jangkau, seberapa cepat Anda perlu melihat hasil, serta jenis konten seperti apa yang dapat mendatangkan prospek.

2. Menggunakan Alat / Tools Riset Kata Kunci

Menemukan kata kunci yang relevan dengan pencarian audiens target sebenarnya mudah. Anda bisa menggunakan alat gratis yang tersedia untuk melakukan riset keyword seperti Keywordtool.io, Google Keyword Planner, maupun Ubersuggest.

Beberapa alat tersebut sangat membantu Anda dalam menemukan kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian. Jika Anda mengupgrade alat pencarian untuk berbayar, maka Anda bisa melihat jumlah orang yang mencarinya dan bahkan Anda bisa melihat pesaing Anda.

Melibatkan keyword research tools saat Anda mencari kata kunci adalah keputusan yang tepat, karena ini dapat membantu Anda menemukan kata kunci relevan. Tidak hanya itu karena jika Anda menggunakan kata kunci yang tepat dan memiliki volume pencarian dapat membantu mendatangkan prospek berkualitas.

3. Memposisikan Anda Menjadi Pelanggan

Jika Anda memposisikan diri Anda menjadi pelanggan ini akan memudahkan Anda menemukan kata kunci yang sama seperti pelanggan gunakan. Meskipun tidak 100% sama namun Anda tau apa yang akan diketikan oleh pelanggan melalui pencarian Google saat mereka ingin menemukan produk / layanan yang Anda tawarkan.

Semakin banyak Anda tahu tentang apa yang dicari audiens target Anda dan mereka mengetikan kata kunci di mesin pencari, semakin bagus untuk kelengkapan konten Anda. Tentu saja ini bagus untuk meningkatkan peringkat sekaligus mendatangkan orang-orang yang tepat sasaran.

4. Analisis Kompetisi Anda

Cara mudah memilih kata kunci yang tepat berikutnya adalah menganalisis kompetisi Anda. Manfaat dari memeriksa kompetisi dapat membantu Anda mengetahui konten seperti apa yang di sukai mesin pencari dan pengguna. Dan ini juga bisa menjadikan ide untuk membuat konten di situs web Anda dengan kata kunci yang relevan.

Analisis pesaing bisa melalui situs web competitor Anda. Pilihlah beberapa pesaing dan lihat kata kunci apa yang mereka gunakan untuk menarik lebih banyak traffic ke situs websitenya. Baca konten mereka dan perhatikan kata kunci atau frasa yang mereka gunakan serta perhatikan cara mereka memberikan solusi kepada pembaca.

Dengan membaca konten milik pesaing dapat membantu Anda untuk menyajikan konten yang lebih baik dengan ide kata kunci yang sama dengan pesaing Anda. Ini juga dapat membantu Anda lebih unggul dari segi kualitas dan peringkat mesin pencari.

Kesimpulan

Apapun industri Anda tentu saja membutuhkan kata kunci dalam pemasaran online Anda, apalagi jika Anda menggunakan strategi SEO. Nah semoga artikel ini dapat membantu Anda mempermudah menemukan kata kunci yang relevan.

Jika Anda butuh bantuan dari ahlinya jangan sungkan untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda untuk menemukan keyword-keyword relevan terkait industri Anda yang tentunya memiliki volume pencarian.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!