Mau belajar tentang copywriting? Sebelum belajar, kamu harus tahu terlebih dahulu pengertian dari copywriting itu sendiri. Apakah kamu sudah tahu apa itu copywriting? Mari baca artikel tentang copywriting sampai selesai.
Pengertian Copywriting
Apa itu copywriting? Copywriting adalah metode ampuh untuk berjualan lewat tulisan. Copywriting ini merupakan salah satu seni membuat tulisan yang menginformasikan, mendeskripsikan sesuatu sehingga mendorong seseorang untuk bertindak dalam tujuan pemasaran. Tindakan yang dimaksud ini bisa berupa mengunjungi situs, pembelian, mengklik link, dan sebagainya.
Copywriting pada dasarnya adalah menulis dengan teknik tertentu yang bisa mendapatkan respon dari pembacanya. Copywriting ini bukanlah pekerjaan yang sepele. Bukan hanya asal menulis saja loh, namun harus ada skill tersendiri yang dapat membuat pembaca itu terhipnotis dengan tulisan tersebut.
Seseorang yang pekerjaannya sebagai copywriting disebut juga dengan copywriter. Nah copywriter ini salah satu profesi yang berpengaruh dalam dunia digital marketing. Karena pekerjaan copywriter ini merupakan ujung tombak dalam pemasaran digital.
Format copywriting pun banyak, termasuk audio, visual, verbal, video youtube, selebaran dan tertulis. Konten media sosial, website, nama dan deskripsi dalam kemasan yang sering Anda lihat itu adalah contoh dari copywriting. Tanpa disadari copywriting ini tersebar dimana-mana kan?
Pentingnya Copywriting dalam Pemasaran Digital
Setelah mengenal copywriting, selanjutnya Anda harus tahu betapa pentingnya copywriting dalam pemasaran digital.

Dalam era serba digital ini mendorong para pebisnis melakukan pemasaran secara lebih luas, salah satunya dengan memanfaatkan dunia digital/pemasaran secara online. Salah satu strategi pemasaran online ini adalah belajar copywriting. Memang apa sih peran dan seberapa pentingnya dari copywriting ini dalam pemasaran digital? Mari simak bersama-sama.
Kita sudah mengetahui bahwa tujuan utama copywriting untuk mengundang seseorang melakukan sebuah tindakan. Peran copywriting ini dapat meningkatkan kualitas tulisan dalam pemasaran dan meyakinkan pembaca dengan produk yang dipasarkan. Dengan metode ini membuat tulisan yang ada dalam internet marketing menjadi lebih unik dan lebih berkualitas sehingga dapat meningkatkan pemasaran produk yang dipasarkan tadi.
Dalam dunia advertising dan marketing itu, copywriting berperan sebagai strategi untuk mempresentasikan sebuah brand/produk.
Belajar Copywriter Gratis Bagi Pemula
Banyak orang yang ingin menciptakan copywriting menarik. Namun belum paham dan bingung bagaimana caranya memulainya. Untuk itu kami akan bagikan tips belajar copywriting yang perlu Anda coba sebagai pemula. Simak ya!
1.Mempelajari Produknya
Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk belajar copywriting adalah dengan mempelajari produknya terlebih dahulu. Tidak mungkin kan Anda akan menulis asal mengenai produk yang akan Anda promosikan dan pasarkan nantinya. Kamu harus mengetahui kekurangan dan kelebihan produk tersebut. Anda juga perlu mencari keunikan atau ciri khas lain dari produk yang membedakan dengan kompetitor.
2. Mengenali Audiens
Sebelumnya Anda sudah tahu kalau tujuan dari copywriting untuk mengundang pembaca melakukan tindakan, salah satunya adalah pembelian. Oleh sebab itu Anda harus tahu target audiens atau pembacanya seperti gender, usia, dan target pasar sehingga Anda tidak akan salah menargetkan produk dijual.
3. Perbanyak Membaca
Salah satu belajar copywriting yang benar adalah dengan memperbanyak bacaan sehingga banyak referensi. Anda bisa memulainya dengan membaca buku tentang copywriting, koran, majalah, novel dan sebagainya. Semakin banyak kamu punya daftar bacaan maka semakin baik pula kemampuan Anda untuk menghasilkan copywriting yang berkualitas.
4. Berlatih Menulis
Setelah Anda banyak membaca, langkah selanjutnya maka Anda bisa menulis apa yang sudah dibaca tadi. Perbanyak berlatih menulis secara terus-menerus sehingga Anda akan terbiasa dan kemampuan copywriting Anda pun akan terasah secara pelan-pelan.
5. Call To Action (CTA)
Cal to action ini bisa disebut juga dengan ajakan supaya pembaca melakukan tindakan sesuai dengan tujuan kampanye pemasaran Anda. Pemasaran tanpa call to action ini akan percuma. Kalimat CTA beragam, tergantung dari goals yang Anda buat. Kalimat call to action ini bisa berupa mengajak pembaca untuk membeli produk, mempelajari lebih lanjut, dan lainnya. Contohnya seperti segeralah beli, dapatkan produk kami segera, daftarkan diri Anda sekarang, klik disini.
6. Buat Headline Yang Menarik
Kunci utama headline adalah dibuat menarik, tidak bertele- tele dan tidak terlalu panjang karena headline ini yang akan pertama dilihat dari konten. Gunakan headline yang memicu rasa ingin tahu pembaca. Headline ini menjadi penguji skill Anda apakah copywriting yang dibuat bisa menarik konsumen untuk membukanya.
7. Mempelajari Dasar-dasar Penulisan Persuasif
Supaya Anda dapat merancang copywriting yang menarik dan efektif, Anda harus belajar dasar-dasar penulisan persuasif. Beberapa strategi yang dapat Anda pelajari antara lain storytelling, perbandingan, dan pengulangan.
8. Kuasai Keterampilan Copywriting Dasar
Selain Anda mempelajari dasar-dasar penulisan persuasif maka selanjutnya Anda harus menguasai keterampilan copywriting dasar pula. Kemampuan dasar copywriting yang dapat Anda pelajari seperti menulis headline, landing page, dan sebagainya.
Itulah penjelasan mengenai copywriting, peran pentingnya dalam pemasaran digital, dan tips untuk menjadi copywriter bagi pemula. Jika anda butuh perusahaan yang menyediakan copywriter profesional, maka hubungi saja Studioweb.
Dengan bantuan tim copywriting yang sudah berpengalaman, kami siap membantu anda membuatkan copywriting yang menarik untuk kebutuhan promosi usaha Anda. Kami melayani pembuatan copywriting untuk pembuatan landingpage, artikel SEO.
Hubungi admin yang sedang online untuk layanan bantuan cepat.