Apakah Anda pernah terpikir untuk menggunakan Facebook untuk mempromosikan bisnis? Apa saja sih manfaat dan keuntungan Facebook Ads bagi bisnis online? Mengapa banyak orang yang menjalankan periklanan sosial media yang satu ini?
Sebenarnya ada banyak manfaat Facebook yang dapat di peroleh bagi bisnis yang menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan bisnisnya. Apabila Anda melakukan iklan Facebook dengan metode yang benar dan tepat, maka akan ada banyak manfaat yang Anda dapatkan.
Baru-baru ini Facebook telah mengganti nama menjadi Meta Platforms, Inc. atau di singkat menjadi Meta. Pada Jumat, 29 Oktober 2021, Mark Zuckerberg Selaku CEO Facebook mengatakan perubahan nama perusahaannya menjadi Meta. Mark menjelaskan bahwa ia ingin perusahaannya menjadi perusahaan yang berfokus pada Metaverse.
Metaverse merupakan realitas digital yang menggabungkan aspek sosial media, game online, virtual realty, cryptocurrency dan augmented reality yang memungkinkan penggunanya berinteraksi secara virtual. Mark mengatakan “Saat ini, merek kami sangat terkait dengan satu produk sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan”.
Yups perusahaannya memang telah berganti nama namun bukan nama aplikasinya. Aplikasi Facebook yang sering Anda gunakan tetap menggunakan nama Facebook bukan Meta. Yang berubah nama hanyalah perusahaan induknya saja yang memiliki aplikasi seperti Facebook, Instagram, Messenger dan WhatsApp menjadi Meta Platforms, Inc atau Meta.
Nah itulah sedikit pengetahuan tentang perubahan nama perusahaan Facebook. Mari kembali pada pembahasan awal yaitu manfaat menggunakan Facebook Ads untuk bisnis.
Manfaat Facebook Ads Bagi Usaha
Facebook adalah sebuah aplikasi atau jejaring sosial media yang memiliki pengguna terbanyak didunia. Tercatat pada September 2021 pengguna aktif harian Facebook mencapai 2,85 miliar pengguna di seluruh dunia. Ini artinya hampir semua pengguna internet di dunia menggunakan Facebook.

Jadi tidak heran jika Facebook menjadi salah satu media sosial yang masuk kedalam list pemasaran online. Karena dengan memanfaatkan Facebook sebagai alat promosi membantu Anda menjangkau konsumen dari belahan bumi mana pun tergantung wilayah mana yang Anda targetkan.
Nah untuk menjawab rasa penasaran Anda tentang manfaat Facebook Ads bagi usaha, silahkan Anda lanjut membaca tulisan ini.
1. Beriklan di Tempat Audiens Anda Berkumpul
Sudah kami katakan bahwa mungkin semua pengguna internet menggunakan Facebook, karena sosial media yang satu ini sangat populer. Ini memungkinkan ribuan konsumen Anda berkumpul disana. Jadi mengapa Anda tidak menampilkan mereka Anda disana untuk menjangkau mereka?
Bisnis yang memiliki jaringan pasar yang luas membuka peluang besar untuk meningkatkan penjualan. Semakin luas jangkauan pemasaran semakin banyak pula audiens target Anda. Ini artinya akan ada banyak orang yang dapat Anda jadikan pelanggan.
Dengan iklan Facebook Anda dapat menampilkan merek, produk atau layanan Anda tepat di depan mata audiens target saat mereka menjelajahi Facebook. Iklan yang menarik dapat mendorong prospek yang mengkonversi. Pastikan Anda membuat iklan yang menarik bagi audiens target Anda.
2. Iklan Facebook Menargetkan Audiens yang Tepat
Facebook Ads merupakan periklanan yang menyediakan banyak fitur unggulan untuk menargetkan audiens dengan menggunakan data dari penggunanya. Anda perlu tau bahwa Facebook merupakan platform sosial media yang kaya akan data. Anda dapat menargetkan orang-orang yang tepat untuk bisnis Anda.
Iklan Facebook menawarkan fitur untuk mempersempit demografi untuk setiap iklan yang Anda jalankan. Anda dapat mengatur iklan Anda untuk menargetkan audiens yang tepat dengan Settingan seperti:
- Lokasi
- Jenis Kelamin
- Usia
- Tingkat Pendidikan
- Minat
- Penghasilan
- Perilaku Baru-Baru Ini
- Afiliasi Politik
- Bahasa Lisan
Dengan fitur-fitur ini Anda dapat menargetkan orang-orang yang memang di setting untuk bisnis Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan calon konsumen dan konsumen lama. Maksudnya Anda dapat menargetkan ulang orang-orang yang pernah berinteraksi dengan merek Anda.
3. Facebook Ads itu Efektif
Mengapa iklan Facebook disebut sebagai Periklanan efektif? Jelas saja efektif, di lihat dari penggunanya saja sudah cukup menjelaskan bagaimana bisnis Anda dapat menjangkau konsumen lebih banyak. Hampir semua kalangan berada disana, itu mengapa Anda dapat menjadikan Facebook Ads sebagai alat pendatang pelanggan bisnis Anda.
Menampilkan merek Anda untuk pengguna Facebook yang tertarget merupakan salah satu strategi yang efektif. Ini cara luar biasa yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah tanpa banyak aturan yang merugikan bisnis Anda. Fitur yang mendukung dan laporan data yang akurat akan sangat membantu meningkatkan strategi iklan Anda.
Data memudahkan Anda untuk mengevaluasi ulang iklan Anda serta meningkatkan strategi yang lebih baik dan efektif meningkatkan prospek dan konversi. Jelas saja alasan satu ini yang menjadikan Facebook Ads sebagai layanan periklanan yang efektif.
4. Iklan Facebook Menyediakan Analisis Gratis
Sudah sedikit kami jelaskan di nomor tiga bahwa Facebook memberikan data kinerja iklan Anda. Facebook menyediakan data laporan dan analisis tentang kinerja kampanye iklan Anda. Laporan iklan di berikan dengan akurat setelah kampanye berjalan, ini memudahkan Anda melihat mana yang berfungsi dan mana yang tidak.
Di data ini Anda dapat melihat hasil kinerja iklan Anda seperti jumlah interaksi (suka dan komentar), jangkauan mingguan, jumlah leads dan konversi. Saat Anda diberikan data hasil kinerja iklan, ini sangat membantu menyesuaikan iklan yang lebih baik.
Iklan Facebook menawarkan begitu banyak keefektifan dalam melacak kemajuan kampanye iklan Anda. Ini memudahkan Anda mengukur secara detail sekaligus merencanakan strategi yang lebih baik lagi. Dengan laporan data yang akurat membantu Anda melacak dampak iklan pada visibilitas merek Anda.
5. Transparansi Audiens
Nah ini lah manfaat Facebook Ads yang wajib Anda ketahui. Iklan Facebook menawarkan banyak sekali fitur yang menunjang untuk bisnis Anda. Anda bisa menargetkan audiens yang serupa dengan jangkauan audiens Facebook yang sangat transparan.
Yang luar biasa dari periklanan ini ialah Anda memiliki tingkat kontrol dan transparansi atas audiens yang Anda targetkan. Iklan Anda akan tampil pada fans atau pengikut Anda, pengguna yang berteman dengan pengikut Anda. Pengguna yang sesuai dengan kriteria settingan iklan Anda. Dan pengguna yang sebelumnya pernah mengunjungi situs Anda.
6. Facebook Ads Menawarkan CTA Khusus
Manfaat besar dari Facebook Ads adalah tersedianya CTA atau Call to action khusus yang sangat membantu meningkatkan konversi. Dalam dunia pemasaran online, CTA sangat penting karena berpengaruh besar pada konversi. Dengan menggunakan tombol CTA memungkinkan Anda mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan tidakan lebih lanjut seperti mengkonversi.
Ada banyak jenis CTA yang di sediakan oleh iklan Facebook seperti “Pesan sekarang”, “Hubungi kami”, “Mendaftar”, “Unduh”, “Mainkan game”, “Gunakan aplikasi”, “Menonton video” dan “Belajar lagi”. Menurut penelitian menambahkan CTA pada halaman Facebook dapat meningkatkan tingkat CTR lebih tinggi.
7. Mendatangkan Prospek dan Konversi Lebih Cepat
Ada banyak jenis pemasaran online yang dapat mendatangkan pelanggan online pada bisnis dan salah satunya adalah Facebook Ads. Iklan Facebook yang di jalankan dengan strategi yang tepat dapat mendatangkan prospek dan konversi lebih cepat. Ini memungkinkan mendorong hasil yang langsung pada iklan ditayangkan.
Dengan iklan yang menarik dapat mendorong hasil yang langsung yaitu tampil di hadapan ribuan pengguna Facebook dan ini memungkinkan untuk mendatangkan prospek dan konversi. Dan apabila Anda menjalankan iklan Facebook Ads untuk mengarahkan lalu lintas dan konversi, ini juga cara yang efektif.
8. Meningkatkan Brand Awareness
Tentu saja merek yang sering tampil di hadapan ribuan audiens target dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. Semakin sering iklan Anda muncul di beranda Facebook dari audiens target Anda, maka mereka dapat mengenal merek Anda.
Orang yang sering melihat iklan Anda di Facebook lama-lama akan mengenal merek Anda. Tentu saja ini sangat bagus karena semakin banyak orang yang mengenal merek Anda, semakin banyak pula orang yang sadar akan bisnis Anda. Brand yang sudah di kenal oleh konsumennya akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan yang pada akhirnya dapat menarik lebih banyak pembeli.
Banyaknya manfaat menggunakan Facebook Ads untuk bisnis online, tentunya menjadi pertimbangan penting bagi Anda untuk segera menjalankan periklanan ini bukan? Nah jika Anda ingin menjalankan iklan Facebook tapi tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya sendiri, Anda bisa menggunakan layanan pasang iklan Facebook yang kami sediakan.